Akan Segera Ada LRT di Bali!
PigiNews

Akan Segera Ada LRT di Bali!

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) telah sepakat untuk memberikan pendanaan dan dukungan bagi proyek LRT di Bali. Sistem LRT ini direncanakan akan rampung pada 2027 mendatang.

Destinasi wisata terpopuler di Indonesia, Bali, memberikan kabar baik bagi para wisatawan. Menurut informasi, pulau Dewata akan segera memiliki sistem Light Rail Transit (LRT) sendiri yang akan menyediakan opsi transportasi yang nyaman bagi para wisatawan dari Bandara Internasional Ngurah Rai ke berbagai pusat wisata yang ada di Bali. Berbagai tahap perencanaan telah berlangsung selama beberapa tahun, akhirnya, proyek LRT di Bali ini mendapatkan persetujuan resmi dari pemerintah pusat. Proyek ini direncanakan akan selesai pada tahun 2027.

Baca juga: Bangga, ada Kain Tapis Lampung di Penobatan Raja Charles III!

Ialah Wayan Koster, Gubernur Bali, yang mengumumkan perkembangan yang menarik ini. Wayan mengungkapkan bahwa Kementerian Perhubungan dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) telah sepakat untuk memberikan pendanaan dan dukungan bagi proyek LRT di Bali ini. Sebanyak IDR10 triliun atau sekitar US$671 juta akan digelontorkan sebagai anggaran perkiraan proyek ambisius ini. Tak hanya pemerintah pusat, dalam memastikan keberhasilan proyek ini, pemerintah provinsi Bali juga bekerja sama dengan pemerintah Korea Selatan yang akan memberikan bantuan teknis dan bantuan keuangan melalui skema pinjaman lunak.

lrt di bali,
Light Rail Transit (LRT).

Rute LRT di Bali tersebut juga telah ditentukan, yaitu akan mencakup jarak sekitar 9,46 kilometer dan di sepanjang rute ini akan dibangun empat pemberhentian yang strategis, yaitu bandara, Central Parkir Kuta, Discovery Mall, dan Seminyak. Tak hanya itu, studi kelayakan yang komprehensif pun sudah dilakukan pada 2021 lalu. Demi mengakomodasi lanskap Bali yang unik, LRT tersebut nantinya akan berjalan di jalur sebagian bawah tanah dan sebagian lagi di atas tanah, sehingga perjalanan akan dipastikan efisien dan lancar bagi penumpang.

Baca juga: Rekap Google I/O Terbaru 2023, Mana Favoritmu?

Proyek ini bertujuan untuk mengurangi ketergantungan masyarakat yang tinggi terhadap kendaraan pribadi dan sepeda motor, yang mana kendaraan-tendaraan tersebut telah berkontribusi pada peningkatan polusi udara dan kecelakaan di jalan raya di pulau Dewata ini. Maka, pengenalan sistem LRT di Bali ini menjadi komponen penting dari rencana jangka panjang Bali untuk mengembangkan sistem transportasi publik yang terintegrasi.

lrt di bali,
Light Rail Transit (LRT).

Sejak dimulai, proyek LRT di Bali ini telah mengalami perkembangan yang signifikan. Tahun 2020 lalu, rencana awal jalur LRT ini hanya sepanjang 4,78 kilometer saja. Jalut tersebut akan menghubungkan Bandara Ngurah Rai dengan terminal satelit yang direncanakan di Kuta. Saat itu, perkiraan biaya proyek ini akan sebesar IDR5 triliun (US$335 juta) dan diharapkan LRT tersebut sudah dapat beroperasi di tahun 2022. Namun, seiring dengan berjalannya waktu dan berkembangnya proyek ini, jalurnya diperpanjang dan mendapat dukungan yang lebih luas serta pendanaan yang diterima menjadi lebih banyak.

Baca juga: Menparekraf Bakal Ajak Coldplay ke 3 Destinasi Super Prioritas

Sistem LRT di Bali yang akan datang ini menjanjikan peningkatan infrastruktur transportasi, konektivitas yang lebih baik, dan mendorong praktik perjalanan yang berkelanjutan di Bali. Dengan adanya LRT ini, para pengunjung serta penduduk setempat diharapkan dapat menikmati fasilitas transportasi yang lebih modern dan efisien. Perjalanan dari bandara ke Kuta nantinya akan lebih cepat, nyaman, dan lancar menggunakan LRT. Hal ini juga bisa mengurangi kemacetan lalu lintas di Bali dan mengikis waktu perjalanan yang terbuang.

