Kalender event bulan Juli 2024
Local Experiences

Belum Usai, Ini Kalender Event Bulan Juli 2024 Sarat Makna Mendalam!

Kalender event bulan Juli 2024 dipenuhi dengan berbagai festival budaya daerah Nusantara.

Kalender event bulan Juli 2024 dipenuhi dengan berbagai festival budaya daerah Nusantara. Dari karnaval, pameran, hingga pertunjukan, semua menawarkan pengalaman wisata yang kaya dan mendalam. Menghadiri festival-festival ini bukan hanya sekedar menikmati hiburan, tetapi juga memberikan kesempatan untuk memahami dan menghargai warisan budaya setempat.

Festival budaya menjadi jendela untuk melihat tradisi, seni, dan kehidupan masyarakat lokal secara langsung. Melalui partisipasi dalam acara-acara ini, Kawanjo akan dapat merasakan keterlibatan emosional, spiritual, dan intelektual yang memperkaya pengalaman berwisata. Selain itu, kehadiran dalam festival budaya juga turut mendukung pelestarian tradisi yang luhur, pariwisata, dan perekonomian lokal.

Baca Juga: Island Hopping Live on Board, Tren Baru di Pulau Seribu

Kalender event bulan Juli 2024

Kalender event bulan Juli 2024
Kalender event bulan Juli 2024

Bulan ketujuh tahun ini memang dipenuhi festival budaya di berbagai penjuru daerah. Kebetulan bersamaan dengan waktu liburan, inilah saat yang tepat untuk terlibat di dalamnya. Sekalian berwisata ke tempat-tempat menarik, sekalian menghadiri acara yang unik.

Setelah sebelumnya Kawanjo menyimak rekomendasi event budaya bulan Juli 2024 pada awal dan pertengahan, inilah pilihan acara selanjutnya:

  1. Festival Sekala Bekhak, Kabupaten Lampung Barat
    Festival Sekala Bekhak
    Festival Sekala Bekhak

    See the Real Lampung merupakan slogan yang diusung dalam acara yang dijadwalkan pada 21 sampai 23 Juli 2024. Diharapkan pengunjung  dapat melihat dan merasakan bagaimana kebudayaan Lampung bermula di tanah Sekala Bekhak.

    Dalam penyelenggaraan di tahun kesepuluh ini, Festival Budaya Sekala Bekhak akan menampilkan acara-acara tradisional, seperti Ngelemang Bebakhong, Malam Pitu Likukh, Festival Nyambai, Lomba Tari Sekura, Lomba Seni Budaya Hadra “Ngeharak”, Festival Orkes Gambus, Fashion Show “Sekala Bekhak Bercelugam”, Kemilau Budaya Nusantara, serta Karnaval Kemilau. Tak ketinggalan adalah Coaching Clinic dan Gebyar UMKM/Ekraf.

  2. Festival Roon Wondama, Kabupaten Teluk Wondama
    Festival Roon Wondama
    Festival Roon Wondama

    Guna menonjolkan tradisi budaya dan kearifan lokal masyarakat Teluk Wondama terutama Pulau Roon, diadakanlah Festival Roon Wondama. Tahun ini mengusung tema Local Wisdom is My Life yang menyajikan berbagai atraksi budaya dan kearifan lokal. Seperti Bemamun Soren (perang tradisional di laut), tari tradisional, tari kolosal, atraksi tokok sagu, musik tradisional suling tambur, permainan tradisional masyarakat Teluk Wondama, mencari ikan dengan alat tradisional, dan atraksi lainnya.

    Selama berlangsungnya acara pada tanggal 22 sampai 25 Juli 2024, jangan lupa menikmati keindahan bawah laut Teluk Wondama. Melalui kegiatan snorkeling dan diving. Juga menghadiri pameran UMKM lokal yang menampilkan kerajinan tangan dan makanan tradisional khas Papua Barat.

    Baca Juga: Kearifan Lokal Yogyakarta yang Mendunia, Jembatan Budaya yang Membuka Cakrawala

  3. F8
    Festival F8
    Festival F8

    F8 merupakan festival untuk menggali potensi Food, Fashion, Fusion Music, Film, Fine Art, Fiction Writers, Folks, dan Flora Fauna di kota Makassar. Sebagai ‘Lebaran Industri Kreatif’, F8 Makassar 2024 mengusung tema The Unity. Dimana acara ini menonjolkan keberagaman budaya Nusantara yang dipersatukan melalui proses seni kontemporer yang orisinal. Acara ini akan menampilkan bagaimana suku Betawi, yang tinggal di kota Makassar, berbaur dan menyatu dengan tradisi Bugis Makassar. Tradisi Suku Batak yang memiliki kemiripan budaya dengan suku Toraja juga akan diangkat, semuanya sebagai bagian dari upaya menyatukan Nusantara dan dunia, dalam perhelatan F8 Makassar pada tanggal 24 hingga 28 Juli 2024.

  4. Eksotika Bromo
    Eksotika Bromo
    Eksotika Bromo

    Rekomendasi event daerah Bulan Juli 2024 terakhir bertajuk Eksotika Bromo. Yakni sebuah festival dan pesta budaya yang diadakan di Lautan Pasir Bromo. Acara ini memadukan keindahan seni dan alam Jawa Timur dengan mengangkat tiga elemen kehidupan manusia. Yakni ‘Tengger dan Budayanya, Bromo dan Alamnya, serta Jawa Timur dan Keseniannya.’

    Tema Ruwat Rawat Segoro Gunung mencerminkan peringatan Tri Hita Karana, yang dihormati oleh Masyarakat Suku Tengger sebagai bentuk pengabdian hidup kepada Sang Pencipta. Melalui upaya menjaga dan merawat alam. Eksotika Bromo menawarkan pengalaman spiritual yang memadukan ekspresi budaya dengan keindahan alam. Kawanjo bisa hadir selama pelaksanaannya, yakni pada tanggal 27 dan 28 Juli 2024.

    Sarat dengan pengalaman berharga, Kawanjo bisa melibatkan diri dengan berpacu pada kalender event Bulan Juli 2024. Tak hanya mencari hiburan, Kawanjo akan merasakan keterlibatan emosional, spiritual, dan intelektual. Termasuk juga mendongkrak dunia pariwisata dan perekonomian kreatif daerah setempat.

0 comments on “Belum Usai, Ini Kalender Event Bulan Juli 2024 Sarat Makna Mendalam!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.