Rekomendasi Tempat Wisata di Bandung Stone Garden
Local Experiences

Eksotik, Inilah 5 Tempat Wisata di Bandung Barat yang Alami Serta Menarik

Wisata di Bandung Barat terkenal dengan pesona alamnya yang eksotik. Beragam keindahan disajikan secara natural mampu menjadi daya tarik untuk mengunjungi lalu berlama-lama di sana.

Apabila Kawanjo memutuskan wisata alam sebagai skenario liburan mendatang, Kabupaten Bandung Barat adalah pilihan tepat. Potensi alamnya memang terkenal mempesona. Banyak tempat eksotik yang bisa dikunjungi sebagai cara refreshing dari kepenatan. Setelah sekian lama terbelit kesibukan kerja dan sekolah. Berbagai tempat wisata di Bandung Barat yang sudah dibuka kembali, bisa melakukannya untuk Kawanjo.

Tempat wisata di Bandung Barat yang murah dan bagus

Rekomendasi Tempat Wisata di Bandung Barat yang murah dan bagus
Rekomendasi Tempat Wisata di Bandung Barat yang murah dan bagus

Berikut ini, 5 rekomendasi dari sekian banyak pesona alam untuk wisata di Bandung Barat 2022. Kesemuanya eksotik dan mempunyai daya tarik untuk dikunjungi.

  1. Stone Garden Bandung Barat
Stone Garden Bandung Barat
Rekomendasi Tempat Wisata Stone Garden Bandung Barat di Bandung Barat

Taman bebatuan di tempat wisata di Kabupaten Bandung Barat ini menjadi ragam wisata yang unik. Bila biasanya taman identik dengan bebungaan warna-warni, di sini lain. Kawanjo akan menemukan bebatuan beraneka ragam bentuk.  

Baca juga : Wisata di Bandung Barat

Kabarnya bebatuan di sini telah ada sejakĀ 20-30 juta tahun yang lalu. Sebelumnya daerah ini merupakan laut, dan batu-batu yang ada merupakan terumbu karangnya. Kemudian airnya lama kelamaan menyusut, jadilah sebuah daratan dengan batu-batu besar. Konon kemudian, daerah ini menjadi tempat tinggal manusia purba. Salah satu buktinya adalah adanya gua Pawon yang pernah menjadi tempat tinggal mereka.

Bebatuan kapur ini tertata dengan eksotik. Menarik untuk dijadikan ornamen foto. Namun tak hanya itu, ketika matahari mulai terbenam, keindahan alam di sana pun bisa direkam karena sangat menawan. 

Bila ingin pula menikmati indahnya matahari terbit, Kawanjo bisa menyewa lokasi di Stone Garden untuk berkemah. Dengan biaya tambahan sesuai lama berkemah. Bila tiket masuk aslinya adalah Rp. 12.000 untuk wisatawan lokal dan Rp. 30.000 untuk wisatawan mancanegara. Nah, ada pula pengunjung yang akan dikenai biaya sesuai tujuan khusus mereka di stone garden. Seperti bila mereka foto keluarga, lamaran, video komersial, dan lain sebagainya.

Bila ingin pergi ke sini, segera datang ke Kampung Girimulya, Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Bandung Barat. 

  1. Sanghyang Kenit
rekomendasi Tempat Wisata alami di Bandung Sanghyang Kenit
Rekomendasi Tempat Wisata alami di Bandung Sanghyang Kenit

Setelah sampai di lokasi Sanghyang Kenit yaitu di Kampung Cisameng Cipanas, Desa Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat, Kawanjo akan merasa takjub. Ada sungai dengan batu-batuan yang terhampar telah menunggu.

Gelora berpetualang seketika akan naik melihat riak air sungai Citarum. Kawanjo bisa melakukan arung jeram dengan ditemani tenaga ahli. Selain itu, susur gua juga bisa dilakukan di sini, sambil menikmati stalaktit-stalaktit yang indah.

Baca juga : Rafting di Sungai Palayangan Bandung

Tempat wisata alam di Bandung Barat yang dipercaya sebagai tempat peristirahatan para dewa ini sering menjadi tujuan untuk pemotretan atau syuting. Baik itu untuk keperluan pernikahan maupun tayangan videografi lainnya. Pesona alamnya memang ciamik sebagai background dan pemanis kenangan.

Untuk bisa menikmati keindahan Sanghyang Kenit, Kawanjo cukup membayar biaya masuk lokasi Rp. 8000. Patutlah dibilang surga dunia ini merupakan tempat wisata di Bandung Barat yang murah meriah.

  1. Curug Malela
Rekomendasi Tempat Wisata di Bandung Curug Malela
Rekomendasi Tempat Wisata di Bandung Curug Malela

Merupakan air terjun yang besar dan melebar, curug Malela dikatakan sebagai Niagara-nya Indonesia. Hingga tempat wisata di Bandung Barat ini terkenal dengan sebutan the little Niagara.

Air yang jernih turun dari ketinggian 60 meter melewati tebing berundak 7. Sampai di bawah, air membentuk kubangan lebar dengan kedalaman 1.5 meter hingga 2 meter. Bila sudah mahir, Kawanjo bisa berenang di sana. Apabila belum, sekedar merendam kaki atau bermain air sudah lebih dari cukup.

