Dari Budget Hotel dan Resort, Ini 11 Jenis Penginapan yang Wajib Kamu Ketahui
Local Experiences

Dari Budget Hotel dan Resort, Ini 11 Jenis Penginapan yang Wajib Kamu Ketahui

Bingung mau pilih penginapan yang mana saat travelng? Baca dulu artikel ini supaya kamu gak salah booking!

Sering dengar istilah boutique hotel, B&B, villa, aparthotel sampai dengan resort? Sering menginap di hotel gemas padahal sesungguhnya tempat itu bukanlah hotel melainkan boutique hotel? Merasa dapat penginapan murah di akomodasi yang kawanjo sangka budget hotel tapi ternyata hostel? Ya, jenis-jenis penginapan ini memang membingungkan jika tak dipahami karakternya.

Ada beberapa faktor pembeda yang bisa kawanjo identifikasi untuk mulai mengklasifikasi penginapan-penginapan tersebut. Mulai dari jumlah kamar, interior, sampai fasilitas yang dimiliki, akan membantu kawanjo untuk mulai mengetahui jenisnya. Yuk, simak penjelasan Pigijo di bawah ini supaya next time tak salah lagi.

1. Hostel

Hostel
Murah meriah dan seru karena bisa ketemu teman baru!

Kalau kawanjo sering ngetrip sendirian atau backpacking-an sama teman dengan visi-misi yang sama yaitu ‘irit yang penting happy‘, maka kawanjo pasti familiar dengan penginapan jenis ini. Ya, berharga murah dan biasanya terdiri dari beberapa kamar dengan sejumlah bunk bed di dalamnya, hostel kerap jadi pilihan tepat bagi para traveler baik dari dalam maupun luar negeri.

Karena berkonsep penginapan ramai-ramai, maka hostel bisa mematok harga murah per-malamnya. Bisa ditempati 4 – 20 orang/kamar, penginapan jenis ini biasanya juga menyediakan loker untuk para tamu agar mereka bisa menaruh barang bawaan di dalamnya. Tak hanya itu, kamar mandi pun terdiri dari beberapa bilik sehingga mirip dengan kamar mandi asrama.

Menariknya lagi, jika kawanjo memang suka jalan-jalan sendirian, maka di dalam hostel biasanya akan kawanjo temukan teman baru baik dari dalam maupun luar negeri. Di sini, kesempatan untuk bersosialisasi dan membuka jaringan pertemanan pun jadi terbuka lebar. Pasti menyenangkan, kan punya teman dari berbagai negara. Cocok untuk kawanjo yang berjiwa muda!

2. Hotel Kapsul

Kapsul
Cocok buat kawanjo yang senang backpacker-an dan solo traveling

Diperkenalkan pertama kali di Jepang, penginapan jenis ini ternyata mulai diminati oleh seluruh warga dunia. Punya ruang tidur super kecil dan sempit layaknya kapsul, kawanjo hanya akan dapat ruang menginap seluas kira-kira 2 x 3 meter bahkan lebih kecil daripada itu. Namun meski demikian, di dalamnya cukup lengkap tersedia kebutuhan-kebutuhan dasar kawanjo.

Jika ruangnya kecil sekali, maka kawanjo akan tetap mendapatkan stop kontak untuk mengisi daya telepon seluler, baterai kamera, atau peralatan elektronik lainnya. Lalu ada pula lampu baca, kasur lipat kecil, dan perlengkapan tidur yang memadai. Tapi jika ruangnya luas, kawanjo bisa mendapat fasilitas televisi! Ssstt… Pemilik klaustrofobia tak disarankan menginap di hotel jenis ini, ya.

Sama seperti hostel, akan banyak ruang komunal tersedia di sini mulai dari area makan, dapur, dan kamar mandi. Semua didesain sesuai kebutuhan para traveler. Harganya? Tentu saja sangat murah. Jadi pas untuk kawanjo yang mau bepergian tapi tetap ingin irit di akomodasi. So, kalau mau sekamar sendiri, pilihlah kapsul hotel. Tapi kalau ingin rama-ramai, pilihlah hostel. Hehehe!

3. Budget Hotel

Budget hotel
Jauh dari kata mahal dilengkapi dengan fasilitas penginapan yang sangat mendasar

Nah, kalau mau kamar layaknya kamar hotel dengan ruang yang lebih luas dan tempat tidur yang cukup nyaman, kawanjo bisa pilih budget hotel yang juga murah. Banyak tersedia online dan bisa dipesan dengan mudah, biasanya budget hotel akan mengedepankan harga rendah namun dengan desain kamar dan bangunan yang biasa-biasa saja, yang penting murah!

