Desa Wisata Hariara Pohan
Local Experiences

6 Kegiatan Menyenangkan di Desa Wisata Hariara Pohan 

Pemandangan indah Danau Toba menjadi salah satu nilai tambah yang ditawarkan Desa Wisata Hariara Pohan. Tertarik mencoba?

Danau Toba tak habis-habisnya menawarkan pesona dan pengalaman berkesan. Kali ini tentang desa wisata Hariara Pohan. Yang memiliki beragam alasan untuk dikunjungi dan menyenangkan hati para wisatawan. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno baru saja melakukan kunjungan kerja ke Desa Wisata Hariara Pohan. Tepatnya pada tanggal 20 Juli 2023. Dengan didampingi oleh Bupati Samosir, rombongan disuguhi berbagai potensi salah satu dari 75 nominator Anugerah Desa Wisata Indonesia ini. Mulai dari bentang alam yang menakjubkan sampai kreativitas masyarakat yang bernilai jual tinggi.

Lokasi Desa Wisata Hariara Pohan 

Lokasi Desa Wisata Hariara Pohan
Lokasi Desa Wisata Hariara Pohan

Pemandangan indah Danau Toba menjadi salah satu nilai tambah yang ditawarkan desa Hariara Pohan. 

Letaknya berada di Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. 

Dari Bandara Internasional Silangit, jaraknya sekitar 92,5 kilometer yang bisa ditempuh sekitar dua jam perjalanan. Bila berkendara dari Pelabuhan Ambarita di Pulau Samosir, hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Baca Juga : Open Trip Tanjung Puting, Harganya Gak Bikin Pusing

Potensi Desa Wisata Hariara Pohan 

Potensi Desa Wisata Hariara Pohan
Potensi Desa Wisata Hariara Pohan

Sebagai bagian dari Danau Toba, desa wisata Hariara Pohan memang layak dikunjungi. Terutama bagi pecinta keindahan alam maupun penyuka kebudayaan khas. Danau Toba sebagai salah satu Destinasi Super Prioritas Indonesia memang memiliki banyak potensi pariwisata. Termasuk di dalamnya adalah desa di pulau Samosir ini. 

Alam di desa Hariara Pohan didominasi perbukitan yang diselimuti perkebunan. Sejauh mata memandang yang nampak adalah perkebunan kopi, alpukat, serta bukit yang menarik hati.

Karakter masyarakat sekitarnya pun tak kalah mengesankan. Mereka yang memegang teguh adat istiadat suku Batak, menunjukkan tradisi dan  hasil budaya yang istimewa. Berbagai atraksi seni dan produk kreasi masyarakat ditampilkan pada para pengunjung. 

Baca Juga : Rekomendasi Cafe di Danau Toba Sambil Nonton F1H2O 2023

Kegiatan Menarik yang Bisa dilakukan di Desa Wisata Hariara Pohan

Kegiatan Menarik yang Bisa dilakukan di Desa Wisata Hariara Pohan
Kegiatan Menarik yang Bisa dilakukan di Desa Wisata Hariara Pohan

Dengan segala potensinya, desa wisata Hariara Pohan adalah pilihan tepat untuk berlibur. Sebab di sini ada banyak kegiatan yang bisa Kawanjo lakukan. Diantaranya:

  1. Menikmati keindahan alam

Yang ini mutlak dilakukan saat berada di area Danau Toba. Sebelum sampai di Pulau Samosir, Kawanjo bisa melayangkan pandangan pada danau indah. Yang dikelilingi perbukitan hijau dan  rindang.

  1. Mengunjungi Bukit Holbung

Masih ingat film Ngeri-ngeri Sedap yang ikut seleksi piala Oscar? Ya, film yang dirilis pada tanggal 2 Juni 2022 ini ternyata menjadikan bukit Holbung sebagai salah satu lokasi syuting. 

Memang ada alasannya. Bukit ini memang memiliki pemandangan yang indah. Kawanjo bisa melihat Danau Toba dari ketinggian. Pun dengan lekuk-lekuk perbukitan hijau di sekitar Holbung. Pantas pula bila di sini sering dijadikan lokasi foto prewedding. Jangan lupa untuk mencoba paralayang yang memberikan pengalaman memandang Danau Toba dari langit.

  1. Kulineran

Desa wisata Hariara Pohan Samosir juga memiliki banyak produk kuliner kreatif. Mulai dari makanan khas Batak yang tradisional hingga kuliner kekinian. Seperti Ayam Napi Nadar, Ikan Nila Arsik, Sambal Andaliman, Saksang, Dekke Na Niura, Sambal Rias, kue lato lato, dan yang lainnya. Bahkan pengelola menyediakan fasilitas berupa kelas Memasak Sasagun dan Lapet yang bisa diikuti.

Baca Juga : 5 Kuliner Khas Batak Toba untuk Temani Nonton Powerboat Berlomba

  1. Menginap
Menginap di Desa Wisata Hariara Pohan
Menginap di Desa Wisata Hariara Pohan

Kawanjo bisa lebih lama di desa ini. Terdapat homestay tradisional rumah Bolon di Desa Hariara Pohan. Rumah bolon merupakan tempat tinggal khas suku Batak Toba.  Bentuknya persegi empat dengan model bangunan seperti panggung. Adapun jarak antara bangunan dengan tanah sekitar 1,75 meter. Sehingga bangunannya nampak tinggi. Pantas bila di depan rumah selalu ada tangga. Supaya penghuni rumah dan tamu bisa mudah memasukinya.

  1.  Menari tarian tortor Batak

Tari khas Batak ada banyak. Salah satunya adalah Tor tor.  Ciri khas tari ini adalah memiliki gerakan tangan yang melambai naik turun secara bersamaan dan kaki yang menghentak mengikuti iringan musik. Nuansa yang diberikan adalah kegembiraan sehingga tak salah bila Kawanjo akan turut ikut menari. 

  1. Mengunjungi Sarkofagus Raja Simartama
Mengunjungi Sarkofagus Raja Simartama
Mengunjungi Sarkofagus Raja Simartama

Sarkofagus Raja Simarmata adalah makam dari Raja Simarmata, salah satu raja terkenal dari kerajaan Batak. Makam ini adalah bagian dari kompleks pemakaman kuno yang telah dilestarikan dengan baik oleh masyarakat setempat. Kehadiran sarkofagus ini menjadi saksi bisu dari masa lalu dan kekayaan budaya yang dimiliki oleh suku Batak. 

Desa Wisata Hariara Pohan memiliki banyak pesona yang bisa memikat hati pengunjungnya. Dengan kegiatan menarik yang bisa dilakukan di sini, Kawanjo akan mendapatkan pengalaman yang berharga dan tak mudah dilupakan. 

0 comments on “6 Kegiatan Menyenangkan di Desa Wisata Hariara Pohan 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.