Wisata Kebun Teh di Jawa Barat
Local Experiences

Nikmat, Ini Dia 5 Wisata Kebun Teh di Jawa Barat!

Dari dulu hanya minum saja, yuk wisata kebun teh di Jawa Barat, biar minum teh makin nikmat!

Jangan berpikir hanya sebuah es teh. Minuman segar ini kesannya memang murahan. Namun jangan salah. Akhir – akhir ini es teh sedang viral dan menunjukkan bahwa minuman ini memiliki banyak penggemar. Dari kalangan bawah hingga high class. Nah, es teh ini tak akan ada bila tempat tumbuhnya tiada. Yuk, jalan – jalan ke wisata kebun teh di Jawa Barat.

Budaya nge-teh sudah populer di masyarakat Indonesia sejak lama.  Segarnya segelas teh hangat maupun es teh mampu mencairkan suasana. Sensasi santai pun tercipta. Pada segelas teh yang terhidang, ada perjalanan panjang sebelumnya. Yaitu bagaimana daun teh menjadi produk hasil panen perkebunan.

Manfaat Teh

Tanaman teh atau Camellia sinensis berasal dari dataran China. Untuk kepentingan konsumsi, bagian yang diambil adalah pucuk daunnya. Kemudian diolah dengan proses tertentu. Tanaman teh dipercaya memiliki banyak manfaat.

Baca juga : 6 tanaman hias dan manfaatnya untuk kesehatan

Di antaranya untuk anti oksidan, mencegah kanker, mengurangi kolesterol dalam darah, melancarkan sirkulasi darah, mencegah penyakit jantung, memperbaiki sel tubuh yang rusak, menghaluskan kulit, melangsingkan tubuh, serta lebih banyak lagi.

Dengan beragam manfaat teh tersebut, teh menjadi produk yang banyak dibutuhkan. Perkebunan teh sebagai penghasil minuman ini pun semakin banyak. 

Perkebunan teh di Indonesia 

Memang, perkebunan teh sudah lama dibudidayakan di Indonesia, bahkan dikembangkan menjadi wisata kebun teh. Terutama di dataran tinggi yang tersebar di seluruh nusantara. Biasanya dekat atau ada di pegunungan, dengan ketinggian 100 – 1000 mdpl. Bila di bawah itu, perkebunan teh tidak bisa menghasilkan produk berkualitas tinggi.

Indonesia menjadi eksportir teh besar bagi beberapa negara lain di dunia. Seperti Malaysia, Australia, Eropa, Amerika, Pakistan, dan Cina.  Sebagian besar yang diekspor adalah jenis teh hitam curah, teh hijau curah, teh hitam kemasan, dan teh hijau kemasan.

Baca juga : Travelling ke Ciwidey Bandung

Komoditi ekspor teh Indonesia disumbang oleh perkebunan – perkebunan di beberapa daerah. Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Jawa Tengah, dan terakhir adalah yang terbesar yaitu Jawa Barat.

Wisata Kebun Teh di Jawa Barat 

Pada tahun 2020, perkebunan teh di Jawa Barat menyumbang 69,15 persen produksi teh Indonesia. Dalam setahun, provinsi Jawa Barat memproduksi sebanyak 96,3 ribu ton teh. 

Angka tersebut berbanding lurus dengan luasnya lahan perkebunan teh di provinsi ini. Luas perkebunan teh di Jawa Barat mencapai 92,8 ribu hektar. Mengambil bagian sebanyak 77,8 persen total perkebunan teh di Indonesia. 

Nah, selain untuk memenuhi kebutuhan konsumsi pasar luar dan dalam negeri, perkebunan teh juga bisa dijadikan wisata kebun teh. Jawa Barat sebagai pemilik kebun teh terluas di Indonesia juga memiliki kebun teh yang indah. Hamparan pohon teh yang tertata rapi mampu menyegarkan mata. Hijaunya daun ditambah dengan segarnya lokasi juga bisa menenangkan pikiran dan menyehatkan badan. Apa saja ya pilihan wisata kebun teh di Jawa Barat?

