Gunung Batu Karanglenang, Wisata Alam Tersembunyi di Tasikmalaya
Local Experiences

Gunung Batu Karanglenang, Wisata Alam Tersembunyi di Tasikmalaya

Kawanjo bisa menyaksikan lautan awan putih, melakukan panjat tebing hingga berenang di air terjun

Menikmati keindahan alam bisa jadi hal yang paling nyaman dirasakan saat kawanjo ingin melepas penat dari aktivitas sehari-hari. Apalagi jika bisa menikmati hamparan lautan awan putih yang berada di atas puncak gunung, panjat tebing atau bahkan berenang di air terjun. Nah, semua destinasi wisata alam ini bisa kawanjo temukan di Gunung Batu Karanglenang, Tasikmalaya.

  • Negeri di Atas Awan
Gunung Batu Karanglenang, Wisata Alam Tersembunyi di Tasikmalaya
Gunung Batu Karanglenang di pagi hari, laksana negeri di atas awan,

Destinasi wisata alam ini terletak di Kampung Sangkur, Desa Cigunung, Kecamatan Parungponteng, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Lokasi ini masih jarang dikunjungi wisatawan, lantaran akses jalan menuju lokasi hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua saja. Perjalanan dari Kota Tasikmalaya ke arah selatan menuju Kecamatan Parungponteng ditempuh sekitar 1.5 jam.

Dahulunya, Gunung Batu Karanglenang merupakan area galian tambang marmer di era tahun 90-an. Jejak sisa-sisa tambang marmer tersebut masih terlihat dari luasnya hamparan batu yang berbentuk datar. Dimana dari ketinggian gunung batu inilah keindahan lembah nan hijau bisa kawanjo nikmati.

Gunung Batu Karanglenang, Wisata Alam Tersembunyi di Tasikmalaya
Hamparan Gunung Batu sisa penambangan marmer

Satu hal yang paling mengasyikkan berada di destinasi wisata gunung ini adalah saat matahari terbit, kawanjo bisa menyaksikan lautan awan putih, seakan tengah berada di negeri di atas awan. Tak hanya itu, keindahan sinar matahari pagi yang menyeruak diantara kabut tipis, ditambah keindahan pemandangan lembah perkampungan warga yang dikelililingi bukit nan hijau, memberikan sensasi tersendiri yang memanjakan mata.

Baca juga: Surga di Sukabumi, 7 Curug Ini Terletak di Geopark Ciletuh

  • Panjat Tebing
Gunung Batu Karanglenang, Wisata Alam Tersembunyi di Tasikmalaya
Tebing Karanglenang memacu adernalin pecinta panjat tebing

Tak sekedar menyaksikan pesona alam yang indah, berwisata ke Gunung Batu Karanglenang kawanjo juga bisa berkemah sekaligus melakukan panjat tebing atau rock climbing. Tebing Karanglenang adalah salah satu destinasi wisata baru yang bisa dijajal oleh para pencinta olahraga panjat tebing.

Tebing Karanglenang memiliki ketinggian 30 meter dengan sudut nyaris tegak lurus 90 derajat. Area panjat ini tidak mudah untuk ditaklukkan namun mampu memacu adernalin pecinta panjat tebing untuk mencobanya.

  • Curug Panoongan
Gunung Batu Karanglenang, Wisata Alam Tersembunyi di Tasikmalaya

Masih di Kecamatan yang sama, kawanjo akan menemukan wisata alam berupa air terjun yang memiliki keindahan nan mempesona, Curug Panoongan. Curug atau air terjun berundak dengan air yang menyegarkan ini berada di Kampung Cibanteng dipastikan bisa mengusir lelah usai kawanjo melakukan panjat tebing.

Lantaran curug Panoongan dikelilingi pepohonan yang rimbun dan area persawahan. Aliran airnya berasal dari danau kawah Gunung Galunggung. Di curug ini kawanjo bisa menikmati udara yang segar, berenang atau berendam di air yang jernih hingga melakukan cliff jump (melompat ke dalam air dari sisi tebing curug).

Kalau ke Tasikmalaya, jangan lupa mampir ke Gunung Batu Karanglenang dan nikmati sensasi indahnya wisata alam tersembunyi, negeri di atas awan. Mau jalan-jalan yang seru abis? yuk cek paket wisatanya di sini

Baca juga: 5 Destinasi Wisata Estetik di Bogor, Cocok Masuk Feed Instagram

0 comments on “Gunung Batu Karanglenang, Wisata Alam Tersembunyi di Tasikmalaya

Leave a Reply

Your email address will not be published.