Kondisi Pantai Talise Palu Sekarang, Masihkah Menakjubkan?
Local Experiences

Kondisi Pantai Talise Palu Sekarang, Masihkah Menakjubkan?

Tragedi Pantai Talise Palu menjadi bagian penting dari sejarah Kota Palu. Saat itu menjadi duka bagi masyarakat sekitar bahkan se-Indonesia. Kondisi pantai pun banyak berubah. Namun, lambat laun semuanya berubah. Yang berlalu biarlah menjadi bagian masa lalu. Kehidupan harus terus berlanjut.

Tragedi Pantai Talise Palu menjadi bagian penting dari sejarah Kota Palu. Saat itu menjadi duka bagi masyarakat sekitar bahkan se-Indonesia. Kondisi pantai pun banyak berubah. Namun, lambat laun semuanya berubah. Yang berlalu biarlah menjadi bagian masa lalu. Kehidupan harus terus berlanjut.

Gempa bumi dan tsunami mengguncang Palu, Sulawesi Tengah, pada hari Jumat tanggal 28 September 2018. Talise adalah pantai di Palu yang terkena gempa. Luluh lantak lah keindahan yang dipunyai tempat wisata ini.

Pantai Talise sebelum gempa memang indah dan mempesona. Banyak pelancong yang menjadikannya destinasi wisata Palu. Pasir putih di pantainya, pemandangan sunset yang menawan, serta penampakan barisan perbukitan benar-benar memanjakan mata pengunjung.

Baca juga: 6 Daya Tarik Wisata Kebun Gowa Sulawesi Selatan

Lokasi Pantai Talise Palu

pantai talise palu,
Pantai Talise, Palu.

Selain suguhan panorama, Pantai Talise memiliki banyak penggemar juga karena letaknya yang strategis. Lokasinya berada di dekat pusat kota, 2 kilometer dari Kota Palu. Tepatnya berada di Kelurahan Talise, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu.

Saat bencana datang, Pantai Talise yang terdapat kampung nelayan Palu di dalamnya, menyebabkan banyak korban berjatuhan. Duka seketika mengungkung kala itu. Tidak sedikit penduduk yang kehilangan orang-orang kesayangan. Apalagi rumah tinggal mereka juga ikut porak poranda. Bencana meninggalkan rasa sedih dan gundah gulana.

Pantai Talise Sekarang

Kini, setelah lima tahun lebih berlalu…

taman anjungan pantai talise,
Taman Anjungan Pantai Talise, Palu.

Pantai Talise Tsunami  sudah mulai ramai lagi. Tembok pembatas yang berfungsi sebagai tanggul sudah terpasang. Batu-batu besar yang ditata rapi guna menambah ketinggian tanggul tebing nampak memperindah suasana. Infrastruktur yaitu jalan akses menuju Pantai Kampung Nelayan di Kota Palu itu sudah mulai dibenahi. Bebatuan yang besar-besar yang tertata rapi ditambah dengan peninggian tanggul tebing sepanjang Pantai Talise memperindah kawasan itu.

Pantai Talise Palu, terletak di ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah, Palu, adalah salah satu destinasi wisata yang menawarkan pesona alam yang menakjubkan. Meskipun tidak sebesar destinasi pantai terkenal di Indonesia, keindahan Pantai Talise Palu mampu membuat setiap pengunjung terpesona. Artikel ini akan membahas keunikan, daya tarik, dan pesona yang dimiliki Pantai Talise Palu.

Pantai Talise Palu menawarkan pemandangan yang menakjubkan dengan hamparan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Pepohonan kelapa yang berjejer rapi di sepanjang pantai menambahkan kesan tropis yang memikat. Saat matahari terbenam, langit di sekitar Pantai Talise Palu dipenuhi warna-warna spektakuler, menciptakan pemandangan yang tak terlupakan.

Baca juga: Belajar Sejarah di Taman Wisata Bola Pitue Barru Sulawesi Selatan 

Aktivitas Menarik di Pantai Talise Palu 

pantai talise,
Pantai Talise, Palu.

Di pinggir pantai nampak berjejer penjual makanan tradisional Palu. Membuat pengunjung makin lama makin senang berada di Pantai Talise. Apalagi ketika malam hari, lampu-lampu yang sengaja dipasang menambah kecantikan langit hitam. Secangkir minuman hangat dan seporsi kue putu atau pisang eppe siap menemani petang yang syahdu di Pantai Talise Palu.

Di kala siang, pantai ini pas sekali menjadi tempat bagi yang ingin refreshing. Sekedar menikmati hembusan angin sambil memanjakan mata dengan pesona hamparan laut dan panorama pegunungan yang berjejer rapi. Saat mengedarkan pandang ke laut, airnya tampak jernih membuat pengunjung bisa melihat langsung ikan-ikan tanpa harus menggunakan peralatan.

Cobalah berenang atau sekedar membasahi badan dengan air yang bersih tersebut. Dijamin jiwa raga terasa segar seketika. Ohya, jangan tinggalkan momen sunrise atau sunset yang menampakkan matahari seolah muncul dan kembali bersembunyi dibalik pegunungan. Sungguh menarik berada di Pantai Talise, tempat yang sempat menyimpan masa kelam.

Semangat bangkit bisa dijadikan pembelajaran bagi kita. Penduduk sekitar Pantai Talise Palu yang sebelumnya menjadi korban bencana, kini telah mampu berjaya kembali. Tempat wisata kebanggaan mereka sudah kembali menampilkan kemolekan panoramanya.

Pantai Talise Palu adalah tempat yang menyenangkan untuk berlibur, menggabungkan keindahan alam yang menakjubkan dengan kegiatan yang seru dan kehidupan budaya yang kaya. Terletak di tengah kota Palu, pantai ini memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk melarikan diri sejenak dari kesibukan perkotaan dan menikmati ketenangan serta keindahan alam yang luar biasa. Pantai Talise Palu adalah surga tersembunyi yang layak untuk dijelajahi di Pulau Sulawesi.

0 comments on “Kondisi Pantai Talise Palu Sekarang, Masihkah Menakjubkan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.