Wisata Pereng Cilongok
Local Experiences

Liburan Keluarga di Wisata Pereng Cilongok Banyumas 

Wisata Pereng Cilongok Banyumas jadi primadona baru untuk liburan keluarga. Yuk cek selengkapnya!

Berlibur bersama keluarga, menjadi pilihan Kawanjo di akhir pekan ini? Bagaimana bila berlibur ke wisata Pereng Cilongok. Sebuah tempat yang bakal memberikan kesempatan besar untuk mendulang kesenangan dan ketenangan. Pastinya tidak sendirian, namun bareng keluarga. Pastinya seru, karena berlibur bersama kesayangan itu sesuatu yang berharga.

Wisata Pereng Cilongok

Wisata Pereng Cilongok
Wisata Pereng Cilongok

Tips memilih tempat berwisata keluarga ada beberapa. Salah satunya adalah harus memenuhi kebutuhan hiburan segala usia anggota. Bisa jadi keluarga Kawanjo adalah anak-anak atau lansia. Tidak melulu usia produktif. Maka, berbagai pertimbangan harus dipikirkan sebelum akhirnya diputuskan bersama.

Sebutlah Pereng Cilongok, salah satu tempat wisata di Banyumas yang menjawab akan hal tersebut. Destinasi rekreasi ini memiliki banyak fasilitas dan wahana yang bisa dinikmati oleh berbagai kalangan usia. 

Dalam bahasa Jawa, Pereng artinya pinggiran sebuah tebing atau gunung. Begitulah tempat wisata Pereng Cilongok seluas 3 hektar ini. Terletak di dekat  kaki Gunung Slamet, membuat lokasinya nampak asri dan sejuk. 

Baca Juga : Wisata Offroad Karanganyar 2022, Pacu Adrenalin di Tengah Kebun Teh

Tak hanya untuk menikmati keindahan pemandangan. Ternyata Pereng Cilongok Banyumas Jawa Tengah menawarkan ragam wisata lain. Termasuk di dalamnya adalah wisata edukasi pembuatan gula merah. 

Bila Kawanjo berniat mengadakan acara untuk orang yang lebih banyak, tempat wisata alam di Jawa Tengah ini juga bisa jadi pilihan. Tersedia di sini spot khusus untuk acara gathering. Lengkap dengan panggung yang sering menampilkan pertunjukan musik atau kesenian lainnya. 

Lokasi Wisata Pereng Cilongok

Lokasi Wisata Pereng Cilongok
Lokasi Wisata Pereng Cilongok

Mulai anak-anak hingga anggota keluarga yang berusia senja pasti sepakat bila berada di sini akan membuat hati senang dan jiwa tenang. Pemandangan yang terhampar seolah bersifat magis. Berhasil mengusir penat dan mengisi penuh tanki kebahagiaan.

Deretan pohon kelapa dan jenis lainnya menambah keasrian lokasi. Apalagi ditambah dengan fasilitas kolam lengkap dengan gazebo- gazebo. Begitulah kondisi natural dan damai, terpampang nyata di wisata pereng Cilongok yang terletak di Kalimanggis Utara, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas.

Baca Juga : Segar! 5 Wisata Air Alami di Klaten Jawa Tengah

Rekomendasi Aktivitas Menarik di Wisata Pereng Cilongok

Rekomendasi Aktivitas Menarik di Wisata Pereng Cilongok
Rekomendasi Aktivitas Menarik di Wisata Pereng Cilongok

Bersama keluarga di Pereng Cilongok Banyumas untuk berwisata, adalah keputusan tepat. Banyak hal menarik yang bisa dilakukan di sini. Yakni:

  1. Menikmati alam sekitar 
Menikmati alam sekitar Wisata Pereng Cilongok
Menikmati alam sekitar Wisata Pereng Cilongok

Wisata alam Banyumas yang terkenal ini memang memiliki keindahan yang mempesona. Hamparan pepohonan di antara danau natural, membuat hati terasa tenang. Kawanjo bisa memuaskan diri untuk berjalan santai berkeliling lokasi. Atau duduk dengan posisi nyaman, di tempat-tempat teduh yang disediakan.

  1. Berenang
Berenang di Wisata Pereng Cilongok
Berenang di Wisata Pereng Cilongok

Yang menjadi kegiatan utama di wisata Pereng Cilongok Banyumas Jawa Tengah adalah berenang. Terdapat embung dengan air jernih. Tidak hanya satu, melainkan dua yang masing-masing disesuaikan sebagai kolam untuk anak-anak dan lainnya untuk orang dewasa. 

Terdapat waterpark yang meskipun kecil, cukup memeriahkan suasana. Anak-anak sangat senang bermain air yang bersih dan segar. Begitu juga dengan mereka yang lebih mahir berenang dan berani berada di kolam yang lebih dalam. Apalagi pemandangan sekelilingnya menambah kesan membahagiakan.

  1. Naik Perahu

Selain kolam renang, embung di wisata pereng juga difungsikan sebagai tempat berkeliling para pengunjung. Kawanjo bisa menyewa perahu dayung atau sepeda angsa untuk mengambang di air yang jernih. 

Di pinggiran embung terdapat ban karet yang dicat warna-warni. Menambah suasana indah nan meriah di tengah lingkungan hijau dan asri. Puas-puasin deh berkeliling danau guna menikmati panorama yang terpampang.

Baca juga : 5 Alasan ke Lokawisata Baturraden Banyumas Jawa Tengah!

  1. Wisata Edukasi Pembuatan Gula Merah

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, Pereng Cilongok dikelilingi pohon kelapa. Hal ini jadi sebab 80% warga sekitar wisata Pereng Cilongok menjadi produsen gula merah.

Nah, di sini Kawanjo bisa menyaksikan bahkan belajar membuat gula merah. Mulai dari cara mengambil nira dari pohon hingga bisa menjadi gula kelapa merah.

  1. Outbound

Wisata Pereng Cilongok juga menyediakan sarana untuk melatih keberanian. Adrenalin akan terpacu bila Kawanjo dan anggota keluarga lainnya mencoba wahana outbound yang ada. Ada flying fox, sepeda yang melayang di udara, dan lainnya 

Pastikan siapapun di rombongan Kawanjo yang mencoba wahana di atas, adalah yang sesuai standar. Baik dari segi usia maupun riwayat kesehatan.

  1. Hunting Foto

Sudah pasti, mengiringi aktivitas wisata adalah berburu objek foto. Panorama yang indah wajib untuk ditangkap kamera. Jadikan lukisan Tuhan ini sebagai background pose terbaik Kawanjo dan keluarga.

Kawanjo juga bisa menggunakan spot untuk selfie yang disediakan di wisata Pereng Cilongok. Seperti jembatan kayu, bunga matahari, dan lainnya.

Wisata Pereng Cilongok memang untuk jadi tujuan liburan bersama keluarga. Apa yang ada di dalamnya bisa dijadikan pilihan untuk refreshing menggembirakan bagi masing-masing anggota keluarga. So, tunggu apalagi? Yuk, bersenang-senang bareng-bareng di wisata Banyumas terbaik ini!

0 comments on “Liburan Keluarga di Wisata Pereng Cilongok Banyumas 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.