5 Bandara Terbaik di Dunia yang Harus Dilirik Soekarno-Hatta untuk Jadi Nomor 1
Local Experiences

5 Bandara Terbaik di Dunia yang Harus Dilirik Soekarno-Hatta untuk Jadi Nomor 1

Menduduki peringkat 34 dari 100, Soekarno-Hatta berhasil dapat penghargaan sebagai bandara terbaik di dunia versi Skytrax, World Airport Awards 2021

Yeaaayy, selamat untuk bandar udara Soekarno-Hatta yang baru saja berhasil naik peringkat ke urutan 34 dari 100 bandara terbaik di dunia versi Skytrax World Airport Awards 2021. Tentu bukan perkara mudah untuk bisa sampai pada titik ini. Atas semua kerja keras dan konsistensi para persona di baliknya, Soekarno-Hatta berhasil masuk 40 besar and it’s not bad. Really really not bad!

Lalu, kawanjo penasaran gak, sih, bandara apa saja yang menduduki peringkat 1 sampai 5? Sebagus apa memangnya? Fasilitasnya apa saja? Kok bisa, ya, mereka mengalahkan bandar udara lain di seluruh dunia? Nah, di artikel kali ini, Pigijo akan kasih tau 5 bandara terbaik di dunia versi Skytrax World Airport Awards 2021. Siapa tahu satu hari nanti kawanjo berkesempatan ke sana.

Hmmmm, Changi masih masuk jadi yang terbaik gak, yaaaa, setelah 7 tahun berturut-turut menduduki peringkat pertama sejak 2013? Oh iya, penghargaan ini diberikan berdasarkan hasil survey kepada para penumpang pesawat yang dilakukan oleh Skytrax tiap tahunnya. Jadi, hasilnya murni berdasarkan tingkat kepuasan konsumen, ya. No tipu-tipu! Hehe.. Here you go!

  1. Doha Hamad International Airport (HIA)
Hamad
Bandara terbaik versi Skytrax tahun ini jatuh pada Doha Hamad!

Dikenal sebagai bandara termewah di dunia, Doha Hamad International Airport yang berada di Doha, Qatar, berhasil menduduki peringkat pertama karena punya arsitektur paling baik yang dirasa memudahkan seluruh aktivitas pengunjung bandara. Pembagian komplek terminalnya bagus dan mudah dipahami sehingga siapa pun takkan kebingungan di dalamnya.

Tak cuma itu, mereka juga mengedepankan pelayanan yang diakui dunia. Bahkan mereka turut mengantongi sertifikat bandara terbersih, ternyaman, terhigienis, dan teraman dari COVID-19 karena ketatnya peraturan dan pemantauan yang dilakukan setiap hari. Tak heran jika bandara ini jadi nomor satu dan masuk dalam kategori bandara bintang 5 di seluruh dunia.

Bandara Hamad
Sukses menggeser Changi yang 7 tahun berturut-turut ada di posisi teratas

Jangan lagi bicara tentang fasilitas karena segala yang kawanjo butuhkan ada di sini. Pusat perbelanjaan, area makan, hingga tempat relaksasi dan spa, semua tersedia dengan kualitas bintang lima. Pilihan toko dan restorannya pun sangat lengkap. Jadi kalau pesawat kawanjo sedang delay, transit, atau menunggu jadwal keberangkatan, ada banyak hal yang bisa kawanjo lakukan.

2. Tokyo Haneda Airport (HND)

Tokyo Haneda
Bahkan Tokyo Haneda berhasil menyalip Changi dengan mulus dan jadi bandara terbersih di dunia tahun 2021 versi Skytrax!

Bandara yang dulunya bernama Tokyo International Airport dan sudah dibangun sejak tahun 1931 ini berhasil menduduki nomor dua terbaik di dunia versi Skytrax World Airport Awards 2021 karena tingkat keteraturannya yang luar biasa di samping kesibukannya yang gak kira-kira. Yup, saking ramainya, bahkan airport ini disebut-sebut sebagai the busiest airport in the world, lho.

Punya 3 terminal layaknya Soekarno-Hatta, yaitu: Terminal 1, Terminal 2, dan Terminal 3 khusus penerbangan internasional, bandara ini juga sudah tersertifikasi sebagai bandara yang punya pelayanan, sistem operasi, dan fasilitas bintang lima. Tak hanya itu, tindakan preventif untuk menghalau virus COVID-19 juga diberlakukan secara strict. Ya, percaya, sih. Jepang gitu, kan.

