Kenali 43 Kebun Raya yang Ada di Indonesia
Local Experiences

Kenali 43 Kebun Raya yang Ada di Indonesia

Menikmati alam yang asri sekaligus menambah wawasan tentang keanekaragaman tanaman

Menikmati alam dengan kesejukan berbagai jenis pepohonan dan tanaman yang tertata rapi bisa jadi pilihan kala kawanjo ingin menghilangkan penat dari kesibukan sehari-hari. Untuk menikmati semua itu, kawanjo tak perlu ngetrip ke hutan atau pegunungan tapi cukup mengunjungi sebuah kebun raya.

Kebun Raya (botanical garden) merupakan bagian dari kekayaan bangsa Indonesia, kawajo bisa menikmati alam yang sejuk sekaligus bisa menambah wawasan tentang keanekaragaman tanaman khas indonesia maupun mancanegara.

Pasalnya kebun raya merupakan pusat pengetahuan botani, kawasan konservasi, kawasan pendidikan dan penelitian, sekaligus sebagai sarana rekreasi di alam terbuka. Buat kawanjo yang senang dengan tanaman pasti bakal terpuaskan lantaran bisa menyaksikan dari dekat berbagai koleksi tanaman di setiap kebun raya yang kawanjo kunjungi.

  • Kebun raya di Indonesia
Kenali 43 Kebun Raya yang Ada di Indonesia
Peta sebaran kebun raya di Indonesia

Pasti banyak diantara kawanjo yang sudah mengenal beberapa kebun raya yang sudah sangat populer dikalangan wisatawan nusantara maupun mancanegara, seperti Kebun Raya Bogor. Ternyata, Indonesia dengan keanekaragaman floranya, memiliki puluhan kebun raya (KR) yang tersebar mulai dari Pulau Sumatra hingga Papua yang pastinya bisa kawanjo kunjungi.

Dikutip dari Warta Kebun Raya LIPI, hingga akhir tahun 2019, terdapat 43 kebun raya yang terdiri dari 5 kebun raya yang dikelola oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), 36 kebun raya dikelola Pemerintah Daerah, dan 2 kebun raya dikelola oleh Perguruan Tinggi.

Setiap Kebun Raya (KR) yang tersebar diberbagai wilayah di Indonesia ini mempunyai karakter dan potensi alam yang berbeda-beda. Masing-masing kebun raya mempunyai koleksi tanaman unik bahkan langka sekaligus memiliki daya tarik tersendiri.

Kebun raya yang dikelola LIPI
Lima kebun raya yang dikelola oleh LIPI dan pasti sudah kawanjo kenal bahkan mungkin pernah kawanjo kunjungi, yaitu:

1. Kebun Raya Bogor, Jawa Barat

Kenali 43 Kebun Raya yang Ada di Indonesia
Santai di hamparan rumput hijau di sisi danau di Kebun Raya Bogor

Kebun raya yang berada di tengah Kota Bogor ini memiliki luas 85 hektar. Didirikan oleh Gubernur Jenderal Belanda, Godert Alexander Gerard Philip van der Capellen, pada tahun 1817. Sejak 2018 hingga saat ini Kebun Raya Bogor didorong dan telah masuk dalam daftar Sementara Warisan Dunia atau Tentative List UNESCO World Heritage Site.

Kebun Raya Bogor merupakan kebun raya tertua di Asia Tenggara. Diusianya yang telah menginjak 204 tahun, kebun raya ini memiliki koleksi tumbuhan sekitar 222 suku (famili), 1.257 Marga, 3.423 jumlah spesies dan 13.684 spesimen. Kebun Raya Bogor juga menjadi salah satu tujuan wisata bagi banyak wisatawan nusantara maupun mancanegara.

Baca juga: Suka Ngopi? Nih Cobain Ngetrip ke 6 Daerah di Indonesia Ini

2. Kebun Raya Cibodas, Cianjur, Jawa Barat

Kenali 43 Kebun Raya yang Ada di Indonesia
Taman lumut, berbagai koleksi jenis lumut ada di sini

Pendirian Kebun Raya Cibodas, diawali dengan penanaman pohon kina (Chincona calisaya wedd), pada tahun 1852. Kebun raya yang berada dikaki Gunung Gede dan Gunung Pangrango ini didirikan oleh Johannes Ellias Teijsmann. Di lahan seluas 84,99 hektar, kawanjo bisa mengunjungi spot-spot menarik, ada 5 taman tematik di alam maupun rumah kaca dengan berbagai koleksi tanamannya.

Di kebun raya ini kawanjo juga bisa menikmati kesejukan air terjun Ciismun dan Cibogo. Bahkan kawanjo bisa menyaksikan indahnya bunga Sakura yang bermekaran di Taman Sakura, sekitar bulan Januari-Februari atau Juli-Agustus. Sementara di negara asalnya, Jepang, bunga ini hanya mekar satu tahun sekali.

3. Kebun Raya Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur

Kenali 43 Kebun Raya yang Ada di Indonesia
Rumah kaca di kawasan Kebun Raya Purwodadi

Kebun Raya Purwodadi yang dikenal juga dengan sebutan “Hortus Ilkim Kering Purwodadi” didirikan pada tahun 1941 oleh Dr. L.G.M. Baas Becking. Kebun raya dengan luas 85 hektar ini memiliki koleksi lebih dari 12.000 jenis tumbuhan. Pastinya bakal memuaskan keinginan kawanjo untuk menikmati suasana alam yang sejuk sekaligus menyaksikan berbagai koleksi tanaman.

