Paket Trip Eksplor Keunikan Suku Baduy Bersama Pigijo
PigiUpdate

Paket Trip Eksplor Keunikan Suku Baduy Bersama Pigijo

Penasaran dengan kegiatan Suku Baduy dalam kesehariannya? Kamu bisa cobain paket seru 2 hari 1 malam bersama Pigijo di pedalaman Provinsi Banten.

Buat yang belum tahu, Suku Baduy termasuk dalam Suku Sunda yang belum terpengaruh modernisasi. Bisa dibilang, suku ini hampir sepenuhnya terasing dari dunia luar. Untuk menjaga kesakralan wilayahnya, masyarakat Baduy memperkenalkan istilah “Saba Budaya Baduy”, yang bermakna “Silaturahmi Kebudayaan Baduy” sejak 2007. Penasaran? kita ada paket trip ke kawasan Baduy nih!

Baca juga: 5 Tempat Rekomendasi Liburan Seru ke Banten, Kuy Cobain!

Dengan paket trip Baduy ini, kamu berkesempatan menemui dan melihat keseharian Suku Baduy di tengah alam yang asri, alami dan tentunya sakral. Merasa tertantang? Suku Baduy bermukim di wilayah di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak. Permukimannya terpusat di daerah aliran Sungai Ciujung yang termasuk wilayah Cagar Budaya Pegunungan Kendeng.

kegiatan di kawasan baduy
Suasana di kawasan Baduy.

Biarpun minimal order-nya 2 orang, tentunya kamu nggak sendirian pergi ke sana. Karena jenisnya open trip, kamu bisa tambah kenalan baru selama perjalanan ke Baduy. Seru deh pokoknya! Tanpa banyak basa-basi, berikut kami jabarkan sedikit kegiatan kita selama 2 hari 1 malam di kawasan Baduy ya Kawanjo.

Hari 1:

baduy, menenun
Penduduk kawasan Baduy sedang menenun.

Kita akan berjumpa dengan rombongan lain di Stasiun Tanah Abang atau Stasiun Rangkas Bitung. Tinggal dipilih mana yang menurut Kawanjo paling mudah dijangkau ya. Lalu kita akan menempuh perjalanan ke Rangkas Bitung via Commuterline. Sesampainya di Rangkas Bitung, kita lanjut naik angkot ke Desa Ciboleger. Kita akan lanjut trekking melintasi Baduy Luar dan Baduy Dalam. Di sini kamu bisa membeli oleh-oleh khas Baduy dan melihat suku asli yang sedang menenun. Beranjak malam, kamu bisa bersih-bersih di homestay kemudian lanjut berkeliling desa menunggu makan malam. Serunya, kamu akan ada sesi malam keakraban, mendengarkan kisah kehidupan penduduk Baduy Dalam langsung dari sumbernya.

Hari 2:

cinderamata baduy
Oleh-oleh yang bisa dibeli di kawasan Baduy.

Suasana desa di pagi hari sungguh nikmat. Udara yang sejuk akan membuat liburanmu makin berkesan. Apalagi, kamu akan melihat bermacam aktivitas dan berinteraksi dengan penduduk Baduy Dalam. Kamu juga berkesempatan memiliki oleh-oleh khas yang ada di Baduy Dalam. Ini jarang ada lho di luaran. Setelah berpamitan, kita kembali menelusur alam untuk kembali ke Desa Ciboleger/ Desa Cikuom via Jembatan Akar yang keren banget.

baduy trip 4
Hasil tenunan penduduk Baduy.

Perlu diketahui ada banyak sekali aturan yang mesti kita patuhi saat berada di kawasan Badui Dalam seperti jangan membuat kebisingan, dilarang memotret atau bentuk dokumentasi apapun dan masih banyak lagi. Itu menjadi suatu keharusan jika kita ingin pergi ke kawasan Baduy ya Kawanjo.

Well, kami juga akan menginformasikan apa aja sih yang akan kamu dapat dari peket trip di kawasan Baduy bersama Pigijo

Harga paket trip Baduy itu termasuk:

  1. Elf/angkot Rangkas Bitung-Ciboleger PP
  2. Tour Guide
  3. Makan malam
  4. Makan pagi
  5. Biaya perizinan masuk kawasan Baduy
  6. Tour leader
  7. Homestay di kawasan Baduy

Harga paket trip Baduy itu tidak termasuk:

  1. Transportasi menuju meeting point;
  2. Asuransi kesehatan;
  3. Tip services;
  4. Pengeluaran pribadi.

Bagaimana Kawanjo, menarik sekaligus penasaran ya? Yuk buktikan langsung kesakralan kawasan Baduy bersama Pigijo. Caranya gampang, kamu bisa akses www.pigijo.com atau bisa langsung pesan paket wisatanya di sini.

cover email

Tentunya, masih banyak lagi pilihan wisata seru yang menantimu di Pigijo. Mulai dari wisata super prioritas seperti Bali, Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo hingga menelusur kekayaan budaya di desa wisata bisa kamu jumpai. Tunggu apa lagi? Yuk liburan bersama Pigijo!

