Jangan ngaku anak Jaksel kalau belum trip kemari
Local Experiences

Jangan Ngaku Anak Jaksel Kalau Belum Kunjungi 7 Lokasi Wisata Ini

Jaksel bukan cuma mal, berbagai wisata menarik ada di sini.

Mencari hiburan enggak harus ke luar kota. Buat Kawanjo yang tinggal di Jakarta, ternyata banyak banget lokasi wisata menarik yang bisa kalian kunjungi di ibu kota Indonesia ini. Eits, wisata ini tersedia di seluruh ibu kota dari Jaktim sampai Jaksel.

Nah, kali ini Pigijo pengen memperlihatkan tempat wisata yang ada di Jakarta Selatan Jaksel. Mau wisata outdoor atau indoor? Bisa dipilih deh. Enggak jarang, tempat wisata ini Instagramable.

Penasaran apa aja sih lokasi wisata di daerah Jaksel yang ternyata isinya bukan cuma mal atau kafe? Check it out!

1. Hauwke’s Auto Gallery

Jangan Ngaku Anak Jaksel Kalau Belum Kunjungi 7 Lokasi Wisata Ini
Hauwke’s Auto Gallery

Mau lihat mobil-mobil antik ternyata enggak perlu jauh-jauh ke Museum Angkut Malang. Buat Kawanjo yang tinggal di Jakarta bisa banget datang ke Hauwke’s Auto Gallery yang ada di kawasan Cipete Jaksel. Lokasinya tidak begitu jauh dari pemakaman Jeruk Purut.

BACA JUGA: Tips Road Trip di Musim Hujan, Biar Aman Liburannya

Buat yang hobi otomotif pasti senang banget ke sini, karena banyak koleksi mobil antik dan mewah di sini. Selain itu, Hauwke’s Auto Gallery ini juga jadi salah satu spot foto Instagramable. Jadi, wajib banget untuk mengabadikan momen saat ke galeri ini.

Lokasi tepatnya berada di Jalan Puri Mutiara VI No.18B, Cipete. Untuk masuk ke galeri ini enggak perlu bayar alias gratis. Seru banget, kan?

2. Museum Layang-Layang

Jangan Ngaku Anak Jaksel Kalau Belum Kunjungi 7 Lokasi Wisata Ini
Museum Layang Layang

Pecinta museum? Jangan lupa mampir ke Museum Layang-layang yang ada di Pondok Labu Jaksel. Di museum ini, Kawanjo bisa melihat berbagai koleksi layang-layang yang berasal dari Indonesia ataupun luar negeri.

Enggak cuma lihat layang-layang aja, di museum ini Kawanjo juga bisa mempelajari sejarah permainan layang-layang di setiap negara. Bahkan, kamu bisa mengetahui cara membuat layang-layang yang diperagakan langsung oleh karyawan museum. Keren kan Jaksel?

BACA JUGA: Traveling ke Purwakarta Jangan Lupa Jajal 5 Kuliner Khas Ini

Museum ini tepatnya berada di Jalan Haji Kamang No.38, Pondok Labu, Jaksel. Museum ini buka dari mulai pukul 09.00-18.00. Biasanya mereka tutup di hari libur nasional. Nah, biasa masuknya murah banget, cuma Rp10.000 per orang.

3. Taman Langsat

Jangan Ngaku Anak Jaksel Kalau Belum Kunjungi 7 Lokasi Wisata Ini
Taman Langsat

Taman Langsat merupakan salah satu ruang terbuka hijau di Jaksel. Lokasinya cukup dekat dengan jalur yang mengarah ke Terminal Bus Blok M yang berada di Selatan ibu kota. Di sini, Kawanjo bisa jogging atau sekedar chill aja. Bisa juga main tenis karena ada lapangan tenisnya.

Karena taman ini milik pemerintah, jadi tidak ada biaya sama sekali untuk masuk ke taman. Selain itu, pengunjung bisa datang kapan sama selama 24 jam nonstop.

4. Wisata Pendidikan Pinisi

Jangan Ngaku Anak Jaksel Kalau Belum Kunjungi 7 Lokasi Wisata Ini
Wisata Pendidikan Pinisi

Wisata Pendidikan Pinisi ini dikenal dengan nama resmi Pinisi Edutainment. Lokasi wisata ini ditujukan untuk anak-anak usia 4 hingga 16 tahun. Lokasinya berada di Gedung Pasar Raya Blok M Jaksel, Lantai 8 sampai 10.

Tempat ini direkomendasikan banget buat Kawanjo yang sudah memiliki anak. Soalnya, selain mendapat hiburan, anak-anak juga bisa belajar seputar dunia sains, seni, dan budaya.