Haneda HND
Siapa yang kangen keluar masuk bandara dan check-in kayak gini? Pigijo rindu sampe gemeteran, nih!

Lalu, Tokyo Haneda Airport juga selalu dapat penghargaan sebagai The World’s Cleanest Airport dari Skytrax. Meski riuh setiap hari, tapi masalah kebersihan tetap mereka juaranya. Lalu untuk urusan konektivitas sistem, bukan Jepang namanya kalau tidak canggih. Semua keperluan kawanjo akan terbantu dengan adanya mesin di mana-mana! Tinggal klik-klik, semua urusan beres!

Untuk fasilitas restoran, pilihannya memang tak sevariatif di Doha Hamad yang punya deret menu sajian Arab, Italian, American, European, internasional, bahkan seafood, Tokyo Haneda Airport hanya punya 3 pilihan restoran yaitu Japanese, Chinese, dan Western Foods. Tapi meski begitu, di sini adalah surganya makanan Jepang yang enak-enak!

Ada banyak Japanese Resto yang bakal bikin kawanjo bingung. Soalnya semua tampak lezat! Bahkan, tersedia juga kedai makanan ringan khas Jepang dan sejumlah bar autentik yang menyediakan deret pilihan sake yang bisa kawanjo coba sambil menunggu pesawat tiba, lho. Lalu untuk yang ingin cari budget meal, tinggal datang saja ke area food court! Di sana banyak makanan cepat saji!

Haneda Shops
Gimmick toko suvenirnya gak ada lawan! Gemes banget!! Huhuhu…

Then, gimmick-gimmick yang ada di sekitar bandara pun tak kalah menggemaskan. Bikin siapa saja yang ada di sana benar-benar akan merasakan suasana Jepang di tiap sudutnya! Bahkan saat pesawat akan terbang dan mendarat, Gunung Fuji akan terlihat jelas dari balik jendela karena berada persis di depan bandara. Indah sekali!

Jadi, total penghargaan mereka tahun ini ada LIMA! Yaitu World’s Best Domestic Airport, World’s Best Airport Cleanliness, Best Airport in Asia, Best Airport PRM / Accessible Facilities, COVID-19 Airport Excellence. Luar biasa, kannnn! Changi Singapura saja langsung tergeser dari nomor 1 di tahun-tahun sebelumnya jadi nomor 3. Artinya bandara ini bekerja keras untuk jadi yang terbaik.

Baca juga: 4 Pilihan Liburan Aman Saat Pandemi COVID-19

3. Singapore Changi (SIN)

Changi
Meski turun dua peringkat, tapi Changi masih tetap jadi salah satu bandara favorit Pigijo karena besar, canggih, dan banyak dekorasinya

Siapa tak tahu Changi. Selain merupakan salah satu bandara terbesar, terlengkap, dan tercanggih di dunia yang melayani hampir semua penerbangan internasional, bandara ini juga merupakan bandara transit yang selalu dijadikan tempat pemberhentian oleh kebanyakan maskapai Asia yang menuju Eropa dan Amerika, serta kebanyakan maskapai Eropa dan Amerika yang menuju Asia.

Kenapa banyak disukai pengunjung? Karena bandara ini luas dan nyaman. Pusat perbelanjaannya pun banyak dan kadang lebih murah dibandingkan di luar bandara. Tak cuma itu, toko duty free pun berderet-deret bak memanggil siapa pun untuk berbelanja di dalamnya. Barangnya murah-murah! Mulai dari minyak wangi, produk tembakau, minuman beralkohol, dan lain sebagainya.

Irvins Changi
Toko tujuan hampir semua orang yang transit di Changi! Garrett satunya lagi! Ckckcckc…

Tak cuma itu, bandara ini juga punya pilihan snack untuk dibawa pulang yang kelezatannya begitu tersohor. Sebut saja Irvin Salted Egg Chips dan Garrett Popcorn yang antreannya selalu mengular. Lalu untuk orang Indonesia yang kangen makan Subway, tempat terdekat untuk mendapatkannya adalah di food court Changi!

Jadi tak cuma besar, lengkap, bersih, dan banyak barang branded murah yang dijual di duty free stores, Changi juga punya deret makanan lezat yang bikin para pengunjungnya gagal fokus! Lalu, pelayanannya pun memuaskan karena seluruh staffnya terlatih cekatan dan amat tangkas. Tak heran bandara ini dapat penghargaan lagi sebagai World’s Best Airport Staff 2021 dari Skytrax.

