Meriahnya Festival Kemerdekaan Jepara Bangkit 2022 dan Acara Seni Budaya Jepara lainnya
Local Experiences

Meriahnya Festival Kemerdekaan Jepara Bangkit 2022 dan Acara Seni Budaya Jepara lainnya

Festival Kemerdekaan Jepara Bangkit 2022 berhasil menjadi tonggak kebangkitan perekonomian dan pariwisata yang lesu. Ternyata ada banyak festival budaya yang ada di Jepara

Pandemi membuat lesu seluruh lini kehidupan masyarakat Indonesia. Begitu pula di Jepara, salah satu kota di Jawa Tengah. Namun, ketika pandemi berangsur pergi seperti saat ini, harusnya titik balik segera dilaksanakan! Bangkit dari keterpurukan menjadi gambaran dari sebuah acara yang digagas Pemerintah Kabupaten Jepara. Tajuk acaranya adalah Festival Kemerdekaan Jepara Bangkit 2022.

Gelaran ini diadakan dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia. Harapannya Festival Kebangkitan Jepara bisa menjadi pemantik semangat warga untuk bersama-sama bangkit kembali membangun kota. Sebagaimana para pahlawan kemerdekaan  berjuang keras mewujudkan kemerdekaan. Yaitu sebuah kondisi kehidupan yang jauh lebih baik untuk masyarakat Indonesia.

Baca juga: Wisata di Karimunjawa Jepara

Festival Kemerdekaan Jepara Bangkit 2022

Festival yang berlangsung pada tanggal 19 Agustus hingga 26 Agustus 2022 tersebut juga dihadiri perwakilan dari pemerintah dan perusahaan lokal juga internasional. Hal ini sebagai perwujudan menjalin kerjasama harmonis dengan pihak luar. Sedangkan, masyarakat Jepara sendiri sangat antusias dengan segala hiburan hasil cipta orang Jepara sendiri. Jadi, bisa dikatakan Festival Kemerdekaan Jepara Bangkit 2022 merupakan karya dari Jepara untuk Jepara.

Rangkaian Acara Festival Jepara Bangkit 2022

Agenda diawali dengan khitanan massal dan pertunjukan wilujengan rahayu pada hari Jumat, 19 Agustus 2022. Kemudian pada hari Sabtu, 20 Agustus 2022, ada tampilan ketoprak spektakuler Ratu dilanjutkan tarian klasik Bedhaya Retno Kencono.

Di hari Minggu keesokan harinya, 21 Agustus 2022, masyarakat Jepara tumpah ruah di arena Jepara and Java Carnival, pameran karya dan gelar UMKM. Di sana juga tersedia  panggung kesenian yang memfasilitasi penduduk terutama mahasiswa Jepara untuk bisa unjuk gigi.

Tak berhenti sampai di arena, karnaval dan Festival Budaya Jepara berlangsung pada Senin, 22 Agustus 2022. Dilanjutkan hari Selasa, lomba ukir dimulai sekaligus untuk mendeklarasikan ukiran Jepara sebagai kekayaan budaya setempat. Selain yang disebutkan di atas, ada juga acara harmoni musik Jepara bangkit, fashion show dan fashion Jepara in the world, sholawat, opera juang Jepara serta lomba vlog dan fotografi.  

Baca juga: Kelebihan Ukiran Jepara dikenalkan RA Kartini ke Luar Negeri

3 Acara Seni dan Budaya Khas Kota Jepara

Festival Kota Jepara adalah event kekinian yang berfungsi untuk menampilkan potensi Jepara ke ranah lebih luas. Terlepas dari ini, ada beberapa acara seni dan budaya khas kota Jepara yang juga menarik. Bedanya acara seni berikut sudah ada sejak zaman dahulu. Pada tahun 2022 ternyata ada pula beberapa acara seni dan budaya Jepara yang telah dilaksanakan. Diantaranya:

  1. Pesta Baratan Jepara
Pesta Baratan Jepara

Festival budaya Jepara yang pertama adalah pesta Baratan yang dilaksanakan pada pertengahan bulan sya’ban. Gelaran terdekat adalah pada bulan Maret 2022 silam.  Acara yang berlangsung di desa Kriyan Kalinyamat Jepara diadakan untuk mengenang ratu Kalinyamat. Seorang tokoh yang berkontribusi dalam berdirinya kota Jepara.

