fifa world cup u-20,
PigiNews

Indonesia Siap Menyongsong FIFA World Cup U-20 Setelah Sukses Gelar F1 Powerboat dan WSBK

Pada Februari lalu, F1 Powerboat sukses terlaksana di Danau Toba. Dilanjutkan dengan keberhasilan gelaran World Superbike 2023 di Mandalika, bulan Maret. Kini, kesuksesan Indonesia dalam menjadi tuan rumah event Internasional akan dilanjutkan dengan FIFA World Cup U-20!

Kekayaan alam dan keragaman budaya yang dimiliki, membuat Indonesia pantas menjadi ikon sport tourism dunia. Hal ini terbukti dari banyaknya event olahraga berskala internasional yang melirik Indonesia untuk dijadikan tuan rumah atau lokasi penyelenggaraan event. Lima di antaranya adalah F1 Powerboat (F1H2O) Lake Toba, WSBK (World Superbike) Mandalika 2023, FIFA World Cup U-20, ANOC World Beach Games, dan FIBA World Cup.

Pada 24-26 Februari 2023 kemarin, F1 Powerboat (F1H2O) Lake Toba telah berlangsung dengan sukses. Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 (F1) ini diselenggarakan di Destinasi Super Prioritas (DSP), Danau Toba, Sumatera Utara. Belasan pembalap andal yang mengendarai kapal dengan kecepatan lebih dari 220 km/jam turut mengikuti ajang balap perahu super cepat kelas dunia ini.

Baca juga: Dari F1H2O, Sandiaga Targetkan 25 Ribu Wisatawan

f1h20, f1 powerboat, danau toba, sandi uno, menparekraf, fifa world cup u-20,
Danau Toba mendapatkan kepercayaan menjadi tuan rumah F1 Powerboat (F1H2O) World Championship selama lima tahun ke depan atau hingga 2027.

Dalam kompetisi ini, para pembalap harus menaklukan lintasan sepanjang 2,2 km, yang terbentuk karena geografis Danau Toba sebagai danau vulkanik, untuk mendapatkan gelar juara dunia. Cukup berbeda dengan ajang balap perahu “biasa”.

Setelah berhasil menyelenggarakan F1 Powerboat Lake Toba, gelaran event olahraga berskala internasional kembali di Indonesia. Event selanjutnya adalah WSBK (World Superbike) Mandalika 2023 yang berlangsung di Pertamina Mandalika International Circuit yang resmi berakhir pada Minggu, 5 Maret 2023.

WSBK Mandalika 2023 mencatat beberapa kesuksesan yang berhasil diukirkan pada gelaran kali ini. Salah satunya adalah torehan jumlah penonton yang naik sekitar 15 persen dari gelaran tahun sebelumnya. Event WSBK ini juga jadi ajang pembuktian bahwa sumber daya manusia (SDM) lokal daerah sudah sangat siap menyelenggarakan event kelas dunia. Dari seratusan perangkat event yang terlibat, hampir seluruhnya diserap dari SDM lokal. Maka ke depannya, ajang dunia lain pun akan memanfaatkan SDM lokal sebagai perangkat yang terlibat.

Kesuksesan dua event internasional yang telah disebutkan menjadi modal kuat untuk Indonesia memancarkan sinarnya lebih jauh lagi dalam ranah sport tourism.

Baca juga: Tak Hanya Sirkuit, Ini 5 Ragam Potensi Wisata Mandalika Lombok

Blog 534 × 314px 3 1
Iring-iringan motor pembalap World Superbike yang beradu cepat di lintasan Pertamina Mandalika International Street Circuit, Minggu (13/11). (Ivan/Lombok Post)

Event internasional selanjutnya yang akan digelar di Indonesia adalah FIFA World Cup U-20 yang rencananya akan berlangsung pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023. Gelaran FIFA World Cup U-20 2023 merupakan edisi ke-23 turnamen bergengsi ini.

Ini adalah kali pertama untuk Indonesia menjadi tuan rumah event resmi FIFA. Selain itu, gelaran ini juga merupakan FIFA World Cup U-20 kedua yang diselenggarakan di kawasan Asia Tenggara. Negara Asia Tenggara pertama yang berhasil menyelenggarakan event ini adalah Malaysia pada tahun 1997 dan Thailand pada tahun 2012.

Awalnya, gelaran FIFA World Cup U-20 di Indonesia ini direncanakan dilaksanakan pada tahun 2021. Namun, dikarenakan adanya pandemi Covid-19, pada 24 Desember 2020, FIFA mengumumkan bahwa turnamen edisi 2021 terpaksa harus dibatalkan. Meskipun terjadi penundaan, Indonesia tetap kembali ditunjuk sebagai tuan rumah pada FIFA World Cup U-20 edisi berikutnya di tahun 2023 ini.

Blog 534 × 314px 4 1
Trofi FIFA World Cup U-20.

Tercatat ada 24 tim yang akan tampil pada turnamen kali ini. Indonesia, sebagai tuan rumah, secara otomatis akan lolos ke putaran final. Ini adalah keikutsertaan Indonesia kedua kalinya setelah ajang Kejuaraan Dunia Remaja FIFA 1979. Sementara itu, 23 tim lainnya merupakan tim yang lolos melalui enam kompetisi antar benua masing-masing.

Sejak Juni 2020, PSSI telah mengumumkan sekaligus menunjuk enam stadion yang akan menjadi venue pertandingan FIFA World Cup U-20 2021. Enam tempat penyelenggaraannya adalah Bandung, Gianyar, Jakarta, Palembang, Surabaya, dan Surakarta.

Untuk memastikan kesuksesan dari FIFA World Cup U-20 2023, pemerintah membentuk panitia penyelenggara turnamen (Indonesia FIFA U-20 World Cup Organizing Committee, atau “INAFOC”) setelah Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah. Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, ditunjuk sebagai ketua panitia oleh Presiden Jokowi.

Blog 534 × 314px 5
Potret Presiden Indonesia, Joko Widodo, dengan presiden FIFA, Gianni Infantino.

Selain itu, inspeksi juga dilakukan oleh perwakilan FIFA ke enam lokasi stasion penyelenggaraan. Dari inspeksi yang dilakukan, tiga dari enam stadion yang ditunjuk PSSI ternyata perlu direnovasi dan dilengkapi sarana penunjangnya untuk memenuhi standar FIFA. Tiga stadion tersebut adalah Stadion Si Jalak Harupat Bandung, Stadion Gelora Sriwijaya Palembang, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar.

Indonesia telah sukses dengan F1 Powerboat dan WSBK Mandalika 2023, semoga FIFA Wolrd Cup U-20 ini juga akan menyamai kesuksesan tersebut ya, Kawanjo!

Setelah FIFA World Cup U-20, masih ada event lain yang akan diselenggarakan di Indonesia lagi, lho. Di antaranya adalah ANOC World Beach Games yang akan digelar di Bali pada 5-12 Agustus 2023 mendatang dan FIBA World Cup yang dijadwalkan pada 25 Agustus hingga 10 September 2023.

0 comments on “Indonesia Siap Menyongsong FIFA World Cup U-20 Setelah Sukses Gelar F1 Powerboat dan WSBK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.