Kampung Wisata Djampang Bogor Jawa Barat
Local Experiences

Paket Lengkap! Kampung Wisata Djampang Bogor Jawa Barat

Kampung Wisata Djampang Bogor memang menarik. Sehingga wajib dikunjungi bila sedang berada di Bogor

Berencana ngetrip ke Bogor, tapi ingin destinasi yang tidak biasa? Hendak wisata di Bogor tapi bosan bila hanya untuk melihat -lihat saja? Bagaimana jika Kawanjo memilih untuk mengunjungi Kampung Wisata Djampang Bogor Jawa Barat? Karena di sini Kawanjo bisa melakukan banyak hal. Mulai dari belajar hingga aktif langsung melakukan banyak kegiatan mengasyikkan.

Kampung Wisata Djampang Bogor Jawa Barat

Kampung Wisata Djampang Bogor Jawa Barat
Kampung Wisata Djampang Bogor Jawa Barat

Kampung Wisata Djampang Bogor memang menarik. Sehingga wajib dikunjungi bila sedang berada di Bogor. Apalagi jika ternyata Kawanjo sedang ingin menghindari macet di wisata puncak Bogor.

Kampung Djampang Bogor merupakan destinasi wisata anti mainstream di Jawa Barat. Mencakup 3 desa, kampung wisata ini merupakan proyek pemberdayaan Dompet Dhuafa. Dengan melibatkan penduduk diharapkan potensi daerah bisa dimanfaatkan secara maksimal. Sehingga hasilnya pun dapat kembali ke penduduk. Salah satunya adalah konsep wisata ini.

Kampung Wisata Djampang Bogor menyuguhkan potensi sumber daya dan kearifan lokal yang unggul. Terwujud dalam 50 titik destinasi wisata yang bisa dinikmati di area seluas 25 km persegi ini. Terdapat juga Paket Eduwisata, Paket Full Games, Paket Pernikahan dan lainnya yang bisa dipilih para pengunjung.

Baca juga : Rekomendasi wisata di Jawa barat

Lokasi Kampung Wisata Djampang Bogor Jawa Barat

Lokasi Kampung Wisata Djampang Bogor Jawa Barat
Lokasi Kampung Wisata Djampang Bogor Jawa Barat

Alasan mengapa memilih wisata Bandung Barat ini adalah karena letaknya yang sangat strategis. Kampung Wisata Djampang ini merupakan bagian kawasan Zona Madina, sebuah program cluster Dompet Dhuafa. Zona Madina adalah pilot project kawasan manajemen zakat di tingkat dunia. Tepatnya berada di jalan Raya Parung – Bogor km. 42, Desa Jampang, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor.

Program cluster Zona Madina ini  ada karena besarnya semangat untuk menciptakan masyarakat yang berdaya dan mandiri. Kampung Djampang Bogor adalah salah satu misinya.

Potensi Kampung Wisata Djampang Bogor Jawa Barat

Potensi Kampung Wisata Djampang Bogor Jawa Barat
Potensi Kampung Wisata Djampang Bogor Jawa Barat

Kampung terpadu di Bogor merupakan proyek pemberdayaan masyarakat dalam bidang pariwisata. Tujuannya tiada lain adalah peningkatan perekonomian masyarakat. Adapun pemberdayaan tersebut dilakukan dengan memanfaatkan potensi yang ada. Seperti:

  1. Potensi hasil alam

Kampung Djampang mengembangkan agrowisata budidaya jamur dan kopi. Hingga memiliki zona usaha bernama kopi madaya. Selain itu terdapat juga peternak kambing, budidaya ikan hias, serta pengrajin tahu. Agrowisata ini bisa memberikan pendidikan dalam bungkus eduwisata yang bisa dinikmati pengunjung.

  1. Potensi Budaya

Kampung Djampang identik dengan nama si Jampang, pesilat tersohor dari Bogor. Memang tak salah pilih nama, sebab di kampung wisata Djampang kebudayaan silat dilestarikan dengan baik. Bahkan dijadikan potensi unggul untuk bisa dilihat dan dilakukan oleh pengunjung. 

Selain silat, pengunjung juga bisa menikmati seni penggunaan totopong atau topi khas. Kawanjo bisa menggunakan penutup kepala seperti blankon di tanah Jawa. Terakhir adalah ketrampilan tanah liat yang bisa dilakukan oleh pengunjung. Edukasi pun bisa dilakukan pada sektor kebudayaan ini. Harapan tambahannya adalah generasi muda bisa turut melestarikan kebudayaan melalui aktivitas wisata yang ada di kampung wisata Djampang Bogor.

Baca Juga : Nikmat, Ini Dia 5 Wisata Kebun Teh di Jawa Barat!

