Kabar Gembira, Pendakian ke Gunung Semeru Kembali Dibuka
PigiNews

Kabar Gembira, Pendakian ke Gunung Semeru Kembali Dibuka

Gunung Semeru sempat mengalami penutupan selama Idul Fitri. Kini, selain dibuka kembali kuota pendakian juga diitambah.

Kabar gembira yang ditunggu akhirnya datang. Setelah beberapa waktu ditutup untuk umum, jalur pendakian Gunung Semeru di Jawa Timur akan segera dibuka. Sebelumnya selama libur Idul Fitri 2021, kawasan pendakian populer tersebut ditutup sementara waktu.

Penutupan dilakukan demi mencegah penyebaran virus corona yang menyebabkan penyakit COVID-19. Tidak cuma kawasan pendakian Semeru, penutupan tempat wisata saat libur Idul Fitri dilakukan di hampir seluruh objek wisata di Indonesia. Penutupan berlangsung di tempat wisata seperti TMII, Ancol, di sejumlah pantai di Pangandaran Jawa Barat.

Kabar Gembira, Pendakian ke Gunung Semeru Kembali Dibuka
Gunung Semeru yang jadi salah satu tempat favorit berwisata

Kabar terkait pembukaan pendakian Gunung Semeru disampaikan lewat sosial media resmi @bbtnbromotenggersemeru. Sosial media ini merupakan sarana informasi resmi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

“Akhirnya link booking online semeru sudah dibuka nih. Bagi #sahabatmentaritengger yang kemarin bertanya-tanya sudah bisa menemukan jawabannya ya,” sebut keterangan resmi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Rencananya pembukaan jalur pendakian ke Gunung Semeru akan dimulai pada 24 Mei 2021. Kabar gembira bukan cuma itu. Otoritas berwenang Gunung Semeru juga memutuskan untuk memberikan kuota pendakian lebih bagi yang mendaki Gunung Semeru. Kenaikan kuota yang diberikan bahkan sampai 50 persen.

Kabar Gembira, Pendakian ke Gunung Semeru Kembali Dibuka
Keindahan Semeru sealu jadi daya tarik para pendaki gunung

“Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi pendakian, kuota pendakian Gunung Semeru dinaikan menjadi 50 persen atau 300 orang per hari,” jelas mereka.

Saat penambahan kuota dimulai pada 24 Mei mendatang pembagian kuota pendakian berlaku sebagai berikut:

  1. 130 orang/hari untuk kuota pendakian reguler.
  2. 170 orang/hari untuk pendakian reschedule.

“Pembukaan kuota pendakian dilakukan secara berkala setiap satu bulan sekali, selambat-lambatnya satu minggu sebelum pergantian bulan,” tutur mereka.

BACA JUGA: Nostalgia Destinasi Wisata yang Pernah Viral Tahun 2020

Untuk pendakian ke Gunung Semeru pun hanya bisa dilakukan lewat pemesanan daring di laman https://bookingsemeru.bromotenggersemeru.org/.

Pendakian Gunung Semeru sendiri telah lama menjadi primadona wisata di Jawa Timur dan Indonesia. Popularitas gunung tertinggi di Pulau Jawa itu meningkat usai dipakai menjadi latar belakang film box office Indonesia 5 cm yang rilis pada 2012 lalu.

Sebelum pandemi COVID-19 melanda dunia, tepatnya pada 2019 kunjungan ke Bromo-Semeru mencapai 690.831. Jumlah itu sebenarnya turun dari tahun sebelumnya, 2018. Ketika itu pengunjung Bromo-Semeru mencapai 853.016 orang.

BACA JUGA: Ngetrip Tipis-tipis di Curug Leuwi Hejo, Yuk Cobain 4 Aksi Seru Ini

0 comments on “Kabar Gembira, Pendakian ke Gunung Semeru Kembali Dibuka

Leave a Reply

Your email address will not be published.