Destinasi Wisata Petualangan Terbaik di Asia
PigiNews

Indonesia Sukses Mendapat Gelar Destinasi Wisata Petualangan Terbaik di Asia, Ini dia 3 Rekomendasinya!

Indonesia kali ini sukses meraih gelar Asia's Leading Adventure Tourism Destination atau Destinasi Wisata Petualangan Terbaik di Asia.

Mengalahkan negara lain, Indonesia tahun ini akhirnya bisa level up ke peringkat satu ajang World Travel Awards 2024. Pagelaran yang berlangsung pada Selasa, 3 September 2024 ini dilaksanakan di Manila, Filipina. Indonesia kali ini sukses meraih gelar Asia’s Leading Adventure Tourism Destination atau Destinasi Wisata Petualangan Terbaik di Asia.

Nusantara kita juga sukses mengungguli negeri yang berpotensi seperti China, India, Malaysia, Sri Lanka, Thailand, dan Nepal. Indonesia memang terkemuka masalah pariwisata. Terutama destinasi wisata petualangannya.

World Travel Awards Destinasi Wisata Petualangan Terbaik di Asia

World Travel Awards Destinasi Wisata Petualangan Terbaik di Asia
World Travel Awards Destinasi Wisata Petualangan Terbaik di Asia

Penghargaan yang sering dijuluki ‘Oscar-nya industri perjalanan’ ini menempatkan Indonesia di peringkat satu. Sehingga berhasil menggeser negara yang menyabet gelar di kategori tersebut pada tahun sebelumnya. Yakni Jepang pada tahun 2023,Thailand di 2022, dan Sri Lanka mulai 2017 hingga 2020. Kesemuanya terangkum dalam web World Travel Award (WTA) .

Eksis sejak 1993, ajang penghargaan ini selalu ditunggu. Sebab keberadaannya adalah untuk mengakui, menghargai, dan merayakan keunggulan di semua sektor utama industri perjalanan, pariwisata, dan perhotelan. WTA kemudian mengumumkan daftar akhir nama-nama untuk setiap penghargaan dalam kategori negara. Dimana nominasinya dicapai lewat kriteria:

  1. Pemenang penghargaan tahun sebelumnya dan dua juara di bawahnya.
  2. Masukan yang telah diperiksa dan disetujui.
  3. Penghargaan WTA yang telah diperiksa dan disetujui.

Daftar nominasi kemudian selama setahun melewati proses pemungutan suara secara daring dan kampanye komunikasi yang mendorong partisipasi global. Hasil suara berasal dari para eksekutif berkualifikasi yang bekerja di bidang perjalanan dan pariwisata juga para wisatawan.

Suara yang diberikan profesional perjalanan yang terverifikasi memiliki bobot dua. Sedangkan suara standar memiliki bobot satu. Guna mengajukan peningkatan, pengguna diharuskan melengkapi bagian Pemilih Industri Perjalanan, saat pendaftaran. Serta mengirimkan paling sedikit 10 suara. Setelah itu, untuk memastikan validitasnya, suara diaudit secara internal.

Tak hanya berjaya pada tahun ini di kancah WTA. Indonesia juga pernah menyabet beberapa kategori lain di tahun yang berbeda. Pada tahun 2007, negeri kita mendapatkan gelar ‘Destinasi Menyelam Terkemuka di Asia’. Selanjutnya pada tahun 2014, Indonesia mengantongi gelar ‘Dewan Pariwisata Terkemuka di Asia’. Terakhir, baru saja tahun lalu, gelar yang didapat adalah ‘Destinasi Pantai Terkemuka di Asia’.

Baca Juga: Cara Naik Kereta Cepat Jakarta-Bandung dari Bandara Soekarno-Hatta

Rekomendasi Destinasi Wisata Petualangan di Indonesia

Rekomendasi Destinasi Wisata Petualangan di Indonesia
Rekomendasi Destinasi Wisata Petualangan di Indonesia

Berbincang masalah potensi alam, Indonesia memang layak diacungi jempol. Selain menyenangkan karena bisa dinikmati keindahannya, lingkungan negeri ini juga mampu memantik adrenalin. Banyak gunung menakjubkan yang bisa didaki, sungai elok yang bisa diarungi, ombak mempesona yang bisa dinikmati, dan lain sebagainya.

