Festival Khas Riau
Local Experiences

4 Festival Khas Riau Ini Masuk Kharisma Event Nusantara 2023

Masuk dalam Kharisma Event Nusantara 2023, jadi makin penasaran dengan deretan festival khas Riau berikut ini. Yuk baca sampai tuntas!

Ada bisikan hati untuk mengunjungi Riau? Tak usah galau dan risau, ada event menarik yang bisa jadi alasan ngetrip ke provinsi di pulau Sumatera ini. Kerennya lagi, beberapa festival khas Riau ini masuk ke jajaran Kharisma Event Nusantara 2023. Sebuah ajang bergengsi bernama Festival Subayang yang diadakan bulan Maret ini. Namun tak hanya satu, ternyata ada beberapa Festival Khas Riau KEN 2023 yang bisa dijadikan alasan untuk nge-trip di provinsi ini!

Kharisma Event Nusantara 2023

KEN 2023 di Riau
KEN 2023 di Riau

Kharisma Event Nusantara atau  KEN merupakan sebuah jurus efektif berupa kolaborasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan pemerintah daerah. Kolaborasi ini menghasilkan penyelenggaraan event berkualitas. 

Seluruh provinsi di Indonesia telah mengumpulkan rekomendasi acara khas daerahnya untuk dikurasi. Dengan memerhatikan faktor kualitas dan semangat sportivitas, terpilihlah event yang benar-benar berkualitas. Hingga nantinya bisa menjadi magnet kunjungan wisatawan. Baik dari dalam maupun luar negeri, untuk datang dan menikmati keunikan pariwisata di tiap penyelenggara event.

Baca Juga : 4 Spot Epik Wisata Pulau Rupat Bengkalis di Riau

KEN 2023 di Riau

Tahun 2023 adalah masa gemilang bagi provinsi Riau. Sebab 4 festival khas Riau berhasil masuk ke daftar 110 Kharisma Event Nusantara. Diumumkan pada tanggal 28 Januari 2023 silam, inilah 4 event yang membanggakan itu:

  1. Festival Subayang
Festival Khas Riau Festival Subayang
Festival Khas Riau Festival Subayang

Festival Khas Riau yang pertama dilaksanakan sebentar lagi. Tujuan utamanya adalah menjaga alam dan memelihara budaya. Dilaksanakan di sekitar aliran sungai Subayang. Sebagai upaya mengurai sejarah panjang yang telah terukir di daerah ini.

Sungai Subayang dulunya merupakan jalur vital transportasi air. Banyak pedagang dan pembeli yang berlalu lalang. Banyak pula orang yang bepergian. Baik memasuki maupun keluar dari Subayang. Dari sungai ini, terciptalah akulturasi budaya dalam kehidupan masyarakat menjadi kearifan lokal.

Dengan masuknya festival Subayang dalam KEN, seluruh pihak berkompeten turut terlibat. Mulai dari tokoh adat hingga pemerintah pusat melalui Kemenparekraf. Semua pihak bisa saling mendukung terciptanya peningkatan perekonomian masyarakat setempat.

Tahun ini, festival Subayang terpusat di Desa Gema dan Desa Tanjung Belit, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar. Sejumlah agenda bisa dinikmati wisatawan. Mulai dari atraksi budaya selama dua malam berturut-turut, lomba memancing, pacu sampan, berburu ikan di lubuk larangan, ritual budaya,  hingga pameran UMKM lokal.

Festival Subayang dengan tema Soun of Rimbang Baling ini akan dilaksanakan pada 10-12 Maret 2023. Jadi, pastikan Kawanjo bisa hadir di waktu itu. Supaya dapat menikmati kekayaan budaya Bumi Lancang Kuning, Riau. Khususnya di daerah aliran sungai Subayang

  1. Festival Bakar Tongkang
Festival Khas Riau  Festival Bakar Tongkang
Festival Khas Riau Festival Bakar Tongkang

Selanjutnya, pada bulan Juli 2023 telah diagendakan pelaksanaan Festival Bakar Tongkang 2023. Acara ini merupakan ritual membakar tongkang atau perahu besar, untuk memperingati masuknya masyarakat Tionghoa ke Bagan siapiapi pada tahun 1820 silam. 

