musim hujan, rekomendasi wisata musim hujan,
Local Experiences

Musim Hujan Bingung Mau Ke Mana? Coba Museum dan Pemandian Air Panas!

Musim hujan tidak harus menjadi penghalang untuk berlibur dan menikmati waktu bersama keluarga atau teman. Ada banyak Rekomendasi Tempat Wisata Saat Musim Hujan yang tetap bisa dikunjungi

Musim hujan biasanya ditandai dengan cuaca basah dan seringkali datang hujan yang cukup intens. Dampaknya terhadap aktivitas wisata bisa signifikan, terutama pada destinasi luar ruangan. Aktivitas seperti hiking, berkemah, atau wisata alam terbuka mungkin terbatas karena jalur-jalur menjadi licin dan tanah becek. Objek wisata air seperti pantai atau sungai juga  menjadi kurang menarik akibat cuaca yang tidak bersahabat.

Tapi, musim hujan tidak harus menjadi penghalang untuk berlibur dan menikmati waktu bersama keluarga atau orang-orang terdekatmu. Ada banyak rekomendasi tempat wisata saat musim hujan yang tetap bisa dikunjungi, baik yang berada di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Rekomendasi Tempat Wisata Saat Musim Hujan: Museum

Museum merupakan tempat wisata yang cocok untuk didatangi bila ingin berwisata di musim penghujan. Bukan hanya untuk rekreasi, berada di museum bisa menambah wawasan dan pengetahuan juga. Museum biasanya berada di dalam ruangan yang nyaman dan kering, sehingga Kawanjo tidak perlu khawatir basah atau kedinginan. Di museum, terdapat berbagai koleksi sejarah, budaya, seni, ilmu pengetahuan, dan lain-lain.

Beberapa tempat wisata museum yang bisa dikunjungi saat musim hujan antara lain:

  1. Museum Bank Indonesia, Jakarta
    Museum Bank Indonesia, musim hujan, rekomendasi wisata musim hujan,
    Museum Bank Indonesia

    Museum Bank Indonesia  menyimpan berbagai koleksi sejarah perbankan dan moneter di Indonesia. Museum ini berada di gedung bekas De Javasche Bank yang memiliki arsitektur klasik. Di sini, Kawanjo bisa melihat berbagai koleksi uang, dokumen, peralatan, dan multimedia yang berkaitan dengan sejarah perbankan dan moneter di Indonesia.

  2. Museum Macan, Jakarta
    musim hujan, rekomendasi tempat wisata, musim hujan, rekomendasi wisata musim hujan,
    Museum Macan, Jakarta.

    Salah satu museum seni modern dan kontemporer ini memiliki berbagai koleksi karya seni dari dalam dan luar negeri. Museum Macan berada di gedung modern yang memiliki desain minimalis. Di sini, Kawanjo bisa melihat berbagai koleksi lukisan, patung, instalasi, dan multimedia yang berkaitan dengan seni modern dan kontemporer.

  3. Museum Angkut, Malang
    Museum Angkut, malang, musim hujan, rekomendasi wisata musim hujan,
    Museum Angkut, Malang.

    Berada di Museum Angkut seolah sedang menjelajahi mesin waktu. Sebab museum ini menyimpan berbagai koleksi alat transportasi dari masa ke masa. Seperti berbagai koleksi sepeda, motor, mobil, kereta api, pesawat, dan kapal yang berkaitan dengan sejarah transportasi di Indonesia dan dunia.

Selain di dalam ruangan, Kawanjo juga akan terhibur dengan suasana luar ruangannya. Sebab museum ini berada di kawasan wisata Batu, yang memiliki pemandangan alam nan menawan.

Baca juga: 4 Aktivitas di Museum Wayang Jakarta, Ide Seru Mengisi Akhir Pekan

Tips Berkunjung ke Museum

  • Pastikan pakaian atau barang bawaan dalam keadaan kering. Sehingga saat masuk ke museum bisa menjaga kebersihan meski habis menerjang hujan.
  • Bawa kamera atau ponsel untuk mengabadikan momen-momen menarik yang ada di museum.
  • Hormati dan hargai koleksi yang ada di museum dengan tidak menyentuh, merusak, atau mengambilnya tanpa izin.
  • Ikuti arahan dan petunjuk dari petugas museum yang akan memberikan informasi dan penjelasan tentang koleksi yang ada di museum.
  • Jaga kebersihan dan ketertiban museum dengan tidak membuang sampah sembarangan atau membuat keributan.

