Sertifikat vaksin
PigiNews

Kawanjo, Inilah Cara Download Sertifikat Vaksin COVID-19 Tanpa Aplikasi

Sertifikat vaksin sekarang sudah jadi kewajiban dokumentasi yang harus dibawa jika ingin bepergian, terutama traveling

Banyak yang berubah dalam tatanan kehidupan di masa pandemi COVID-19 ini. Mulai dari menjaga jarak, sampai syarat yang harus dipenuhi jika ingin pergi ngetrip. Seperti surat yang menyatakan negatif COVID-19 dan juga vaksinasi COVID-19. Semua dokumen ini wajib kawanjo bawa saat menggunakan transportasi umum mulai dari pesawat, bis, dan kereta api di masa PPKM darurat. 

Untuk sertifikat vaksin itu mampu membuktikan status vaksinasi COVID-19 seseorang. Di dalamnya ada keterangan mulai dari vaksin yang digunakan, tanggal vaksinasi, jumlah dosis yang disuntikan. Tidak hanya itu saja, ad juga informasi identitas pemilik sertifikat vaksin, seperti nama, NIK, tanggal lahir, nomor sertifikat dan QR code. Data yang sangat detail membuat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengimbau agart sertifikat vaksin digital tidak disebarluaskan kepada umum.

Baca Juga : Naik Pesawat di Masa PPKM Darurat? Bisa Kok, Ini Syaratnya

Buat kawanjo yang mau download sertifikasi vaksin COVID-19 tanpa menggunakan aplikasi bisa juga kok, caranya : 

Via SMS

Biasanya nih kawanjo jika sudah melakukan vaksinasi pasti akan mendapatkan SMS berisi tautan untuk mendapatkan sertifikat vaksin yang sudah masuk di laman pedulilindungi. Jika kamu sudah lengkap vaksinasinya, maka otomatis kamu akan mendapatkan dua sms.  Untuk mengecek sertifikat vaksin COVID-19, klik saja tautan yang pada SMS tersebut. 

Pilih menu berupa titik tiga di kanan atas smartphone pada peramban chrome, lalu tekan tombol tanda panah ke bawah di bagian paling atas panel bersebelahan dengan tanda bintang dan huruf i. Lalu file png pun akan terunduh, klik open buat buka file tersebut. 

Lewat Website Pedulilindungi

Kawanjo juga bisa dapat sertifikat vaksin lewat situs web resminya yaitu Pedulilindungi. Kamu wajib login terlebih dahulu, jika langsung melakukan pencarian status lewat bar pencarian di halaman awal sittus tanpa login, memang data yang ditampilkan tidak akurat kawanjo. Jadi jika kamu login usahakan masukan nomor telepon yang digunakan saat proses vaksinasi COVID-19. 

Masukan kode OTP yang dikirim lewat SMS ke nomor ponsel. Hati-hati, bila salah memasukan nomor, bisa menyebabkan akun Anda tidak teridentifikasi sudah melakukan vaksin. Gimana sudah siap belum ngetrip di masa PPKM Darurat ini, atau memang mau pergi karena urusan darurat. Siapkan semuanya ya, dan tetap prokes. Untuk lebih lengkapnya terkait paket wisata dan informasi perkembangan dunia wisata bisa cek di sini.

Baca Juga : Kapan Waktu yang Tepat untuk Tes Swab COVID-19?

0 comments on “Kawanjo, Inilah Cara Download Sertifikat Vaksin COVID-19 Tanpa Aplikasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.