Ada dua tempat yang selalu menarik pengunjung di tempat wisata ini, yaitu Planetarium dan Kak Seto Center. Di Planetarium, anak-anak akan diajarkan mengenai sistem tata surya. Sedangkan Kak Seto Center menjadi ruang konsultasi khusus untuk orang tua terkait perilaku anak.

Wisata ini buka setiap hari dari pukul 09.00 hingga 15.00. Biaya tiket masuknya sekitar Rp. 50.000 untuk orang dewasa, dan Rp. 115.000 untuk anak-anak usia 4-16 tahun. sangat terjangkau kan.

5. Setu Babakan

Jangan Ngaku Anak Jaksel Kalau Belum Kunjungi 7 Lokasi Wisata Ini
Setu Babakan

Ini dia salah satu wisata outdoor yang digemari di Jakarta Selatan. Setu Babakan merupakan kampung tradisional yang dibuat untuk melestarikan Budaya Masyarakat Betawi. Kampung ini didirikan pada 2000 dengan tujuan melestarikan dan menghormati kebudayaan masyarakat Betawi.

Setu Babakan didirikan di atas lahan seluas 30 hektare dan memiliki tiga danau buatan dengan sumber aliran air dari Sungai Museum. Di danau buatan tersebut, Kawanjo bisa menikmati berbagai macam aktivitas wisata, seperti naik sepeda air, memancing, menyaksikan budaya Betawi seperti tarian lenong dan lain sebagainya.

Di sekitar danau, Kawanjo bisa melihat pemandangan rumah adat Betawi dengan ciri khas teras yang luas. Rupanya, ciri khas itu memiliki arti keterbukaan warga Betawi terhadap tamu. Pokok Jaksel seru deh.

6. Komunitas Salihara

Jangan Ngaku Anak Jaksel Kalau Belum Kunjungi 7 Lokasi Wisata Ini
Salihara

Komunitas Salihara merupakan tempat berkumpulnya para seniman kota. Lokasi ini sering dijadikan tempat pertunjukkan seni yang sangat menarik. Lokasinya berada di Jalan Salihara No.6, Pasar Minggu, Jaksel.

Beberapa pertunjukan seni yang kerap diadakan di tempat ini adalah pentas sastra, lomba menulis, diskusi sastra, dan forum teater Salihara. Untuk bisa melihat jadwal dan jenis pertunjukan di sini, Kawanjo wajib mengunjungi situs web mereka.

Biasanya, biaya tiket masuk untuk pertunjukan seni di tempat ini sebesar Rp. 75.000 untuk umum. Namun, ada harga khusus sebesar Rp. 50.000 untuk mahasiswa dan pelajar.

7. Kebun Binatang Ragunan

Habis lebaran liburan
Ragunan

Kebun binatang satu-satunya di Jakarta ini enggak boleh sampai terlewatkan dong. Terletak di daerah Ragunan Jaksel, kebun binatang ini menjadi tempat wisata outdoor yang selalu ramai dikunjungi terlebih saat hari libur.

Kebun Binatang Ragunan memiliki luas hingga 140 hektare. Di sini, Kawanjo dan keluarga dapat berkeliling untuk melihat berbagai macam hewan dan tanaman. Dari mulai reptil, unggas, mamalia, bahkan ada orang utan, beruang dan harimau.

Kawanjo juga bisa melihat berbagai macam jenis flora yang bisa dibilang cukup lengkap. Nah, kalau sudah ke Ragunan, Kawanjo wajib banget ke Schmutzer Primate Center untuk melihat beranekaragam satwa primata dari seluruh penjuru Indonesia.

Seluruh spesies primata yang ada di sini dipelihara di kandang yang dibuat semirip mungkin dengan habitat alam masing-masing. Namun, meskipun ada di dalam Kebun Binatang Ragunan, masuk ke sini wajib membayar biaya tambahan.

Itu dia sebagian kecil dari tempat wisata di Jakarta Selatan. Coba komen di kolom komentar, lokasi wisata mana yang mau kamu datangi, atau sering datangi. Kalau Kawanjo punya tambahan lokasi wisata yang wajib disambangi di Jakarta Selatan juga share di kolom komentar ya.

Untuk Kawanjo yang sudah enggak sabar pengen libur, cek di Pigijo.com untuk berbagai penawaran tempat wisata yang menarik. Jadi, kamu mau liburan kemana nih?

BACA JUGA: Tipe-Tipe Traveler di Muka Bumi, Kamu Termasuk yang Mana?

0 comments on “Jangan Ngaku Anak Jaksel Kalau Belum Kunjungi 7 Lokasi Wisata Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.