Green Canyon Pangandaran
Local Experiences

Penggemar Tantangan Harus Coba 3 Hal Ini di Green Canyon Pangandaran! 

Jangan membayangkan terlalu jauh. Green Canyon Pangandaran sudah bisa memenuhi hasrat bertualang Kawanjo.

Tak perlu jauh-jauh, berkunjung ke Green Canyon Pangandaran juga sudah bisa memenuhi hasrat bertualang Kawanjo, kok. Apalagi ditambah keindahan alamnya yang menenangkan jiwa. Mumpung di sini, tak ada salahnya bila menantang diri sendiri guna mengalahkan rasa takut dan ragu dengan menjajal aktivitas seru yang menguji adrenalin di alam terbuka yang memesona.

Green Canyon Pangandaran

Green Canyon Pangandaran
Green Canyon Pangandaran

Green Canyon mengacu pada sebuah tempat wisata alam bernama Grand Canyon di Arizona, Amerika Serikat, sebuah Ngarai Besar yang terdiri dari lembah tebing-terjal yang terbentuk karena Sungai Colorado memotong sebuah selat selama jutaan tahun di utara Arizona. Grand Canyon adalah satu dari ‘Tujuh Keajaiban Dunia’ yang sebagian wilayahnya berada di Taman Nasional Grand Canyon.

Sedangkan Green Canyon di Pangandaran merupakan sungai dengan air biru kehijauan. Warna ini didapatkan dari plankton atau organisme renik sejenis alga yang hidup di air sungai alami. Saat musim hujan, air nampak hijau kecokelatan.

Sungai Cijulang tersebut mengalir melintasi gua dengan stalaktit dan stalakmit nan indah. Serta bukit karst dengan pepohonan yang rimbun dan bebatuan yang mempesona. Cahaya matahari yang menyelusup di antara dedaunan, memantulkan pendar batu alam. Membuat sejuk mata dan menjadikan hati tenang penuh rasa syukur pada Sang Pencipta Keindahan Alam.

Baca juga: Ngetrip ke Pulau Pramuka Dijamin Seru, Bayarnya Nggak Sampai 400 Ribu!

Sejarah Green Canyon Pangandaran

Sejarah Green Canyon Pangandaran
Sejarah Green Canyon Pangandaran

Daftar rekomendasi wisata Pangandaran sendiri memiliki sebuah tempat yang mirip Grand Canyon Arizona. Sejak awal masyarakat menyebutnya sebagai Cukang Taneuh, yang berarti Jembatan Tanah, yakni jembatan alami dari tanah melintas di atas Sungai Cijulang dan masih digunakan hingga kini. Jembatan selebar 3 meter dan panjang 40 meter ini menghubungkan Desa Kertayasa dan Desa Batu Karas.

Awalnya masyarakat hanya menganggap jembatan ini sekedarnya saja. Hingga pada akhir tahun 1992, Bill John serta rombongan turis Perancis menemukan keindahan dibalik Cukang Taneuh. Mereka menyebut lokasi itu dengan Green Canyon, karena suasananya mirip dengan Grand Canyon Arizona. Eksotis dan memesona. Sungainya juga berukuran besar dan berair jernih kebiruan. Sekelilingnya terdapat pepohonan rimbun yang terjaga dengan baik. Belum lagi adanya tebing karst yang unik dan menarik.

Akses Menuju Lokasi Green Canyon Pangandaran

Akses Menuju Lokasi Green Canyon Pangandaran
Akses Menuju Lokasi Green Canyon Pangandaran

Cukang Taneuh atau Green Canyon Pangandaran terletak di Jalan Raya Cijulang Dusun. Karangpaci, RT.02/RW.10, Kertayasa, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Untuk menuju ke tempat tersebut ini Kawanjo bisa naik angkutan umum. Berangkat dari terminal Pangandaran menuju terminal Cijulang. Jaraknya kurang lebih 27 km dan bisa ditempuh dalam kurun waktu sekitar 40 menit.

