Local Experiences

Meski Banyak Takhayul, Telaga Menjer Wonosobo Tetap So Beautiful 

telaga menjer,

Telaga Menjer Wonosobo nampak tenang dengan kepungan alam yang mempesona. Hawa sejuk khas dataran tinggi, menambah kenikmatan kala bersantai di sini. Namun siapa sangka, di balik kedamaian ternyata ada banyak mitos yang beredar. Meski demikian, pengunjung terus berdatangan, sebab daya tariknya memang tak bisa dipungkiri.

Telaga Menjer Wonosobo

Deskripsi Telaga Menjer Wonosobo, Wisata Jonggol yang lagi hits
Deskripsi Telaga Menjer Wonosobo

Wonosobo tak hanya terkenal dengan kawasan pariwisata Dieng. Ada juga Telaga Menjer yang merupakan destinasi wisata dengan view danau dan bentang Gunung Sindoro. Telaga Menjer ialah telaga alami terluas di wilayah Wisata Dataran Tinggi Dieng. Ketinggiannya mencapai 1300 meter di atas permukaan laut dan luasnya sekitar 70 hektar, sedangkan kedalamannya adalah 50 meter.

Terbentuk akibat dari letusan vulkanik, wisata alam di Jawa Tengah ini airnya berasal dari sejumlah mata air kecil di sekitar telaganya, juga dari curah hujan yang cukup tinggi. Kini, air Telaga Menjer digunakan untuk membangkitkan listrik melalui PLTA Garung.

Baca juga: 5 Alasan ke Lokawisata Baturraden Banyumas Jawa Tengah!

Lokasi Telaga Menjer Wonosobo

Lokasi Telaga Menjer Wonosobo, Wisata Jonggol yang lagi hits
Lokasi Telaga Menjer Wonosobo

Dulu telaga ini memang terletak di Desa Menjer, di kaki Gunung Pakuwaja. Namun dikarenakan desa ini mengalami pemekaran, walhasil Telaga Menjer jadi masuk ke wilayah Desa Maron, Kecamatan Garung, Wonosobo, Jawa Tengah. Dari ibu kota Kecamatan Garung berjarak sekitar 2 kilometer.

Mitos Telaga Menjer Wonosobo

Mitos Telaga Menjer Wonosobo, Wisata Jonggol yang lagi hits
Mitos Telaga Menjer Wonosobo

Keberadaan sebuah tempat terkadang disertai dengan mitos atau takhayul. Kisah-kisah ini beredar sejak dulu dan disampaikan secara turun-temurun. Begitu juga dengan Telaga Menjer Wonosobo. Ada beberapa hal yang dipercayai pernah terjadi dan merupakan bagian dari budaya masyarakat. Di antaranya:

  1. Gua Keberuntungan
    Terdapat sebuah gua di bagian barat telaga. Masyarakat menyebutnya dengan Gua Songkamal. Keberadaannya lumayan tersembunyi, berada di balik tiga batu raksasa yang menyatu dengan pohon besar. Jika batu tersebut diangkat, akan terlihat mata air yang berada seluas kurang lebih 3 meter persegi. Sebaliknya, jika air nampak surut, itu artinya akan terjadi hal yang buruk dan perlu diwaspadai. Konon banyak orang yang datang guna mengambil air dari Gua Songkamal. Mereka percaya air dari gua, akan mendatangkan rejeki dan membuat awet muda.
  2. Hidup Makmur
    Mitos Telaga Menjer yang lain mengatakan, jika permukaan air telaga sedang tinggi, kehidupan warga sekitar akan makmur. Namun jika permukaan airnya turun alias sedang rendah, akan terjadi kekeringan. Warga sekitar akan mengalami kesusahan.
  3. Putus Cinta
    Ada pula takhayul yang belum terbukti kebenarannya. Bahwa  siapapun pasangan yang datang secara bersamaan, saat pulang hubungannya akan kandas. Hal ini didasarkan pada sebuah kisah romantis. Dahulu kala, ada sepasang kekasih yang mengakhiri hubungan mereka di telaga tersebut. Mereka memilih datang ke tempat yang indah untuk mengurangi rasa sakit hati yang muncul.
  4. Ikan Raksasa
    Syahdan, adalah orang yang pernah menyaksikan ikan raksasa. Namun saat dihampiri, ikan besar ini seketika hilang. Ternyata ikan  tersebut merupakaan jelmaan dari seekor kepiting raksasa yang hilang di telaga itu. Menurut legenda, zaman dahulu ada dua orang gadis yang sedang mengumpulkan sayuran di ladang. Mereka lalu didatangi oleh seekor kepiting raksasa. Alih-alih takut dan menjauh, mereka justru takjub dan bergerak mendekat.Salah satu gadis kemudian mendekat dan mengusap punggung kepiting itu dengan lembut. Tiba-tiba kepiting tersebut menghilang. Kagetlah mereka berdua. Tak lama berselang, keanehan terjadi lagi. Di tempat mereka berdiri, mendadak ke luar air dari dalam tanah. Dua gadis itupun segera berlari karena takut. Namun air terus saja keluar hingga bisa mengejar mereka. Singkat cerita, kedua gadis tersebut tenggelam. Air yang keluar kemudian menjadi genangan luas, dan jadilah sebuah telaga. Lalu masyarakat memberikan nama Telaga Menjer.

