Tempat Liburan Anti Mainstream di Kepulauan Riau
Local Experiences

Liburan Anti Mainstream di Kepulauan Riau

Kepulauan Riau terkenal akan wisata baharinya. Hal ini dikarenakan wilayahnya yang didominasi oleh lautan. Kali ini, Minjo mau spill tempat liburan anti mainstream di Kepulauan Riau. Cek di sini ya!

Tahukah Kawanjo bila Kepulauan Riau (Kepri) adalah daerah yang terletak pada jalur lalu lintas transportasi laut, dan udara yang strategis. Letak geografisnya menunjukkan bahwa daerah ini berbatasan langsung dengan 3 negara tetangga. Yaitu Singapura, Malaysia, dan Vietnam. Maka tak heran bila daerah ini disebut sebagai gerbang wisatawan asing. Sehingga tempat liburan anti mainstream di Kepulauan Riau banyak digemari turis dari luar negeri. Harusnya Kawanjo juga, dong!  

As we know, Kepulauan Riau memiliki keistimewaan berupa wilayahnya yang terdiri dari pulau-pulau. Di wilayahnya, 96 persen adalah perairan dengan 1.350 pulau besar dan kecil. Potensi wisata yang ada memang sebagian besar adalah dari sektor bahari. Namun banyak pula wisata di Kepulauan Riau yang terkenal dari bagian lain. 

Baca Juga : 3 Agrowisata di Pekanbaru Riau, Lebih Peduli Lingkungan Hijau

Tempat Liburan Anti Mainstream di Kepulauan Riau

Karena wilayahnya yang didominasi oleh lautan, Kepulauan Riau terkenal dengan wisata baharinya. Ada banyak destinasi nge-trip berupa pantai dan aktivitas laut seperti menyelam dan lainnya. Nah, ternyata ada banyak pula tempat liburan anti mainstream di Kepulauan Riau sebagai pilihan mengeksplorasi keindahan provinsi ini. Berikut diantaranya:

  1. Desa Wisata Ekang Anculai
Desa Wisata Ekang Anculai kepulauan riau
Desa Wisata Ekang Anculai kepulauan riau

Pulau Bintan menjadi salah satu tujuan pariwisata unggulan di Kepulauan Riau. Alamnya yang eksotik membuat banyak orang tertarik untuk mampir. Ada satu wisata kekinian di Bintan, bernama Desa Wisata Ekang Anculai.

Lokasinya yang strategis, bisa dijangkau dalam waktu 15 menit dari Terminal Ferry Bandar Bentan Telani di Lagoi. Tepatnya beralamatkan di Kecamatan Teluk Sebong, Bintan. Bila hendak mengajak anggota keluarga berlibur, Desa Wisata Ekang Anculai Kepulauan Riau memang pilihan tepat. 

Kawanjo bisa mengajak mereka menikmati sensasi menginap di rumah bambu atau glamping di pinggir danau. Kegiatan selanjutnya adalah merasakan asyiknya berkeliling sambil naik ATV di desa seluas 13 hektar ini. Sambil menyaksikan pemandangan, tak sadar pasokan oksigen akan bertambah. Mengingat udara segar sangatlah melimpah di destinasi wisata keluarga di Bintan ini. 

Yang unik dan anti mainstream adalah fasilitas tur hutan bakau. Selama 3 jam Kawanjo akan diajak naik perahu untuk menyusuri sungai yang membelah hutan bakau. Pepohonan bakau di sini sungguhlah terjaga. Sehingga menciptakan pemandangan indah sebagai bagian wisata alam di kepulauan Riau.

  1. Pulau Penyengat
Pulau Penyengat Tempat Liburan Anti Mainstream di Kepulauan Riau
Pulau Penyengat Tempat Liburan Anti Mainstream di Kepulauan Riau

Dari Bintan, mari beralih ke Tanjung Pinang. Di kota ini terdapat satu destinasi wisata anti mainstream Kepulauan Riau yang bisa jadi tiada duanya. Pulau Penyengat namanya, salah satu hidden gem di Tanjung Pinang yang wajib dikunjungi untuk pengalaman wisata yang mengesankan. 

Pulau yang berjarak hanya 15 menit dari Pelabuhan Kuning Pelantar Penyengat, Tanjung Pinang ini sudah memberi sensasi unik untuk perjalanan ke sini. Kawanjo harus menggunakan kapal kayu yang umum disebut kapal pompong. Sesampainya di Pulau Penyengat apalagi. Banyak suguhan wisata yang tak boleh terlewat. Yang pertama adalah berwisata religi di kawasan Masjid Raya Sultan Riau, dimana Kawanjo bisa sekaligus belajar sejarah perkembangan Islam di sini. Objek wisata bersejarah di pulau Penyengat lainnya bernama Balai Adat Indra Perkasa. Sebuah rumah adat Melayu yang instagenic karena ornamen-ornamen khasnya.