 

Dari terminal Cijulang kemudian bisa naik ojek ataupun sewa mobil menuju Dermaga Ciseureuh. Waktunya sekitar  ± 5 menit.  Sebagai informasi, angkutan umum dari terminal Pangandaran ke Cijulang mulai beroperasi dari pukul 05.00 WIB hingga 19.00 WIB. Begitu pula sebaliknya, dari arah terminal Cijulang ke terminal Pangandaran mulai beroperasi dari pukul  05.00 WIB sampai 16.00 WIB.

Baca Juga : 2 Jam Keseruan Body Rafting Green Valley Citumang

Aktivitas Menantang di Green Canyon Pangandaran

Aktivitas Menantang di Green Canyon Pangandaran
Aktivitas Menantang di Green Canyon Pangandaran

Di dalam pesona keelokan alam wisata ikonik di Pangandaran ini terdapat berbagai kegiatan yang bisa dilakukan. Sembari mengisi tangki ketenangan dengan menikmati keindahan sekitar, tak ada salahnya melakukan beberapa hal yang menantang.

Aktivitas di Green Canyon kebanyakan dilakukan di atas atau di dalam air sungai. Di antaranya:

  1. Naik PerahuKawanjo bisa menyewa perahu untuk menyusuri Sungai Cijulang. Satu perahu bisa digunakan beramai-ramai hingga enam orang. Waktu tempuh dalam melakukan susur sungai dengan perahu ini adalah 30 hingga 45 menit pergi pulang
  2. Body Rafting Berbeda dengan rafting atau arung jeram, body rafting tidak menggunakan rakit dan dayung. Kawanjo cukup berenang dan mengikuti aliran air sambil menggunakan peralatan lengkap, yakni helm, decker, dan life jacket. Tak perlu khawatir, Kawanjo akan dipandu oleh pemandu yang berpengalaman dan bisa melakukannya dengan berkelompok. selama aktivitas berlangsung.
  3. River Tubing Ada yang lebih menantang lagi, yaitu loncat tebing. Kawanjo bisa melompat dari batu atau tebing dengan ketinggian sekitar lima hingga sepuluh meter. Begitu sampai, rasakan sensasi segar air sungai dan kepuasan dalam menghadapi tantangan. Jangan khawatir berlebihan, karena segala aktivitas di Green Canyon Pangandaran dalam pengawasan tenaga berpengalaman.

Baca juga: 6 Daya Tarik Aquarium Indonesia Pangandaran, No 3 Terpanjang se-Indonesia

Selesai menguji keberanian, Kawanjo bisa bersantai. Sembari menatap indahnya sekitar, saatnya merasakan sensasi hujan abadi. Disebut demikian karena tumpahan air ini sebenarnya merupakan rembesan air dari celah lembah. Debit air yang mengalir tersebut kemudian membentuk air mancur seperti hujan yang tak pernah berhenti.

Green Canyon Pangandaran cocok sekali untuk penggemar tantangan, karena selain menyuguhkan alam terbuka yang indah, wisata terkenal di Jawa Barat ini juga merupakan tempat yang memberikan berbagai aktivitas seru. Pasti puas rasanya bisa menguji adrenalin melalui aktivitas seru yang menantang. Pastikan Kawanjo adalah sang pemberani untuk mencoba semua!

15 comments on “Penggemar Tantangan Harus Coba 3 Hal Ini di Green Canyon Pangandaran! 

  1. Farhansyach Ertho Ariestha Yudhistira

    Green Canyon Pangandaran memang menjadi destinasi yang luar biasa dengan keindahan alamnya yang menenangkan dan kegiatan seru yang menguji adrenalin. Artikel ini memberikan informasi yang sangat berguna, terutama untuk mereka yang mencari pengalaman wisata yang berbeda dan menantang.

