Festival Pacu Jalur Riau 2024
Local Experiences

Agar Masyarakat Makin Sejahtera, Festival Pacu Jalur Riau 2024 Kembali Digelar ! 

Bulan Agustus sangatlah berarti bagi warga Kuantan Singingi, Riau. Sebab dalam waktu dekat, event budaya Festival Pacu Jalur 2024 akan dilaksanakan

Bulan Agustus sangatlah berarti bagi warga Kuantan Singingi, Riau. Sebab dalam waktu dekat, event budaya Festival Pacu Jalur 2024 akan dilaksanakan. Kemeriahan bakal terlihat. Lautan manusia yang menonton, memenuhi pinggir sungai Kuantan. Apalagi acara ini telah masuk Top 10 Karisma Event Nusantara. Maka, tak hanya masyarakat lokal. Turis mancanegara pun menunggu pelaksanaan tradisi unik yang seru dan menyenangkan ini. Secara langsung, pelaksanaannya bisa mendongkrak kesejahteraan masyarakat.

Jalur adalah perahu besar yang terbuat dari kayu bulat tanpa sambungan. Kapasitas di dalamnya dapat memuat 45 hingga 60 orang sebagai anak pacu atau pendayung. Dalam tradisi Pacu Jalur yang dilombakan, warna warni kostum dan keelokan perahu yang dihias menjadi daya pikat. Saat suara meriam sudah berdentum sebagai penanda dimulainya lomba, sorak sorai penonton seketika terdengar. Sebagai pemberi semangat untuk para anak pacu, supaya mendayung paling cepat!

Begitu tahu hasil jalur siapa yang unggul, akan tampak selebrasi dari tukang tari. Riuh suara makin menyemarakkan suasana. Tukang tari biasanya adalah anak kecil yang terlatih dalam menjaga keseimbangan. Sebab ketika jalurnya unggul dalam berpacu, dia akan beratraksi semaksimal mungkin. Tak main-main, gerakan- gerakan menarik dia lakukan di haluan jalur. Dimana bila tidak terlatih, akan match tercebur ke dalam air sungai.

Baca Juga: Liburan Anti Mainstream di Kepulauan Riau

Festival Pacu Jalur 2024

Festival Pacu Jalur 2024
Festival Pacu Jalur 2024

Festival Pacu Jalur Tradisional adalah event tahunan yang telah ada sejak seabad lalu. Sebagai tradisi nenek moyang yang turun temurun, tahun ini diadakanlah kembali. Sempat viral pada pelaksanaan sebelumnya, diharapkan nanti pun acara ini bisa menyedot perhatian banyak orang. Tak hanya warga sekitar, tapi juga luar daerah dan wisatawan mancanegara. Apalagi pacu jalur Riau hanya ada satu di dunia dan telah dicatat sebagai salah satu Warisan Budaya Tak Benda Indonesia oleh UNESCO.

Jadwal Festival Pacu Jalur Riau 2024

Jadwal Festival Pacu Jalur 2024
Jadwal Festival Pacu Jalur 2024

Tahun ini, Festival Pacu Jalur kembali diadakan. Tepatnya pada tanggal 20 hingga 25 Agustus 2024 di Kuantan Singingi, Riau. Selama enam hari, penonton akan disuguhi berbagai hal menarik. Mulai dari pagelaran budaya antar suku yang melambangkan keberagaman di Indonesia, yang dilaksanakan pada pagi hingga siang hari pukul 9.00 hingga 12.00. Kemudian pada pukul 14.00 dimulailah Pacu Jalur yang akan berakhir pada pukul 18.00. Kurang lebih terdapat 200 jalur dari berbagai kecamatan di Kabupaten Kuantan Singingi yang akan berlomba.

Selanjutnya pada malam hari dilaksanakan pentas seni open musisi lokal Riau. Pada saat malam pembukaan di tanggal 20 Agustus 2024, ada artis ibukota band Republik. Sedangkan saat malam penutupan, tampillah Siti Badriah untuk memeriahkan acara.

Sebagai motivasi, panitia menyediakan hadiah nan fantastis. Juara pertama akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp 150 juta dan hewan ternak kerbau, juara kedua uang tunai sebesar Rp 130 juta dan hewan ternak kerbau, sedangkan juara ketiga sebesar Rp 120 juta.

Baca Juga: Wisata Sungai Acil Riau, Dulu Bekas Tambang Kini Viral

Tema Festival Pacu Jalur 2024

Tema Festival Pacu Jalur 2024
Tema Festival Pacu Jalur 2024

Keberadaannya yang sudah sejak dulu kala, membuat Festival Pacu Jalur Kuantan selalu ditunggu. Begitupun tahun ini, yang turut mengangkat tema spesifik. Yakni  “Pariwisata Maju, Ekonomi Meningkat, Masyarakat Sejahtera.”

Guna menjalankan tema tersebut, Pacu Jalur dikemas dalam agenda yang menarik. Selain perlombaan, pagelaran budaya dan pentas seni,turut pula dimeriahkan dengan kegiatan prosesi begulang dan peragu begandung, festival musik dan kesenian tradisional, serta bazar dan pameran UMKM.

Diharapkan, dengan adanya gelaran Pacu Jalur tradisional 2024 bisa menjadi magnet kuat Kota Kuansing Riau. Semakin banyak penonton yang hadir, semakin terkenal lah gelaran tradisional ini. Akibatnya pariwisata semakin tenar dan seiring dengan itu, perekonomian turut meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Jalannya Perlombaan Pacu Jalur Riau

Perlombaan mendayung ini dimulai dengan tiga kali dentuman meriam karbit sebagai aba-aba untuk para peserta. Meriam digunakan untuk memastikan terdengar jelas di tengah keramaian penonton. Dentuman pertama menandakan para peserta harus menempatkan diri, dentuman kedua menandakan persiapan mendayung, dan dentuman ketiga menandakan dimulainya perlombaan.

Setiap jalur diisi oleh 50-60 orang, tergantung panjang perahu, dengan tugas yang berbeda-beda. Ada komandan, juru mudi, dan pemberi irama. Pacu Jalur juga diawasi oleh wasit dan juri yang menentukan pemenang. Yang menarik dari perlombaan ini adalah, kemenangan tidak hanya ditentukan oleh kekuatan pendayung. Namun juga unsur magis dari kayu perahu dan kemampuan pawang dalam mengendalikan jalur.

Festival Pacu Jalur 2024 sebentar lagi akan dilaksanakan. Terdapat berbagai agenda di dalamnya yang mampu menarik perhatian banyak orang. Termasuk wisatawan domestik maupun luar negeri. Sesuai tema, diharapkan acara ini bisa menambah kesejahteraan masyarakat Kuantan Singingi atau Kuansing Riau.

0 comments on “Agar Masyarakat Makin Sejahtera, Festival Pacu Jalur Riau 2024 Kembali Digelar ! 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.