Baca juga: 4 Rekomendasi Gunung untuk Pemula di Jawa Tengah

Daya Tarik Telaga Menjer Wonosobo

Daya Tarik Telaga Menjer Wonosobo, Wisata Jonggol yang lagi hits
Daya Tarik Telaga Menjer Wonosobo

Mitos dan cerita legenda memang belum pasti kebenarannya. Hanya saja karena telah menyebar dari mulut ke mulut, takhayul ini dipercayai oleh sebagian orang. Hingga menjadi budaya dan tradisi tersendiri.

Memang sebenarnya jika ada mitos atau cerita-cerita tertentu, anggaplah sebagai bagian dari budaya dan tradisi daerah tersebut. Tetaplah bijak dan menghormati keyakinan orang lain tanpa perlu mempercayainya sepenuhnya jika bila ternyata memiliki pandangan yang berbeda.

Di sisi lain, banyak pula orang yang menjadi penasaran dan ingin datang kemudian membuktikan secara langsung. Jadilah sedikit banyak, mitos-mitos yang beredar menjadi  daya tarik yang unik sehingga bisa meningkatkan kunjungan wisatawan.

Daya tarik lainnya pun bisa menjadi magnet kedatangan pengunjung. Itulah yang lebih pasti adanya. Yakni:

  1. PLTA Garung
    Tempat wisata Telaga Menjer juga menjadi  pembangkit listrik tenaga air bagi masyarakat di sekitar. Jadi bila berada di sini, pengunjung bisa menyaksikan hebatnya bangunan pembangkit listrik tenaga air ini.
  2. Suasana yang Damai
    Area danau yang luas nampak tenang. Sebab aktivitas di  area danau tidak begitu banyak. Hanya terdapat beberapa nelayan dan pengunjung yang datang. Letak Telaga Menjer yang ada di dataran tinggi membuat suhu di sini terasa sejuk. Menambah kedamaian rasa dan raga.
  3. Naik Perahu
    Sangat seru bila menikmati keindahan Telaga Menjer dari atas air. Caranya adalah dengan menyewa perahu. Saat menyusuri  danau, perasaan takjub dengan panorama menawan dibumbui rasa magis bisa memantik adrenalin. Jangan lupa berfoto untuk mengabadikan momen.
  4. Spot Foto
    Selain berfoto di atas perahu di tengah danau, ada juga berbagai spot instagenic yang bisa memancing ide untuk menghasilkan potret menarik. Terdapat floating garden dengan view bentangan Gunung Sindoro dan bantaran telaga yang menawan.
  5. Spot Memancing
    Bagi mancing mania, Telaga Menjer adalah destinasi mencari ikan yang mengasyikkan. Apalagi didukung dengan pemandangan yang menawan di sekelilingnya. Juga, ikan yang bisa didapat di telaga ini cukup banyak dan beragam.

Daya tarik telaga Menjer Wonosobo yang so beautiful mengalahkan segala mitos yang beredar. Banyak pengunjung yang terus berdatangan ke tempat wisata di Jawa Tengah view bagus ini. Jadi, masihkah ragu untuk berlibur di sini?

0 comments on “Meski Banyak Takhayul, Telaga Menjer Wonosobo Tetap So Beautiful 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.