Banyak wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, yang menjadikan aktivitas wisata sebagai sarana berbeda. Kawanjo bisa meningkatkan kebugaran fisik dan mental melalui tantangan yang dihadapi. Wisata petualangan ini sekaligus mampu mengurangi stres seiring keterhubungan jiwa dengan alam. Selain itu, Kawanjo juga akan mendapatkan pengalaman unik dan  pengetahuan baru. Jika dilakukan bersama-sama, ikatan sosial juga bisa diperkuat.

Nah, berikut adalah info seputar dunia wisata petualangan di Indonesia. Spesial rekomendasi dari Pigijo, Let’s Discover a New Adventure! Diantaranya:

  • Gunung Bromo

Bromo adalah satu dari sepuluh destinasi “Bali Baru” di Indonesia. Gunung dengan ketinggian 2.614 meter di atas permukaan laut ini terkenal sangat indah. Berada di wilayah empat kabupaten, yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang, Bromo memiliki panorama gunung serta padang pasir dan rumput yang menawan.

Meski masih berstatus aktif, gunung Bromo terus mengalami peningkatan pengunjung. Bersama ratusan pengunjung setiap harinya, Kawanjo bisa menikmati hawa sejuk dan keindahan alamnya. Yang paling mengesankan adalah ketika dapat menyaksikan golden sunrise di atas hamparan awan terbaik yang pernah ada.

Aktivitas Wisata Petualangan di Gunung Bromo

Aktivitas Wisata Petualangan di Gunung Bromo
Aktivitas Wisata Petualangan di Gunung Bromo

Puas mengisi tangki kebahagiaan dengan menyerap kecantikan lukisan alam, saatnya Kawanjo memilih aktivitas seru. Cobalah mencetak pengalaman tak terlupakan dengan melakukan berbagai kegiatan petualangan. Yaitu:

  1. Hiking dan TrekkingKawanjo dapat berjalan kaki dan mendaki sekitar 250 anak tangga menuju puncak kawah untuk melihat kawah aktif yang mengeluarkan asap belerang. Kawanjo juga bisa merasakan asyiknya berjalan melewati lautan pasir yang luas.
  2. Naik Jeep di Lautan PasirCobalah menyewa mobil Jeep untuk menjelajahi lautan pasir. Dijamin, perasaan mendebarkan menjadi kenikmatan tersendiri. Lautan pasir ini terbentang luas dan memberikan sensasi berkendara off-road yang unik di lanskap vulkanik. Banyak wisatawan menikmati perjalanan ini untuk mencapai beberapa spot seperti Bukit Teletubbies dan Pasir Berbisik.
  3. Berkuda di Lautan PasirSelain dengan jip, Kawanjo juga dapat menjelajahi lautan pasir dengan menunggang kuda. Kuda-kuda ini disewakan oleh penduduk setempat, dan bisa digunakan untuk menuju kawah Bromo atau sekadar berkeliling menikmati pemandangan unik di sekitar area vulkanik.
  4. Naik Motor TrailBila butuh tantangan lebih ekstrim, Kawanjo perlu mengendarai motor trail di sekitar lautan pasir Gunung Bromo. Dengan kendaraan roda dua ini, Kawanjo bisamenjelajahi sudut-sudut yang lebih sulit dijangkau. Seperti Bukit Kingkong atau area di sekitar Gunung Batok.
  5.  Paralayang di Bukit B29Masih kurang tertantang? Gass untuk mencoba paralayang di Bukit B29. ‘Negeri di Atas Awan’ ini adalah lokasi paralayang yang populer di kawasan Bromo. Dari ketinggian, Kawanjo bisa menikmati pemandangan lembah dan pegunungan sekitarnya. Jangan lupa meresapi sensasi terbang bebas di atas lanskap Bromo yang luas.
  6. Camping di Sekitar Gunung BromoCamping di sekitar Gunung Bromo, terutama di area lautan pasir atau di Bukit Cinta, adalah aktivitas petualangan yang menantang. Kawanjo juga bakal mendapatkan kesempatan untuk merasakan ketenangan dan keindahan alam sekitar di malam hari. Menyaksikan langit malam yang dipenuhi bintang di ketinggian dan udara segar menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Jangan lupa, dengan menginap di Gunung Bromo, kemungkinan mendapatkan Golden Sunrise sangatlah besar!

