Wisata Kepanjen di Malang Seafood makanan enak murah
Local Experiences

Wisata Kuliner Murah di Kepanjen Malang, Perut Kenyang Dompet Tetap Tenang

Wisata kuliner di Kepanjen Malang sangat identik dengan makanan khas kota Malang, Nah, salah satunya di daerah waduk / bendungan Dempok Malang ternyata ada kuliner SeaFood. Temukan lokasinya setelah baca artikel ini.

Kulineran sampai kenyang tak melulu butuh banyak uang. Buktikan ketika berada di Malang, kota yang menjadi surganya makanan enak. Salah satu daerah di Malang bernama Kepanjen, memiliki beragam makanan dan minuman. Pas banget buat wisata kuliner murah di Malang

Wisata kuliner di Kepanjen Malang

Kepanjen adalah daerah yang mempunyai beberapa wisata menarik dan ramah di kantong. Tak kalah, untuk urusan perut juga banyak rumah makan di Kepanjen yang murah.

Tak perlu gentar, dengan budget minimal dan hemat, yuk coba kuliner-an di rumah makan di kepanjen Malang berikut ini:

  1. Bakso Duro Kepanjen
Bakso Duro Kepanjen, Wisata kuliner di Kepanjen Malang
Bakso Duro Kepanjen, Wisata kuliner di Kepanjen Malang

Malang terkenal dengan baksonya. Banyak ditemukan variasi dan inovasi makanan sejuta umat di kota ini. Yang satu ini, beda lagi. Bakso Duro namanya, yang berarti bakso khas Madura.

Baca juga : Kuliner Legendaris Malang di sekitar Pusat Kota

Terletak di Jl. Jl. Panglima Sudirman RT 03 RW 04, Ngadilangkung, rumah makan di Kepanjen ini memang milik orang Madura. Sehingga memasaknya juga sesuai resep khas Madura. Yang membedakan adalah kuahnya yang berwarna lebih coklat daripada bakso lain. 

Rasanya pun unik, bisa jadi karena memasaknya masih menggunakan anglo atau kompor berbahan bakar arang. Pantas jika pembelinya tak pernah sepi. 

Apalagi harganya terjangkau, di kisaran Rp. 15.000 sesuai dengan variasi isi. Adapun macam isinya mulai dari bakso campur, bakso tenis ukuran jumbo, dan gorengan. Semuanya terbukti lezat dan banyak digemari. 

  1. Es Gunung Kepanjen
Es Gunung Kepanjen Malang
Es Gunung Kepanjen, Wisata kuliner di Kepanjen Malang

Ada tempat makan es krim di Kepanjen yang terkenal. Es gunung Kepanjen namanya. Terletak di Jl. Ahmad Yani Depan Pasar No.35, Banurejo, rumah makan ini sudah berdiri sejak tahun 1994.

Baca juga : Cafe Viral di Batu Malang

Es Gunung merupakan es campur dengan isi berbagai buah-buahan segar seperti melon, jeruk, semangka, anggur. Juga bisa ditambah dengan tape atau cincau hitam. Kemudian sentuhan terakhir adalah penambahan es batu yang diserut kemudian dibentuk mengerucut ke atas. Jadilah bentuknya seperti gunung. Hanya dengan budget Rp. 10.000, semangkok es gunung bisa dinikmati di tengah teriknya siang. 

Cita rasa kesegaran minuman ini terletak pada sirup yang dibuat dengan resep khusus. Yaitu resep yang terjaga secara turun temurun dari pemilik pertama hingga sekarang. Tak aneh bila banyak orang yang merasa wajib singgah dan minum es gunung bila sedang berada di Kepanjen. 

  1. Terminal Mie
Terminal Mie, Wisata kuliner di Kepanjen Malang
Terminal Mie, Wisata kuliner di Kepanjen Malang

Selain bakso, kota Malang juga gudangnya kuliner dari mie. Sejak dari dulu hingga sekarang, penggemar mie terus bertambah. Seiring dengan itu, banyak pula bermunculan rumah makan yang menjual aneka kreasi mie.

Baca juga : Wisata Batu Malang 2022, Destinasi Wisata Indonesia yang Mendunia

Salah satunya bisa dijumpai di daerah Kepanjen. Namanya Terminal mie,  pusat jajan mie dan kuliner nge-hits lainnya. Dengan harga sekitar Rp. 15.000, pilihan menunya berupa aneka mie tarik, mie pedas, bakmi, dan kwetiau. Ada juga dimsum, nasi goreng, dan aneka minuman.

