Kerajinan Khas Lampung
Local Experiences PigiNews

Bangga, ada Kain Tapis Lampung di Penobatan Raja Charles III!

Selain kain Tapis Lampung, ada lagi beberapa kerajinan khas Tanah Lado yang menarik untuk diketahui. Cek yuk!

Berlangsung khidmat, telah selesai penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilia sebagai pemimpin tertinggi Britania Raya dan negara persemakmuran lain. Pada tanggal 6 Mei 2023, di gereja Westminster Abbey, London. Event penting bagi rakyat Inggris ini ternyata membawa kabar gembira bagi warga Indonesia khususnya Lampung. Sebab di acara agung nan penting tersebut, ada Kain Tapis Lampung yang mencuri perhatian.

Kain Tapis Lampung, Kerajinan Khas Miniatur Indonesia

Kerajinan Khas Lampung Kain Tapis, Kain Tapis Lampung
Kain Tapis Lampung, Kerajinan Khas yang masih terjaga.

Adalah Desra Percaya, Duta Besar Indonesia untuk Inggris Raya yang mengenakan busana khas Lampung dalam upacara penobatan Raja Charles III. Bersama istrinya, Desra mengenakan busana merah putih dengan sentuhan emas. Sang dubes memakai jas berwarna putih dan celana panjang yang dilapisi kain tapis berwarna merah bermotif emas. Desra juga menggunakan topi khas, sabuk, dan syal di leher.

Baca Juga : 8 Pantai Favorit Peselancar di Pesisir Barat Lampung yang Bikin Enggan Pulang

Sedangkan sang istri mengenakan kebaya putih dengan kain dan selendang Tapis. Tak lupa hiasan kepala khas Lampung yang berbahan logam keemasan. Busana khas Lampung ini dikenakan keduanya sebagai bentuk penghormatan kepada Raja dan Ratu dan Ratu Inggris terbaru. Sekaligus menjadi sarana mengenalkan budaya Indonesia dengan kerajinan khas Lampung.

Senada dengan jubah Raja Charles III, warna emas pada kain Tapis Lampung melambangkan hubungan erat antara Indonesia dan Inggris. Warna ini menyimbolkan kejayaan dan kegembiraan akan acara yang tengah berlangsung.

Kain Tapis Lampung merupakan kerajinan tradisional yang memiliki nilai ekonomis cukup tinggi. Sebagai pakaian adat Lampung, kain Tapis tidak hanya sebagai pelindung tubuh. Namun juga bisa melambangkan status sosial seseorang. Tak hanya itu. Kerajinan khas Lampung yang terkenal ini juga menjadi perhiasan, lambang kesucian, sampai perlengkapan upacara sakral. 

Kain Tapis khas Lampung terbuat dari benang katun sebagai pembentuk kain dan benang emas. Benang emas berfungsi sebagai bahan menghias kain dengan teknik sulam. Dalam memproduksi kain Tapis masih menggunakan teknik tradisional. Yaitu dikerjakan oleh wanita-wanita Lampung dengan peralatan sederhana di rumah-rumah mereka. Maka, jangan heran bila pembuatannya membutuhkan waktu lama. Seperti yang dipakai Dubes Desra dan istrinya, butuh waktu 3,5 bulan untuk bisa selesai dan dipakai di perhelatan penobatan Raja Charles III.

Kerajinan Khas Lampung lainnya

Ternyata, selain kain Tapis Lampung, masyarakat Tanah Lado juga memiliki banyak produk khas daerah. Beraneka ragam bentuknya, kerajinan tangan tradisional Lampung menjadi kebanggaan tersendiri. Kesemuanya memiliki manfaat penting bagi masyarakat. 