Proyek LRT ini juga dinilai sebagai sebuah langkah yang strategis dalam rencana jangka panjang Bali untuk mengembangkan sistem transportasi publik yang terpadu. Dengan mengurangi ketergantungan pada kendaraan pribadi dan sepeda motor, diharapkan akan terjadi juga pengurangan polusi udara dan tingkat kecelakaan di jalan raya di Bali. LRT juga akan memberikan aksesibilitas yang lebih baik bagi penduduk setempat dan wisatawan untuk berkelana ke berbagai destinasi di Bali dengan cara yang jauh lebih ramah lingkungan.

28 comments on “Akan Segera Ada LRT di Bali!

  1. Riyanti Rahmawati

    Destinasi wisata terpopuler di Indonesia, yaitu Bali akan segera memiliki sistem Light Rail Transit (LRT). Dengan LRT ini diharapkan dapat memberikan penduduk dan pengunjung fasilitas transportasi yang lebih efisien dan modern. Juga dengan adanya LRT ini mempermudah aksebilitas, mengurangi kemacetan dan kecelakaan di jalan, dan mengurangi polusi.

  2. Happy Dwi Aprilia

    Dengan adanya LRT di bali, pasti akan sangat memudahkan wisatan dan masyarakat lokal untuk berpergian dari satu tempat ke tempat lainnya. Selain itu, saya pun setuju adanya pembangunan LRT ini merupakan salah satu langkah yang strategis dalam rencana jangka panjang Bali untuk mengembangkan sistem transportasi publik yang terpadu.

    • Syuhada Khairunnisa

      pembangunan LRT akan memberikan kemajuan kepada wisatawan maupun masyarakat lokal di Bali, secara umum Bali adalah destinasi wisata populer di Indonesia. Dengan pembangunan LRT maka perjalanan menjadi lebih cepat, nyaman, dan lancar. Hal ini juga bisa mengurangi kemacetan lalu lintas di Bali dan mengikis waktu perjalanan yang terbuang.
      Dengan mengurangi ketergantungan pada kendaraan pribadi dan sepeda motor, diharapkan akan terjadi juga pengurangan polusi udara dan tingkat kecelakaan di jalan raya di Bali. Sehingga menjadikan Bali sebagai destinasi wisata ramah lingkungan.

  3. Rulla Adnan Sofyan

    dengan tersedianya layanan transportasi publik LRT di Bali ini memang sangat diperlukan dalam mobilitas publik, mengingat Bali adalah salah satu daerah yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan

  4. Salma Najwa Anjani

    Artikel juga menjelaskan tentang manfaat dari proyek LRT ini. Selain membantu mengatasi kemacetan lalu lintas, LRT diharapkan dapat mengurangi polusi udara yang disebabkan oleh kendaraan bermotor. Dengan mengurangi penggunaan mobil pribadi dan mendorong penggunaan transportasi umum yang ramah lingkungan seperti LRT, Bali dapat menjadi destinasi wisata yang lebih berkelanjutan.

    Selain itu, proyek LRT ini diharapkan dapat memberikan manfaat ekonomi bagi Bali. Dengan meningkatnya aksesibilitas transportasi, wisatawan akan lebih mudah mengunjungi berbagai tempat di Bali, yang berpotensi meningkatkan pendapatan dari sektor pariwisata. Proyek ini juga akan menciptakan lapangan kerja baru selama pembangunan dan operasional LRT di Bali.

  5. Salsabila Hanandita

    LRT akan memberi kemajuan pada pariwisata di Bali. Selain memudahkan aksesibilitas, efisien dan modern, LRT dapat mengurangi ketergantungan pada kendaraan pribadi dan sepeda motor yang diharapkan berdampak pada berkurangnya polusi udara dan tingkat kecelakaan di Bali. Para wisatawan juga dimudahkan untuk menuju kawasan kawasan yang dijangkau oleh LRT seperti bandara, Central Parkir Kuta, Discovery Mall, dan Seminyak. Semoga proyek ini berjalan sukses dan sesuai harapan

  6. Sandrina Mettawangi

    Tujuan proyek ini adalah untuk mengurangi ketergantungan masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi sehingga menimbulkan polasi dan kecelakaan. Dan dengan adanya proyek LRT di bali ini memang sangat membantu mengembangkan sistem transportasi publik. Dan sudah terbukti mengalami perkembangan yang signifikan.

