Potensi Wisata Mandalika di Lombok
Local Experiences

Tak Hanya Sirkuit, Ini 5 Ragam Potensi Wisata Mandalika Lombok

Jangan cuma tahu sirkuitnya saja, berikut segudang potensi wisata Mandalika yang pasti kamu suka!

Nama Mandalika mencuat pada beberapa tahun terakhir. Terutama di sekitar gelaran MotoGP pada tahun 2022 kemarin. Kawasan seluas kurang lebih 1.250 hektar ini terletak di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Potensi Wisata Mandalika di Lombok sangatlah tinggi. Pada tahun 2018, total wisatawan Nusantara yang berkunjung ke Mandalika mencapai 83.200 orang. Sayangnya, pandemi covid 19 kemudian menghambat perkembangan dunia pariwisata Mandalika.

Untunglah, strategi pemerintah dengan mengadakan acara MotoGP pada tahun 2022 berhasil merangsang pertumbuhan potensi wisata Mandalika. Hingga pemerintah memproyeksikan jumlah pengunjung tahunan di Mandalika bisa  mencapai lima juta orang di tahun 2024. Salah satu caranya adalah dengan melanjutkan pelaksanaan ajang balap motor internasional di sirkuit Mandalika. Terdapat 2 gelaran balap motor, yaitu WSBK (World Superbike) di bulan Maret dan MotoGP di bulan Oktober 2023.

Baca Juga : Unik, Enak, Sehat, Ini Dia Oleh-oleh Makanan Ringan Khas Lombok

Potensi Wisata Mandalika di Lombok

Potensi Wisata Mandalika di Lombok
Potensi Wisata Mandalika di Lombok

Mandalika masuk ke dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 52 Tahun 2014 tentang KEK Mandalika. Salah satu pekerjaan yang selesai dikembangkan oleh Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) adalah Sirkuit Mandalika seluas 120 hektar. Di sinilah MotoGP 2022 berhasil dilaksanakan. Rencananya tahun ini pun akan dihelat lagi di sini. Tak lupa ada juga pagelaran World Superbike (WSBK) yang baru saja berakhir dengan meriah di awal Maret 2023. 

Sebenarnya, potensi apa saja dibalik Mandalika yang mempesona ini? Simak ulasan berikut ini ya!

  1. Wisata Alam
Wisata Alam Mandalika di Lombok
Wisata Alam Mandalika di Lombok

Berdasarkan ‘Market in Minutes Savills Research’,  sebelum gelaran MotoGP 2022, Kawasan Mandalika terkenal memiliki wisata alam sebagai andalan utama. Pantai-pantai di Mandalika sudah  kesohor lebih dulu di kalangan peselancar. Sebab air lautnya jernih, ombaknya besar, dan termasuk juga lingkungan nan cantik yang belum terjamah. Sebutlah Pantai Kuta Mandalika, Pantai Seger, Pantai Serenting, Pantai Mawi, dan Pantai Tanjung Aan.

Tak hanya ke pantai. Ada juga Bukit Seger, Bukit Merese, dan Bukit Tunak yang letaknya tidak jauh dari Sirkuit Mandalika. Tempat-tempat ini juga bisa jadi destinasi alternatif berwisata di Mandalika.

Baca Juga : 4 Olahan Nyale khas Lombok, Tangkal Diabetes Hingga Awet Muda

  1. Wisata Olahraga
Wisata Olahraga Mandalika di Lombok
Wisata Olahraga Mandalika di Lombok

Sukses dengan gelaran World Superbike serta MotoGP tahun lalu, Mandalika menjadi makin terpercaya untuk menjadi tujuan international sport tourism. Sirkuit luas nan megah sebagai ikon, ternyata tak cukup sebagai bukti. 

Sebelumnya, Mandalika juga pernah menjadi tuan rumah dari berbagai kejuaraan olahraga tingkat nasional maupun internasional. seperti TNI-Mandalika International Marathon 2018 dan Trip of Indonesia (TROI) 2019.

  1. Wellness Tourism 

Karena lingkungannya yang tenang ditambah dengan pemandangan menakjubkan, Kawasan Mandalika juga mulai menjadi tujuan yoga bagi wisatawan. Selain itu, banyak pula hotel yang memberikan layanan spa dengan lingkungan sekitar nan menawan. Berwisata ke Mandalika jadi membawa kebermanfaatan secara menyeluruh. Baik untuk jiwa maupun raga kita.

  1. Wisata Budaya
Wisata Budaya Mandalika di Lombok
Wisata Budaya Mandalika di Lombok

Ada satu event menarik di Lombok bernama Festival Bau Nyale. Dimana saat itu penduduk akan bercampur baur dengan wisatawan untuk berburu Nyale. Nyale adalah cacing laut kaya manfaat yang dipercaya merupakan jelmaan putri Mandalika. Selain agenda berburu, festival ini juga diisi dengan pentas seni dan budaya.

Tak hanya sebuah gelaran. Di dekat Mandalika juga ada Desa Sade dan Desa Ende. Masyarakat di sini masih memegang teguh kebudayaan Suku Sasak. Sehingga pengunjung bisa mengenal lebih jauh tentang rumah adat Sasak, kain tenun songket, tarian tradisional, dan musik khas Lombok.

Baca Juga : Tips Liburan Murah ke Lombok ala Backpacker

  1. Wisata Kuliner
Wisata Kuliner Mandalika di Lombok
Wisata Kuliner Mandalika di Lombok

Masakan plecing kangkung dan  ayam Taliwang khas Lombok sudah terkenal seantero Nusantara. Namun, menikmati di tempat asalnya akan membawa sensasi yang berbeda. Ya, potensi wisata Mandalika di Lombok juga dilengkapi dengan kuliner khasnya. 

Jangan khawatir, karena ada lebih banyak lagi yang bisa didapatkan selama berwisata di Mandalika. Ada sate bulayak, sayur ares, ayam rarang, nasi balap puyung, sambal beberuk terung, dan masih banyak lagi.

Potensi wisata Mandalika di Lombok ternyata beragam. Tak hanya sirkuit megah yang berpadu dengan keindahan pantai. Ada banyak kekayaan pariwisata yang bisa memberikan pengalaman mengesankan pada Kawanjo selama berlibur ke sana.

0 comments on “Tak Hanya Sirkuit, Ini 5 Ragam Potensi Wisata Mandalika Lombok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.