Rute Kereta Panoramic Indonesia
PigiNews Technology

Berwisata di Rute Kereta Panoramic Indonesia

Ada yang baru nih, cara unik menikmati perjalanan di rute kereta panoramic Indonesia.

Ada moda transportasi unik yang bisa menciptakan liburan lebih mengasyikkan loh! Apalagi kalau bukan kereta panoramic yang baru aja soft launching pada tanggal 24 Desember 2022 lalu. Supaya liburannya lebih mengesankan, Kawanjo perlu tahu dulu rute kereta panoramic Indonesia.

Kereta Panoramic Indonesia

Rute Kereta Panoramic Indonesia
Panoramic Train Indonesia

Diklaim baru ada kali ini di Indonesia, kereta panoramic adalah program inovasi PT KAI. Apalagi tujuannya kalau bukan untuk memberikan pelayanan lebih pada pengguna jasa alat transportasi roda besi ini.

Baca Juga : Mengenal Sejarah Kereta Api Indonesia di Museum Kereta Api Sawahlunto

Kereta panoramic merupakan hasil modifikasi dua gerbong kereta kelas eksekutif. Memiliki jendela yang super lebar, dinding kereta dipasangi kaca-kaca. Bahkan di bagian atap terdapat sunroof yang bisa dibuka tutup dengan mudah.

Penumpang pun dengan mudah mengamati pemandangan di luar gerbong. Dengan upaya mengekspos keindahan panorama Indonesia di sepanjang rute yang dilewati, kursi penumpang pun bisa diputar ke samping. Berbeda dengan biasanya yang hanya bisa menghadap ke depan dan belakang. Supaya semakin nyaman, getaran laju kereta pun diperhalus. Dijamin, bila naik kereta panoramic Indonesia akan puas dengan pengalaman berwisata yang berbeda!

Kereta Panoramic ditambahkan dalam perjalanan KA Taksaka Tambahan, untuk tujuan Gambir-Yogyakarta pergi-pulang (PP). Setelah soft launching pada 24 Desember 2022 kemarin, masyarakat bisa menikmatinya sampai dengan 8 Januari 2023.

Jadwal Kereta Panoramic Indonesia

Rute Kereta Panoramic Indonesia
Jadwal Kereta Panoramic Indonesia

KA Taksaka dengan tambahan kereta panoramic memiliki beberapa jadwal. Kawanjo bisa menyesuaikan dengan kondisinya, ya! Jadwal yang sementara diberlakukan selama masa uji coba kereta panoramic adalah:

Baca Juga : G Train : Inilah Kereta Pribadi Mewah dan Cepat Pertama di Dunia Seharga 5 Triliun 

1. KA 7011C berangkat dari Stasiun Tugu Yogyakarta pukul 21.40 dan tiba di Stasiun Gambir Jakarta pukul 05.33.

2. KA 7012C berangkat dari Stasiun Gambir Jakarta pukul 10.40 dan tiba di Stasiun Tugu Yogyakarta pukul 18.39.

3. KA 7025B berangkat dari Stasiun Tugu Yogyakarta pukul 12.00 dan tiba di Stasiun Gambir Jakarta pukul 19.30.

4. KA 7026B berangkat dari Stasiun Gambir Jakarta pukul 23.45 dan tiba di Stasiun Tugu Yogyakarta pukul 07.50.

Rute Kereta Panoramic Indonesia

Rute Kereta Panoramic Indonesia
Rute Kereta Panoramic Indonesia

Sebagaimana diketahui, kereta panoramic sementara masih bergabung dengan KA Taksaka. Sehingga rutenya pun mengikuti, yaitu meliputi Gambir (Jakarta)  – Cirebon – Purwokerto (Banyumas)   – Kroya (Cilacap )  – Kebumen – Kutoarjo (Purworejo) – Yogyakarta. Di sepanjang rute Kereta Panoramic Indonesia tersebut, ada sejumlah tempat wisata yang bisa dikunjungi.

Baca Juga : Cara Aman Menjaga Barang Bawaan Saat Menggunakan Kereta Api

Jika penumpang kereta panoramic menghendaki berwisata di salah satu obyek wisata, bisa turun di salah satu stasiun pemberhentian terdekat. Pilih saja tempat wisata yang dekat dengan stasiun supaya lebih cepat dan mudah mengakses. Adapun destinasi wisata di sepanjang rute kereta panoramic Indonesia yang dekat dengan stasiun pemberhentian di masing-masing kota adalah:

  1. Gambir (Jakarta)

Dari Stasiun Gambir Jakarta, Kawanjo bisa mengunjungi tempat wisata yang ada di sekitarnya. Seperti Monas yang memakan waktu sekitar 2 menit. Ada juga Kota Tua Jakarta (Batavia Lama) yang berjarak kurang lebih 7,4 Km dari Stasiun Gambir. Atau bisa juga ke Museum Taman Prasasti, cagar budaya yang berisi warisan budaya  bertaraf internasional, jaraknya 1,9 km dari Stasiun Gambir.