    Green Canyon Pangandaran, meskipun tidak seterkenal Grand Canyon di Amerika Serikat, memiliki pesona alam yang memikat. Warna air sungainya yang biru kehijauan, gua dengan stalaktit dan stalakmit indah, bukit karst yang rimbun, serta tata cahaya alami membuatnya menjadi tempat yang tak terlupakan. Selain itu, sejarah awalnya sebagai Cukang Taneuh yang menjadi jembatan alami dari tanah di atas Sungai Cijulang menambah daya tariknya.

    Akses menuju Green Canyon Pangandaran juga dijelaskan dengan baik, memberikan informasi yang bermanfaat bagi para wisatawan yang ingin berkunjung. Mulai dari terminal Pangandaran ke terminal Cijulang, dan kemudian menuju Dermaga Ciseureuh dengan ojek atau mobil. Informasi mengenai jam operasional angkutan umum juga memberikan kemudahan perencanaan perjalanan.

    Tentang aktivitas menantang di Green Canyon, seperti naik perahu, body rafting, river tubing, dan loncat tebing, memberikan gambaran yang jelas tentang keberagaman pengalaman yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Selain menawarkan keindahan alam, Green Canyon Pangandaran juga menjadi tempat untuk menguji keberanian dan merasakan adrenalin yang mengalir.

    • Azizah Azifa Dimartia

      Green Canyon Pangandaran sebagai destinasi wisata yang menawarkan tantangan dan petualangan. Artikel ini memberikan informasi tentang atraksi wisata yang tersedia di Green Canyon Pangandaran, seperti naik perahu, body rafting, river tubing, pemandangan alam yang indah, dan disertai dengan informasi lengkap tentang akses menuju lokasi.

  2. Alika Tsabita

    Green Canyon tidak hanya menawarkan keindahan alamnya, namun juga menawarkan berbagai kegiatan wisata seperti body rafting, river tubing, dan yang menantang adalah loncat tebing, dimana wisatawan bisa melompat dari batu atau tebing dengan ketinggian sekitar 5-10 meter. Jadi tentu tidak heran jika Green Canyon ini menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Pangandaran

  3. Dame N R Sirait

    green Canyon Pangandaran adalah salah satu hal yang harus dicoba selain tempatnya yang indah dan sejuk green canyon juga dapat menguji keberanian, di Kawanjo juga kita bisa bersantai menenangkan jiwa apa lagi buat yang tinggal dikota pasti bosen banget dengar suara suara mobil,motor yang sangat berisik sesekali bisa nih menikmati indahnya green canyon
    dan cocok sekali untuk penggemar tantangan, karena selain menyuguhkan alam terbuka yang indah digreen canyon juga aktivitas yaitu Naik Perahu,Body Rafting,River Tubing

  4. Fajar Ridwan

    Artikelnya sangat bermanfaat! sebelum baca artikel ini, pandangan tentang Green Canyon itu masih belum semenarik ini. Ternyata warna airnya yang gradasi biru hijau jadi makin indah dan mempesona. Asik juga buat melakukan aktivitas air dari mulai naik perahu buat menikmati pemandangan untuk melepas kepenatan dari aktivitas sehari hari yang monoton dengan indahnya alam dan sejuknya udara. Selain itu untuk melepas stress bisa juga nih coba aktivitas yang lebih menantang body rafting danlompat dari batu tebing biar bisa teriak dan lepasin beban hahaha

  5. Sheila Nurhaliza

    pada blog ini banyak sekali informasi mengenai Green Canyon, Sehingga pembaca tidak akan bingung jika ingin mengunjungi green canyon dan tidak bingung aktivitas apa yang akan dilakukan. Sangat informatif banget

  6. Siti Adelia Muafa Fadilul Ihza

    selain alam yang dapat di nikmati adapun aktivitas yang dapat di coba bagi wisatawan yang suka menantang adrenalin

  7. Sheila Nurhaliza

    Wahh blog ini sangat informatif karena menjelaskan secara keseluruhan mengenai green canyon sehingga kita tidak akan bingung lagi jika ingin pergi ke Green Canyon

