Manfaat Luar Biasa Jus Tomat dan Wortel untuk Kesehatan
Health

10 Manfaat Luar Biasa Jus Tomat dan Wortel untuk Kesehatan

Cuaca panas memang paling enak minum yang segar dan manis. Nah supaya dapat manfaat lebih dari menghapus dahaga, cobalah Manfaat Luar Biasa Jus Tomat dan Wortel untuk Kesehatan

Cuaca panas memang paling enak minum yang segar dan manis. Nah supaya dapat manfaat lebih dari menghapus dahaga, cobalah Manfaat Luar Biasa Jus Tomat dan Wortel untuk Kesehatan. Satu rekomendasi terbaik adalah jus tomat dan wortel. Harta karun nutrisi ini bisa meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan mata, hingga membantu program diet.

Kandungan Gizi Jus Tomat dan Wortel 

Kandungan Gizi Jus Tomat dan Wortel 
Kandungan Gizi Jus Tomat dan Wortel

Jus tomat dan wortel merupakan kombinasi sempurna dari dua sayuran kaya nutrisi. Berikut beberapa kandungan gizi utama jus tomat dan wortel:

  1. Vitamin AVitamin A penting untuk kesehatan mata, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan membantu pertumbuhan dan perkembangan sel.
  2. Vitamin CVitamin C merupakan antioksidan kuat yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melindungi sel dari kerusakan, dan membantu penyerapan zat besi.
  3. LikopenLikopen adalah antioksidan kuat yang membantu melindungi tubuh dari kanker, penyakit jantung, dan kerusakan mata akibat sinar matahari.
  4. Beta-karotenBeta-karoten adalah antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel dan penyakit kronis.
  5. KaliumKalium membantu mengatur tekanan darah serta menjaga kesehatan jantung. Kalium juga membantu fungsi saraf dan otot.
  6. SeratSerat mampu melancarkan pencernaan. Sekaligus menjaga kesehatan usus dan membantu mengontrol gula darah.
  7. FolatFolat penting untuk kesehatan ibu hamil dan membantu perkembangan otak janin.

Baca Juga: Doclang, Sarapan Khas Kota Hujan Sarat Sejarah

10 Manfaat Luar Biasa Jus Tomat dan Wortel untuk Kesehatan 

Manfaat Luar Biasa Jus Tomat dan Wortel untuk Kesehatan 
Manfaat Luar Biasa Jus Tomat dan Wortel untuk Kesehatan

Kandungan gizi jus tomat dan wortel yang kaya memberikan berbagai manfaat luar biasa bagi kesehatan. Diantaranya:

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan TubuhVitamin C dan antioksidan lainnya dalam jus tomat dan wortel membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit.
  2. Menjaga Kesehatan MataVitamin A dan beta-karoten dalam jus tomat dan wortel penting untuk kesehatan mata. Diantaranya membantu meningkatkan penglihatan dan mencegah kerusakan mata akibat sinar matahari.
  3. Melindungi dari KankerLikopen dan antioksidan lainnya dalam jus tomat dan wortel membantu melindungi tubuh dari berbagai jenis kanker. Seperti kanker prostat, kanker paru-paru, dan kanker kulit.
  4. Menjaga Kesehatan JantungKalium dan serat dalam jus tomat dan wortel membantu mengatur tekanan darah, menjaga kesehatan jantung. Juga membantu mencegah penyakit jantung.
  5. Menjaga Kesehatan PencernaanSerat dalam jus tomat dan wortel membantu melancarkan pencernaan. Seperti menjaga kesehatan usus dan membantu mengontrol gula darah.
  6. Membantu Menurunkan Berat BadanJus tomat dan wortel rendah kalori dan tinggi serat. Hal ini membantu untuk merasa kenyang lebih lama dan membantu mengontrol nafsu makan. Hasil lebih maksimal jika menghilangkan gula saat mengkonsumsi jus duo sehat ini.
  7. Meningkatkan Kesehatan KulitVitamin C dan antioksidan lainnya dalam jus tomat dan wortel juga penting untuk kecantikan, loh! Karena jus ini membantu menjaga kesehatan kulit, membantu mencegah penuaan dini, dan membantu menyembuhkan luka.
  8. Meningkatkan Kesehatan TulangVitamin K dalam jus tomat dan wortel membantu menjaga kesehatan tulang. Termasuk diantaranya adalah mencegah osteoporosis.
  9. Meningkatkan Fungsi OtakVitamin B6 dalam jus tomat dan wortel berfungsi banyak. Yakni membantu metabolisme protein, membantu fungsi otak dan saraf, dan membantu meningkatkan daya ingat.
  10. Menjaga Kesehatan Ibu HamilFolat dalam jus tomat dan wortel penting untuk kesehatan ibu hamil. Yakni membantu perkembangan otak janin.

Baca Juga: 9 Pantangan Makanan dan Minuman Saat Radang Tenggorokan

Resep Jus Tomat dan Wortel yang Lezat dan Sehat

Resep Jus Tomat dan Wortel yang Lezat dan Sehat
Resep Jus Tomat dan Wortel yang Lezat dan Sehat

Setelah tahu nutrisi juga manfaatnya untuk kesehatan, saatnya membuat sendiri jus wortel dan tomat. Tak pusing, karena bahannya mudah didapat dan caranya sangatlah mudah.

Siapkan bahan-bahannya berupa 2 buah tomat, 2 buah wortel, 1/2 gelas air putih atau sesuai selera. Untuk rasa dan khasiat lebih kaya, tambahkan sejumput garam, atau  lada hitam.

Pertama, cuci tomat dan wortel sampai bersih. Potong-potong tomat  menjadi beberapa bagian kecil lalu masukkan ke dalam blender. Tambahkan air putih jika perlu. Blender tomat dan wortel hingga halus. Bumbui dengan garam dan lada hitam secukupnya jika menghendaki. Sajikan jus tomat dan wortel segera setelah dibuat.

Kawanjo bisa menambahkan bahan lain ke dalam jus tomat dan wortel, seperti seledri, jahe, atau lemon. Atau, bisa juga dengan menambahkan madu atau sirup maple untuk rasa yang lebih manis.  Hindari menambahkan susu karena dapat mengganggu penyerapan zat besi. Sedangkan tambahan gula justru mengurangi fungsi vitamin. Kawanjo bisa minum jus tomat dan wortel segar setiap hari.

Jus tomat dan wortel merupakan pilihan minuman yang sehat dan lezat untuk menunjang gaya hidup sehari hari. Kandungan nutrisinya yang kaya manfaat mampu meningkatkan kesehatan secara menyeluruh.

Dengan mengkonsumsi jus tomat dan wortel secara rutin, Kawanjo dapat merasakan berbagai manfaatnya. Seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan mata, dan membantu program diet.

 

0 comments on “10 Manfaat Luar Biasa Jus Tomat dan Wortel untuk Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.