bandar grisse,
Local Experiences

Nostalgia di Kota Lama Gresik dengan Bus Wisata Bandar Grisse

Jika Macito adalah Malang City Tour dan SSCT adalah Surabaya Sightseeing and City Tour, lalu apakah Bus Wisata Bandar Grisse yang baru saja diluncurkan itu? Dimanakah Kawanjo bisa menikmatinya? 

Tak mau kalah dengan Macito dan SSCT, kini Jawa Timur juga punya lagi yang serupa. Jika Macito adalah Malang City Tour dan SSCT adalah Surabaya Sightseeing and City Tour, lalu apakah Bus Wisata Bandar Grisse yang baru saja diluncurkan itu? Di manakah Kawanjo bisa menikmatinya?

Ya, kabar gembira bagi masyarakat Jawa Timur dan daerah lainnya! Kini ada lagi angkutan menarik khusus aktivitas wisata di sebuah kota. Tepatnya di Gresik, 20 kilometer dari Surabaya. Namanya bus wisata Bandar Grisse yang siap mengantar Kawanjo menikmati pesona keindahan kota.

Bus Wisata Bandar Grisse Gresik

Bus Wisata Bandar Grisse Gresik
Bus Wisata Bandar Grisse Gresik

Menambah panjang daftar inovasi pariwisata, bus Bandar Grisse hadir di Kota Gresik Jawa Timur. Bus tingkat dengan 40 tempat duduk ini siap memberikan pengalaman unik menyusuri kota. Terutama di sejumlah ruas jalan di Gresik Kota Lama atau GKL. Area ini terkenal dengan kawasan heritage-nya.

Bus wisata Kota Gresik ini memiliki dua lantai dengan desain khusus. Lantai pertama didesain tertutup dengan kaca transparan. Sehingga penumpang tak akan terhalang saat melihat keindahan destinasi wisata. Sementara itu, lantai dua dirancang terbuka tanpa atap, memberikan pengalaman menyusuri jalan dengan udara segar.

Bus Bandar Grisse memastikan penumpang tak kecewa dan puas dengan pengalaman berkeliling kota. Dengan satu pemandu tur yang menerangkan selama perjalanan, Kawanjo akan menikmati pemandangan Gresik Heritage. Melihat langsung bangunan megah zaman dahulu yang masih berdiri kokoh di Gresik Kota Lama. Di mana GKL ini terkenal dengan tiga ragam kawasan permukiman, Kampung Arab, Kampung Kolonial, dan Kampung Pecinan.

Baca juga: Wisata Alam Gosari Sekapuk Gresik, Dijamin Asyik!

Jam Operasional Bus Wisata Bandar Grisse

Jam Operasional Bus Wisata Bandar Grisse
Jam Operasional Bus Wisata Bandar Grisse

Sejak tanggal 20 Januari 2024, Bus Wisata Bandar Grisse mulai beroperasi secara resmi. Sambutan meriah diberikan oleh masyarakat dengan adanya fasilitas menyenangkan ini. Untuk sementara waktu, bus ini hanya bisa dinaiki pada hari Sabtu dan Minggu.

Terdapat tiga jadwal trip per harinya, yakni pada pukul 15.00 hingga 17.00 WIB, pukul 18.30 hingga 19.30 WIB, dan pukul 19.30 sampai 21.00 WIB.

Rute Bus Wisata Bandar Grisse Gresik

Rute Bus Wisata Bandar Grisse Gresik
Rute Bus Wisata Bandar Grisse Gresik

Gresik Kota Lama adalah area bersejarah di Gresik, Jawa Timur. Wilayah ini dikenal karena keberadaan bangunan-bangunan tua dan warisan sejarah. Beberapa situs menarik di sana termasuk Masjid Agung Gresik, yang merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia. Selain itu, terdapat juga situs-situs bersejarah lainnya yang mencerminkan warisan budaya Gresik. Adalah pilihan tepat bila bus wisata Bandar Grisse diatur untuk melewati kawasan ini. Kawanjo pun bisa melihat gedung-gedung tua yang estetik.

Namun saat beroperasi, bus Bandar Grisse hanya berhenti sebentar di GKL, sehingga penumpang tak perlu turun. Adapun rute yang dilalui adalah dimulai dan berakhir di Gedung Nasional Indonesia, Jalan Pahlawan No.58, Tlogobendung, Kabupaten Gresik.

Pengunjung bisa menunggu di titik awal untuk menaiki bus. Kemudian bus berjalan menuju Alun-alun Jalan KH Wachid Hasyim, Jalan Raden Santri- kawasan heritage Bandar Grissee di Jalan Basuki Rahmat- A.K.S Tubun, kamping Arab di Jalan KH Zubair – Jalan Agus Salim dan berhenti di Gedung Nasional Indonesia lagi.

Baca juga: Yang Unik dan Estetik, Wisata Setigi Gresik

Biaya Naik Bus Wisata Bandar Grisse dan Caranya

Biaya Naik Bus Wisata Bandar Grisse dan Caranya
Biaya Naik Bus Wisata Bandar Grisse dan Caranya

Untuk menikmati keasyikan berkeliling kota dengan naik bus wisata Bandar Grisse, tentu ada biayanya. Namun tak usah risau. Hanya dengan Rp5.000 Kawanjo sudah bisa menggunakan layanan ini. Jika masih berstatus pelajar, bahkan hanya Rp3.000. Pembayaran dilakukan dengan metode non tunai melalui metode scan QRIS. Sehingga memudahkan pembayaran bagi pengunjung.

Sedangkan pendaftaran bisa dilakukan secara online, di website Disparekrafbudpora Gresik. Cukup dengan mengisi formulir pendaftaran yang disediakan. Jangan lupa datang tepat waktu sesuai jadwal yang telah ditentukan sendiri. Ingat, hanya 40 seat untuk satu kali pemberangkatan.

Kini, bus wisata Bandar Grisse memberi cara baru menikmati dunia wisata di Gresik Jawa Timur. Dengan biaya terjangkau namun pengalaman yang didapatkan sangat menyenangkan, pastikan mencoba inovasi baru ini bila sedang berkunjung ke Jawa Timur.

0 comments on “Nostalgia di Kota Lama Gresik dengan Bus Wisata Bandar Grisse

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.