Nusa Penida Festival
Local Experiences

Jadwal Nusa Penida Festival 2023, Ada Tari Kolosal dan Penampilan Cak Jengger yang Sakral

Setelah tiga tahun absen karena pandemi, kini Nusa Penida Festival akan dilaksanakan kembali

Setelah tiga tahun absen karena pandemi, kini Nusa Penida Festival akan dilaksanakan kembali. Dengan semangat dan tujuan yang sama, yakni melestarikan budaya leluhur. Dalam mengelola wilayah pesisir dengan kearifan tinggi yang membuat lingkungan tetap lestari. Serta memberikan wadah atas semangat warga dalam berkesenian yang tinggi.

Tak lupa, festival ini juga mampu meningkatkan aktivitas perekonomian dan kemasyarakatan yang berkesinambungan. Sebab dengan acara budaya seperti ini, diharapkan kunjungan wisatawan kembali pulih. Apabila pariwisata kembali sehat, roda perekonomian warga akan berputar lagi. Semangat menjalani hari-hari pasca pandemi Covid 19 akan terasa.

Baca juga: Wisata di Nusa Penida Bali, The Real Healing Tempat Wisata

Nusa Penida Festival 2023

Nusa Penida Festival 2023
Nusa Penida Festival 2023

Festival kebanggaan warga Klungkung, Bali ini pertama kali dilaksanakan pada tahun 2014. Sedangkan sekarang, dijadwalkan pada tanggal 5 sampai 7 Oktober 2023 di Lapangan Umum Sampalan, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung. Biasanya lokasi pelaksanaan bergiliran di tiga pulau Nusa Penida. Baik itu di Nusa Penida, Nusa Ceningan, atau Nusa Lembongan.

Festival ini sempat terhenti karena pandemi Covid 19, namun kini, Nusa Penida Festival 2023 diharapkan bisa maksimal menarik perhatian lagi. Apalagi pelaksanaannya sesuai waktu kunjungan wisata tertinggi atau high season. Dengan anggaran kurang lebih 700 juta rupiah, beragam event akan ditampilkan sebagai ajang promosi wisata Nusa Penida. Untuk mendongkrak kunjungan setelah pandemi usai.

Baca juga: Kuliner Tradisional dari Nusa Penida, Pastikan Makanan Halal sebelum Menjajal di Pulau Bali

Jadwal Pelaksanaan Nusa Penida Festival 2023

Jadwal Pelaksanaan Nusa Penida Festival 2023
Jadwal Pelaksanaan Nusa Penida Festival 2023

Dari tujuh program di Bali, Nusa Penida Festival adalah salah satu acara yang masuk Karisma Event Nusantara (KEN) tahun 2023. Tujuannya tiada lain adalah membangkitkan kembali pariwisata pulau Dewata. Menjadi kesempatan untuk tetap mengabarkan bahwa keindahan alam dan budaya serta kearifan lokal layak diapresiasi, yakni dengan menjadikannya sebagai destinasi wisata penuh makna.

Dilangsungkan selama tiga hari mulai tanggal 5 hingga 7 Oktober 2023, inilah jadwal pelaksanaan Nusa Penida Festival 2023:

  1. Jumat, 5 Oktober 2023

Acara diawali dengan upacara Yadnya Pakelem di Pantai Batununggal. Ritual ini merupakan upacara persembahan tulus ikhlas kepada Dewa Baruna atau dewa penguasa laut. Sebagai ungkapan syukur atas semua kenikmatan yang telah diberikan. Sekaligus doa dan pengharapan atas keselamatan bagi seluruh makhluk yang ada di muka bumi.

Tarian sakral yakni Tari Pendet Pasepan turut mengiringi jalannya upacara. Tari massal ini dilakukan oleh 500 orang perempuan dari Desa Sampalan. Menariknya, Tari Pendet Pasepan tidak bisa ditarikan oleh orang dari luar wilayah desa.

Acara lainnya adalah pembukaan festival oleh Kepala Daerah dan disaksikan tamu undangan. Sekaligus sebagai penanda mulainya pameran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), music performance, pementasan Tari Bali, fashion show, dan hiburan lainnya.

2. Sabtu, 6 Oktober 2023

Di hari kedua pelaksanaan Nusa Penida Festival 2023, ada aktivitas Beach Clean Up, Coral Transplantation, pelepasan tukik, Negul Bulung (pembibitan rumput laut), senam Zumba bersama, serta Parade Budaya.

Yang menjadi puncak tontonan adalah pementasan kesenian Janger dan Kecak Kolosal. Cak Janger tampil dipadukan dengan Tari Sanghyang, yakni tarian sakral khas Nusa Lembongan. Pagelaran ini menyampaikan hikmah bahwa manusia harus banyak belajar dan berbenah. Apalagi setelah adanya Covid 19. Manusia harus menjadi lebih baik karena telah melewati badai kehidupan. Manusia harus bangkit sembari menyadari bahwa Tuhan adalah segalanya, sesama manusia harus saling mengasihi, dan alam semesta harus dijaga kelestariannya.

Baca juga:Paket Hemat Bali dan Nusa Penida, Cuma 2 Juta!

3. Minggu, 7 Oktober 2023

Acara pada hari terakhir pelaksanaan Nusa Penida Festival 2023 tak kalah meriah. Panitia mempersiapkan perlombaan perahu tradisional juga berbagai hiburan musik dan budaya. Dijamin puas, tiga hari terlibat dalam acara yang sarat makna ini.

Melalui acara budaya yang luhur, Nusa Penida Festival menjadi tonggak bagi masyarakat. Dengan semangat dan tujuan melestarikan tradisi serta menjaga lingkungan yang harmonis, diharapkan pariwisata menggeliat kembali, sehingga perekonomian pun kembali berputar dengan baik.

Mengunjungi Festival Nusa Penida adalah cara yang fantastis untuk merasakan keindahan alam dan budaya pulau ini. Selain itu, festival ini juga memberikan kontribusi positif bagi komunitas lokal dengan meningkatkan pariwisata dan kesadaran akan pentingnya pelestarian alam.

Pulau Nusa Penida adalah surga tersembunyi yang perlu dijaga agar tetap utuh. Festival Nusa Penida adalah cara yang baik untuk mengapresiasi keindahan pulau ini dan juga memberikan kontribusi bagi upaya pelestariannya. Jika Kawanjo ingin merasakan pesona alam dan budaya yang masih asli di Indonesia, pertimbangkan untuk mengunjungi Festival Nusa Penida pada kesempatan berikutnya.

0 comments on “Jadwal Nusa Penida Festival 2023, Ada Tari Kolosal dan Penampilan Cak Jengger yang Sakral

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.