  7. EGI JULIZANSYAH

    Menurut informasi, pulau Dewata akan segera memiliki sistem Light Rail Transit (LRT) sendiri yang akan menyediakan opsi transportasi yang nyaman bagi para wisatawan dari Bandara Internasional Ngurah Rai ke berbagai pusat wisata yang ada di Bali.
    Rute LRT di Bali tersebut juga telah ditentukan, yaitu akan mencakup jarak sekitar 9,46 kilometer dan di sepanjang rute ini akan dibangun empat pemberhentian yang strategis, yaitu bandara, Central Parkir Kuta, Discovery Mall, dan Seminyak.
    Demi mengakomodasi lanskap Bali yang unik, LRT tersebut nantinya akan berjalan di jalur sebagian bawah tanah dan sebagian lagi di atas tanah, sehingga perjalanan akan dipastikan efisien dan lancar bagi penumpang.
    Proyek ini bertujuan untuk mengurangi ketergantungan masyarakat yang tinggi terhadap kendaraan pribadi dan sepeda motor, yang mana kendaraan-tendaraan tersebut telah berkontribusi pada peningkatan polusi udara dan kecelakaan di jalan raya di pulau Dewata ini.
    Sistem LRT di Bali yang akan datang ini menjanjikan peningkatan infrastruktur transportasi, konektivitas yang lebih baik, dan mendorong praktik perjalanan yang berkelanjutan di Bali.
    LRT juga akan memberikan aksesibilitas yang lebih baik bagi penduduk setempat dan wisatawan untuk berkelana ke berbagai destinasi di Bali dengan cara yang jauh lebih ramah lingkungan.

  8. Ini akan menjadi gebrakan yang sangat luar biasa karena akan lebih memudahkan para low budget untuk melakukan perjalanan ke Bali dan mobilisasi di pulau dewata akan lebih banyak pilihan

    • Bima A

      Dengan adanya LRTs selain memudahkan para low budget ini juga dapat meningkatkan minat orang-orang untuk menggunakan transportasi umum

  9. Ini merupakan suatu inovasi yang bagus, karena dengan hanya bermodalkan sedikit bisa melakukan perjalanan ke Bali, hal itu dapat mempermudah wisatawan mengunjungi pulau dewata.

  10. Nabila haura yumna

    waa kerennn, semoga dengan adanya lrt dapat memudahkan wisatawan yang berkunjung ke bali

  11. Bali sedang mempersiapkan proyek Light Rail Transit (LRT) yang akan menyediakan sistem transportasi yang nyaman bagi wisatawan dan penduduk setempat. Proyek ini telah mendapatkan persetujuan resmi dari pemerintah pusat dan direncanakan akan selesai pada tahun 2027. Dengan pendanaan dari pemerintah pusat dan bantuan teknis serta keuangan dari pemerintah Korea Selatan, proyek LRT di Bali akan mencakup jarak sekitar 9,46 kilometer dengan empat pemberhentian strategis di sepanjang rute.

    Proyek LRT ini bertujuan untuk mengurangi ketergantungan pada kendaraan pribadi dan sepeda motor, serta mengurangi polusi udara dan kecelakaan di jalan raya di Bali. Dengan adanya LRT, diharapkan infrastruktur transportasi dan konektivitas di Bali akan meningkat, praktik perjalanan yang berkelanjutan akan didorong, dan penduduk setempat serta wisatawan dapat menikmati fasilitas transportasi yang modern dan efisien.

  12. Dwi Puspitasari

    LRT dapat mendukung pembangunan pariwisata di Bali menjadi lebih maju lagi! Bayangkan saja sektor pariwisata di Bali yang sudah maju didukung dengan adanya LRT yang mempermudah wisatawan lokal mau mancanegara dalam berwisata di Bali tentu akan semakin memajukan Pariwisata Bali.

  13. Muhammad Daffa Irawan

    Dengan adanya LRT di Bali, mobilitas wisatawan dan warga lokal akan sangat mudah, karena jalur LRT ini menghubungkan bandara dengan beberapa tempat strategis dan penting di Bali terutama bagi wisatawan.