Baca Juga: Pesan Paket Wisatanya Segera, Modal 3 Jutaan Bisa Ngetrip ke Banda Neira

  • Mandalika, Lombok

Setelah wisata di Bromo, ada Mandalika yang juga termasuk dalam sepuluh Bali Baru di Indonesia. Kawasan seluas 20.035 hektar ini berlokasi di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Sejak tahun 2017, Mandalika telah diresmikan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata.

Tak salah, karena daerah ini memiliki banyak spot menarik nan instagenic. Siap membuat momen liburan makin berkesan. Kawanjo akan mendapatkan kesempatan untuk menjelajahi 3 pulau Gili yaitu Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan. Serta aktivitas lain yang menantang di spot yang indah dipandang.

Daya Tarik Wisata Petualangan di Mandalika

Daya Tarik Wisata Petualangan di Mandalika
Daya Tarik Wisata Petualangan di Mandalika

Mandalika menggabungkan keindahan alam dengan kekayaan budaya lokal Suku Sasak dan fasilitas modern yang semakin berkembang. Ini membuatnya menjadi tujuan wisata yang lengkap. Tidak hanya untuk wisata alam dan budaya, Kawanjo bisa pergi ke Mandalika untuk berpetualang.

Adapun beberapa hal yang membuat banyak orang ingin pergi berpetualang ke Mandalika adalah:

  1. Pantai-pantai IndahMandalika terkenal dengan pantai-pantainya yang menakjubkan. Seperti Pantai Kuta Mandalika, Pantai Tanjung Aan, dan Pantai Seger. Pantai-pantai ini memiliki pasir putih halus, air laut yang jernih, dan ombak yang cocok untuk berselancar. Ada juga Pantai Senggigi, dimana Kawanjo bisa berenang dan bermain air, berjemur, snorkeling dan diving. Juga berselancar, bermain banana boat atau jet ski, naik perahu ke Pulau Kecil, dan yang menarik adalah menikmati sunset.
  2. Tur BudayaSelain pantai, Mandalika juga menawarkan pengalaman ekowisata yang mempromosikan keberlanjutan dan pelestarian alam. Desa Sade, yang merupakan desa tradisional Suku Sasak, adalah salah satu destinasi budaya di sekitar Mandalika yang sering dikunjungi wisatawan untuk belajar tentang adat dan tradisi lokal. Kawanjo juga akan diajak ke Sukarara Kampung Kain Tenun Songket untuk melihat proses pembuatan dan mencoba pakaian adat Lombok.
  3. Dekat dengan Gili TrawanganBersama Pigijo, Kawanjo bisa mengikuti Tours Wisata Maritim Gili Trawangan dari Mandalika. Menaiki Glass Bottom Boat, melihat habitat Penyu Purba dan mengunjungi Danau Gili Meno. Di Kepulauan Gili Kawanjo bisa menyelam skuba dan bebas, berkat keanekaragaman hayati laut dan formasi karang yang menarik. Tempat menyelam paling terkenal di antaranya adalah Shark Point, Manta Point, dan Simon’s Reef.

    Sebagai informasi, pemerintah melarang penggunaan mobil dan kendaraan bermotor dilarang di Pulau Gili Trawangan. Walhasil transportasi utama adalah berjalan kaki, bersepeda, atau menggunakan kereta kuda yang disebut cidomo.

  4. Pangalengan, BandungSelain sendirian, berpetualang bersama-sama terasa semakin seru. Melalui beragam aktivitas luar ruangan yang memacu adrenalin, kecerdasan sosial masing-masing akan terasah. Sebab itulah Pigijo memiliki program outing kantor yang diselenggarakan di beberapa tempat pilihan. Salah satunya adalah Pangalengan di Bandung, Jawa Barat.