Sebelum dibakar, kapal besar berukuran 8,5 meter dengan berat 400 kg tersebut akan disimpan di kuil. Tujuannya untuk diberkati, hingga kemudian akan diangkat oleh oleh sekelompok orang. Kapal ini dibawa mengelilingi kota Bagansiapiapi dan berakhir di tempat pelaksanaan prosesi.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, festival bakar tongkang akan menampilkan kesenian lokal dalam bentuk pameran dan bazar. Menariknya, momen yang ditunggu adalah saat tiang kapal yang telah terbakar tersebut jatuh. Kemana arah robohnya tiang, apakah di darat atau di laut, menjadi kepercayaan manakah ladang mencari rezeki yang lebih baik.

Keberadaan festival ini, diharapkan melestarikan budaya turun temurun yang ada di Bagansiapiapi, Kota Rohil, Riau. Tentulah juga untuk meningkatkan potensi pariwisata di daerah setempat. 

Baca Juga : Epik, 5 Event yang Masuk KEN 2022 Sulawesi Utara!

  1. Kenduri Riau Hela Muara
Festival Khas Riau  Kenduri Riau Hela Muara
Festival Khas Riau Kenduri Riau Hela Muara

Festival Khas Riau ini akan dilaksanakan di Kota Pekanbaru, Riau, pada bulan Agustus 2023. Acara ini sungguhlah istimewa, karena sebagai perwujudan apresiasi karya para pelaku seni asli Riau. Mereka  akan menampilkan prestasi dalam bidang musik, koreografi, sinema, dan produk ekonomi kreatif lokal.

Kenduri Riau setiap tahunnya memiliki tema besar bertajuk “Hela Muara”. Sebagai upaya mengabadikan semangat penduduk Siak, Rokan, Kampar dan Kuantan-Indragiri dalam menghadapi zaman yang terus berubah. Pastinya dengan cipta karya yang dinamis namun tak meninggalkan semangat lokal tempat mereka berasal.

Namun, acara ini tidak hanya memberikan hiburan untuk masyarakat. Tetapi juga untuk memberikan ruang bagi peningkatan UMKM, perekonomian kreatif, dan pariwisata.

  1. Festival Pacu Jalur
Festival Khas Riau  Festival Pacu Jalur
Festival Khas Riau, Festival Pacu Jalur

Awalnya festival Pacu Jalur dilaksanakan untuk memperingati ulang tahun Ratu Belanda. Namun lama kelamaan, acara kebudayaan Riau ini diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT RI. Festival Pacu Jalur tahun 2023 ini akan dilaksanakan di Kota Teluk Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau pada bulan September 2023.

Festival ini merupakan pesta rakyat yang selalu meriah. Menurut kepercayaan Masyarakat Kuantan Singingi dan sekitarnya, Pacu Jalur adalah puncak dari semua kegiatan, upaya, dan keringat yang dikeluarkan untuk mencari penghidupan selama setahun. Jadilah mereka tumpah ruah dalam acara ini.

Festival Pacu Jalur memang merupakan hasil budaya dan karya seni khas. Dalam perlombaan balap perahu yang terbuat dari sebatang pohon ini, memang nampak sebagai perpaduan antara unsur olahraga dan seni. Namun masyarakat percaya, kompetisi ini juga melibatkan olah batin. 

Terdapat banyak ritual magis yang mengiringi prosesi mulai dari persiapan memilih kayu, pembuatan perahu, penarikan perahu, hingga acara perlombaan dimulai. Sehingga perlombaan menjadi menarik untuk dilihat.

Sebagai upaya melestarikan keluhuran budaya ini, pacu jalur dijadikan sebuah festival. Yang di dalamnya juga terdapat Pekan Raya, Pertunjukan Sanggar Tari, pementasan lagu daerah, Randai Kuantan Singingi, dan lainnya.

Baca Juga: 3 Tujuan Ekowisata Bali, antara Festival Penglipuran IX 2022, hingga Dekarbonasi

Terdapat empat festival khas Riau yang masuk ke daftar Kharisma Event Nusantara 2023. Festival Khas Riau ini menjadi kebanggaan masyarakat Bumi Lancang Kuning. Hingga bisa menaikkan taraf perekonomian kreatif dan dunia pariwisata di daerah setempat. Mengunjungi Riau saat acara-acara tersebut berlangsung, bisa memberikan pengalaman berlibur yang mengesankan. Sulit terlupakan.

0 comments on “4 Festival Khas Riau Ini Masuk Kharisma Event Nusantara 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.