Ingin Lancar Berbahasa Inggris? Yuk Ngetrip ke Kediri?
Local Experiences

Ingin Lancar Berbahasa Inggris? Yuk Ngetrip ke Kediri?

Cek beberapa syarat utama untuk bisa belajar di Kampung Inggris

Kampung Pare atau sekarang dikenal Kampung Inggris di Pare adalah destinasi wisata edukatif yang terkenal sejak beberapa tahun lalu. Saat didirikan, warga Indonesia dari berbagai usia berdatangan ke sana untuk belajar Bahasa Inggris. Awalnya, destinasi wisata Kampung Inggris Pare merupakan desa yang memiliki ratusan lembaga kursus bahasa asing seperti Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Tidak seperti tempat kursus serupa, sistem kelas di Kampung Inggris Pare ini full days.

Baca Juga : Menparekraf Berikan 40.000 Vaksinasi COVID-19 Per Hari Pada Sektor Pariwisata

Semua peserta belajar Bahasa Inggris hampir seharian dan waktu istirahat beberapa jam. Hingga 2019, tidak kurang dari 50 ribu orang datang ke destinasi wisata Kampung Inggris Pare per bulannya. Semakin berkembangnya lembaga kursus di sana, semakin banyak pula pengunjung yang datang. Berikut kita paparkan mengenai Kampung Inggris Pare, supaya Kawanjo bisa semakin yakin untuk meningkatkan skill berbahasa Inggris !

1. Apa sih Kampung Inggris Pare itu?

ngetrip, kawanjo, kampung inggris, bahasa, bahasa inggris, kampung inggris pare, kediri, wisata kediri, wisata edukasi,
Kampung Inggris Pare banyak dikunjungi orang dari luar Pare.

Keberadaan Kampung Inggris Pare berawal dari desa Tulungrejo dan Desa Pelem yang secara administratif berada di Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri. Tahun 1977, didirikannya BEC (Basic English Course) lembaga belajar Bahasa Inggris yang menjadi pelopor munculnya berbagai lembaga belajar bahasa Inggris lainnya yang ada di Perkampungan Inggris di Pare. Seiring berjalannya waktu, satu per satu bermunculan dan disebutlah sebagai Kampung Inggris sampai sekarang.

Tidak hanya penduduk lokal, Kampung Inggris Pare banyak dikunjungi orang dari luar Pare. Suasana kampung ini seperti suasana kampus. Sehingga banyak pendatang berbagai daerah belajar Bahasa Inggris maupun membuka usaha di sana. Ada kafe, kos, warung makan dan sebagainya. Yang membedakan dengan kampus hanyalah penerapan Bahasa Inggris dibeberapa tempat.

2. Apa sih uniknya Kampung Inggris Pare ?

ngetrip, kawanjo, kampung inggris, bahasa, bahasa inggris, kampung inggris pare, kediri, wisata kediri, wisata edukasi,
Terdapat banyak jasa persewaan sepeda dan motor yang bisa digunakan sebagai alat transportasi kehidupan sehari-hari.

Transportasi yang biasa digunakan pelajar di sini adalah sepeda motor dan sepeda. Di Kampung Inggris Pare terdapat banyak jasa penyewaan sepeda dan motor yang bisa digunakan sebagai alat transportasi sehari-hari. Syaratnya hanya membayar biaya sewa dan beberapa syarat data diri.

Keunikan lain dari Kampung Inggris Pare ini adalah lembaga kursus menerapkan English area. Semua peserta wajib menggunakan Bahasa Inggris untuk berkomunikasi sehari-hari dalam kurun waktu 24 jam. Walaupun berada dalam kamar asrama, peserta akan menggunakan Bahasa Inggris untuk percakapan sehari-hari. Khusus untuk camp area, peserta tidak akan menemukan tempat yang menyediakan satu kamar untuk satu orang. Karena, satu kamar akan digunakan 2-4 orang, kecuali jika Kawanjo mencari kos sendiri.