    Pangalengan adalah sebuah daerah di Bandung Selatan, Jawa Barat, yang dikenal sebagai destinasi wisata alam dengan pemandangan pegunungan, perkebunan teh, dan berbagai tempat rekreasi. Terletak di ketinggian, Pangalengan memiliki udara yang sejuk. Pas sekali menjadi tempat populer untuk mencari ketenangan dan keindahan alam. Juga yang tak boleh ketinggalan adalah berwisata petualangan.

Baca Juga: Pigijo Luncurkan Paket Wisata Minat Khusus untuk Para Relawan Kemanusiaan ke Desa Wisata Candi Borobudur

Aktivitas Wisata Petualangan di Pangalengan

Aktivitas Wisata Petualangan di Pangalengan
Aktivitas Wisata Petualangan di Pangalengan

Pangalengan menggabungkan pesona alam pegunungan dengan wisata agro yang memberikan pengalaman unik. Udara sejuk, lanskap perkebunan teh yang hijau, serta beragam aktivitas outdoor menjadikan Pangalengan sebagai destinasi yang ideal bagi pecinta alam dan wisata petualangan. Bersama teman-teman satu tim, Kawanjo akan menikmati beragam aktivitas yang mengasah kekompakan.

Beberapa aktivitas petualangan yang bisa dilakukan di Pangalengan, Bandung adalah:

  1. Mengunjungi Kampung SingkurKampung Singkur adalah destinasi wisata alam yang menawarkan berbagai aktivitas outdoor. Contohnya rafting, trekking, flying fox, hingga tubing (menggunakan ban karet di sungai). Tempat ini juga menawarkan spot-spot indah untuk berfoto dan menikmati alam.
  2. Arung Jeram di Sungai PalayanganSungai Palayangan yang berada di dekat Situ Cileunca adalah lokasi populer untuk arung jeram. Aktivitas ini menawarkan petualangan seru dengan arus sungai yang menantang dan pemandangan alam yang indah di sepanjang alur sungai. Tak usah malu berteriak mengeluarkan emosi-emosi yang terpendam. Dijamin, keseruan tercipta dengan seru-seruan bersama kawan-kawan.
  3. Menjelajahi Perkebunan Teh MalabarKawanjo dapat berkeliling di hamparan luas perkebunan teh Malabar. Menikmati pemandangan hijau yang asri, serta belajar tentang proses penanaman dan pengolahan teh. Perkebunan ini juga memiliki rumah peninggalan K.A.R. Bosscha, yang berperan penting dalam sejarah perkebunan teh di Indonesia.
  4. Trekking dan CampingPangalengan memiliki berbagai jalur trekking yang membawa wisatawan melintasi hutan pinus, perbukitan, dan perkebunan teh. Tempat-tempat seperti Bukit Nini dan Gunung Wayang menjadi favorit untuk hiking. Camping juga populer di beberapa area seperti di dekat Situ Cileunca atau di Bukit Nini, di mana Kawanjo dapat menikmati malam dengan suasana alam yang tenang.
  5. Mandi Air Panas di Pemandian Air Panas CibolangPemandian Air Panas Cibolang menawarkan relaksasi alami di tengah pegunungan. Kolam air panas ini terkenal karena airnya yang mengandung mineral, baik untuk kesehatan kulit dan tubuh. Maka, sangatlah tepat jika memilih tempat ini  setelah melakukan aktivitas petualangan outdoor bersama-sama.

    Sangatlah pantas bila dalam World Travel Awards 2024 Indonesia meraih gelar ‘Destinasi Wisata Petualangan Terbaik di Asia’. Berbagai destinasi sangat tepat untuk dikunjungi oleh para wisatawan yang butuh pengalaman unik, tantangan fisik, dan eksplorasi alam yang mendalam. Tiga rekomendasi tempat wisata petualangan di Indonesia yang dijabarkan sebelumnya adalah sebagian kecil. Masih banyak tempat-tempat menarik yang menawarkan pengalaman asyik. Pigijo bisa membantu memberikan info seputar dunia wisata Indonesia!

0 comments on “Indonesia Sukses Mendapat Gelar Destinasi Wisata Petualangan Terbaik di Asia, Ini dia 3 Rekomendasinya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.