Robot Changi
Canggihnya sampai susah masuk akal sehat, nih. Udah kayak nonton film robot-robotan tapi ini kenyataan. Gak heran 7 tahun menang terus!

Ssssst, jangan kaget kalau kawanjo satu hari nanti ke sini lalu menemukan ada banyak robot yang siap membantu. Hihihi.. Seru! Mereka bertugas membersihkan lantai, menawarkan minuman, bahkan menyanyi supaya kawanjo tak merasa bosan. Bentuknya pun beda-beda! No wonder jika kini Changi masuk dalam daftar sebagai salah satu bandara tercanggih di dunia.

4. Seoul Incheon (ICN)

Seoul Incheon
Duuuhh, jadi tambah pengen jalan-jalan, gak sih?! Keluar masuk bandara adalah kesukaan Pigijo. Feel-nya itu, lho! Undescribable..

Pada tahun 2012, bandara ini dinobatkan sebagai Airport of the Year oleh Skytrax. Namun karena tahun ini penghargaan tersebut beralih ke Hamad International Airport, maka penghargaan yang diraih Seoul Incheon Airport lain lagi, yaitu Best Airport Security Processing dan COVID-19 Airport Excellence. Di sini, bandara Incheon dinyatakan berhasil dalam melakukan antisipasi ketat terhadap Covid19.

Seoul
Arsitektur megah yang bersatu padu dengan teknologi terkini nampaknya jadi salah satu cara agar bandara ini makin dicintai

Selain itu, mereka juga dikenal sangat tegas dalam urusan keamanan sehingga kalau kawanjo datang ke sana, dijamin semuanya aman! Proses pemeriksaan bagasi dan calon penumpang pun dilakukan dengan cepat dan sangat canggih sehingga tak ada yang bisa kawanjo sembunyikan di dalam barang bawaan atau pun pakaian. Nanti langsung ketahuan! Makanya jangan coba-coba, yaaaa..

Baca juga: Hindari Kerumunan, Cobain Ngetrip Keliling Bali Pakai Helikopter!

5. Tokyo Narita (NRT)

Tokyo Narita
Dua bandara dalam daftar 5 besar. Jepang memang gak ada duanya!

Terakhir, ada Tokyo Narita yang tahun ini memenangkan Best Airport Immigration Service! Setelah Tokyo Haneda, keberadaan Tokyo Narita di posisi kelima nampaknya makin membuktikan bahwa Jepang memang tak pernah main-main dalam urusan keteraturan. Baik dari segi pelayanan, kebersihan, hingga teknologinya, boleh dibilang mereka memang salah satu yang paling konsisten dan terdepan di dunia.

Jadi, kira-kira lima bandara inilah yang harus dicontoh oleh Soekarno-Hatta untuk setidaknya bisa naik peringkat lagi di tahun yang akan datang. Mulai dari urusan pelayanan, kebersihan, sampai sistem keamanannya, semua harus diperhatikan dan dibenahi satu per satu. Sebab kenapa bandara penting diperhatikan? Karena bandara sebesar Soekarno-Hatta adalah gerbang negara.

5 Bandara Terbaik di Dunia yang Harus Dilirik Soekarno-Hatta untuk Jadi Nomor 1
Sistem informasi yang jelas menjadikan semua calon penumpang merasa dimudahkan dalam mencerna pengumuman

Pintu masuk utama yang dilihat oleh wisatawan manca negara saat pertama kali menginjakkan kaki di Nusantara khususnya di Jakarta. Oleh sebab itu, rasanya bandara-bandara di atas tak muluk kalau segala sesuatunya seakan-akan harus sesempurna mungkin. Karena memang itu tujuannya. Bikin wisatawan terpana bahkan sebelum benar-benar ke luar dari bandara.

Sambutan terbaik saat kita traveling ke luar negeri tentu mendarat dan keluar dari pesawat di bandara yang bagus, kan?

Baca Juga : Bali Siap Terapkan Pariwisata Sehat di Desa Wisata

0 comments on “5 Bandara Terbaik di Dunia yang Harus Dilirik Soekarno-Hatta untuk Jadi Nomor 1

Leave a Reply

Your email address will not be published.