Intip Lima Lokasi Wisata yang Dulunya Bersinar, Kini Menyeramkan
Local Experiences

Intip Lima Lokasi Wisata yang Dulunya Bersinar, Kini Menyeramkan

Inilah lokasi menyeramkan yang cocok buat kamu yang suka hal menantang

Dunia Fantasi, Seaworld, Taman Mini Indonesia Indah, menjadi salah satu tempat wisata yang mungkin dari kita kecil hingga dewasa masih tetap bertahan. Tempat wisata seperti ini biasanya membangkitkan nostalgia masa kecil Kawanjo pastinya. Tapi ternyata, banyak tempat wisata di berbagai daerah di Indonesia yang tidak seberuntung ketiga lokasi di atas.

BACA JUGA: Napak Tilas Kejayaan Industri Tambang di Museum Kereta Api Sawahlunto

Biasanya karena bangkrut atau masalah manajemen, akhirnya ditinggalkan dan terbengkalai. Di Indonesia, beberapa lokasi wisata ini masih ada, sayangnya sudah tidak dibuka dan tak terawat. Bahkan, ada yang menyebutnya sebagai lokasi berburu hantu saking sepi dan menyeramkan nuansanya. Lantas, tempat wisata apa saja yang dulu dipuja tapi sekarang dilupakan? Kawanjo penasaran? Berikut ini, lima lokasi wisata yang sudah terbengkalai yang dirangkum Pigijo.

Check this out!

  1. Kampung Gajah Wonderland
Intip Lima Lokasi Wisata yang Dulunya Bersinar, Kini Menyeramkan
Kampung Gajah yang dulunya populer kini merana

Kampung Gajah Wonderland dulunya merupakan tempat wisata keluarga yang menawarkan berbagai wahana hiburan terlengkap untuk keluarga. Berlokasi di Bandung, lokasi wisata ini mengusung konsep unik dan sempat hits pada masanya. Ada beragam wahana menarik yang dulu bisa Kawanjo temukan di sini, misalnya formula kart, delman royal, hingga buggy family.

BACA JUGA: 4 Museum Kereta Api Ini Wajib Kawanjo Kunjungi

Sayangnya, pada 2017 taman bermain ini dinyatakan bangkrut dan akhirnya ditinggalkan. Tapi, beberapa waktu lalu taman hiburan ini kembali viral loh. Beberapa wisatawan mengabadikan momen di lokasi wisata ini. Dari gambar-gambar yang mereka ambil, terlihat wahana di sana sudah berserakan.

Suramnya tempat wisata ini bisa terlihat dari besi-besi tua bekas wahana dan bangunan terbengkalai. Melihat fotonya saja sudah bikin bulu kuduk merinding. Biasanya, lokasi yang seperti ini tetap saja didatangi wisatawan. Tapi, mereka yang ke sini biasanya untuk memicu adrenalin sambil berburu spot foto. Kawanjo mau mencobanya?

  1. Taman Remaja Surabaya
Intip Lima Lokasi Wisata yang Dulunya Bersinar, Kini Menyeramkan
Kondisi Taman Remaja Surabaya saat ini

Dari Bandung kita bergeser ke Surabaya. Di sini ada Taman Remaja Surabaya yang cukup terkenal di Kota Pahlawan pada masanya. Mirip dengan Dufan, wahana di taman rekreasi ini lengkap! Mulai dari boom-boom car, rumah hantu, sampai mini coaster ada di lokasi wisata ini. Makanya, banyak banget keluarga membawa anak mereka untuk berwisata ke Taman Remaja Surabaya ini.

Sayangnya, lokasi wisata ini terpaksa ditutup oleh Pemerintah Kota Surabaya. Mereka menganggap, beberapa syarat pembangunan Taman Remaja Surabaya ini tidak dipenuhi. Akhirnya, tempat ini ditinggalkan begitu saja. Pihak pengelola juga membiarkan lokasi wisata ini terbengkalai tanpa ada kejelasan. Kawanjo ada yang pernah ke sini?

  1. Taman Rekreasi Bedugul Hotel
Intip Lima Lokasi Wisata yang Dulunya Bersinar, Kini Menyeramkan
Sempat diprediksi bakal populer, Taman Rekreasi Bedugul malah tak berpenghuni

Taman Rekreasi Bedugul terletak di kawasan Bedugul, Bali. Dulunya, lokasi diperkirakan akan jadi tempat terkenal di Pulau Dewata. Hotel yang rencananya menjadi satu dengan taman rekreasi ini kabarnya dibangun salah satu anggota keluarga Cendana. Tapi, kabar lainnya beredar bahwa bangunan ini milik pengusaha asal China.

Meski begitu, belum ada yang tahu siapa pemilik resmi hotel yang kini terbengkalai itu. Taman Rekreasi Bedugul Hotel ini diperkirakan sudah berdiri sejak tahun 90-an, tapi belum sempat beroperasi. Bisa dilihat dari bangunannya yang bahkan belum rampung. Beberapa bangunan yang sudah berdiri pun dibiarkan terbengkalai begitu saja.