  8. Sarah Kanaya Azzahra

    akses menuju lokasi wisata sudah sangat mudah sehingga para wisatawan tidak perlu kerepotan mencari transportasi umum, ditambah lagi di Cijulang sudah ada Ojek Online.
    ada cerita menarik dibaliks sejarah ditemukannya green canyon ini yaitu ditemukan oleh warga negara asing sehingga menurut saya cerita tersebut bisa dijadikan edukasi kepada wisatawan pada saat menaiki perahu menuju tempat loncat tebing.
    atraksi wisata yang disuguhkan juga menarik dan sangat worth it menurut saya untuk dilakukan apalagi bersama dengan teman. ditinjau dari aksesibilitas, atraksi wisata, keamanan, dan keindahan, kawasan wisata Green Canyon ini sudah bisa dikatakan sesuai untuk wisata.

  9. Zahrani Salsabila

    Grand Canyon yang berada di Arizona, Amerika Serikat merupakan sebuah Ngarai Besar yang terdiri dari lembah tebing yang terjal yang terbentuk karena Sungai Colorado memotong sebuah selat selama jutaan tahun di utara Arizona. Indonesia juga memiliki Grand Canyon nya sendiri, yaitu berada di Pangandaran, dimana Grand Canyon Pangandaran merupakan sungai dengan air biru kehijauan, warna ini didapatkan dari plankton atau organisme renik sejenis alga, saat musim hutan air terlihat berwarna hijau kecoklatan. terdapat beberapa kegiatan yg dapat dilakukan di grand canyon pangandaran, diantaranya adalah menaiki perahu, body rafting, dan river tubing

  10. Grand canyon Pangadaran best sekali, tidak hanya punya keindahan alam yang mempesona namun juga bisa menjadi tempat bertualang bagi mereka yang sangat menyukai tantangan. Menarik dan pasti seru untuk dicoba

  11. Grand Canyon merupakan satu dari ‘Tujuh Keajaiban Dunia’ yang sebagian wilayahnya berada di Taman Nasional Grand Canyon.Green Canyon ini mengacu pada sebuah tempat wisata alam bernama Grand Canyon di Arizona, Amerika Serikat, sebuah Ngarai Besar yang terdiri dari lembah tebing-terjal yang terbentuk karena Sungai Colorado memotong sebuah selat selama jutaan tahun di utara Arizona.
    Ada beberapa aktivitas yang kita lakukan dan kita temukan di Grand Canyon Pangandaran ternyata yaitu, bermain Perahu,Body Rafting ini, River Tubing

  12. samuel briyen fernando

    Blog ini membahas tentang Bagi penggemar tantangan, Green Canyon Pangandaran menawarkan tiga pengalaman yang mengasyikkan. Pertama, menjelajahi gua-gua yang menantang dengan keindahan alam yang menakjubkan. Kedua, merasakan sensasi menyelam di sungai yang memacu adrenalin. Dan ketiga, menaklukkan tebing-tebing yang menantang untuk meraih pemandangan spektakuler. Inilah tempat yang tepat bagi mereka yang mencari petualangan yang tak terlupakan.

  13. rahmi tazkiya

    artikel nya lengkap banget! mulai dari keindahan destinasinya, lalu fasilitas yang didapat dan juga lokasi yang akurat.

  14. Arshylla O Winoto

    wah keren bgttt! akses menuju lokasi wisata sudah sangat mudah sehingga para wisatawan tidak perlu kerepotan mencari transportasi umum, ditambah lagi di Cijulang sudah ada Ojek Online.
    ada cerita menarik dibaliks sejarah ditemukannya green canyon ini yaitu ditemukan oleh warga negara asing sehingga menurut saya cerita tersebut bisa dijadikan edukasi kepada wisatawan pada saat menaiki perahu menuju tempat loncat tebing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.