Keroncong, keroncong plesiran, keroncong plesiran 2024
Local Experiences

Keroncong Plesiran 2024 Yogyakarta untuk Pelestarian dan Jalan-jalan

Keroncong Plesiran Yogyakarta siap mengibarkan popularitas genre musik asli Indonesia ini! Bahkan plus-nya, sekaligus mempopulerkan potensi wisata sekitar, loh!

Tak kalah menarik. Dilaksanakan tak jauh pula dari venue Solo Keroncong Festival. Bahkan kedua acara ini sama-sama bagian dari kalender event budaya di bulan Juli 2024. Ya, Keroncong Plesiran Yogyakarta siap mengibarkan popularitas genre musik asli Indonesia ini! Bahkan plus-nya, sekaligus mempopulerkan potensi wisata sekitar, loh! Jadi, selain melestarikan budaya musik keroncong juga bisa sekalian jalan-jalan.

Adalah sebuah keberuntungan bagi penggemar musik keroncong. Setelah puas menonton Solo Keroncong Festival 2024, saatnya berpindah ke kota Yogyakarta. Terdapat sebuah acara yang sama-sama keren dan bermakna bagi perkembangan dunia musik Indonesia. Maka, jangan terburu meninggalkan Jawa Tengah dan Yogyakarta bulan ini, sebelum terlibat secara langsung dalam event Keroncong Plesiran 2024.

Keroncong Plesiran

Keroncong Plesiran
Keroncong Plesiran

Dalam perkembangannya, musik keroncong kini tak hanya jadi favorit para kaum sepuh pinisepuh. Justru  para muda-mudi diharapkan mau terus menikmati musik keroncong, supaya genre ini tetap abadi. Tak lekang oleh waktu, tak gentar tergerus zaman.

Keroncong Plesiran hadir dengan konsep kekinian yang sangat cocok untuk generasi zaman now. Musik keroncong yang selama ini dianggap kuno dan ketinggalan zaman, mampu diubah menjadi lebih segar dan modern dalam acara ini. Tentunya dengan aransemen musik terkini dan penampil yang lebih muda, tapi tetap mempertahankan ciri khas musik keroncong itu sendiri.

Yang membuat semakin istimewa, Keroncong Plesiran juga turut memperkenalkan tempat-tempat wisata di Yogyakarta. Pelaksanaannya selalu di tempat wisata yang sesuai dengan kebutuhan pertunjukan musik. Walhasil penonton bisa merasakan suasana nan segar dan rileks dalam menikmati sajian musik keroncong.

Baca Juga: Event Daerah Bulan Juli 2024 Mendatang, Jangan Sampai Terlewatkan

Keroncong Plesiran 2024

Keroncong Plesiran 2024
Keroncong Plesiran 2024

Menjadi kebanggaan, Keroncong Plesiran datang lagi pada tahun 2024. Memasuki pelaksanaan kedelapan, acara musik di Yogyakarta ini hadir dengan konsep yang lebih fresh dan ceria. Siap mengambil hati para kaum muda-mudi.

Dalam event ini terdapat pertunjukan musik keroncong progresif dengan nuansa yang lebih segar dan santai. Terdapat penampilan keroncong asli, modern, juga dalam konsep orkestra. Akan ada kolaborasi dengan cabang seni lain dalam penampilannya. Seiring dengan itu, ada bazar produk kreatif dari UMKM lokal.

Keroncong Plesiran kedelapan dipusatkan di Panggung Terbuka Telaga Mardigdo, di kawasan Hutan Pinus Asri Mangunan, Kabupaten Bantul Yogyakarta. Sangatlah nyaman sekali mendengarkan alunan nada keroncong, di kawasan hutan. Panorama pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi menambah kenyamanan. Tak ada salahnya untuk lebih lama lagi di sini, dengan piknik di camping ground yang seru.

Jadwal Keroncong Plesiran 2024

Jadwal Keroncong Plesiran 2024
Jadwal Keroncong Plesiran 2024

Perhelatan musik di Yogyakarta ini selalu ditunggu banyak orang. Pada tanggal 20 Juli 2024, banyak artis terkenal yang akan tampil. Mereka memberikan pertunjukan yang bakal memuaskan jiwa raga.

Tahun ini Keroncong Plesiran dibagi menjadi dua sesi pertunjukkan. Sesi pertama bertajuk Nyore di Hutan  berlangsung mulai pukul 16.00 sampai 18.30 WIB, sedangkan sesi kedua bertajuk Malam di Hutan berlangsung pada pukul 19.15 hingga 23.00 WIB.

Pada sesi pertama ada tiga penampilan. Yaitu Orkes Keroncong HAMKRI Bantul, Orkes Keroncong Hompimpah, dan Orkes Keroncong Pramudyaswara. Sedangkan saat malam hari tampillah sejumlah seniman keroncong terkenal. Seperti Jogja Hip Hop Foundation, Paksi Raras Alit, Okky Kumala, Mas Ddddo, hingga Isyana Sarasvati dan Ardhito Pramono.

Baca Juga: Rekomendasi Event Wisata Bulan Juli 2024 Bagian 1, Dari Karo sampai Pacitan

Tips Nonton Keroncong Plesiran

Tips Nonton Keroncong Plesiran
Tips Nonton Keroncong Plesiran

Agar mendapatkan kepuasan maksimal selama acara, Kawanjo perlu melakukan beberapa hal. Diantaranya adalah tidak merekam acara menggunakan kamera profesional. Jangan pula meliput acara, menyebarluaskan video/audio acara ke akun media sosial apapun. Baik itu Youtube, Spotify dan lainnya. Sebab dokumentasi audio dan video resmi hanya boleh dilakukan oleh panitia Keroncong Plesiran 2024. Selain itu, sebagaimana dalam gelaran lainnya, setiap pengunjung dilarang melakukan asusila, membawa senjata tajam maupun obat terlarang.

Sangat disarankan untuk tidak langsung pulang. Mumpung di Yogyakarta, puaskan diri dengan nge-trip di tempat-tempat wisata menarik yang jumlahnya sangatlah banyak.

Mulailah dari jalan-jalan dan mengeksplorasi lebih dalam Hutan Pinus Mangunan. Berbagai macam kegiatan menyenangkan bisa dilakukan. Selain menikmati penampilan artis Keroncong Plesiran, cobalah untuk piknik, camping, bersepeda, dan lainnya. Selanjutnya, kunjungi destinasi wisata di Dlingo, Bantul, Yogyakarta lainnya. Seperti Puncak Becici, Grojogan Lepo Dlingo, Kebun Buah Mangunan, Gardu Pandang Pinus Asri, dan lainnya.

Keroncong Plesiran Yogyakarta dikemas dengan baik sehingga bisa membuat keroncong semakin eksis. Baik tua maupun muda kini bisa dengan nyaman menikmati musik keroncong. Apalagi dikombinasikan dengan potensi alam nan menawan. Yuk libatkan diri dalam gelaran yang menawan ini! Catat tanggalnya, ya!

0 comments on “Keroncong Plesiran 2024 Yogyakarta untuk Pelestarian dan Jalan-jalan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.