Walaupun melayani pesan antar secara online, lebih asyik bila datang langsung ke lokasinya di Jl. Kawi No.25, Banurejo. Karena rumah makannya berkonsep open kitchen alias pengunjung bisa secara langsung mengamati cara memasak makanan yang dipesan. Pelayanannya pun ramah-ramah. Dijamin nyaman, senang, dan kenyang!

  1. Warung Nayamul
Rumah makan di Kepanjen Malang yang murah warung Nayamul
Rumah makan di Kepanjen Malang yang murah warung Nayamul

Orang Malang suka berbicara dengan kosakata yang dibalik ejaannya. Jadi, rumah makan yang satu ini, sebenarnya bernama Lumayan. Mengapa bernama lumayan? Karena harganya terkenal lumayan murah.

Baca juga : Masjid Unik di Kota Malang, Benarkah Ada yang Dibangun Jin?

Warung Nayamul adalah tempat makan di Kepanjen yang berkonsep klasik. Dengan bangunan berupa rumah adat Jawa, masakan yang ditawarkan juga merupakan kuliner khas daerah setempat. Mulai dari menthok pedas, orem-orem, bothok, pepes, urap, sambal terong, dan aneka makanan penggugah selera lainnya. Nasinya ada dua macam yaitu nasi putih dan nasi ampok (dari jagung). Pengunjung bisa mengambil sendiri isi piring yang hendak disantap karena warung Nayamul adalah rumah makan prasmanan.

Warung yang terletak di Jl. Trunojoyo No.4, Ngadiluwih,  Kepanjen ini selalu ramai. Mobil-mobil mewah sering berjajar, kontras dengan gaya klasik warungnya. Tak bisa disalahkan bila rumah makan ini memiliki pelanggan dari berbagai kalangan. Sebab cita rasa masakannya yang sedap bisa didapatkan dengan harga murah. Menu andalan menthok pedas misalnya, hanya seharga Rp. 15.000 dan harga yang sama untuk milkshake.

  1. Wisata Kuliner Dempok
Wisata Kuliner Dempok di Kepanjen Malang
Wisata Kuliner Dempok di Kepanjen Malang

Sebenarnya Dempok merupakan wisata di Kepanjen berupa bendungan dengan pemandangan indah. Di dekatnya, ada pasar kecil yang menjual berbagai macam ikan. Mulai dari ikan air tawar hingga air laut. Karena itulah, tempat ini juga kemudian dikenal sebagai wisata kuliner Dempok.

Wisata Dempok Kepanjen Malang

Pengunjung bendungan Dempok Malang, bisa menjelajahi aneka rasa makanan dengan dua cara. Yaitu membeli ikan di pasar tadi, kemudian membawanya ke salah satu gazebo untuk minta dimasakkan oleh orang dengan hanya membayar Rp. 10.000. Cara kedua adalah langsung memesan ke warung-warung yang ada di tempat makan ikan di Kepanjen ini.

tempat makan ikan di Kepanjen malang
Tempat makan ikan di Kepanjen

Cara terakhir bisa dilakukan sembari berkeliling bendungan. Panorama di sana juga mengagumkan. Ada deretan pohon mahoni yang membuat rindang suasana. Pengunjung juga bisa menaiki perahu dayung atau perahu mesin. Sayangnya, bila kemarau datang, air bendungan akan surut bahkan hilang sehingga daerah tersebut menjadi padang rumput. 

Baca juga : Paket Wisata Keluarga Jelajah Malang – Batu – Bromo Bareng Pigijo

Atau bila tak ingin berkeliling, sambil menunggu masakan seafood matang, mengobrol dan menikmati kesegaran es kelapa juga jadi cara mengasyikkan.  

Kuliner bukan untuk membeli gengsi. Sama-sama agar perut kenyang, harga murah bisa jadi pilihan lebih bijak. Toh masakan yang minim budget juga punya sensasi yang meroket. Beberapa tempat makan di Kepanjen Malang mampu membuktikan bahwa kulineran tak selalu butuh banyak uang. Perut tetap kenyang, sensasi rasa bernilai bintang. Yuk coba Wonderful Malang!

0 comments on “Wisata Kuliner Murah di Kepanjen Malang, Perut Kenyang Dompet Tetap Tenang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.