Terdapat koleksi 2.344 spesimen anggrek alam, koleksi tanaman agave yang berasal dari Meksiko, ada juga koleksi berbagai jenis tanaman bambu, polong-polongan, paku-pakuan, berbagai jenis pohon pisang dan tanaman obat.

4. Kebun Raya Eka Karya, Bedugul, Bali

Kenali 43 Kebun Raya yang Ada di Indonesia
Patung Kumbakarna Laga di kawasan Kebun Raya Eka Karya

Jika kawanjo ngetrip ke Bali, jangan lupa kunjungi Kebun Raya Eka Karya yang didirikan tahun 1959. Kebun raya yang kadang disebut juga Kebun Raya Bedugul ini adalah kebun botani terbesar di Indonesia dengan luas 157,5 hektar. Memiliki berbagai jenis tanaman langka, ratusan koleksi anggrek, kaktus, paku atau pakis.

Ada pula koleksi tanaman lumut, begonia, berbagai jenis bambu, tanaman air dan palma serta berbagai koleksi tanaman khusus untuk upacara umat Hindu maupun tanaman obat. Di kawasan ini, kawanjo juga bisa menikmati fasilitas outbond sambil menikmati keindahan alam di ketinggian 1.250–1.450 mdpl.

5. Kebun Raya Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Kenali 43 Kebun Raya yang Ada di Indonesia
Danau Dora di Kebun Raya Cibinong

Kebun Raya Cibinong Science Center Botanical Garden (CSC-BG) merupakan kebun raya yang baru dibuka pada akhir 2020 lalu. Dari total luas lahan 189 hektar, baru sekitar 32 hektar saja yang dimanfaatkan sebagai kawasan konservasi tumbuhan dan edukasi. Di kebun raya ini kawanjo bisa melihat berbagai tanaman hutan tropis dari berbagai daerah di Indonesia,

Pasalnya Kebun Raya Cibinong menjadi miniatur hutan tropis dari tujuh daerah di Indonesia, yaitu Pulau Sumatera, Jawa, Bali, NTB, NTT, Kalimantan, dan Sulawesi. Meski usianya masih sangat muda, tapi sudah memiliki koleksi sebanyak 6.105 spesimen yang dikumpulkan dari berbagai hutan di Indonesia.

Baca juga: Spot Rock Climbing Seru di Bandung, Ada Apa Aja?

– Kebun raya yang dikelola daerah dan perguruan tinggi
Sedangkan 38 kebun raya yang dikelola oleh Pemerintah Daerah maupun Perguruan Tinggi yang bisa kawanjo kunjungi saat ngetrip ke beberapa wilayah di Indonesia, adalah:

Kenali 43 Kebun Raya yang Ada di Indonesia
Keindahan Kebun Raya Samosir di Sumatera Utara

1. KR Samosir, Sumatera Utara

2. KR Sipirok, Tapanuli Selatan

3. KR Pelalawan, Riau

4. KR Batam, Kepulauan Riau

5. KR Solok, Sumatera Barat

6. KR Tebat Gadong, Belitung Timur

7. KR Rimbe Mambang, Bangka

8. KR Bukit Sari Jambi, Jambi

9. KR Sriwijaya Sumatera Selatan

10. KR Liwa, Lampung

Kenali 43 Kebun Raya yang Ada di Indonesia
Kebun Raya Kuningan yang berada di kaki Gunung Ciremai

11. KR Institut Teknologi Sumatera, Lampung

12. KR Kuningan, Gunung Ciremai, Jawa Barat

13. KR Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah

14. KR Indrokilo, Boyolali, Jawa Tengah

15. KR Gunung Tidar, Magelang, Jawa Tengah

16. KR Mangrove, Surabaya, Jawa Timur

17. KR Jagatnatha, Jembrana, Bali

18. KR Gianyar, Bali

19. KR Balingkang, Bangli, Bali

20. KR Lemor, Lombok, Nusa Tenggara Barat

Kenali 43 Kebun Raya yang Ada di Indonesia
Balai Kebun Raya Baturraden Banyumas yang terletak di lereng Gunung Slamet.

21. KR Sambas, Kalimantan Barat

22. KR Danau Lait, Kalimantan Barat

23. KR Katingan, Kalimantan Tengah

24. KR Sampit, Kalimantan Tengah

25. KR Banua, Kalimantan Selatan

26. KR Tanjung Puri, Kalimantan Selatan

27. KR Balangan Kalimantan Selatan

28. KR Balikpapan Kalimantan Timur

29. KR Minahasa, Sulawesi Utara

30. KR Megawati Soekarno Putri, Sulawesi Utara

Kenali 43 Kebun Raya yang Ada di Indonesia
Salah satu area di Kebun Raya Banua, Kalimantan Selatan

31. KR Kendari, Sulawesi Tenggara

32. KR Universitas Halu Oleo, Kendari, Sulawesi Tenggara

33. KR Massenrempulu, Enrekang, Sulawesi Selatan

34. KR Jompie, Parepare, Sulawesi Selatan

35. KR Pucak, Sulawesi Selatan

36. KR Sigi, Sulawesi Tengah

37. KR Wamena, Papua

38. KR Wolobobo, Ngada, Nusa Tenggara Timur

Bila kawanjo ingin menikmati suasana alam yang asri, kebun raya bisa jadi salah satu alternatif destinasi wisata yang dapat dikunjungi. Nah, biar ngetripnya tambah seru, jangan lupa cek berbagai paket wisata menarik di sini

Baca juga: Yuk, Menjelajah Taman Nasional Bali Barat Saat Liburan

0 comments on “Kenali 43 Kebun Raya yang Ada di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.