  1. Cirebon

Stasiun Cirebon sendiri merupakan bangunan cagar budaya yang diresmikan pada tahun 1912. Berada di sini untuk naik atau turun dari kereta menjadi pengalaman wisata yang menarik. Namun tak ada salahnya untuk melanjutkan perjalanan ke beberapa tempat wisata sejarah di dekatnya. Seperti Keraton Kasepuhan yang jaraknya 3 kilometer dari Stasiun Cirebon dengan waktu dari 10 menit. Ada juga Keraton Kanoman dengan jarak  2-4 kilometer selama 10 menit, lalu 10 menit lagi akan tiba di Keraton Kacirebonan.

  1. Purwokerto (Banyumas)

Alun alun Purwokerto adalah tempat wisata di rute kereta panoramic Indonesia yang bisa dikunjungi. Jaraknya dari stasiun Purwokerto sekitar 3 kilometer, memakan waktu  5 sampai 10 menit dengan berkendara. Dari alun-alun yang buka sampai malam ini, Kawanjo bisa mengunjungi Menara Pandang Teratai, wisata di Purwokerto viral dengan menara berbentuk teratai setinggi 117 meter. Jarak menara tersebut adalah sejauh 3,1 km dari Stasiun Purwokerto. Jangan lupa untuk mencoba kuliner khas dari kota keripik ini. Ada nasi timbel, tempe mendoan, dan bakso pekih yang jadi andalan.

  1. Kroya (Cilacap)

Wisata di Kroya menawarkan alam yang asri dan airnya yang sejuk. Ada beberapa tempat wisata di Cilacap terbaru 2022 yang ada di Kroya. Di antaranya adalah Taman Pojok, wisata SENA Waterpark Kroya, serta wisata Wanarata Kroya. Semuanya dengan mudah dan cepat bisa diakses dari stasiun Kroya Cilacap

  1. Kebumen

Gading Paradise adalah wisata di dekat Stasiun Kebumen dengan jarak sekitar 5 km, atau 13 menit berkendara. Sebagai bagian dari wisata di dalam rute kereta panoramic Indonesia, Gading Paradise bisa dikunjungi untuk berwisata dengan konsep negeri  Eropa. Jangan lupa pula untuk berkunjung ke alun – alun Kebumen yang teduh.

  1. Kutoarjo (Purworejo)

Stasiun Kutoarjo adalah stasiun utama di wilayah Kabupaten Purworejo. Sejak dahulu, stasiun ini pula yang menjadi tempat transit utama untuk menuju ke candi Borobudur. Kemudian transportasi lanjutannya adalah layanan Bus Rapid Transit (BRT) Trans Jateng rute Kutoarjo-Borobudur. Selain ke Borobudur, Kawanjo juga bisa singgah dan berwisata ke Pantai Ketawang dan Pantai Glagah,  Museum Tosan Aji, Gua Seplawan, Sungai Bogowonto atau air terjun Siklotok.

  1.  Yogyakarta

Sebagai tempat berhenti atau bermula, Kawanjo bisa sepuasnya mengeksplorasi keindahan Yogyakarta. Apalagi Yogyakarta terkenal memiliki banyak sekali destinasi wisata. Sekedar memilih  yang tak jauh dari stasiun Tugu Yogyakarta, sudah ada banyak pilihan. Sebut saja Malioboro 300 meter, Kampung Wisata Sosromenduran 950 meter, Tugu Pal Putih 1 kilometer, Pasar Beringharjo – 1,2 kilometer, Museum Benteng Vredeburg – 1,6 dari Stasiun Tugu serta masih banyak yang lain.

Harga tiket kereta panoramic Indonesia

harga Kereta Panoramic Indonesia
harga Kereta Panoramic Indonesia

Selama masa promo 24 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023, tiket KA Taksaka Tambahan Panoramic bisa didapat dengan harga mulai dari Rp 750.000. Namun jumlah tiket promo KA Taksaka tambahan Panoramic masih tersedia dalam jumlah terbatas. Pembelian dan pemesanan bisa melalui aplikasi KAI Access, laman KAI, dan seluruh kanal penjualan resmi KAI lainnya.

Baca Juga : Napak Tilas Kejayaan Industri Tambang di Museum Kereta Api Sawahlunto

Kini ada cara berwisata yang unik. Yaitu menjelajahi rute kereta panoramic Indonesia. Baru saja diluncurkan, kereta ini sudah bisa dinikmati masyarakat umum melalui jalur rute KA Taksaka. Selain bisa menikmati pemandangan dari balik jendela besar, Kawanjo juga bisa turun di stasiun cabang di dalam rute kereta panoramic Indonesia untuk berwisata. Kelak , tidak menutup kemungkinan KAI akan menambahkan kereta panoramic pada rangkaian rute selain KA Taksaka. Asyik sekali, Bukan?

0 comments on “Berwisata di Rute Kereta Panoramic Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.