  1. Potensi Olahraga

Kampung wisata Djampang Bogor menjadi kawasan wisata olahraga. Sebab di sini dikembangkan pula olahraga pilihan. Yakni berkuda dan memanah. Dan satu lagi pastilah pencak silat.

Kawanjo bisa mencoba melakukan latihan dengan ahlinya di spot-spot khusus. Bahkan untuk olahraga panahan, Kampung Jampang Bogor terkoneksi dengan organisasi internasional bahkan sering mengadakan event berskala dunia.

  1. Potensi sosial ekonomi

Karena merupakan tempat pemberdayaan masyarakat, kampung terpadu di Bogor ini menjadi tempat yang berbasis sociopreneur. Layanan wisata yang diberikan pun sedikit banyak akan membawa pengunjung mendapatkan pendidikan kewirausahaan dan kemandirian.

Di kampung Djampang Bogor juga terdapat sentra pembinaan UMKM. Salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas produk daerah supaya bernilai jual yang lebih baik. Tak menutup produk  kemungkinan, produk daerah bisa go international. 

Cobalah menikmati produk kuliner khas kampung Djampang. Bukan hanya menghapus lapar dan dahaga. Namun juga turut mendukung peningkatan kualitas dan kuantitas produksi UMKM.

Baca Juga : 5 Spot Sunrise Terbaik di Jawa Barat, Ada di Bandung Sampai Bogor

Liburan ke Kampung Wisata Djampang Bogor Jawa Barat
Liburan ke Kampung Wisata Djampang Bogor Jawa Barat
Liburan ke Kampung Wisata Djampang Bogor Jawa Barat

Sebagai objek wisata edukasi, kampung wisata Djampang Bogor sangat cocok sebagai destinasi liburan anak-anak. Banyak wahana, kegiatan, dan permainan yang bisa dipilih dalam bentuk paket wisata. Yaitu:

Mandi Bola

Cetak Pasir

Mancing Mania

Yuk cus dateng kesini sekarang juga!

  1. PAKET FULL GAME 

Seharga Rp. 120.000,- per peserta, dengan jumlah peserta paling sedikit 30 peserta. Fasilitas yang bisa didapat adalah Welcome Drink, Opening Silat, Totopong, Ice breaking, Games Tradisional, dan makan siang. Sedangkan permainan yang bisa dilakukan adalah Bakiak, Paralon air, Blind leader, Labirin ball, Sliding ball Tarik tambang, Pipa bocor, Transfer bola, Taktik boom, Stik estafet, Transfer tepung, Voly karpet, Egrang, dan Holahop.

  1. PAKET EDUWISATA 

Biayanya adalah Rp. 140.000 per peserta dengan minimal peserta adalah 30 peserta. Fasilitas yang bisa didapat adalah Welcome Drink, Opening Silat, Totopong, Ice breaking, Games Tradisional,  makan siang, dan mobil wisata. Untuk kegiatannya bisa memilih 2 destinasi zona eduwisata dari Zona Budidaya Ikan Hias, Zona Pembuatan Tahu, Zona Ternak Doka (Domba-Kambing), atau Zona Kerajinan Tanah Liat.

  1. PAKET FULL GAME DAN EDUWISATA 

Adalah perpaduan dari 2 paket sebelumnya. Biayanya adalah Rp. 150.000 per peserta dengan batas minimal peserta adalah 30 orang. Jadi peserta akan menerima fasilitas berupa Welcome Drink, Opening Silat, Totopong, Ice breaking, Games Tradisional, makan siang, dan mobil wisata. Peserta akan memilih 2 zona eduwisata berikut destinasi zona eduwisata dari Zona Budidaya Ikan Hias, Zona Pembuatan Tahu, Zona Ternak Doka (Domba-Kambing), atau Zona Kerajinan Tanah Liat. 

Kemudian peserta akan melakukan banyak permainan yaitu Bakiak, Paralon air, Blind leader, Labirin ball, Sliding ball Tarik tambang, Pipa bocor, Transfer bola, Taktik boom, Stik estafet, Transfer tepung, Voly karpet, Egrang, dan Holahop.

Baca Juga : 8 Pantai Favorit Peselancar di Pesisir Barat Lampung yang Bikin Enggan Pulang

Kampung Wisata Djampang Bogor Jawa Barat bukan destinasi biasa. Di sini Kawanjo bisa mendapatkan banyak hal. Mulai dari ilmu, inspirasi, dan healing asyik. Sekaligus melakukan banyak hal menarik yang bisa jadi jarang ada di tempat lain. Segera rencanakan wisata liburan ke sini!

0 comments on “Paket Lengkap! Kampung Wisata Djampang Bogor Jawa Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.