Standar dan pelayanan kamar, sih mirip seperti hotel pada umumnya, ya. Tapi standar itu terbilang sangat basic terutama dalam hal bentuk dan fasilitas kamar. Terdapat tempat tidur, meja, lemari, AC, kursi, televisi dan kamar mandi pada budget hotel pada umumnya. Tapi biasanya semua hanya ala kadarnya bahkan lebih standar dari hotel bintang 1 sekalipun.

Banyak aplikasi budget hotel yang bisa kawanjo download dari telepon seluler. Mulai dari Red Doorz, Airy Room, Literooms, dan lain sebagainya. Pilihan kamar pun bisa disesuaikan dengan standar kenyamanan kawanjo. Tinggal lihat dari foto yang tersedia dan pilihlah sesuai keinginan. Bahkan beberapa ada yang menyediakan sarapan gratis juga, lho. Seperti hotel betulan, kan!

Baca juga: 5 Penginapan Instagramable di Bandung, Yuk Staycation!

4. Bed and Breakfast

BnB
Rasanya seperti sedang tidur di rumah orang tua. Homey dan kamar selalu bersih!

Jika sering ke luar negeri, maka kawanjo pasti familiar dengan tipe penginapan ini. Berangkat dari konsep rumah yang bisa disewa untuk menginap, bed and breakfast betul-betul menyediakan ruang tidur dan sarapan pagi bagi siapa pun yang menginap di sana. Berbentuk rumah pribadi dan dijalani oleh pemilik rumah itu sendiri, penginapan jenis ini dirasa lebih hangat dan kekeluargaan.

Untuk harga, B&B ini jelas lebih mahal ketimbang budget hotel karena fasilitas dan servisnya betul-betul diperhatikan oleh pemilik rumah. Tak heran jika para tamu akan selalu merasa seperti sedang bermalam di rumah sendiri. Tempat tidur dan seprai yang bersih, menu sarapan yang terbilang lengkap, dapur luas yang siap pakai, dan suasana hangat yang membuatnya semakin homey.

Lebih daripada itu, kini bisnis B&B pun makin berkembang di mana yang disewakan tak lagi hanya kamar yang ada dalam satu rumah melainkan seluruh isi rumah. Ini yang bikin liburan ke luar negeri jadi makin asyik! Karena selain lebih murah jika dipesan untuk waktu lama, B&B juga akan membuat kawanjo serasa memiliki rumah sementara di negeri orang! Menarik, bukan?

5. Guest house

Guest House
Seperti rumah namun kamarnya lebih banyak

Mirip dengan B&B, guest house biasanya disewakan untuk urusan pekerjaan seperti meeting kantor di luar kota. Meski bisa juga diinapi secara umum, tapi sifatnya jauh lebih tradisional dibandingkan B&B. Pemilik pun tak jarang tinggal di sini. Lalu, satu hal menarik lagi, kawanjo juga bisa bersosialisasi dengan tamu lain layaknya di hostel! Kecil namun cukup homey, itulah karakter guest house.

Kadang ia tampak seperti rumah. Tapi kadang pula ia tampak seperti hotel berukuran mungil. Satu hal yang pasti, guest house punya jumlah kamar yang tak terlalu banyak tapi jauh lebih banyak daripada kamar B&B. Oleh sebab itu, penginapan ini boleh dikatakan cukup mahal karena kerapihan dan fasilitas kamarnya lebih diperhatikan ketimbang budget hotel.

6. Hotel

Hotel
Hotel yang selalu menyediakan fasilitas terbaik mereka

Dari semua jenis penginapan, hotel punya jumlah kamar paling banyak dari semuanya. Memiliki fasilitas lengkap mulai dari restoran, gym, bahkan tempat spa dan juga salon, hotel pun terbagi menjadi beberapa kelas yaitu hotel bintang 1 sampai dengan 5. Sesuai klasifikasinya, jelas bintang 5 punya fasilitas paling mewah dibandingkan hotel bintang 1. Desain dan interiornya beda banget!

Tak heran jika penginapan jenis ini paling populer di antara para traveler karena faktor kenyamanannya yang begitu khas. Pagi-pagi dapat buffet breakfast, Setiap pergi ke luar kamar selalu dirapikan, mau bikin kopi sudah disediakan, bisa berenang di kolam renang, dan lain sebagainya. Tersedia juga ruang rapat, tempat spa, hingga ballroom untuk keperluan bersama. Komplet!