Rekomendasi Tempat Wisata Saat Musim Hujan: Wisata Pemandian Air Panas

Pemandian air panas adalah salah satu tempat wisata yang cocok untuk menghangatkan tubuh dan relaksasi saat musim hujan. Air panas yang berasal dari sumber mata air alami biasanya mengandung mineral yang baik untuk kesehatan kulit dan tubuh.

Selain itu, berendam di air panas juga dapat mengurangi stres dan meningkatkan mood. Beberapa tempat wisata pemandian air panas yang bisa dikunjungi saat musim hujan adalah:

  1. Ciater, Bandung
    musim hujan, rekomendasi wisata musim hujan, ciater, bandung,
    Pemandiang Air Panas Ciater, Bandung.

    Banyak orang yang sudah mengenal tempat wisata pemandian air panas di Bandung, Jawa Barat ini. Ciater memiliki beberapa kolam renang air panas yang berada di kawasan perkebunan teh dan pegunungan. Di sini, Kawanjo bisa menikmati pemandangan alam yang hijau dan sejuk. Ditambah lagi bisa mencoba berbagai aktivitas yang seru seperti outbound, flying fox, dan camping ground.

  2. Guci Forest, Tegal
    guci, tegal, guci forest, musim hujan, rekomendasi wisata musim hujan,
    Guci Forest, Tegal.

    Pemandian Air Panas Guci adalah destinasi wisata paling populer di kabupaten Tegal. Letaknya berada di kaki Gunung Slamet. Kawasan Wisata Guci ini menyediakan air hangat alami dari perut bumi serta udara sejuk pegunungan.
    Nggak cuma itu, di sini, pengunjung bisa menginap di tenda-tenda yang tersedia, outbond dengan berbagai permainan seru, dan menikmati kopi dan camilan di coffee shop yang cozy.

  3. Cangar, Malang
    cangar, malang, musim hujan, rekomendasi wisata musim hujan,
    Cangar, Malang.

    Cangar merupakan salah satu tempat wisata pemandian air panas yang terletak di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Malang. Cangar memiliki beberapa kolam renang air panas yang berada di dataran tinggi. Di sini, Kawanjo bisa menikmati pemandangan alam yang indah dan eksotis, serta berbagai fasilitas lain seperti taman bunga, taman kupu-kupu, dan hotel.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Harga tiket masuk ke tempat wisata pemandian air panas bervariasi tergantung pada lokasi dan fasilitas yang ditawarkan. Secara umum, harga tiket masuk berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 50.000 per orang. Jangan lupa m membayar biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Sedangkan jam buka tempat wisata pemandian air panas biasanya setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 18.00 WIB.

Baca juga: Canggih dan Lengkap, Keliling Museum TNI AD Dharma Wiratama

Tips dan Fasilitas

Beberapa tips yang perlu  diperhatikan saat berkunjung ke tempat wisata pemandian air panas adalah:

  • Bawa pakaian ganti dan perlengkapan mandi jika  ingin berendam di kolam air panas.
  • Jangan berendam di air panas terlalu lama atau terlalu sering karena dapat menyebabkan dehidrasi, pusing, atau mual.
  • Jaga kebersihan dan keselamatan kolam air panas dengan tidak membuang sampah sembarangan atau melakukan hal-hal yang berbahaya.
  • Ikuti arahan dan petunjuk dari petugas tempat wisata yang mengetahui kondisi air panas dengan baik.

Begitu masuk waktu musim hujan memang paling enak mager di rumah. Namun, musim hujan tidak boleh menjadi alasan untuk tidak berlibur dan menikmati waktu bersama keluarga atau teman. Kawanjo bisa memilih rekomendasi tempat wisata saat musim yang disebutkan di atas. Jadi, bisa rekreasi tanpa henti!

0 comments on “Musim Hujan Bingung Mau Ke Mana? Coba Museum dan Pemandian Air Panas!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.