Baca juga: Hunting Sunrise di Dataran Tinggi Dieng, Pengalaman Seru Cuma Tujuh Ratusan Ribu

30 comments on “Paket Trip Eksplor Keunikan Suku Baduy Bersama Pigijo

  1. Suku Baduy termasuk dalam Suku Sunda yang belum terpengaruh modernisasi dan hidup terisolasi dari dunia luar. Masyarakat Baduy menjaga kesakralan wilayah mereka dengan menerapkan konsep “Saba Budaya Baduy” atau Silaturahmi Kebudayaan Baduy sejak tahun 2007. Pigijo menawarkan paket trip ke kawasan Baduy, di mana peserta akan memiliki kesempatan untuk bertemu dan melihat keseharian Suku Baduy yang hidup di alam yang asri dan sakral. Harga paket perjalanan Baduy dari Pigijo mencakup transportasi elf/angkot Rangkas Bitung-Ciboleger PP, pemandu wisata, makan malam, makan pagi, biaya perizinan masuk kawasan Baduy, tour leader, dan penginapan di homestay di kawasan Baduy. Namun, harga tersebut tidak mencakup transportasi menuju titik pertemuan, asuransi kesehatan, tip layanan, dan pengeluaran pribadi.

  2. Salma Najwa Anjani

    Dengan menjalani paket trip ini bersama Pigijo, wisatawan dapat mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kehidupan suku Baduy, menghargai keunikan budaya mereka, serta membangun hubungan yang baik dengan masyarakat setempat.

    wisatawan akan memiliki pengalaman mendalam tentang kehidupan suku Baduy yang masih mempertahankan tradisi dan adat istiadat mereka. Mereka akan diajak untuk mengunjungi desa-desa Baduy yang terpencil dan mempelajari tentang cara hidup mereka yang sederhana.

    • Syuhada Khairunnisa

      Informasi yg menarik! Suku Baduy sangat terkenal akan kekentalan adat istiadatnya. Banyak sekali hal” unik dan ciri khas dari kebudayan yg ada di Indonesia. Tidak hanya itu setiap suku pasti memiliki aturannya masing”. Contohnya ketika berkunjung ke suku Baduy dilarang membuat kebisingan dan memotret sembarangan.

  3. Fazar Risyda

    Sangat menarik, Baduy termasuk dalam Suku Sunda yang belum terpengaruh modernisasi. Baduy bermukim di wilayah di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak. Permukimannya terpusat di daerah aliran Sungai Ciujung yang termasuk wilayah Cagar Budaya Pegunungan Kendeng. Bakal jadi trip keren si selama 2 hari 1 malam, dan yang pasti pigijo memberikan penawaran menarik bagi kaum mendang mending untuk mencoba trip. Gokss pogijoo

    • Muhammad Mumtaz

      paket eksplor suku Baduy, suku Baduy adalah suku sunda yang belum termodernisasi dari dunia luar. Dengan pigijo kita bisa merasakan keindahan alam yang masih asri di tempat tinggal suku Baduy, bersosialisasi langsung dengan suku Baduy selama 2 hari 1 malam, belajar kebudayaan lokal suku Baduy, dan menambah pengalaman yang sangat berharga juga pengalaman yang sangat menyenangkan. yu langsung aja ikut paket trip eksplor suku Baduy bareng pigijo, pokoknya mah debest!!

  4. Indonesia terkenal dengan keberagaman suku dan budaya, salah satunya yaitu Suku Baduy. Berwisata dengan Pigijo bisa mendapatkan banyak sekali insight seperti pemahaman mengenai suku baduy dan experience selama berada disana.

  5. Salsabila Hanandita

    Sangat informatif, menambah pengetahuan bahwa Suku Baduy termasuk dalam Suku Sunda yang belum terpengaruh modernisasi. Selain itu, Suku Baduy ini terdiri atas Baduy Luar dan Baduy Dalam yang terletak di wilayah Cagar Budaya Pegunungan Kendeng. Paket wisata pigijo yang menawarkan pengalaman menarik menyusuri wilayah Suku Baduy merupakan hal yang patut dicoba setidaknya sekali seumur hiduppp!!