Jangan lupa bila di Pulau Penyengat untuk mencicipi karipap. Kue khas Kepulauan Riau yang banyak dijumpai di sini. Ada juga berbagai olahan ikan dan nasi, seperti nasi malaka dan nasi dagang.

Terakhir adalah yang unik. Yaitu mencoba permainan perahu Jong yang jadi kebanggaan masyarakat Pulau Penyengat. Perahu Jong adalah miniatur perahu layar dengan warna-warni cerah ceria. Cara bermainnya adalah dengan meletakkan perahu jong di atas laut.  Kemudian perahu tersebut dibiarkan bergerak mengandalkan tiupan angin. Sangatlah seru bila memainkannya beramai-ramai.

baca juga : 7 Rekomendasi Kue Khas Riau Penunda Lapar

  1. Treasure Bay 
Treasure Bay Tempat Liburan Anti Mainstream di Kepulauan Riau
Treasure Bay Tempat Liburan Anti Mainstream di Kepulauan Riau

Berenang di kolam air tawar sudahlah umum. Namun berenang di kolam air asin, Kawanjo wajib coba di pulau Bintan. Ada Treasure Bay yang menjadi kolam renang air asin terbesar se Asia Tenggara!

Treasure Bay di Lagoi, pulau Bintan, menawarkan tempat liburan anti mainstream di Kepulauan Riau.  Dengan luas 338 hektar, di kawasan ini terdapat berbagai sarana wisata seperti arena permainan, hotel, restoran, dan lainnya. Termasuk di dalamnya adalah kolam renang Crystal Lagoon dengan luas 6,3 hektar yang menjadi pusat penarik minat pengunjungnya.

Kolam renang ini berbentuk menyerupai pantai. Namun sekeliling kolam berwarna putih adalah pasir imitasi berbahan fiber putih. Di kolam ini Kawanjo bisa berenang layaknya di laut tanpa takut ombak besar, ubur-ubur, ataupun air yang kotor. Kawanjo juga bisa bermain water sport seperti perahu kayak, paddle boarding, jet sky, dan lainnya. Tenang saja, semua dalam pengawasan lifeguard yang selalu siaga.

Bila bosan bermain di air, Kawanjo juga bisa berkeliling area kolam renang dengan segway atau scooter yang ada. Jika lapar melanda, tinggal memesan makanan di area food court yang ada.

  1. Pulau Bawah Anambas
Pulau Bawah Anambas wisata Anti Mainstream di Kepulauan Riau
Pulau Bawah Anambas wisata Anti Mainstream di Kepulauan Riau

Situs berita CNN pernah menyatakan bahwa Anambas adalah salah satu kepulauan tropis terindah di Asia. Di dalamnya terdapat Pulau Bawah. Dimana pulau ini memiliki tiga laguna dengan air yang jernih dan 13 pantai berpasir putih nan lembut.

Keindahannya tiada tara. Membuat banyak yang ingin wisata ke sini, meski sekali kunjungan dibatasi untuk 70 orang. Di pulau Bawah Kawanjo bisa melakukan banyak sekali aktivitas menarik. 

Mulai dari mencoba olahraga air hingga berkeliling ke hutan melihat satwa liar di habitat aslinya. 

Baca Juga : 4 Spot Epik Wisata Pulau Rupat Bengkalis di Riau

Tak hanya di hutan, Kawanjo juga bisa mampir ke pulau-pulau terdekat dan sebuah perkampungan para nelayan. Sembari menjelajah, jangan lupa untuk hunting foto sebanyak-banyaknya. Karena beraneka ragam spot foto fantastis baik di  daratan maupun di di bawah lautnya.

Yang unik lagi adalah Kawanjo bisa mencoba sensasi spa di tengah laut. Dilayani oleh petugas yang telah tersertifikasi di tempat yang sedap dipandang. Memberi pengalaman wellness tourism yang bermanfaat dan tak terlupakan. Jangan lupa tutup kunjungan dengan menyantap kuliner khas pulau Bawah di Kepulauan Riau.

Gerbang wisatawan asing di Indonesia selain Bali adalah Kepulauan Riau. Beruntung, Tuhan memberi anugerah potensi alam yang menakjubkan. Beberapa diantaranya menjadi tempat liburan anti mainstream di Kepulauan Riau. Destinasi wisata yang menjanjikan pengalaman mengesankan dan jarang ada yang menyamai. Yuk masukkan list ngetrip pada liburan mendatang!

0 comments on “Liburan Anti Mainstream di Kepulauan Riau

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.