Nama Baratan diambil dari bahasa Arab Barakatan yang berarti  keberkahan atau keselamatan. Dalam acara ini seorang warga ditunjuk untuk memerankan ratu Kalinyamat dengan berdandan cantik mengenakan pakaian khas Jawa Tengah. 

Si pemeran ratu Kalinyamat kemudian naik kereta kuda dan bersama barisan akan mengelilingi desa. Barisan tadi diawali oleh pasukan sapu jagad yang menyapu jalan. Kemudian diikuti para kyai.  Selanjutnya kereta kuda ratu Kalinyamat dan di belakangnya adalah para dayang. Barisan terakhir adalah orang-orang yang memanggul gunungan.

Baca juga: Pantai Jepara yang lagi hits

  1. Pesta Lomban dan Festival Kupat Lepet Jepara
Festival Kupat Lepet Jepara

Setelah vakum 2 tahun karena pandemi, acara kirab budaya ini akhirnya diselenggarakan lagi pada 7 dan 8 Syawal atau 9 Mei 2022 yang lalu. Beragam acara seperti ziarah, selametan, wayang kulit, larungan, festival kupat lepet dan hiburan lainnya. Sebagai puncak acara adalah agenda melarung kepala kerbau ke laut. Sebagai simbol rasa syukur atas nikmat yang diberikan Tuhan. 

Acara ini terbuka untuk umum. Sehingga masyarakat memadati tempat pelaksanaan. Bahkan ketika gunungan kupat lepet dikeluarkan, denga seru masyarakat berebut untuk mendapatkan sebanyak-banyaknya. Hebatnya kali ini pagelaran juga disiarkan secara live streaming di YouTube pemerintah kabupaten Jepara.

  1. Perang Obor Jepara
Perang Obor Jepara

Warga sangat menantikan ritual penting ini. Setiap Senin Pahing di bulan Dzulhijjah, perayaan adat yang dikenal dengan perang obor berlangsung di kota Jepara. Tepatnya di desa Tegal Sambi. 

Seperti yang baru saja dilakukan pada bulan Juni 2022, dimana 40 pemuda saling pukul menggunakan obor tradisional. Obor ini terbuat dari daun pisang yang dibungkus pelepah daun kelapa. Kemudian dibakar di ujungnya. Tanpa memilih lawan, mereka menyerang di kegelapan malam. Mirip sekali dengan pertempuran api kuno. Atraksi ini selalu disambut sorak sorai penonton dan ditunggu pelaksanaannya.

Sebagai antisipasi, para pemuda mengenakan baju lengan panjang dan caping supaya tak terkena luka bakar. Namun apabila tetap ada yang terkena api, peserta harus mengolesi luka bakarnya dengan ramuan tradisional dari minyak kelapa dan bunga mawar. Standarnya, sehari setelahnya luka tersebut akan sembuh.

Tradisi atraksi perang obor ini diadakan setiap tahun dalam rangka melestarikan kebudayaan. Dengan tetap diadakan, harapannya bisa meningkatkan kunjungan wisata ke daerah Tegal Sambi maupun bagian kota Jepara lainnya.

Obor berbahan pelepah kelapa dimainkan dengan cara dibanting satu sama lain. Karena kekuatan pelepah kelapa kering, yang memicu percikan api dan bongkahan api yang sangat besar, pemandangannya menyerupai pertempuran api kuno.

Jepara ternyata memiliki banyak event seni dan budaya. Yang terbaru adalah festival kemerdekaan Jepara Bangkit 2022. Dibalik upaya melestarikan peninggalan leluhur, acara-acara ini terbukti sukses menjadi daya tarik. Sehingga mampu menaikkan jumlah wisatawan sekaligus memperbaiki sektor ekonomi kreatif masyarakat.

Selain di Jepara, provinsi Jawa Tengah juga memiliki banyak potensi pariwisata. Untuk mengetahui berbagai wisata di Jawa Tengah, klik di sini ya!

0 comments on “Meriahnya Festival Kemerdekaan Jepara Bangkit 2022 dan Acara Seni Budaya Jepara lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.