wisata tapanuli, tapanuli
Local Experiences

Pasti, Destinasi Wisata Tapanuli Ini Serunya Asli!

Berikut adalah rekomendasi wisata Tapanuli yang terbagi berdasarkan letaknya. Yang berencana ke sini, wajib baca!

Tapanuli adalah sebutan untuk daerah yang terletak di area pesisir pantai sebelah barat provinsi Sumatra Utara. Nama Tapanuli berasal dari dua kata, Tapian Nauli, yang berarti Pinggir Barat. Ada tiga kabupaten di sana yaitu Tapanuli  Utara, Tengah, dan Selatan. Ketiganya ternyata memiliki pesona wisata Tapanuli yang seru dan wajib Kawanjo kunjungi.   

Berikut adalah rekomendasi wisata Tapanuli yang terbagi berdasarkan letaknya. Pertama, yuk menuju ke kabupaten Tapanuli Utara:

Pesona Wisata Tapanuli Utara

1. Pemandian Air Soda Parbubu

wisata Tapanuli Utara Pemandian Air Soda Parbubu
Pemandian dengan air soda

Seperti namanya, air di kolam ini bisa mengeluarkan buih layaknya soda. Namun tak perlu khawatir, air di sini tidak lengket seperti minuman soda. Karena gula lah yang membuat minuman soda terasa lengket. Justru jika terkena air soda di pemandian ini, kulit akan terasa lebih halus dan ringan. Namun hati-hati, jika terkena airnya, mata Kawanjo akan terasa perih.

Selain bisa menghaluskan kulit, berendam di sini dipercaya juga dapat menyembuhkan penyakit gatal-gatal, rematik, dan asam urat.

Pemandian  yang menjadi wisata Tapanuli Utara ini juga disebut Aek Rara yang berarti air merah. Karena warna air di pemandian memang nampak kemerahan. 

Istimewanya, pemandian air soda ini hanya ada dua di dunia. Di Desa Tarutug, Parbubu, Tapanuli Utara ini. Juga satu lagi di Venezuela, Amerika Selatan.

2. Istana Sisingamangaraja XII

wisata Tapanuli Utara Istana Sisingamangaraja XII
Istana Sisingamangaraja XII nan Megah

Wisata Tapanuli Utara yang kedua ini mengajak Kawanjo untuk melihat lebih dekat tradisi suku Batak. Ya, di istana Sisingamangaraja XII Kawanjo bisa tahu banyak tentang perjuangan pahlawan nasional tersebut dalam melawan penjajah Belanda. 

Selain itu, Kawanjo juga bisa menyaksikan bangunan istana yang merupakan  karya arsitektur tradisional Batak. Namanya Rumah Bolon atau Rumah Gorgon. Siapkan kamera, abadikan momen unik di sini!

3. Pulau Sibandang

wisata Tapanuli Utara Pulau Mangga Sibandang
Pulau Mangga

Pulau yang juga berada di danau Toba ini menjadi destinasi wisata Tapanuli tengah selanjutnya. Dinamakan Pulau Mangga karena banyak pohon buah ini yang tumbuh subur. Bentuk pulaunya pun menyerupai mangga.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata Samosir yang Menyuguhkan Pemandangan Indah

Selain memetik mangga, Kawanjo juga bisa menyaksikan pembuatan kain ulos di Desa Papende di pulau ini. Ada juga wisata sejarah, yaitu rumah dan makam raja pertama di Pulau Sibandang. Tak hanya itu, Kawanjo juga akan menemukan Partukkoan yang diyakini sebagai kursi batu. Tempat duduk dalam pertemuan Raja-raja zaman dulu.

Puas mengeksplorasi wisata di Tapanuli Utara, saatnya menyisir pinggir barat pulau Sumatera untuk sampai di kecamatan  Tapanuli tengah. 

Inilah rekomendasi wisata Tapanuli tengah yang harus dikunjungi

1. Pulau Mursala

wisata Tapanuli tengah Pulau Mursala
Eksotisme Pulau Mursala

Tempat wisata Tapanuli Tengah ini memiliki pemandangan yang cukup eksotis. Ada air terjun yang jatuh langsung ke laut yang biru. Derasnya air terjun mengalir membelah birunya air laut. Sungguh fenomena alam yang layak dinikmati.

Tidak heran bila yang datang ke pulau ini berasal dari berbagai daerah. Selain menyaksikan fenomena di atas, pemandangan bawah laut di pulau ini juga indah. Sehingga tak ada salahnya untuk menyempatkan snorkeling di sana.

3. Wisata titik nol Islam Nusantara

wisata Tapanuli tengah Wisata titik nol Islam Nusantara
Menara titik nol Islam

Wisata Tapanuli tengah ini menjadi bukti sejarah masuknya agama Islam di Nusantara. Ada menara yang menjulang sebagai simbol.  Wisata titik nol Islam terletak di pulau tertua di pantai barat. Yaitu Pulau Barus, di mana ada pelabuhan terbesar se-Asia di jaman dulu kala. 

Memang menurut sejarah, agama Islam masuk ke Indonesia melalui perdagangan. Sehingga Pulau Barus layak disebut gerbang masuknya Islam. Karena pulau ini disebut pulau tertua, di sana banyak makam pedagang dari Timur Tengah. Nah, jika Kawanjo ingin belajar sejarah, berkunjung di titik nol Islam pulau Barus bisa jadi pilihan.

Akhirnya tibalah di daerah terakhir di wilayah Tapanuli. Yaitu Kabupaten Tapanuli Selatan. Di kota ini, memang memiliki banyak wisata air terjun. Namun, jenis  wisata lain punyak kalah mempesona. 

Simak ya, obyek wisata Tapanuli Selatan di bawah ini. Supaya tak rugi jika berhenti hanya sampai di Tapanuli saja:  

4. Gunung Sibual buali 

wisata Tapanuli Selatan Gunung Sibual buali
Gunung Sibual-buali tujuan hiking untuk pemula

Wisata Tapanuli Selatan kali ini cocok untuk Kawanjo yang menggemari hiking.  Gunung Sibual-buali adalah salah satu gunung stratovolcano yaitu gunung berapi yang berbentuk kerucut. 

Gunung  yang berada di ujung selatan Bukit Barisan, Sumatera Utara ini memiliki panorama yang elok. Dengan ketinggian sekitar 1.819 mdpl atau gunung ini juga dihuni oleh hewan yang memang tinggal di sana. Salah satunya adalah monyet. 

  • 7. Danau Siais
wisata Tapanuli Selatan Danau Siais
Danau Siais, danau terbesar kedua di pulau Sumatera

Jika Toba merupakan danau terbesar di Sumatra Utara, wisata di Tapanuli Selatan ini memegang peringkat kedua. Danau Siais namanya dengan luas  lebih dari 4,5 hektar.

Pemandangan sekitar danau Siasi begitu menakjubkan dihiasi oleh pohon-pohon hijau di sekelilingnya.tak perlu berlama-lama, datanglah ke Desa Rianiatee, Kec. Angkola Sangkunur, Kab. Tapanuli Selatan.

Nah, selesai sudah menyelusuri daerah Tapanuli mulai dari Utara hingga ke Selatan. Kesemuanya ternyata memiliki pesona wisata Tapanuli yang bisa memberi keseruan tersendiri.

Baca juga: Eksplorasi Tiga Icon Terbaru Sumatra Barat

0 comments on “Pasti, Destinasi Wisata Tapanuli Ini Serunya Asli!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.