pesantren, film religi,
PigiUpdate

Masih Suasana Lebaran, Coba Nobar 3 Film Religi Ini!

Nobar alias nonton bareng film religi pesantren bisa jadi cara mengisi waktu saat lebaran.

Nobar alias nonton bareng film religi pesantren bisa jadi cara mengisi waktu-waktu after lebaran. Bersama keluarga ataupun sahabat, jenis tayangan ini akan jadi hiburan sekaligus bahan pembahasan seru. Relate dengan suasananya, Kawanjo bisa memilih berbagai topik cerita dari film genre ini.

Dalam perkembangannya, film religi banyak yang menyoroti  kehidupan di pesantren. Salah satu alasannya adalah tempat ini sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat di Indonesia sejak dulu kala. Pesantren adalah tempat di mana para santri fokus mengaji atau belajar agama Islam sekaligus nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya. Dari sini, film religi tentang pesantren dapat memberikan pandangan tentang keberagaman budaya dan agama di Indonesia.

Ternyata, turunan dari tema religi dalam film – film tentang pesantren juga beragam. Mulai dari mengangkat topik cerita tentang perjuangan, kehidupan spiritual, persahabatan, percintaan, hingga horor. Kesemuanya mengemas kehidupan sehari-hari di dalam pondok pesantren yang memberi kesan ‘tak semua orang tahu’ dan konflik yang terjadi di lingkungan pesantren.

Baca juga: Wow! Indonesia Borong 4 Penghargaan di Festival Film Pariwisata Jepang

Rekomendasi Film Religi Pesantren

Rekomendasi Film Religi Pesantren
Rekomendasi Film Religi Pesantren

Pesantren merupakan tempat di mana nilai-nilai moral dan spiritual adalah prioritas. Dari kehidupan di dalam pesantren, sebuah film bisa menghadirkan nilai-nilai moralitas, kebaikan, dan pencarian makna hidup yang dapat menginspirasi penonton. Ketika para karakter-karakter dalam film mengalami pertumbuhan dan perkembangan pribadi, banyak hikmah yang menarik untuk disaksikan.

Tak kalah menarik dengan tema lainnya, nonton film religi pesantren pun penuh keseruan. Adanya interaksi antar karakter dan dinamika sosial dalam tembok pesantren bisa menjadi sumber cerita yang menarik. Selanjutnya menilik dari kehidupan di pesantren pun tidak selalu mulus, sehingga memunculkan berbagai konflik dan tantangan yang dihadapi  para karakter. Baik dalam diri pribadinya maupun dalam hubungan antarmanusia. Konflik ini dikemas ciamik dalam mengembangkan plot cerita yang menarik.

Belum lagi tradisi dan setting tempat khas pesantren yang tak banyak orang tahu. Hal baru semacam ini akan meninggalkan kesan mendalam saat menonton film. Tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah  film religi tentang pesantren yang bisa Kawanjo pilih:

  1. Munkar (2024)

    Munkar (2024)
    Munkar (2024)

    Genre horor memang masih merajai dunia perfilman di Indonesia. Para pembuat film pun terus berkarya dan mengambil beragam ide untuk mengemas genre yang mampu menaikkan adrenalin penonton ini. Salah satunya dengan membuat genre horor religi yang mengambil cerita berlatar belakang pesantren. Film Qodrat yang dibintangi pasangan artis Vino G. Sebastian dan Marsha Timothy ini adalah salah satunya.

    Dengan hati-hati, film Qodrat menggabungkan sisi mistis dengan aspek religi, sebuah kombinasi yang beresiko menimbulkan pro kontra. Ceritanya adalah tentang kehidupan di sebuah desa di sekitar Pesantren Kahuripan. Saat itu terjadi berbagai kejadian mistis yang mengganggu, mulai dari gagal panen hingga tanah yang tandus, bahkan banyak orang yang kerasukan. Menyadari hal itu, seorang ustadz bernama Qodrat, yang memiliki bakat untuk membantu orang-orang yang kerasukan, melakukan ruqyah untuk mengusir jin.

    Dengan keahliannya itu, ustadz Qodrat dapat membantu orang-orang yang mengalami kesulitan. Hingga suatu hari, anaknya yang bernama Alif juga kerasukan. Dia berusaha meruqyah anaknya dengan membaca ayat-ayat suci untuk mengusir makhluk yang menempel pada dirinya. Namun upaya itu belum juga berhasil. Lalu, bagaimana kelanjutan? Simak saja sendiri, ya! Jangan lupa tonton bersama-sama supaya rasa takutnya bisa lebih ringan.

  2. Hati Suhita (2023)

    Hati Suhita (2023)
    Hati Suhita (2023)

    Film tentang pesantren terbaru ini diangkat dari novel karya Khilma Anis berjudul sama. Menceritakan seorang wanita bernama Alina Suhita yang terlibat dalam perjodohan dengan sesama anak pemilik pesantren. Alina yang menyukai aktivitas mengajar dan mengabdi di pondok, harus bersuamikan Gus Birru. Laki-laki yang lebih memilih berorganisasi dan mengembangkan dunia di luar pondok.

    Konflik terbangun sejak awal, ketika Gus Birru meskipun mau menikah tapi sejak awal menyatakan tidak akan mau menyentuh Alina istrinya. Bahkan Alina akhirnya tahu ternyata ada wanita yang dicintai suaminya. Film yang dibintangi oleh Nadya Arina, Omar Daniel, Desi Ratnasari, David Chalik, Widyawati, Slamet Rahardjo, dan lainnya.

  3. Pesantren (2022)
    Pesantren (2022)
    Pesantren (2022)

    Berbicara tentang film religi pesantren terbaru, pasti tak lepas dari judul ‘Pesantren’.  Film  yang tayang di situs bioskop online ini menggambarkan kehidupan santri dari sudut pandang yang jarang terlihat masyarakat luar. Mulai dari sebelum fajar ketika mereka beribadah dini hari hingga menjelang tidur. Semua tertuang apik dalam karya dokumenter besutan sutradara Shalahuddin Siregar.

    Bagi sebagian orang yang pernah mengenyam pendidikan di dalam pesantren, film ini bisa jadi ajang reuni. Melalui scenescene yang menampilkan kehidupan para guru dan santri di Pondok Kebon Al-Islamy, sebuah pesantren tradisional terbesar di Cirebon. Dalam ceritanya, sang sutradara mengangkat isu patriarki hingga pembahasan mengenai Islam dan cakupannya dalam teknologi dalam cerita yang ringan. Sehingga bisa menghibur dan dapat dinikmati.

Baca juga: 5 Film Horor Bioskop Bulan Agustus 2023, Sudah Nonton yang Mana?

Ada berbagai topik dan sub genre dari film religi pesantren terbaru. Kawanjo bisa memilihnya untuk ditonton bareng selama waktu luang di bulan Ramadan ataupun lebaran. Hikmah bijak dari cerita tayangan layar lebar ini akan menambah semangat beribadah dan berdinamika sosial.

0 comments on “Masih Suasana Lebaran, Coba Nobar 3 Film Religi Ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.