Wisata kebun teh di Jawa Barat, terdekat dari Jakarta

Dengan ditambah beberapa fasilitas dan spot menarik, wisata kebun teh di Jawa Barat pun menjadi obyek yang menarik. Inilah beberapa wisata kebun teh di Jawa Barat :

  1. Wisata Kebun Teh Sukawana Lembang
wisata kebun teh di Jawa Barat, Wisata Kebun Teh Sukawana Lembang
Wisata Kebun Teh Sukawana Lembang

Eksotisme kebun teh Sukawana nampak karena adanya penampakan gunung Burangrang dan Tangkuban Perahu. Hamparan hijaunya pohon teh yang tertata rapi juga menarik untuk dinikmati. 

Baca juga : Hiking ke Perkebunan Teh Sukawana

Kebun teh ini dulu sempat menjadi lokasi syuting film anak – anak berjudul ‘Petualangan Sherina ‘. Hal ini jadi magnet tersendiri untuk mendatangkan lebih banyak pengunjung. Mereka ingin membuktikan sendiri keindahan wisata kebun teh Sukawana.

  1. Wisata Kebun Teh Ciater Subang
wisata kebun teh di Jawa Barat, Wisata Kebun Teh Ciater Subang
Wisata Kebun Teh Ciater Subang

Gunung Tangkuban Perahu juga nampak dari kebun teh Ciater Subang. Sangat menarik untuk dijadikan background foto Instagramable.

Yang menarik, di sini terdapat wahana paralayang atau paramotor. Namanya flying tea. Yaitu menikmati panorama kebun teh dari ketinggian, sambil terbang melayang di udara.

  1. Wisata Kebun Teh Gunung Mas Bogor
wisata kebun teh di Jawa Barat, Wisata Kebun Teh Gunung Mas Bogor
Wisata Kebun Teh Gunung Mas Bogor

Tak bisa dipungkiri, Bogor memang gudangnya spot wisata menarik. Termasuk wisata kebun teh Gunung Mas. Di sini pengunjung bisa menjelajahi area kebun teh melalui jembatan kayu.  Dengan panjang kurang lebih 260 meter, Tea Bridge Gunung Mas ini jadi andalan untuk menikmati keindahan kebun teh di kawasan Puncak, Bogor.

Fantastisnya lagi, pengunjung bisa melihat langsung pemandangan Gunung Pangrango dari Tea Bridge Gunung Mas. Bila ingin mengabadikan momen di tempat indah ini, pengelola menyediakan fotografer handal. Cukup dengan membayar Rp. 5000, foto dengan kualitas maksimal bisa dibawa pulang.

  1. Wisata Kebun Teh Rancabali Ciwidey
wisata kebun teh di Jawa Barat, Wisata Kebun Teh Rancabali Ciwidey
Wisata Kebun Teh Rancabali Ciwidey

Kebun teh Rancabali di Ciwidey memang pantas bila ramai dikunjungi. Selain karena lokasinya di pinggir jalan sehingga mudah diakses, keindahannya juga mempesona.

Tak hanya itu, wisata kebun teh di Bandung Selatan ini juga memiliki daya tarik lainnya. Seperti diperbolehkannya melihat aktivitas pabrik bila datang dengan rombongan. Kemudian di sana pun ada air terjun mini yang pas untuk spot foto. Kebun teh Rancabali juga dilengkapi dengan playground dan camping ground. 

  1. Wisata Kebun Teh Riung Pangalengan
wisata kebun teh di Jawa Barat, Wisata Kebun Teh Riung Pangalengan
Wisata Kebun Teh Riung Pangalengan

Bak permadani berwarna hijau, kebun teh terhampar di ketinggian daerah Pengalengan. Dengan latar belakang gunung Tilu yang berdiri gagah, keindahan semakin nyata. Apalagi ada sungai yang mengalir di dalamnya.

Baca juga : Kebun Teh Malabar

Pengunjung bisa menikmati pemandangan dan kesejukan udara, dengan menyusuri jembatan kayu yang membentang. Bila ingin berkemah, di tempat ini juga menyediakan areanya. Jangan lupa mengabadikan momen di tempat segar seperti kebun teh Riung Pengalengan ini.  

Cerita liburan ke kebun teh

Es teh memang manis. Begitu juga dengan teh hangat. Namun rasa itu akan sempurna tanpa kemanisan, bila Kawanjo juga mengunjungi kebun teh. Tempat dimana segelas minuman teh berasal. Sensasi khas perkebunan teh mampu menjadi pengalaman wisata tersendiri, dengan cerita liburan ke kebun teh yang mengasyikkan.