7. Boutique hotel

boutique
Desain kamar yang unik dan instagenik

Masih masuk dalam kategori hotel, boutique hotel biasanya punya interior unik yang dipersonalisasi sesuai dengan tema tertentu. Standar kamarnya persis seperti hotel tapi dengan desain yang lebih menyenangkan. Ada yang bertema muda, klasik, Eropa, dan lain sebagainya. Budget hotel pun ada yang masuk kategori boutique. Harganya relatif bersahabat juga, lho!

8. Apartemen

Apartement
Seperti sedang berada di rumah sendiri!

Alih-alih dijadikan tempat tinggal, pemilik apartemen seringkali menyewakan unitnya secara harian untuk dapat uang tambahan. Bedanya dengan hotel, di sini kawanjo tidak akan dapat fasilitas seperti sarapan gratis, tempat tidur yang rutin dibersihkan saat kawanjo pergi, dan juga tak ada bell boy yang akan membantu bawakan barang. Semua serba dikerjakan sendiri!

Tapi enaknya, kawanjo akan dapat satu unit full lengkap dengan dapur, meja makan, dan perlengkapan lainnya. Jadi kalau perlu apa-apa tinggal pakai. Saran Pigijo, sih, kalau kawanjo ngetrip ke luar negeri dan berencana untuk bermalam di tengah kota, baiknya sewa apartemen yang sudah lengkap dengan segala perlengkapan itu. Jadi kalau malas jajan bisa langsung masak saja. Irit, kan!

Baca juga: Stasiun Lempuyangan Yogyakarta Juga Punya Destinasi Wisata Menarik

9. Aparthotel

Aparthotel
Apartemen yang punya fasilitas servis seperti di hotel

Dibuat di apartemen, konsep penginapan ini adalah apartemen yang pengelolaannya dibuat sangat mirip dengan hotel. Jadi saat menginap di sini, kawanjo akan dapat sarapan pagi, buttler atau room service, kamar dirapikan, dan segala sesuatu dapat diakses seperti gym dan juga kolam renang. Hype nya pun tinggi karena harganya lebih murah ketimbang hotel konvensional.

Menyenangkannya lagi, jika kawanjo akan traveling dalam waktu lama, aparthotel bisa jadi pilihan tepat karena harganya oke, fasilitas memadai, dan servis sangat bisa diandalkan. Bayar langsung untuk beberapa minggu, akomodasi ini cocok untuk kawanjo yang ingin traveling praktis dan tak mau ribet harus urus apa-apanya sendiri.

10. Resort

Resort
Siapa yang mau ke sini? Ajak-ajak Pigijo, ya! Hehehe..

Ingin ngetrip ke pantai atau pegunungan dengan fasilitas akomodasi super komplet, maka resort adalah jawabannya. Berbentuk seperti rumah namun dengan servis dan fasilitas menyerupai hotel, resort biasanya paling cocok untuk liburan keluarga, honeymoon, atau wedding anniverssary trip yang romantis karena biasanya, ia berada dekat sekali dengan tourist attraction.

Di pinggir pantai, di atas tebing, di atas laut dangkal, atau di kaki gunung. Pokoknya, yang penting kawanjo bisa berinteraksi langsung dengan alam! Namun jika ingin menginap di akomodasi ini, siapkan uang lebih, ya. Karena harganya jauh lebih mahal bahkan dari hotel bintang 5. Survey dulu sebelum booking!

11. Villa

Villa
Cocok untuk liburan bareng teman atau keluarga

Mirip dengan resort, lokasi villa jauh lebih terpencil dan eksklusif karena menawarkan konsep privat dan jauh dari keramaian. Ukuran penginapan biasanya lebih besar dan luas menyerupai rumah. Ada kolam renang pribadi, taman, dan lain sebagainya. Kalau kawanjo pergi bersama keluarga atau ramai-ramai dengan teman, akomodasi ini memang paling tepat!

Jumlah kamar dalam villa pun layaknya di dalam rumah. Ada yang satu kamar, dua kamar, tiga kamar, bahkan sampai empat kamar. Tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan. Bahkan, beberapa villa menyediakan kamar khusus untuk asisten yang kawanjo bawa dari rumah atau buttler yang kawanjo sewa dari hotel. Semakin mewah villanya, semakin lengkap juga fasilitasnya. Asyik, kan!

Buruan cek paket wisata lokal menariknya di sini. Dan temukan keseruanmu ngetrip di Pigijo.

Baca Juga : Jelajah Rasa Kuliner Khas Bromo

0 comments on “Dari Budget Hotel dan Resort, Ini 11 Jenis Penginapan yang Wajib Kamu Ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published.