3. Belajar apa saja?  Kapan bisa daftar?

ngetrip, kawanjo, kampung inggris, bahasa, bahasa inggris, kampung inggris pare, kediri, wisata kediri, wisata edukasi,
Belajar Bahasa lokal dengan berkomunikasi bersama penduduk asli.

Bagi Kawanjo yang berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur tidak asing dengan Bahasa lokal Kampung Inggris, karena menggunakan Bahasa Jawa. Selain itu, pembelajaran Bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare juga sekalian belajar Bahasa lokal dengan berkomunikasi bersama penduduk asli. “ Sambil berdendang, Nasi Masak “ itulah keunikan Kampung Inggris.

Belajar Bahasa Inggris dan Bahasa Jawa walaupun hanya dalam beberapa kosa kata. Lembaga kursus di sana, memulai program di waktu yang sama. Mulai pada tanggal 10 dan berakhir di tanggal 25 setiap bulan. Kawanjo juga harus mendaftar sebelum tanggal-tanggal tersebut agar tidak kehabisan kuota.

Baca Juga : Dapat 5 Miliar, Ini 10 Jenis Liburan yang Bisa Kamu Lakukan untuk Menghabiskannya!

4. Bagaimana kalau mau makan? Dapat apa saja?

ngetrip, kawanjo, kampung inggris, bahasa, bahasa inggris, kampung inggris pare, kediri, wisata kediri, wisata edukasi,
Café yang menawarkan tempat nyaman dengan interior yang indah untuk dilihat.

Untuk tempat makan, Kawanjo tak perlu khawatir karena seperti yang sudah dijelaskan, terdapat berbagai tempat makan, kafe, dan tempat berkumpul lainnya. Jika waktu off, Kawanjo bisa mengajak teman sesama peserta untuk berkunjung di tempat-tempat asyik yang ada di sana. Ada juga kafe yang menjual berbagai kuliner yang enak dan lezat. Selain itu café yang menawarkan tempat nyaman dengan interior yang indah untuk dinikmati.

Kawanjo juga akan mendapat teman baru dari beberapa daerah. Peserta dari berbagai latar belakang yang beragam. Mulai dari mahasiswa, pekerja kantoran dan lain-lain. Kelebihan belajar di kampung Inggris adalah kita akan mudah bertemu orang baru yang akan menjadi teman kita nanti.

5. Tutornya mumpuni ga? sistem belajarnya gimana?

ngetrip, kawanjo, kampung inggris, bahasa, bahasa inggris, kampung inggris pare, kediri, wisata kediri, wisata edukasi,
Tutor akan melewati proses seleksi lembaga kursus yang bersangkutan.

Tutor di lembaga kursus adalah lulusan Kampung Inggris juga. Sebelum menjadi tutor mereka belajar Bahasa Inggris dengan waktu yang lama, saat skill sudah mencukupi, mereka mendaftar menjadi tutor Bahasa inggris. Untuk mengajar di sini. Tidak semudah yang dibayangkan, tutor akan melewati proses seleksi lembaga kursus yang bersangkutan.

Saat memilih kursus di Kampung Inggris Pare, dan mendapat hasil maksimal Kawanjo lebih baik aktif dalam belajar. Sistem pembelajaran di sana adalah penerapan sistem aktif dan interaktif. Materi di kelas akan didapat dan juga wajib mempraktekan Bahasa Inggris dalam keseharian misalnya saat diskusi kelompok atau tugas lainnya.

Demikian Kawanjo beberapa hal tentang Kampung Inggris Pare. Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi ya Kawanjo. Jangan lupa cek di sini untuk mendapatkan informasi mengenai destinasi dan paket wisata seru di Indonesia.

Baca Juga : 5 Idol Korea yang Diam-Diam Singgahi Bali

Penulis : Putri Rizqy Aprilliani

0 comments on “Ingin Lancar Berbahasa Inggris? Yuk Ngetrip ke Kediri?

Leave a Reply

Your email address will not be published.