Masyarakat sekitar mengatakan, hotel ini sekarang sangat angker. Bahkan mendapat julukan The Ghost Palace atau Istana Hantu, hiiiā€¦ Ternyata keangkerannya sampai ke mancanegara loh dan diberitakan media asing. Banyak cerita beredar mengenai hotel angker ini. Kabarnya, ada sosok pegawai yang meninggal di sana karena kondisi kerjanya tidak layak.

Lalu, arwahnya gentayangan dan menjadi penunggu hotel hingga sekarang. Ada lagi yang bercerita jika terlihat sesosok gadis cantik dengan wajah oriental di hotel ini. Ia kabarnya kerap menggoda pemuda yang lewat di lokasi sekitar hotel saat tengah malam. Waduh, serem juga ya, Kawanjo?

  1. Taman Festival Bali
Intip Lima Lokasi Wisata yang Dulunya Bersinar, Kini Menyeramkan
Objek wisata ini dulunya salah satu primadona di Bali

Masih di Pulau Dewata nih. Kali ini ada Taman Festival Bali. Dulu, objek wisata ini pernah menjadi primadona bagi wisatawan. Tempat wisata yang terletak di Pantai Sanur ini pernah jadi taman festival terbesar se-Bali loh. Soalnya, mereka menawarkan paket lengkap hiburan untuk keluarga.

Ada wahana permainan, kebun binatang, amfiteater, hingga wisata alam, disuguhkan tempat wisata yang dibangun pada 1997 ini. Sayangnya, dua tahun setelah dibuka lokasi wisata ini harus ditutup karena bangkrut. Setelah itu, Taman Festival Bali ditinggalkan dan dibiarkan terbengkalai begitu saja. Kini, hanya bangunan yang sudah tak terawat yang tersisa di sana.

Bahkan, pada 2012, Taman Festival Bali pernah terbakar. Kesan horor makin bertambah karena kebakaran itu membuat beberapa bangunan gosong. Bahkan, kini di dindingnya sudah ditumbuhi semak belukar. Sayang banget ya. Namun, hingga kini masih ada loh pengunjung yang ke Taman Festival Bali dengan tujuan menguji adrenalin. Bahkan, nggak jarang wisatawan ke lokasi ini untuk mendapatkan foto-foto yang unik dan anti-mainstream.

  1. Bounty Beach Club Bungalows
Intip Lima Lokasi Wisata yang Dulunya Bersinar, Kini Menyeramkan
Bounty Beach Club dari menawan kini menyedihkan

Tempat wisata yang ada di Gili Meno, Nusa Tenggara Barat ini juga tak luput dari peristiwa ditinggalkan oleh pemilik dan tamu. Ada dua alasan yang mendasarinya, pertama karena ketakutan akan Bom Bali 2022, dan yang terakhir, meninggalnya sang pemilik secara misterius dan mengenaskan, waduh kok ngeri ya?

Rumor pertama dinilai cukup masuk akal. Karena, memang setelah Bom Bali pada 2002 yang menewaskan ratusan wisatawan asing, banyak hotel yang sepi pengunjung dan berakhir bangkrut. Bounty Beach Club Bungalows juga turut merasakan sepi pengunjung dan berakhir tragis karena bangkrut.

Sedangkan rumor kedua mengatakan, sang pemilik yang meninggal secara misterius dan dalam kondisi mengenaskan ini sebagai awal hotel ini kemudian ditinggalkan. Karena hal tersebut, manajemen hotel tidak berjalan baik dan akhirnya memilih untuk menutupnya. Mereka diperkirakan ketakutan karena kematian pemilik hotel ini.

Bounty Beach Club Bungalows akhirnya ditinggalkan begitu saja bak rumah hantu. Kini hanya tersisa tiang-tiang kayu bangunan yang roboh dan usang serta ditumbuhi dengan lumut.

Kursi, meja, dan kolam renang yang berantakan menambah suram nuansa di hotel ini. Siapapun yang ke sini mengatakan, bulu kuduknya merinding karena aura yang sangat mencekam dan menakutkan.

Itu dia lima lokasi wisata yang dulunya dipuja, tapi sekarang malah diabaikan dan terbengkalai. Semuanya meninggalkan kesan horor yang menjadi favorit bagi para pencari adrenalin.

Kawanjo ada yang mau ke sana? Kalau nggak berani, nggak apa-apa. Tapi, Kawanjo tetap bisa liburan ke berbagai tempat wisata yang masih terawat dengan baik di seluruh Indonesia kok. Cek Pigijo untuk mendapatkan penawaran menariknya ya.

Baca Juga : Kreatif! Inilah 3 Destinasi Wisata Bertabur Hasil Daur Ulang!

0 comments on “Intip Lima Lokasi Wisata yang Dulunya Bersinar, Kini Menyeramkan

Leave a Reply

Your email address will not be published.