13 comments on “Nikmat, Ini Dia 5 Wisata Kebun Teh di Jawa Barat!

  1. Putri Febriani Simamora

    Artikel ini sangat menambah wawasan saya, karena kebun teh bukan digunakan untuk tempat wisata saja melainkan bisa dikonsumsi dan dapat mencegah beberapa penyakit.

    • Wisata kebun teh memang sangat cocok untuk tujuan wisata yang sangat memanjakan mata.hamparan hijau ditambah udara yang sangat sejuk membuat tempat wisata ini banyak dikunjungi oleh pengunjung.

  2. Marta Manurung

    Dari keunikan wisata kebun teh dijawa barat yaitu wisata kebuh teh gunung mas bogor,dimana spot wisata tersebut dapat menarik para pengunjung. Di mana pengunjung bisa menjelajahi area kebun teh melalui jembatan kayu. Dengan panjang kurang lebih 260 meter, Tea Bridge Gunung Mas ini jadi andalan untuk menikmati keindahan kebun teh di Kawasan punjak Bogor. Di tempat wisata tersebut kita juga dapat menikmati pemandangan melalui jempatan kayu dan kita juga dapat berfoto hanya membayar fotografer hanya dengan 5000 saja dengan begitu kita dapat berfoto dengan bagus.

  3. indonesia terkenal dengan keindahan alamnya apalagi wisata kebun teh di jawa barat ini ,kita dapat menikmati keindahan wissata kebun teh ini apalagi dapat melihat wisata alam tangkupan perahu

  4. Yesica Vetrin Angelisa Purba

    Bukan hanya bermanfaat untuk tumbuh saja,dengan keberadaan wisata kebun teh ini juga bermanfaat untuk menenangkan pikiran para pengunjung dengan menikmati keindahan alam Kebun teh tersebut.
    Maka Tak heran banyak sekali saat ini penggemar Teh.

  5. Cindy enjelina purba

    Wisata kebun teh Sukawana lembang ini sangat cocok di jadikan destinasi wisata Eksotisme kebun teh Sukawana nampak karena adanya penampakan gunung Burangrang dan Tangkuban Perahu. Hamparan hijaunya pohon teh yang tertata rapi juga menarik untuk dinikmati.

  6. Perkebunan teh di Indonesia dibudidayakan dan dijadikan wisata di Indonesia
    Curug yang terletak di selatan Kabupaten Sukabumi, lebih tepatnya di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, menjadi salah satu wisata air terjun yang paling diminati di Sukabumi atau saat wisata ke Ujung Genteng.
    ternyata wisata Jawa Barat ga kalah menarik dan banyak lokasi atau spot yang memiliki view sangat indah dan membuat ingin berkunjung kesana.

  7. Rosalina Pane

    Selain memiliki suasana yang indah dan sejuk. Wisata Kebun Teh di Jawa Barat juga memiliki manfaat menenangkan pikiran para pengunjung ketika menikmati keindahan alam kebun teh di Jawa Barat ini.

  8. Nova Sinaga

    Kebun teh jawa barat memang pantas bila ramai dikunjungi. Selain karena lokasinya di pinggir jalan sehingga mudah diakses, keindahannya juga mempesona.

  9. Sri Sulastri Lumban Tobing

    Wisata kebun teh di Jawa Barat sangat keren layak untuk dikunjungi, karena lokasinya cocok untuk bersantai dan menikmati pemandangan, sembari menenangkan pikiran.

  10. Yunita Rizky M Sinaga

    Memang pantas kebun teh di Indonesia ini dijadikan tempat wisata, selain pemandangannya yg hijau, udara yang segar dan aroma daun teh yang menggoda penciuman bisa dijadikan salah satu alasan sebagai tempat paling adem untuk berwisata

  11. Inka Nora Audea

    Selain bisa menikmati keindahan wisata kebun teh ini, kita bisa mengetahui berbagai manfaat dari teh. Di antaranya untuk anti oksidan, mencegah kanker, mengurangi kolesterol dalam darah, melancarkan sirkulasi darah, mencegah penyakit jantung, memperbaiki sel tubuh yang rusak, menghaluskan kulit, melangsingkan tubuh, serta lebih banyak lagi.

  12. Dari keunikan wisata kebun teh dijawa barat yaitu wisata kebuh teh gunung mas bogor,dimana spot wisata tersebut dapat menarik para pengunjung buat datang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.