karisma event nusantara,
Local Experiences

4 Karisma Event Nusantara Selama November 2023

Tak ada salahnya untuk menyusun jadwal guna mengikuti gelaran Karisma Event Nusantara November 2023 saat menjelang akhir tahun.

Sudahkah Kawanjo memiliki pengalaman berwisata yang sangat berkesan, hingga sulit dilupakan? Jika belum, kali ini Minjo akan menceritakan tema masing-masing acara dari gelaran Karisma Event Nusantara selama November 2023!

Pentingnya Menentukan Tema Acara

Pentingnya Menentukan Tema Acara
Pentingnya Menentukan Tema Acara

Tema dalam sebuah acara adalah langkah kunci dalam perencanaan dan pelaksanaan. Begitu juga acara budaya dalam Karisma Event Nusantara November 2023 sebagai program prestisius yang penuh makna. Tema dapat mengarahkan fokus dan memberikan kerangka kerja yang jelas untuk acara tersebut.

Selain itu, tema menciptakan identitas unik sebuah acara. Hal inilah yang bisa membuat acara di tiap-tiap daerah jadi lebih mudah dikenal dan dikenang. Dengan identitas yang kuat, acara akan lebih menonjol dan memiliki ciri khas masing-masing. Misalnya dalam hal dekorasi, tema jelas membantu  merancang dekorasi yang sesuai. Ini menciptakan atmosfer yang menarik bagi peserta. Dekorasi yang sesuai dengan tema dapat menciptakan kesan yang mendalam. Kelak bila ada pelaksanaan selanjutnya akan kembali hadir.

Dengan demikian, menentukan tema dalam sebuah acara merupakan kunci dalam kesuksesan acara tersebut, karena alasan itulah, event budaya di berbagai daerah di bawah ini menetapkan satu tema untuk pelaksanaannya.

Baca juga: ‘Whoosh’ Siap Wujudkan Target 1,4 Miliar Pergerakan Wisatawan Nusantara

Karisma Event Nusantara November 2023 dan Tema Acaranya 

Karisma Event Nusantara November 2023 dan Tema Acaranya
Karisma Event Nusantara November 2023 dan Tema Acaranya

Sebagai gelaran prestisius di mana tidak semua acara bisa meraihnya, Karisma Event Nusantara harus dilaksanakan semenarik mungkin. Salah satu caranya adalah dengan menetapkan tema acara. Berikut adalah daftar KEN November 2023 bagian pertama dengan penjelasan tema acara:

  1. Festival Kerinci

    Festival Kerinci
    Festival Kerinci

    ‘Mystical Kerinci dan Titisan Budaya Sakti Alam Kerinci Menuju Era Digitalisasi’ adalah tema yang diambil dalam penyelenggaraan festival tahun ini. Dilaksanakan pada tanggal 2 hingga 5 November silam, beragam acara bertujuan untuk memadukan aspek-aspek budaya tradisional Kerinci dengan kemajuan era digital.

    Kemeriahan diwujudkan dengan adanya 1.000 undangan dari berbagai institusi dan pejabat publik. Termasuk Kemenparekraf, Kemendikbud, serta anggota DPR RI dan DPRD Provinsi Jambi. Juga  kepala daerah provinsi tetangga dan kepala daerah 11 kabupaten/kota di Provinsi Jambi.

     

  2. Wakatobi Wave

    Wakatobi Wave
    Wakatobi Wave

    Dari Jambi, lanjut ke Sulawesi Tenggara. Di sebuah daerah bernama Wakatobi yang terkenal sebagai surganya para penyelam, sebab memiliki pesona bawah laut yang menawan. Selain itu, Wakatobi juga memiliki beragam flora dan fauna yang menarik.

    Dengan event yang masuk pada tahun keenam, pada tanggal 2 hingga 6 November 2023, pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara dan Kabupaten Wakatobi melaksanakan dengan tujuan mulia, yakni menampilkan keluhuran, kekayaan, dan seni budaya Wakatobi pada wisatawan lokal maupun mancanegara. Dengan tema ‘Harmoni dalam Kesentosaan’, Wakatobi Wave 2023 menjadi ruang kreasi, ekspresi, dan partisipasi bagi seluruh insan pariwisata dan ekonomi kreatif di Wakatobi. Tema tersebut menunjukkan semangat serta harapan besar masyarakat khususnya para pelaku pariwisata. Supaya selalu dinaungi keberuntungan dan kemudahan dalam usaha mendorong percepatan pembangunan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan di Wakatobi Sulawesi Tenggara.

  3. East Java Fashion Harmony

    East Java Fashion Harmony
    East Java Fashion Harmony

    Tema ‘Raswa Anindya Lantih Lan Batik Jawi Wetan’ (Rahasia Kecantikan Tenun dan Batik Jatim) diambil dari tiga tokoh perempuan besar di era Majapahit, yaitu Gayatri, Tribhuwana Tunggadewi, dan Dyah Suhita. Adapun venue yang dipilih juga tidak sembarangan, karena amphitheater Taman Candra Wilwatikta, Pasuruan merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Majapahit.

    Dalam pagelaran fashion ini, difokuskan pada produk karya busana kerja dari tenun dan batik Jawa Timur. Harapannya acara East Java Fashion Harmony bisa meningkatkan mutu dan nilai jual produk para pelaku ekonomi kreatif. Termasuk mengenalkan ke kancah yang lebih luas baik di dalam maupun luar negeri.

  4. Festival Tanjung Waka

    Festival Tanjung Waka
    Festival Tanjung Waka

    Mengalami re-scheduling, event kebanggaan masyarakat Kepulauan Sula ini kini dilaksanakan pada tanggal 4 hingga 7 November 2023. Dilaksanakan di Pantai Tanjung Waka nan eksotis, tema Karisma Event Nusantara dari Maluku Utara ini mengusung tema Pemberdayaan Komunitas Lokal Dalam Peningkatan Wisata Sula Berbasis Eco-Edu Concept Menuju Pariwisata Sula yang Berkelanjutan.

Seluruh acara yang dihelat merujuk pada satu tema mulia tersebut. Mulai dari lomba, aksi sosial lingkungan, camping, hingga seminar. Tak ketinggalan, komitmen acara ini yang menggunakan bahan selain plastik di areal festival, mulai dari material konstruksi bangunan hingga seluruh perlengkapan makanan dan minuman untuk tamu undangan dan pengunjung. Sebagai gantinya, digunakanlah bahan kayu, bambu, kertas, dan bahan alam lainnya.

Baca juga: Masih ada Karisma Event Nusantara Oktober 2023 Hingga Akhir Bulan, Yuk Jadwalkan!

Perlu diingat, meski tema telah pasti diusung keempat acara di atas bisa jadi mengalami perubahan jadwal pelaksanaan. Namun Kawanjo bisa tetap menyusun jadwal untuk melibatkan diri dalam empat Karisma Event Nusantara November 2023. Supaya bisa mencetak pengalaman mendalam dengan memilih gelaran bertema kuat.

0 comments on “4 Karisma Event Nusantara Selama November 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.