  6. Wisata yang berkaitan dengan kultur Indonesia perlu dikembangkan dengan tepat agar budaya tersebut tetap lestari.
    Mengunjungi suku Baduy memberikan pengalaman tersendiri yang tentunya sangat unik.

  7. Dwi Puspitasari

    Sebagai mahasiswa pariwisata bahari kita patut berkontribusi dalam pengembangan Wisata Budaya di Indonesia. Salah satunya dengan mengunjungi Suku Baduy untuk menjaga kelestarian suku tersebut juga pengalaman yang sangat tak terlupakan!

  8. Nabila haura yumna

    suku baduy emang selalu bikin wisatawan penasaran dengan budaya budayanya yang ada di sana. dengan ikut trip ini jadi tau kalo ternyata indonesia ga cuma punya wisata bentang alam aja tapi juga punya wisata budaya yang bisa kasih ilmu dan experience yang banyakkk….

  9. Muhammad Daffa Irawan

    Suku Baduy merupakan suku asli sunda, mereka masih mempertahankan adat istiadat mereka. Suku Baduy terletak di Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Disana kita bisa melihat kehidupan asli mereka yang belum terpengaruh oleh globalisasi. Akses menuju tempatnya pun mudah. Pigijo menawarkan paket trip menuju kawasan Suku Baduy ini yang menarik serta harganya yang sangat terjangkau.

  10. Wildan Abdul Nasir

    dengan kebudayaan yang relatif belum terbawa oleh globalisasi dari luar maka suku baduy cocok untuk tempat wisata ataupun edukasi

    • Ribka Mambraku

      Kerennn banget sih!!! suku Baduy walaupun tidak menerima arus modernisasi tetapi menghargai dan menerima pengujung dari luar untuk berkunjung ke desa mereka. Nah ini nih merupakan objek wisata Indonesia yang memiliki keunikan tersendiri dari culture nya

  11. Riyanti Rahmawati

    Suku Baduy merupakan salah satu Suku Sunda yang belum terpengaruh modernisasi. Banyak hal yang menarik yang bisa kita dapatkan ketika berkunjung ke Suku Baduy. Jika kita ingin lebih mengenal suku ini dan merasakan suasana pedesaan yang jauh dari modernisasi Suku Baduy bisa menjadi tujuan wisata budaya.

  12. Happy Dwi Aprilia

    Trip yang menarikk!! Jalan-jalan tapi sambil belajar budaya pasti seru banget kann, kalo kata pribahasa sambil menyelam sekalian minum airr, jalan jalan tapi sekaligus dapet ilmuu. pasti perjalanan bakal asik banget pastinyaa. Buat aku ini salah satu wishlist trip bangett

  13. Ryandika Dafariza

    sangat jarang sekali ada travel agent yang menarik para wisatawan untuk merasakan bagaimana kehidupan suku yang istilahnya tradisional dan tertutup hal ini menurut saya sangat bagus apalagi jika diterapkan di suku lainnya dikarenakan Indonesia sendiri ada banyak sekali suku bangsa nya

  14. Sandrina Mettawangi

    Para sobat Healing harus coba trip ke suku Baduy. Disana, selain kita bisa refreshing dan healing, sekaligus ada edukasi mengenal budaya, adat istiadat, mengetahui kesakralan dan kehidupan tradisional suku Baduy. Sangat rekomended untuk bucket list trip!!!

  15. Moch Rizky Tinova P

    Dengan kita berwisata ke Suku Baduy ini kita dapat mengeksplore keunikan yang ada didalamnya seperti berkesempatan menemui dan melihat keseharian Suku Baduy di tengah alam yang asri, alami dan tentunya sakral loh. Tapi dibalik keunikannya perlu diketahui ada banyak sekali aturan yang mesti kita patuhi saat berada di kawasan Badui seperti jangan membuat kebisingan, dilarang memotret atau bentuk dokumentasi apapun dan masih banyak lagi yang lainnya.

  16. Terlepas dari keindahan alam dan wisata buatan, Indonesia sangat kaya akan budaya, dan dapat dijadikan sebagai destinasi wisata karena keunikannya, contoh suka baduy banten ini menjadi salah satu suku di Indonesia yang tetap mempertahankan kearifan lokalnya, sehingga lingkungan sekitarnya menjadi lebih tenang dan asri, tentu ini akan menjadi experience penting bagi pengunjung karena akan merasakan bagaimana kehidupan tempo dulu sebelum adanya teknologi.

