Fakta-fakta Curug Cikondang di Cianjur, Replika Air Terjun Niagara
Local Experiences

Fakta-fakta Curug Cikondang di Cianjur, Replika Air Terjun Niagara

Julukan Niagara di Indonesia, disematkan oleh media ternama dunia untuk Curug Cikondang.

Siapa yang tak kenal dengan Air Terjun Niagara. Terletak di perbatasan Amerika Serikat dan Kanada, Air Terjun Niagara disebut sebagai salah satu yang terindah di dunia. Bagaimana tidak, air terjun ini sangat lebar dan arusnya begitu deras. Saking indahnya, Air Terjun Niagara memegang predikat sebagai air terjun paling populer di dunia.

Bagi Kawanjo yang mau melihat indahnya Air Terjun Niagara, tak perlu jauh-jauh bertualang sampai ke Benua Amerika. Di Tanah Air, sudah ada replikanya. Letaknya tak jauh dari ibu kota Jakarta yaitu di Cianjur. Nama air terjun yang disebut-sebut sebagai replika Air Terjun Niagara di Indonesia ini adalah Curug Cikondang.

BACA JUGA: Honeymoon Jadi Lebih Romantis di 6 Kota Indonesia Ini

Pemberian julukan Niagara mini di Indonesia didapat Curug Cikondang bukan dari cerita dari mulut ke mulut. Pemberian tersebut disematkan oleh salah satu media ternama dunia yang memiliki perwakilan di Indonesia, National Geographic. Nah, kalau sudah National Geographic yang beri julukan, Kawanjo nggak perlu lagi mengkhawatirkan validitas curug Cikondang ini.

Supaya Kawanjo enggak makin penasaran dengan Curug Cikondang, kami akan memberikan fakta-fakta soal curug Cikondang yang dijuluki sebagai Niagara dari Indonesia ini. Yuk disimak, tapi jangan lupa kalau Kawanjo mau ke sana tetap patuhi protokol kesehatan.

  • Curug Cikondang Ada di Mana?
Fakta-fakta Curug Cikondang di Cianjur, Replika Air Terjun Niagara
Curug Cikondang yang disebut replika Air Terjun Niagara

Curug Cikondang tepatnya terletak di Desa Sukadana, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur. Dari Jakarta dibutuhkan waktu kurang lebih empat jam berkendara. Lokasi air terjun ini hanya 9,9 km dari situs purbakala Gunung Padang.

Untuk menuju Curug Cikondang berada, Kawanjo harus trekking dari tempat parkir mobil. Namun, jangan khawatir jalur menuju Curug Cikondang, walau setapak, namun tak berat dan bahkan bisa dilewati oleh semua kalangan baik yang sudah biasa trekking atau pun tidak.

  • Pemandangan Menuju Curug Cikondang
Fakta-fakta Curug Cikondang di Cianjur, Replika Air Terjun Niagara
Media internasional yang memberi predikat replika Niagara ke Curug Cikondang

Curug Cikondang terletak di dalam wilayah PTPN VIII Panyairan. Perjalanan menuju Curug Cikondang, Kawanjo akan melewati hamparan kebun teh yang luas. Pemandangan hijaunya kebun teh akan membuat trekking menuju curug Cikondang terasa tidak melelahkan.

Hamparan kebun teh di jalan setapak menuju ke Curug Cikondang betul-betul memanjakan mata. Kebun teh ini pula selalu dipakai sebagai spot foto favorit sebelum sampai di Curug Cikondang.

  • Keindahan Curug Cikondang
Fakta-fakta Curug Cikondang di Cianjur, Replika Air Terjun Niagara
Indahnya Curug Cikondang

Seperti sudah disinggung sebelumnya, keindahan Curug Cikondang menyerupai Niagara di perbatasan AS dan Kanada. Saat tiba di Curug Cikondang Kawanjo digaransi bakal tertegun melihat rupa air terjun tersebut. Curug Cikondang mengalir dari aliran sungai sempit lalu jatuh di tebing yang lebar.

Di Curug Cikondang terdapat pula beberapa undukan, yang membuat air terjun ini makin indah untuk dinikmati. Meski demikian, pengunjung dilarang terlalu dekat dengan lokasi air terjun. Untuk Kawanjo yang ingin merasakan kesejukan dan berfoto disarankan berada di aliran sungai bawah atau bebatuan yang mengarah ke Curug Cikondang.

  • Fasilitas dan Tiket Masuk Curug Cikondang
Fakta-fakta Curug Cikondang di Cianjur, Replika Air Terjun Niagara
Tersedia berbagai fasilitas di Curug Cikondang

Kawanjo yang mau ke curug Cikondang harus merogoh kocek yang sangat terjangkau Rp 5 ribu. Pengelola Air Terjun sudah menyiapkan sejumlah fasilitas agar Kawanjo nyaman plesiran. Beberapa spot foto menarik sudah diberi tanda. Kawanjo juga disediakan bale dan saung untuk melepas lelah.

Jika Kawanjo lapar, sudah ada berbagai warung makan di lokasi air terjun ini. Air Terjun Cikondang juga dilengkapi fasilitas penunjuang lain seperti toilet dan musala.

Mitos Curug Cikondang

Fakta-fakta Curug Cikondang di Cianjur, Replika Air Terjun Niagara
Air Terjun Niagara di Amerika yang replikanya ada di Cianjur

Niagara di Indonesia ini ternyata tak lepas dari mitos dan mistis. Salah satu mitos atau mistis ternama di curug Cikondang adalah air terjun ini bisa membawa ketenaran.

Mitos itu muncul bukan tanpa sebab. Nama Cikondang berasal dari Ci atau Cai yang dalam bahasa Sunda berarti air dan kondang atau terkenal. Warga sekitar curug Cikondang percaya, jika siapapun yang bersemedi dan mandi di sini bisa membuatnya jadi tenar. Eits.., tapi ini mitos dan tidak ada yang tahu kebenarannya kawanjo.

Itu tadi fakta-fakta soal Curug Cikondang. Bagi Kawanjo yang ingin berwisata yuk lihat paket menarik dari kami di sini.

BACA JUGA: 6 Zodiak Yang Bisa Jadi Teman Ngetrip Seru Kamu

0 comments on “Fakta-fakta Curug Cikondang di Cianjur, Replika Air Terjun Niagara

Leave a Reply

Your email address will not be published.