  14. Aksesibilitas merupakan salah satu komponen penting yang menunjang kualitas sektor pariwisata. Pembangun LRT di Bali merupakan langkah yang tepat, mengingat Bali merupakan pulau destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi di Indonesia.

  15. Muhammad Mumtaz

    breaking news yang sangat menarik, lebih tepatnya untuk warga bali dan sekitarnya, bahkan untuk wisatawan mancanegara. karena adanya LRT dari bandara Ngurah Rai menuju terminal yang berada di kuta, itu akan sangat berpengaruh kepada aksesibilitas dan estimasi, tidak perlu macet macetan naik kendaraan pribadi, kedepannya nanti kita akan disajikan oleh LRT yang menjadi andalan warga bali.

  16. Nurafifah Febianti

    wah keren banget nih kalo di Bali sudah ada LRT, pastinya dengan adanya hal tersebut akan mempermudah masyarakat dan wisatawan disana untuk berpergian sehingga ga perlu lagi dehhh macet-macetan di jalan^^

  17. nasywa nabilah

    LRT di Bali? semuanya akan menjadi lebih mudah masalah transportasi, betul banget nih pembangunannya di Bali yang notabene banyak banget turisnyaa

  18. Ribka Mambraku

    Kerennn sih. Dengan adanya lrt kita dapat menghemat waktu yang afektif dan efesien untuk mengunjungi destinasi wisata yang ada di Bali, selain itu juga dapat mengurangi penggunaan kendaraan pribadi baik mobil mau motor para penduduk di Bali sehingga mengurangi polusi udara.

  19. Ryandika Dafariza

    sangat memudahkan untuk lebih jauh mengakses destinasi wisata di daerah bali serta bisa jadi sebuah cara untuk mengurangi polusi udara

  20. Wildan Abdul Nasir

    dengan adanya LRT di bali maka akan meningkatkan wisatawan untuk berkunjung karena fasilitas/transportasi mereka lebih lengkap dan mudah

  21. Fazar Risyda

    proyek LRT di bali ini bertujuan untuk mengurangi ketergantungan masyarakat yang tinggi terhadap kendaraan pribadi dan sepeda motor, yang mana kendaraan-tendaraan tersebut telah berkontribusi pada peningkatan polusi udara dan kecelakaan di jalan raya di pulau Dewata ini. Woah dengan ini sangat memudahkan wisatawan dannterjamin keselamatan karena transportasi yang mudah

  22. Intan Dliya Setiawan

    Dengan adanya pengembangan LRT di Bali ini yang signifikan, pasti akan memudahkan para masyarakat Bali untuk bertransportasi.

  23. Reza zulkipli

    Dengan adanya lrt dibali sangat memudahkan wisatawan maupun penduduk lokal untuk berpergian dengan jarak tempuh lebih cepat, jika lrt diadakan dibali akan mengurangi kemacetan dan mengurangi polusi udara kendaraan bermotor, maka bali akan menjadi tempat wisata yang aman dan praktis.

  24. Moch Rizky Tinova P

    wah LRT akan segera hadir nih di Bali. Menurut informasi LRT ini menyediakan opsi transportasi yang nyaman bagi para wisatawan dari Bandara Internasional Ngurah Rai ke berbagai pusat wisata yang ada di Bali. LRT tersebut nantinya akan berjalan di jalur sebagian bawah tanah dan sebagian lagi di atas tanah, sehingga perjalanan akan dipastikan efisien dan lancar bagi penumpang. Dengan adanya LRT ini, para pengunjung serta penduduk setempat diharapkan dapat menikmati fasilitas transportasi yang lebih modern dan efisien. Perjalanan dari bandara ke Kuta nantinya akan lebih cepat, nyaman, dan lancar menggunakan LRT.

  25. Saya setujuu dengan adanya pembangunan LRT di Bali, karena dengan begitu akan mempermudah penduduk serta wisatawan dalam berkelana ke berbagai destinasi wisata serta mengurangi kemacetan.

  26. Muh Hidayatullah

    Dengan adanya LRT diharapkan infrastruktur transportasi dan konektivitas di Bali akan meningkat, praktik perjalanan yang berkelanjutan akan didorong, dan penduduk setempat serta wisatawan dapat menikmati fasilitas transportasi yang modern dan efisien. Dan menambah pendapatan masyarakat yang ada di bali dan lapangan pekerjaan semakin banyak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.