    • Bima A

      Suku baduy sendiri merupakan salah satu suku yang cukup tertutup terhadap orang luar tetapi suku baduy luar dapat menerima teknologi dan orang luar yang membuat banyak orang ingin mencoba datang dan melihat kebudayaan yang ada disana

  17. Nurafifah Febianti

    informasi yang sangat menarik! Suku Baduy sendiri merupakan salah satu wisata budaya di Indonesia sehingga sangat bagus jika dikembangkan agar budaya tersebut tetap lestari. Keindahan Baduy sangat cocok untuk refreshing dan eksplor hal baru, tetapi sebagai pendatang kita juga harus mentaati peraturan yang ada.

  18. Rulla Adnan Sofyan

    wah boleh nih jadi pengalaman baru untuk mengenal lebih dengan mengeksplor keunikan Suku Baduy dari open trip ini, pasti bakalan berkesan banget bagi yang ingin refreshing dari kehidupan modern yg penuh kesibukan dan di trip ini kita fokus untuk beraktivitas rileks dan menikmati lingkungan suku baduy

  19. EGI JULIZANSYAH

    Untuk menjaga kesakralan wilayahnya, masyarakat Baduy memperkenalkan istilah “Saba Budaya Baduy”, yang bermakna “Silaturahmi Kebudayaan Baduy” sejak 2007.
    Dengan paket trip Baduy ini, kamu berkesempatan menemui dan melihat keseharian Suku Baduy di tengah alam yang asri, alami dan tentunya sakral.
    kegiatan di kawasan baduy Suasana di kawasan Baduy.
    Tanpa banyak basa-basi, berikut kami jabarkan sedikit kegiatan kita selama 2 hari 1 malam di kawasan Baduy ya Kawanjo.
    Kita akan lanjut trekking melintasi Baduy Luar dan Baduy Dalam.
    cinderamata baduy Oleh-oleh yang bisa dibeli di kawasan Baduy.
    Well, kami juga akan menginformasikan apa aja sih yang akan kamu dapat dari peket trip di kawasan Baduy bersama Pigijo
    Elf/angkot Rangkas Bitung-Ciboleger PP Tour Guide Makan malam Makan pagi Biaya perizinan masuk kawasan Baduy Tour leader Homestay di kawasan Baduy Harga paket trip Baduy itu sudah termasuk paket trip ke wisata suku Baduy

  20. Wahh menarik sekali, selain berjalan-jalan kita juga dapat mengeksplore budaya salah satu suku yang ada di Indonesia, yaitu Suku Baduy. Pasti banyak banget keunikan sekaligus edukasi mengenai kehidupan suku disana. Harus banget jadi list untuk trip selanjutnya sih. Tapi jangan lupa untuk menaati peraturan yang ada disana yaa..

  21. nasywa nabilah

    pengen deh kesana sama pigijo! selain berlibur disana juga bisa belajar banyak tentang kebudayaan adat istiadatnya

  22. Wildan Abdul Nasir

    wihhh wisata ke tempat yang masih asri memang
    sangat recomended,apalagi ke suku baduy bareng
    sama trip pigijo yang cukup di kantong

  23. Intan Dliya Setiawan

    Wah ternyata Suku Baduy merupakan salah satu suku Sunda yang belum terpengaruh oleh modernisasi dan hidup terisolasi dari masyarakat luar. mengunjungi suku Baduy merupakan pengalaman unik tersendiri tentunya.

  24. Intan Dliya Setiawan

    Wah ternyata Suku Baduy merupakan salah satu suku Sunda yang belum terpengaruh modernisasi. Mengunjungi suku Baduy merupakan pengalaman unik tersendiri tentunya.

  25. Reza zulkipli

    Informasi seperti ini memang sangat penting untuk di ketahui oleh seluruh masyarakat indonesia terutama generasi2 muda., karena di indonesia memiliki berbagai macam suku salah satunya suku baduy. Di bukanya pariwisata ke suku baduy bisa meningkatkan perekonomian suku baduy itu sendiri, tapi dengan tetap menjaga keaslian suku tersebut dan tidak memasukkan budaya luar ke dalamnya. Suku baduy memang memiliki keunikan sendiri dan itu harus di jaga oleh kita semua.

  26. kapan lagi kita bisa berlibur dengan adat dan budaya yang sangat kental di suku baduy suatu experience yang luar biqsa bisa merasakan langsjung menjadi bagian dari suku baduy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.