liburan murah ke lombok,
Local Experiences

Tips Liburan Murah ke Lombok ala Backpacker

Siapa bilang liburan ke Lombok mahal? Baca artikel ini untuk dapatkan tips liburan murah ke Lombok!

Sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas, Lombok dicintai semakin banyak orang, termasuk para wisatawan mancanegara. Pesona alam pulau berbentuk ekor ini memang seakan menyerukan perintah untuk kita menjelajah ke sana. Buat yang takut liburan ke Lombok karena mahal, tenang, kali ini Minjo mau spill tips liburan murah ke Lombok ala backpacker!

Liburan ke Lombok ala Backpacker

liburan murah ke lombok,
Tips Wisata ke Lombok ala Backpacker

Salah satu cara menjelajahi keindahan alam Lombok adalah dengan backpacking. Liburan ala backpacker ini memfokuskan pada efisiensi biaya transportasi dan penginapan, makan, serta pilihan destinasi wisatanya.

Jangan salah, dengan memutuskan menjadi backpacker, ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh. Seperti pengalaman perjalanan yang lebih seru dan menantang, waktu lebih fleksibel, dan pastinya hemat biaya.

Baca Juga : Paket Pendakian Rinjani, Menyapa Langit Lombok Hingga Menyelami Perairan Gili Trawangan

Namun, supaya kegiatan liburan murah ke Lombok bisa lancar, ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Seperti:

  1. Susun trip itirenary. Karena dengan merencanakan tempat wisata yang akan dikunjungi, hal ini bisa mengatur apa saja kebutuhan yang perlu dipersiapkan.
  2. Pilih lokasi menginap di Senggigi, Kuta/Lombok Selatan, Gili Trawangan, dan Mataram. Karena di area ini  terdapat banyak tempat untuk menginap. Mulai dari yang murah seperti hostel hingga hotel bintang lima. Tinggal menyesuaikan budget yang ada.
  3. Gunakan internet untuk merencanakan liburan ke Lombok. Mulai dari tarif penginapan hingga destinasi wisata. Saat berlibur pun jangan lupa untuk selalu mengaktifkan GPS.
  4. Pilih makanan murah yang dijual di warung makan pinggir jalan. Sebab harus diingat bahwa seorang backpacker harus menghemat biaya, tidak bisa menuruti nafsu dengan melahap makanan yang mahal.
  5. Menyewa kendaraan untuk melanjutkan perjalanan berkeliling pulau Lombok. Bila sedang berada dalam rombongan, tak ada salahnya patungan untuk menyewa mobil. Jika sendirian atau berdua, sepeda motor bisa jadi pilihan. Nah, bila ingin sekedar berputar- putar sekitar penginapan, gowes naik sepeda pun mengasyikkan. Di Lombok banyak sekali persewaan alat transportasi seperti ini. Tinggal memilih sesuai kebutuhan dan dana yang dipunyai.
  6.  Bawa uang tunai secukupnya. Mengingat beberapa destinasi wisata di Lombok masih jarang ditemukan ATM, seperti di Gili-gili yang ada, sehingga uang tunai sangat diperlukan. Namun jangan juga terlalu banyak menyimpan uang tunai, sebagai cara untuk menghindari hal yang tak diinginkan.
  7. Jaga stamina tubuh. Jangan lupa untuk menjaga asupan air dan mineral ke dalam badan.

Destinasi Wisata Lombok untuk Backpacker

liburan murah ke lombok,
Destinasi Wisata ke Lombok ala Backpacker

Tujuan objek wisata harus dipilih sedemikian rupa untuk pelancong yang memilih cara backpacking. Demi efisiensi waktu dan biaya, beberapa tempat yang cocok untuk liburan murah ke Lombok ala backpacker adalah:

  1. Bukit Pergasingan
liburan murah ke lombok,
Destinasi Wisata ke Lombok Bukit Pergasingan

Bukit Pergasingan Lombok ini berada di ketinggian sekitar 1670 mdpl. Sebagai bagian dari gunung Rinjani, bukit ini seperti negeri di atas awan karena kabut yang menyelimuti. 

Suasana yang tenang serta pemandangan sekeliling yang instagenic, membuat tempat ini banyak dikunjungi wisatawan. Aksesnya pun mudah, hanya butuh waktu 2 jam perjalanan dari pusat kota Mataram. Letaknya di Sembalun Lawang, Sembalun, Lombok Timur. Yang utama, biaya masuknya hanya Rp15.000 saja! Cocok banget deh buat kamu yang mau liburan murah ke Lombok.

Baca Juga : 13 Rekomendasi Hotel & Villa di Lombok Untuk Nginap Selama Nonton MotoGP

  1. Pantai Senggigi
liburan murah ke lombok,
Destinasi Wisata ke Lombok Pantai Senggigi

Selanjutnya, tempat wisata yang bisa kamu kunjungi ketika liburan murah ke Lombok adalah pantai Senggigi. Pantai indah yang terletak di Jalan Raya Senggigi, Batu Layar, Lombok Timur. Semilir angin laut seketika menyambut saat pertama kali kaki menginjak pasirnya yang lembut.

Di sini pengunjung juga bisa berenang dan snorkeling sepuasnya. Jangan khawatir dengan ombak nakal. Sebab ada batu karang mencuat di tengah laut, yang memecah ombak sebelum sampai ke pinggir pantai. Selesai berbasah-basah, pengunjung juga bisa mengunjungi pura Batu Bolong untuk umat Hindu atau berziarah ke makam ke tokoh Islam di area yang dinamakan Batu Layar.

Adapun biaya untuk menikmati pesona pantai Senggigi adalah Rp15.000 saja.

  1. Air Terjun Benang Kelambu 
liburan murah ke lombok,
Air Terjun Benang Kelambu Destinasi Wisata ke Lombok

Dari pantai Senggigi perjalanan bisa dilanjutkan ke destinasi wisata alam pulau Lombok. Namanya Air Terjun Benang Kelambu. Hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam 20 menit dari pantai Senggigi ke air terjun ini. Letaknya di Desa Aiq Beriq, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah

Air yang bersumber dari Gunung Rinjani ini kemudian tumpah ruah dari sela semak yang rimbun. Nampak seperti tirai atau benang kelambu. Air yang terjun nampak halus melewati tebing yang bertingkat-tingkat.

Dengan suasana hutan yang asri dan sejuk, berada di sini bisa menghilangkan stres dalam pikiran. Pikiran menjadi tenang, jiwa pun jadi senang. Sempatkan untuk berenang atau berendam, agar otot di badan bisa kendor.

Baca Juga : Pembalap MotoGP Terpukau Pesona Alam Lombok

Semua kesenangan ini harganya sangat bersahabat dengan para backpacker. Yaitu hanya Rp5000! Cocok buat yang lagi liburan murah ke Lombok.

Jika Kawanjo memutuskan untuk wisata ke Lombok ala backpacker, ada yang harus diingat nih, yaitu meskipun backpacker adalah low budget trip, namun jangan asal-asalan memilih tempat wisata dan aspek-aspek penunjangnya. Supaya liburan tetap jadi hal yang mengesankan. Jika tak ingin repot mempersiapkan itinerary, andalkan saja paket-paket wisata di Pigijo!

0 comments on “Tips Liburan Murah ke Lombok ala Backpacker

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.