air terjun madakaripura,
Local Experiences

Tips Berkunjung ke 3 Tempat Menarik di Probolinggo, Hurry Up Let’s Go 

Jika mendengar nama Probolinggo, pasti terpikir sebuah kota di Jawa Timur yang memiliki Banyak Tempat Menarik di Probolinggo

Jika mendengar nama Probolinggo, pasti terpikir sebuah kota di Jawa Timur yang memiliki Banyak Tempat Menarik di Probolinggo. Bukan hanya Gunung Bromo yang menjadi ikon wisata Jawa Timur, melainkan juga berbagai tempat wisata lain yang tidak kalah menarik. Mulai dari air terjun, pantai, museum, hingga taman rekreasi. Hurry up let’s go, berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat menarik di Probolinggo sekaligus tips berkunjung supaya nyaman berwisata:

Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura
Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura adalah salah satu tempat menarik di Probolinggo yang menjadi favorit para wisatawan. Air terjun ini terletak di Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, sekitar 25 km dari pusat kota. Untuk mencapai air terjun ini, Kawanjo harus berjalan kaki sekitar 30 menit dari pintu masuk. Di sepanjang jalan, terpampang pemandangan alam yang hijau dan segar.

Merupakan air terjun tertinggi di Jawa Timur dan tertinggi kedua di Indonesia, ketinggian Air terjun Madakaripura mencapai sekitar 200 meter. Air terjun ini juga memiliki keunikan berupa lima aliran air terjun yang mengelilingi tebing berbentuk cekungan.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Air Terjun Madakaripura

Harga tiket masuk air terjun Madakaripura adalah Rp 10.000 per orang. Sedangkan biaya parkirnya sebesar Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Selain itu, supaya perjalanan lebih aman dan nyaman, Kawanjo juga harus menyewa jasa pemandu lokal dengan biaya Rp 10.000 per orang. Sedangkan jam buka air terjun ini adalah setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Tips dan Fasilitas

Beberapa tips yang perlu  diperhatikan saat berkunjung ke air terjun Madakaripura adalah:

  • Bawa pakaian ganti dan perlengkapan mandi karena pasti akan basah terkena percikan air terjun.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman dan anti selip karena jalan menuju air terjun cukup licin dan berbatu.
  • Jaga kebersihan dan keselamatan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan atau merusak tanaman.
  • Ikuti arahan dan petunjuk dari pemandu lokal yang mengetahui kondisi air terjun dengan baik.

Adapun fasilitas yang tersedia di air terjun Madakaripura berupa tempat parkir, kamar mandi, warung makan, gazebo, dan mushola

Baca Juga : Hunting Sunsire ke Bromo Cuma 300 Ribu, Dijamin Seru!

Pantai Bentar

Pantai Bentar
Pantai Bentar

Suka bermain air dan menikmati pemandangan laut? Pantai Bentar adalah salah satu tempat menarik di Probolinggo yang cocok untuk itu. Pantai ini terletak di Desa Pajarakan, Kecamatan Pajarakan, sekitar 15 km dari pusat kota.

Terdapat hamparan pepohonan yang rindang dan asri, serta beberapa spot foto yang instagramable. Di pantai ini, Kawanjo bisa berenang, bermain pasir, berfoto, atau sekadar bersantai menikmati angin pantai.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Harga tiket masuk ke pantai Bentar adalah Rp 5.000 per orang. Sedangkan biaya parkirnya sebesar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Jangan lupa untuk datang saat jam buka pantai Bentar, yakni setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 18.00 WIB.

Tips dan Fasilitas

Beberapa tips yang perlu  diperhatikan saat berkunjung ke pantai Bentar adalah:

  • Bawa perlengkapan mandi dan pakaian ganti bila ingin bermain air di pantai.
  • Gunakan tabir surya dan topi untuk melindungi kulit  dari paparan sinar matahari.
  • Jaga kebersihan dan keselamatan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan atau merusak fasilitas yang ada.
  • Berhati-hati saat berenang atau bermain air karena pantai ini tidak memiliki penjaga pantai.

Fasilitas yang tersedia di pantai Bentar seperti tempat parkir, kamar mandi, warung makan, gazebo, tempat sampah, dan lainnya menambah kemudahan berwisata.

 

Baca Juga : 5 Daya Tarik Tak Terkalahkan dari Gili Ketapang

Museum Dr. Mohammad Saleh

Museum Dr. Mohammad Saleh
Museum Dr. Mohammad Saleh

Tempat menarik di Probolinggo selanjutnya ini cocok untuk  penyuka sejarah dan budaya. Namanya Museum Dr. Mohammad Saleh yang terletak di Jalan Dr. Sutomo No. 4, Kelurahan Kademangan, Kecamatan Kademangan, sekitar 2 km dari pusat kota. Museum ini merupakan rumah tinggal dari Dr. Mohammad Saleh, yaitu tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia yang berasal dari Probolinggo.

Di museum ini, Kawanjo bisa melihat berbagai koleksi sejarah dan budaya yang berkaitan dengan kehidupan Dr. Mohammad Saleh. Seperti foto, surat, buku, pakaian, senjata, dan lain-lain.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Harga tiket masuk ke Museum Dr. Mohammad Saleh adalah gratis. Kawanjo hanya perlu mendaftarkan diri di loket masuk dan mengisi buku tamu. Jam buka museum inipun memudahkan untuk berkunjung. Yakni setiap hari kecuali Senin dan hari libur nasional, mulai pukul 08.00 hingga 15.00 WIB.

Tips dan Fasilitas

Beberapa tips yang perlu Anda perhatikan saat berkunjung ke Museum Dr. Mohammad Saleh adalah:

  • Hormati dan hargai koleksi yang ada di museum dengan tidak menyentuh, merusak, atau mengambilnya tanpa izin.
  • Ikuti arahan dan petunjuk dari petugas museum yang akan memberikan penjelasan tentang koleksi yang ada di museum.
  • Jangan ragu untuk bertanya atau berdiskusi dengan petugas museum, jika ingin mengetahui lebih banyak tentang sejarah dan budaya yang berkaitan dengan Dr. Mohammad Saleh.
  • Jaga kebersihan dan ketertiban museum dengan tidak membuang sampah sembarangan atau membuat keributan.

Adapun fasilitas yang tersedia di Museum Dr. Mohammad Saleh cukup banyak. Seperti tempat parkir, kamar mandi, ruang tunggu, ruang pamer, ruang audio visual, ruang perpustakaan, dan tempat sampah.

Bukan hanya Gunung Bromo, ternyata tempat menarik di Probolinggo ternyata masih banyak. Tempat wisatanya menarik dan beragam. Mulai dari alam, sejarah, budaya, hingga rekreasi. Kawanjo bisa mengunjungi tempat-tempat ini sesuai dengan minat dan selera. So, tunggu apalagi? Hurry up, Let’s Go!

 

0 comments on “Tips Berkunjung ke 3 Tempat Menarik di Probolinggo, Hurry Up Let’s Go 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.