Destinasi Wisata Religi di Jawa Barat
Local Experiences

5 Wisata Religi di Jawa Barat, Jelajah Keagungan, Kepercayaan dan Tradisi Budaya

Ada banyak destinasi wisata religi di Jawa Barat. Kawanjo bisa mengunjunginya untuk mendapatkan banyak manfaat dalam perjalanan membasuh rohani.

Semua tahu jika Jawa Barat memiliki keindahan alamnya yang memukau. Namun, tanah Pasundan juga memiliki warisan budaya yang kaya dan beragam. Termasuk di antaranya adalah aspek religius. Ya, destinasi wisata religi di Jawa Barat menawarkan keagungan kepercayaan dan tradisi yang masih terjaga hingga saat ini. 

Provinsi Jawa Barat memiliki sejarah yang panjang dalam hal penyebaran agama dan kepercayaan. Sebelum kedatangan Islam, agama Hindu dan Buddha pernah berkuasa di sini. Hingga kemudian, seiring berjalannya waktu, agama Islam mulai menyebar di Jawa Barat. Serta merta kemudian membawa pengaruh yang besar dalam kehidupan masyarakatnya. Hal ini dapat dibuktikan dengan peninggalan-peninggalan sejarah dari masa lampau yang masih ada di Jawa Barat.

Baca Juga : 5 Spot Sunrise Terbaik di Jawa Barat, Ada di Bandung Sampai Bogor

Destinasi Wisata Religi di Jawa Barat

Pariwisata tanah Pasundan beragam jenisnya. Menyuguhkan aktivitas eksplorasi alam, ada. Menikmati lezatnya kuliner, ada juga. Begitu pula, ada banyak tempat wisata religi di Jawa Barat. Kawanjo bisa mengunjungi untuk mendapatkan banyak manfaat dalam perjalanan membasuh rohani ini.

Berikut adalah beberapa destinasi wisata religi di Jawa Barat yang patut dikunjungi:

  1. Makam Sunan Gunung Jati
Destinasi Wisata Religi di Jawa Barat Makam Sunan Gunung Jati
Destinasi Wisata Religi di Jawa Barat Makam Sunan Gunung Jati

Peran Walisongo sangatlah vital dalam penyebaran agama Islam di tanah Jawa. Di Jawa Barat, ada makam salah satu dari anggota Walisongo.

Sunan Gunung Jati dimakamkan di Kota Cirebon. Sunan Gunung Jati adalah seorang ulama yang menyebarkan agama Islam di Jawa pada abad ke-15. Makamnya dibangun dengan arsitektur yang indah dan menawan. Apalagi dengan pemandangan sekitar yang indah. Sehingga berkunjung ke sini bisa jadi sarana beribadah sekaligus sebagai cara mencari ketenangan jiwa.  

  1. Masjid Agung Bandung
Destinasi Wisata Religi di Jawa Barat Masjid Agung Bandung
Destinasi Wisata Religi di Jawa Barat Masjid Agung Bandung

Masjid Agung Bandung terletak di kota Bandung. Masjid ini merupakan salah satu masjid terbesar di Indonesia. Taman di halamannya yang luas mendukung suasana asri nan hangat, membuat makin nyaman berada di sini. 

Selesai beribadah, cobalah naik ke salah satu dari dua menara kembar yang ada. Dari atas, Kawanjo bisa menikmati pemandangan sekitar yang menawan. Tak ada salahnya untuk mengabadikan momen sebanyak-banyaknya di masjid Agung Bandung ini.

Baca Juga : Nikmat, Ini Dia 5 Wisata Kebun Teh di Jawa Barat!

  1. Candi Cangkuang
Destinasi Wisata Religi di Jawa Barat Candi Cangkuang
Destinasi Wisata Religi di Jawa Barat Candi Cangkuang

Destinasi wisata religi di Jawa Barat selanjutnya adalah Candi Cangkuang yang terletak di Desa Cangkuang, Kabupaten Garut. Peninggalan sejarah ini adalah satu-satunya candi Hindu di tanah Sunda. 

Uniknya, di sebelahnya terdapat makam kuno Embah Dalem Arief Muhammad. Seorang pemuka agama Islam yang dipercaya sebagai leluhur penduduk Desa Cangkuang. Hal ini bisa memberikan hikmah pada pengunjung bagaimana toleransi beragama dan menganut kepercayaan telah ada sejak masa dulu kala. 

  1. Kampung Naga
Kampung Naga Destinasi Wisata Religi di Jawa Barat
Kampung Naga Destinasi Wisata Religi di Jawa Barat

Kampung Naga terletak di desa Neglasari, Kabupaten Tasikmalaya. Dengan luas 1,5 hektar, kampung ini memiliki penduduk yang masih mempertahankan adat istiadat nenek moyangnya. Kehidupannya masih sederhana dan nampak bijak dalam bertindak.

Disebut juga sebagai sebagai kampung adat, semua warga selalu setia menjalankan adat istiadat dan aturan tradisi budaya. Seperti aturan membangun rumah, menjaga kelestarian lingkungan, berdinamika dengan sesama, dan lainnya.

Bila Kawanjo mencari kedamaian, berlibur ke tempat religius di Jawa Barat ini sangatlah tepat. Kesederhanaan tata letak perumahan, aktivitas masyarakat, serta alam nan asri membuat hati tenang. Rumah adat kuno yang berjejer, berisi para warga yang ramah serta anak-anak yang sibuk mengaji. Sungguh membuat hati sejuk dan nyaman.

Baca Juga : Paket Lengkap! Kampung Wisata Djampang Bogor Jawa Barat

  1. Gua Maria Kerep Ambarawa, Bandung
Gua Maria Kerep Ambarawa Bandung
Gua Maria Kerep Ambarawa Bandung

Goa Maria Kerep Ambarawa adalah tempat ziarah yang terletak di Bandung, Jawa Barat. Tempat ini dianggap sebagai salah satu tempat suci bagi umat Katolik di daerah Jawa Barat. Di dalam goa, Kawanjo dapat menemukan patung-patung Maria yang dihiasi dengan indah.

Selain itu, tempat ini juga menawarkan pemandangan sekitar yang indah dan tenang. Kawanjo bisa melihat pemandangan Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Danau Rawa Pening dari sini. Cocok bagi yang hendak meditasi. Atau beraktivitas lain di fasilitas yang ada, seperti Tempat Doa Lesehan, Jalan Salib,Gereja, dan sebuah taman.

Mengisi waktu libur dengan mengunjungi destinasi wisata religi di Jawa Barat adalah hal menyenangkan. Sebab hal ini sama dengan menjelajahi keagungan ritual keagamaan dan kepercayaan. Serta mendulang nilai luhur tradisi dan budaya yang ada. 

0 comments on “5 Wisata Religi di Jawa Barat, Jelajah Keagungan, Kepercayaan dan Tradisi Budaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.