Menjadi Pahlawan dengan Aksi Donor Darah!
Health PigiNews

Menjadi Pahlawan dengan Aksi Donor Darah!

Setetes darahmu sangat berarti bagi kehidupan orang yang membutuhkan. Semoga dengan aksi donor darah ini mampu memberikan banyak harapan baru.

PT. Surya Fajar Capital Tbk dan PT. Tourindo Guide Indonesia Tbk (PGJO) atau Pigijo bekerjasama menggelar aksi donor darah bertajuk Blood For Life di Satrio Space Lt. 16, Satrio Tower, Jakarta Selatan, Jumat (10/2). Acara sosial ini juga merupakan hasil kerjasama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta.

Aksi Donor Darah
Aksi donor darah di Satrio Tower Jakarta.

Aksi sosial yang juga didukung oleh SFAST by SF Sekuritas, Indofund, dan Dipay ini dimulai dari pukul 09.00 WIB hingga 12.00 WIB dan menyedot antusias yang cukup tinggi. Pihak PMI dan panitia dengan terpaksa harus menutup registrasi offline peserta lebih awal, yaitu hanya sampai pukul 11.00 WIB.

Baca juga: 8 Manfaat Donor Darah, Kurangi Berat Badan Sampai Kolesterol

Sebelumnya, panitia telah membuka registrasi online dan tercatat sebanyak 49 orang mendaftarkan dirinya untuk menjadi pendonor dalam aksi donor darah kali ini. Namun, di hari H, panitia kembali membuka registrasi secara offline dan mendapatkan 71 nama yang turut mendonorkan darahnya. Maka, dalam aksi donor darah hari ini, tercatat ada 120 nama pendonor.

Aksi Donor Darah
Pemeriksaan kondisi tubuh sebelum lakukan aksi donor darah.

Seratus dua puluh peserta yang telah terdaftar kemudian harus mengisi formulir yang berisikan data diri dan beberapa pertanyaan lain terkait kondisi tubuhnya. Setelah mengisi formulir, peserta harus melakukan cek kesehatan dengan dokter yang bertugas. Selepas tahap ini, sebanyak 52 peserta dengan sangat terpaksa tidak bisa melanjutkan proses donor darah. Hal ini disebabkan beberapa hal, di antaranya dikarenakan kadar hemoglobin (Hb) yang rendah, tekanan darah yang tinggi, konsumsi antibiotik dalam kurun waktu tertentu, atau karena baru mendapatkan vaksin. Sedangkan, sebanyak 68 pendonor lainnya, berhasil melakukan transfusi darah untuk didonorkan.

aksi donor darah
Peserta aksi donor darah didominasi pekerja kantor di Satrio Tower.

Para peserta aksi donor darah yang berpartisipasi hari ini terdiri dari para pegawai kantoran yang bekerja di Satrio Tower dan beberapa lainnya merupakan masyarakat umum. Beberapa dari peserta ternyata sudah terbiasa mendonorkan darahnya dan bahkan sudah terdaftar menjadi pendonor tetap.

Aksi donor darah tentu memiliki tujuan yang mulia. Begitu juga aksi “Blood For Life” yang digelar hari ini. Seperti yang telah disampaikan Ivo Rustandi, Direktur Utama PT Surya Fajar Capital Tbk, “Melalui kegiatan ini, kami ingin mensosialisasikan bahwa PT Surya Fajar Capital Tbk peduli terhadap sesama. Melalui kegiatan ini kami juga ingin membantu masyarakat melalui (kerjasama dengan) PMI dengan kegiatan donor darah, yang mana acara ini memang (baru) pertama kali diadakan oleh PT Surya Fajar Capital Tbk dan melihat animo yang ada, kami optimis bahwa kegiatan ini dapat berlangsung ke depannya secara rutin. Kita akan meningkatkan kualitas dan kuantitas dari penyelenggaraan donor darah ini.”

Aksi donor darah
Peserta aksi donor darah terus berdatangan.

Senada dengan Ivo, CEO dari PT Tourindo Guide Indonesia Tbk (Pigijo), Adi Putera Widjaja, juga menambahkan, “Kami melihat akhir-akhir ini banyak terjadi bencana alam di mana-mana, terkadang korbannya juga tidak sedikit. Ada banyak cara untuk PT Tourindo Guide Indonesia Tbk membantu, salah satunya adalah melalui donor darah. Kalau bantuan berupa barang ataupun dana pasti sudah banyak. Tetapi, ketika PMI membutuhkan darah, itu tidak mudah. Oleh sebab itu, kami mencoba membuat ini menjadi sebuah kegiatan rutin. Bantuan yang kami bisa lakukan adalah mengajak masyarakat untuk donor darah, karena darah tersebut akan bermanfaat ketika terjadi bencana. Itu akan sangat membantu.”

aksi sosial donor darah
Para pendonor mengambil vitamin dan goodie bag setelah mendonorkan darahnya.

Dapat disimpulkan bahwa aksi donor darah hari ini adalah bentuk nyata kepedulian PT Surya Fajar Capital Tbk & PT Tourindo Guide Indonesia Tbk terhadap kemanusiaan dan juga bentuk simpati untuk bencana-bencana yang terjadi beberapa waktu belakangan ini. Semoga setiap tetes darah yang berhasil didonorkan hari ini mampu menyelamatkan banyak kehidupan dan memberikan banyak harapan baru ke depannya.

0 comments on “Menjadi Pahlawan dengan Aksi Donor Darah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.