Salah satu fungsinya adalah sebagai penunjang sektor pariwisata di Lampung. Dimana daerah ini memang terkenal memiliki banyak destinasi berlibur yang menakjubkan. Keberadaan kerajinan khas Lampung bisa menjadi cinderamata istimewa bagi para wisatawan

Baca Juga : Seseram Apa Wisata Pantai Gigi Hiu di Lampung? Cek Yuk, Mumpung Ada yang Baru

Selain kain Tapis Lampung, ada lagi beberapa kerajinan khas Lampung yang menarik untuk diketahui. Di antaranya:

  1. Sulam Usus
Sulam Usus Kerajinan Khas Lampung, Kain Tapis Lampung
Sulam Usus Kerajinan Khas Lampung

Selain kain Tapis, produk fashion kerajinan dari Lampung yang terkenal adalah sulam usus. Yaitu kerajinan sulam yang berbentuk mirip usus ayam. Bahan bakunya berupa baku kain satin dengan motif yang khas. Masyarakat Lampung Pepadun sudah membuat kerajinan ini semenjak abad 16.

Sulam usus biasanya diaplikasikan pada busana. Terutama di bagian dada. Namun mengikuti perkembangan zaman, sulam usus juga diaplikasikan pada produk lain. Seperti taplak, sarung bantal sofa, kopiah, dan  hiasan dinding. Sulam usus yang diaplikasikan memiliki motif tertentu. Seperti motif ukel-ukel, kupu-kupu, dan obat nyamuk.

  1. Kebung
Kerajinan Khas Lampung Kebung, Kain Tapis Lampung
Kerajinan Khas Lampung Kebung

Setelah kain Tapis dan sulam usus, selanjutnya ada kebung. Kerajinan khas Lampung ini merupakan has karya dari daur ulang batok kelapa dan anyaman bambu. Kain kebung  bisa dimanfaatkan menjadi bermacam-macam bentuk. Seperti wadah tisu, wadah buah dan lainnya. 

  1. Batik Lampung
Kerajinan Khas Batik Lampung, Kain Tapis Lampung
Kerajinan Khas Batik Lampung

Batik juga turut berkembang dalam dunia kreatif Lampung. Kerajinan khas batik Lampung sekarang lebih terkenal dengan motif -motif khusus yang memiliki makna. Yakni sebagai simbol perkembangan budaya daerah. Terdapat motif gamelan, siger, kupu-kupu, dan gajah yang menjadi ciri khas batik Lampung.

Baca Juga : 3 Hari Wisata Pantai Kelumbayan Gigi Hiu Lampung 

  1. Patung Fauna Lampung
Patung Fauna Lampung, Kain Tapis Lampung
Patung Fauna Lampung

Di beberapa toko souvenir khas Lampung, akan nampak patung gajah Lampung dan hewan lain seperti badak. Miniatur hewan ini terbuat dari bahan kayu yang anti rayap. Sangat cocok sebagai oleh-oleh setelah berkunjung ke Lampung. Sebab Lampung sendiri juga terkenal sebagai daerah untuk perlindungan terhadap satwa Indonesia.

  1. Siger
Kerajinan Khas Lampung Siger
Kerajinan Khas Lampung Siger

Seperti yang dikenakan istri Dubes Indonesia Inggris, siger merupakan mahkota khusus sebagai pelengkap baju adat Lampung. Jika ingin membuatnya sebagai oleh-oleh khas Lampung, ada bentuk mininya. Yaitu dibuat dalam bentuk pin atau gantungan kunci.

Kerajinan khas kain Tapis Lampung mendapatkan perhatian khusus dalam acara penobatan Raja Charles III. Di sini Dubes Indonesia Inggris beserta istri dengan bangga mengenakan baju adat lengkap dengan kain Tapis. Nah, hal ini mampu mencerminkan kekayaan Nusantara. Terutama di Lampung, ternyata memiliki banyak kerajinan tangan yang mampu menjadi penyokong sektor pariwisata Indonesia.

0 comments on “Bangga, ada Kain Tapis Lampung di Penobatan Raja Charles III!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.