Tak Perlu Ngeri, Ini 5 Alasan Wisata ke Jembatan Gantung Situ Gunung Sukabumi
Local Experiences

Tak Perlu Ngeri, Ini 5 Alasan Wisata ke Jembatan Gantung Situ Gunung Sukabumi

Melintasi jembatan terpanjang se-Asia Tenggara? Pasti jadi pengalaman menarik dan tak terlupakan. Apalagi kalau bukan jembatan gantung Situ Gunung Sukabumi.

Melintasi jembatan terpanjang se-Asia Tenggara? Pasti jadi pengalaman menarik dan tak terlupakan. Apalagi kalau bukan jembatan gantung Situ Gunung Sukabumi. Rasakan sensasi mendebarkan sekaligus menyenangkan. Buang rasa takut dan ngeri, tenang saja, spot ini dijamin aman, loh!

Hadir dengan nyata, paket berwisata untuk mengeksplorasi jembatan Situ Gunung di Sukabumi. Bukan hanya jalan melintas, ada banyak hal yang bisa Kawanjo lakukan. Bukan sekedar rasa penasaran, terdapat berbagai sensasi menyenangkan yang bisa Kawanjo dapatkan.

Berikut adalah fakta tentang jembatan gantung Situ Gunung di Sukabumi. Wajib diketahui supaya punya alasan kuat untuk berwisata di sini.

Alasan Berwisata ke Jembatan Gantung Situ Gunung Sukabumi 

  1. Panjang Jembatan Gantung Situ Gunung
    Panjang Jembatan Gantung Situ Gunung
    Panjang Jembatan Gantung Situ Gunung

    Jembatan Situ Gunung dinobatkan sebagai jembatan gantung terpanjang se-Asia Tenggara, yang berada di tengah hutan. Tepatnya jembatan ini sepanjang 243 meter, lebar 18 meter, dan berada di ketinggian 161 meter. Hebatnya dengan kemegahan tersebut, adalah hasil dariproses pembangunan secara manual, yakni dengan melibatkan warga lokal serta tenaga ahli dari Bandung.

    Baca juga: Temukan Vibes Liburan Berbeda di Wisata Alam Oasis Sukabumi

  2. Lokasi Jembatan Gantung Situ Gunung
    Lokasi Jembatan Gantung Situ Gunung
    Lokasi Jembatan Gantung Situ Gunung

    Jembatan Situ Gunung berada di kaki gunung Gede Pangrango, Kadudampit, Sukabumi. Tepatnya menjadi bagian dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP). Sejuknya hawa pepohonan khas hutan akan menyertai setiap langkah Kawanjo selama melintas. Seolah menjadi aromaterapi alami, perlahan tapi pasti kumpulan stress di dalam tubuh akan menguap.

    Apalagi Kawanjo juga bisa menikmati panorama sekitar. Hijaunya dedaunan yang memiliki latar belakang perbukitan. Sungguh view yang indah tiada tara. Tak salah bila seringkali jembatan ini dijadikan lokasi foto prewedding.

  3. Sejarah Jembatan Gantung Situ Gunung
    Sejarah Jembatan Gantung Situ Gunung
    Sejarah Jembatan Gantung Situ Gunung

    Selama empat bulan di tahun 2017, suspension bridge atau jembatan gantung Situ Gunung Sukabumi dibangun. Hingga akhirnya bisa digunakan secara resmi pada tahun 2019. Jembatan ini dibangun atas kerja sama dari PT Fontis Aqua Vivam dengan Balai Besar TNGGP yang berada di bawah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Sekali lagi, dengan melibatkan warga lokal setempat.

    Dengan adanya jembatan ini, bertambahlah destinasi wisata di Sukabumi yang wajib dikunjungi. Tak sulit lagi membuat itinerary trip yang worth it banget !

  4. Keamanan Jembatan Gantung Terpanjang Situ Gunung
    situ gunung, suspension bridge, jembatan gantung,
    Situgunung Suspension Bridge.

    Berjalan di atas jurang sepanjang hampir seperempat kilo meter bisa jadi menimbulkan keraguan. Namun tenang saja, melintas di jembatan gantung Situ Gunung sudahlah terjamin keamanannya.Sebelum akhirnya dibuka untuk umum, telah dilakukan berbagai uji keamanan dan keselamatan pada jembatan gantung Situ Gunung. Yakni dari Badan Litbang yang berada di bawah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Jembatan yang mampu menampung hingga 50 orang melintas ini menggunakan material baja dengan kayu merbau asal Papua sebagai landasannya.

    Ditambah lagi, ada petugas pada masing-masing sisi jembatan yang bertugas sebagai pemandu sekaligus memastikan keamanan para wisatawan yang akan melintasi jembatan.  Selain itu, petugas juga memasang sabuk pengaman sebagai bagian dari standar keselamatan wisatawan.

    Baca juga: Paket Wisata Lembah Purba, Jelajah Sukabumi dengan Nuansa Purbakala

  5. Daya Tarik Sekitar Jembatan Gantung Terpanjang Situ Gunung
    Daya Tarik Sekitar Jembatan Gantung Terpanjang Situ Gunung
    Daya Tarik Sekitar Jembatan Gantung Terpanjang Situ Gunung

    Suspension bridge Sukabumi ini menjadi penghubung antara daerah Situ Gunung dengan air terjun Curug Sawer. Hanya butuh waktu 30 menit untuk menempuh jarak satu kilometer guna sampai di air terjun berpemandangan indah ini. Kawanjo pun bisa puas bermain air sambil menikmati sekeliling yang menawan.

    Selain itu, di dekat jembatan gantung juga ada sebuah danau alami. Dengan luas 120 hektar, Kawanjo bisa mengelilinginya menggunakan rakit atau sepeda air. Nah di sekitar danau Kawanjo juga bisa berkemah di lahan seluas 5 ha. Atau jika tidak menghendaki berkemah, Kawanjo bisa menyewa salah satu penginapan di sekitar jembatan gantung Situ Gunung.

    Jangan lupa, sambil menikmati pemandangan Gunung Gede Pangrango, Kawanjo bisa berkunjung ke De’ Balcone Resto untuk kulineran. Menyantap sejumlah hidangan yang disajikan seperti ayam bakar, ayam sambal matah, roti bakar, dan berbagai masakan khas Sunda. akan dimanjakan oleh pemandangan yang luar biasa.

    Itulah lima fakta menarik tentang jembatan gantung Situ Gunung Sukabumi, yang terpanjang se-Asia Tenggara. Kesemuanya bisa meyakinkan Kawanjo untuk berwisata ke sini bersama Pigijo. Tentunya dengan kemudahan dan kenyamanan yang terbukti bisa diandalkan.

0 comments on “Tak Perlu Ngeri, Ini 5 Alasan Wisata ke Jembatan Gantung Situ Gunung Sukabumi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.