Macam-macam Sate Khas Lombok
Local Experiences

Cobain Macam-Macam Sate Khas Lombok Sambil Nonton MotoGP Mandalika 2023

Cobain Macam-macam Sate Khas Lombok sambil Nonton MotoGP Mandalika 2023.

Selain pagelaran MotoGP di sirkuit Mandalika, dilaksanakan juga Lombok Food Festival 2023, yakni sebuah side event dari MotoGP yang tak kalah menarik dan sayang untuk dilewatkan. Di sana, Kawanjo bisa coba macam-macam sate khas Lombok dan beragam makanan lezat lainnya. Semuanya dijamin bikin puas dan menyenangkan!

Lombok Food Festival 2023

Lombok Food Festival 2023
Lombok Food Festival 2023

Pada hari Sabtu dan Minggu, tanggal 14 dan 15 Oktober 2023, salah satu MotoGP Mandalika side event dilaksanakan di Lombok Episentrum Mall. Lombok Food Festival Volume 3 yang bertujuan mengenalkan kuliner khas Nusa Tenggara Barat ini, bisa menjadi sebuah pesta rakyat yang sangat meriah. Tanpa biaya masuk, sehingga bisa diakses siapapun. The Biggest Culinary Festival in Lombok ini juga bermanfaat untuk memuaskan selera lidah para wisatawan yang hadir saat gelaran MotoGP 2023 di Sirkuit Mandalika.

Tidak main-main, di dalamnya terdapat agenda yang keren. Akan ada YouTuber kuliner top Tanah Air, Tanboy Kun melakukan Masak Besar 5000 Porsi Ayam Taliwang. Tampil pula Maulida, peserta MasterChef Indonesia Session 11 yang melakukan demo memasak Cerorot. Cerorot adalah kue tradisional khas Lombok yang terbuat dari tepung beras dan santan, lalu dibungkus dengan daun kelapa muda hingga berbentuk kerucut.

Yang juga menarik adalah lomba mukbang The Hungry Sushi, Festival Kopi, Festival Jajanan Khas Lombok, dan Festival Sate Khas Lombok. Sebagai pelengkap, ada Zumba bersama artis ibukota Asri Welas, music performance, aneka lomba, dan lain sebagainya.

Baca juga: Tak Hanya Sirkuit, Ini 5 Ragam Potensi Wisata Mandalika Lombok

Macam-macam Sate Khas Lombok

Macam-macam Sate Khas Lombok
Macam-macam Sate Khas Lombok

Ciri unik makanan ini adalah bahan bakunya ditusuk dengan stik bambu atau lainnya. Nah, macam-macam sate khas Lombok bahkan lebih menarik lagi. Ada banyak ragamnya dan wajib dicoba satu persatu bila sedang berada di Pulau Seribu Masjid ini.

Kebetulan saat pelaksanaan MotoGP di Mandalika, akan ada Festival sate khas Lombok. Acara ini akan menunjukkan kekayaan kuliner yang bisa memikat hati dan selera makan kamu sebagai pengunjung. Termasuk tentunya para wisatawan mancanegara yang turut menyaksikan kejuaraan paling bergengsi di dunia balap motor mesin berkapasitas 1000 cc ini.

  1. Sate Rembiga
    Sate Rembiga Khas Lombok
    Sate Rembiga Khas Lombok

    Sate Rembiga adalah hidangan sate yang terbuat dari daging sapi cincang yang dimarinasi dengan bumbu khas Lombok. Seperti cabai, bawang putih, bawang merah, asam jawa, ketumbar, terasi, kecap manis, dan gula merah. Sate ini biasanya disajikan dengan lontong atau nasi, irisan tomat, dan daun bawang tanpa sambal cair. Rasanya pedas dan gurih, membuatnya menjadi favorit di kalangan pecinta pedas.

    Dinamakan demikian karena sate ini berasal dari daerah Rembiga, Lombok. Yang menjadi keunikan salah satu dari macam-macam sate khas Lombok ini adalah penggunaan daun singkong untuk membungkus daging saat proses marinasi. Sebab itulah rasa dari sate Rembiga khas Lombok ini unik.

    Baca juga: 4 Olahan Nyale khas Lombok, Tangkal Diabetes Hingga Awet Muda

  2. Sate Bulayak
    Sate Bulayak Khas Lombok
    Sate Bulayak Khas Lombok

    Sate Bulayak adalah sate khas Lombok yang berbahan daging sapi atau ayam. Beberapa pedagang juga menggunakan usus atau jerohan. Sambalnya terbuat dari kacang dan bumbu khas yang rasanya mirip masakan kari pedas.

  3. Sate Pusut
    Sate Pusut Khas Lombok
    Sate Pusut Khas Lombok

    Bila Bali memiliki Sate Lilit, ada Sate Pusut khas Lombok yang penampilannya hampir sama. Terbuat dari daging cincang yang dicampur bumbu cabai, bawang, gula merah, santan, dan ketumbar, dan parutan kelapa. Ambil bambu dan belah salah satu ujungnya. Jepitkan daging lalu lilitkan, setelah itu dibakar. Sate Pusut biasanya dihidangkan bersama dengan menu khas Lombok lainnya seperti ayam taliwang, pelecing kangkung, dan lainnya. Sate Pusut Lombok juga sering dijumpai dalam perayaan hari besar seperti pernikahan atau Maulid Nabi Muhammad.

  4. Sate Ikan Tanjung
    Sate Ikan Tanjung Khas Lombok
    Sate Ikan Tanjung Khas Lombok

    Bagi pecinta seafood, sate ikan tanjung adalah pilihan yang sempurna. Daging ikan yang telah dimarinasi dengan bumbu khas Lombok dipanggang hingga matang. Sate ini biasanya disajikan dengan plecing kangkung dan sambal pedas.

  5. Sate Pencok
    Sate Pencok Khas Lombok
    Sate Pencok Khas Lombok

    Anti mainstream, ragam sate legendaris khas Lombok ini tidak terbuat dari daging sapi maupun sapi. Melainkan nasi, kikil, dan sagu. Adonan Sate Pencok kemudian dipotong bentuk kotak lalu ditusuk dengan tusukan sate. Sate Pencok disajikan dengan bumbu peda khas Lombok bernama pelalah.

    Sebab bahannya yang lebih murah, Sate Pencok banyak digemari masyarakat. Penjualnya biasa mangkal di depan sekolah atau pasar. Masyarakatpun sering mengkonsumsinya dalam keseharian.

Baca juga: Tips Liburan Murah ke Lombok ala Backpacker

Macam-macam sate khas Lombok bisa didapatkan di Lombok Food Festival 2023. Sebagai side event perlombaan MotoGP Mandalika, acara ini diharapkan bisa lebih menarik minat banyak orang terutama para atlet dan timnya. Serta wisatawan mancanegara yang menonton.

0 comments on “Cobain Macam-Macam Sate Khas Lombok Sambil Nonton MotoGP Mandalika 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.