Baca juga : Informasi seputar Wisata di Indonesia

Pemandangan alam yang sangat indah dan hawa sejuk yang bersih telah menjadikan para pengunjung merasa segar dan lebih tenang. Apalagi bila melihat ke dalam air. Bebatuan yang nampak jelas dari permukaan menjadi pelengkap pesona curug Malela. Tak heran bila kemudian banyak pengunjung mengabadikan momen berlibur di sini. Atau menjadikan curug Malela sebagai setting tempat pemotretan atau syuting.

Bila ingin segera sampai di curug Malela ini, Kawanjo bisa menuju ke daerah perbatasan Kabupaten Cianjur, Kampung Mangdid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga. Cukup membayar Rp. 10.000 plus ongkos parkir sesuai jenis kendaraan.

  1. Situ Ciburuy 
rekomendasi Tempat Wisata menarik di Bandung Situ Ciburuy
Rekomendasi Tempat Wisata menarik di Bandung Situ Ciburuy

Setelah direvitalisasi oleh pemerintah setempat, situ Ciburuy menjadi tempat wisata Bandung Barat Padalarang yang banyak dikunjungi. Eksotisme danau menjadi semakin menarik dengan bangunan yang ada di pinggirnya. Apalagi air danau yang jernih, berpadu mesra dengan keindahan pepohonan yang menghijau di atasnya.

Bukan hanya keelokan alamnya, situ Ciburuy ternyata memiliki nilai historis. Wisata Bandung Barat 2022 ini merupakan peninggalan prabu Siliwangi. Situ yang merupakan pertemuan dua sungai, dulunya merupakan tempat untuk menggelar acara penolak bala. Biasanya acara adat tersebut digabung dengan tradisi ‘lotre’, yaitu menjala ikan.

Baca juga : Majalengka Campervan Trip – Situ Cipaten, Cipeuteuy & Ciboer

Uniknya, yang akan mudah mendapatkan ikan adalah penduduk setempat. Bila pengunjung dari luar daerah akan kesulitan mendapatkan ikan. Padahal situ Ciburuy merupakan tempat tinggal banyak ikan. Namun tenang saja, Kawanjo tak perlu berkecil hati. Sekarang tradisi tersebut sudah mulai terkikis dan jarang dilakukan.

Alih-alih menangkap ikan, Kawanjo akan lebih nyaman bila naik perahu mengelilingi danau. Setelah selesai, Kawanjo bisa menikmati berbagai sajian ikan khas situ Ciburuy.  

Segera menuju situ Ciburuy yang berlokasi di Desa Pamalayan, Kecamatan Bayongbong, Padalarang, Bandung Barat. Cukup dengan Rp. 7500 untuk tiket masuk. Serta Rp. 15.000- Rp. 75.000 untuk sewa perahu. 

  1. Sirtwo Island
Rekomendasi Tempat Wisata di Bandung Sirtwo Island
Rekomendasi Tempat Wisata di Bandung Sirtwo Island

Setelah ditemukan fosil hewan purba di dekat waduk Saguling, area ini menjadi perhatian banyak orang. Apalagi ada beberapa spot yang memiliki daya tarik tersendiri. 

Daratan yang muncul apabila musim kemarau dan air waduk menyusut ini, kemudian dikelola untuk menjadi destinasi wisata. Khususnya adalah private trip. Alias obyek wisata yang dibatasi pengunjungnya. Apabila musim kemarau, beberapa titik dari pulau ini akan menghilang sementara.

Bila berkunjung di sini, Kawanjo akan ditemani pemandu untuk menjelajahi pulau. Mulai dari monumen sirtwo. Yaitu dua batu yang menjulang berdekatan. Kedua batu itu dipercaya sebagai wujud dua pemuda yang pernah berkelahi untuk memperebutkan satu gadis cantik.

Baca juga : Oleh-oleh Bandung sebagai Obat Rindu Tak Terbendung

Kemudian ada lorong angklung yang akan bersuara apabila ada orang yang lewat, lorong tengkorak yang memiliki jalur-jalur penghubung hingga nampak seperti tengkorak. Ada pula taman batu dan rumah flinstone. 

Tempat wisata Bandung Barat gratis ini bisa ditemukan di kampung Suramanggala Rt.01 Rw.01 Desa Baranangsiang, Kecamatan Cipongkor, Saguling, Kabupaten Bandung Barat. Untuk sampai ke pulaunya, Kawanjo harus menaiki perahu dengan biaya sewa seharga Rp. 250.000 per perahu dengan kapasitas 10 orang plus satu pemandu.

Bagaimana, sudah tergiur dengan pesona alam masing-masing tempat di atas? Segera jadwalkan mulai dari sekarang. Berwisata di Kabupaten Bandung Barat tujuan utamanya. Lalu bersiap-siaplah dengan kebahagiaan yang tercipta dari menikmati keelokan natural  ciptaan Tuhan.

0 comments on “Eksotik, Inilah 5 Tempat Wisata di Bandung Barat yang Alami Serta Menarik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.