Aquarium Indonesia Pangandaran
Local Experiences

6 Daya Tarik Aquarium Indonesia Pangandaran, No 3 Terpanjang se-Indonesia

Inilah Daya Tarik Aquarium Indonesia Pangandaran yang bisa bikin akhir pekan kawanjo lebih berkesan

Bayangkan akhir pekan ini Kawanjo akan berjalan di bawah ikan-ikan yang berseliweran. Di atas kepala ada banyak binatang laut berenang melintas mulai dari yang kecil hingga ikan pari yang mengembang besar. Tak kalah menarik, bahkan Kawanjo bisa selfie dengan ikan hiu sepanjang 2 meter atau hewan-hewan lainnya. Baik saat berenang bebas maupun ketika menyantap makanan mereka. Wow, it sounds good! Semua ini bisa dilakukan di Aquarium Indonesia Pangandaran, wisata di Jawa Barat terbaru.

Lokasi Aquarium Indonesia Pangandaran

Lokasi Aquarium Indonesia Pangandaran
Lokasi Aquarium Indonesia Pangandaran

Kota di sebelah selatan Ciamis ini memiliki pantai yang elok dan sudah terkenal sejak dulu. Pantai Pangandaran bahkan pernah dinobatkan oleh AsiaRooms sebagai Pantai terbaik di provinsi Jawa Barat. Pemandangannya memang menakjubkan dengan biru laut dan putihnya pasir di pantai yang landai. 

Lokasinya yang berdekatan dengan cagar alam Pananjung menambah asri pantai Pangandaran. Tak pelak, banyak pelancong baik dari dalam maupun luar negeri yang gemar berwisata di sini. Apalagi saat menjelang sore, ketika sang Surya hendak kembali ke peraduan. Potret alam yang membuat penasaran banyak orang dengan keindahannya.

Selain aktivitas wisata pantai seperti biasa, kini pantai Pangandaran memiliki satu lagi objek wisata Jawa Barat yang viral. Ya, Aquarium Indonesia Pangandaran baru saja resmi dibuka pada 17 Desember 2022 silam. Kini, wisata pantai Pangandaran ini bisa dikunjungi di Komplek PPI Cikidang, Desa Babakan, RT.03/RW.08, Dusun Kelapa Tiga, Kab. Pangandaran, Jawa Barat. 

Baca juga : Rekomendasi wisata di Jawa Barat

Tiket Masuk Aquarium Indonesia Pangandaran

Tiket Masuk Aquarium Indonesia Pangandaran
Tiket Masuk Aquarium Indonesia Pangandaran

Wisata aquarium Indonesia Pangandaran ini menyajikan konsep pendidikan dan pengetahuan. Pengunjung bisa melihat beragam koleksi biota laut yang berada di kotak-kotak kaca tembus pandang. Tak hanya melihat-lihat, ada beragam aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sini. Seperti berinteraksi langsung dengan hewan air, belajar di museum, serta masih banyak yang lain.

Semuanya itu bisa Kawanjo lakukan dengan membayar tiket masuk Aquarium Indonesia Pangandaran sebesar Rp 40.000 untuk weekday dan Rp 50.000 untuk weekend dan hari libur. 

Anak-anak dengan tinggi badan kurang dari 80 cm akan masuk dengan cuma-cuma. Sedangkan bagi yang datang dengan rombongan minimal 30 orang akan mendapatkan potongan harga tiket masuk Aquarium Indonesia Pangandaran.

Baca juga : 5 Spot Sunrise Terbaik di Jawa Barat, Ada di Bandung Sampai Bogor

Jam Buka Aquarium Indonesia Pangandaran

Tidak perlu tergesa-gesa bila menikmati wahana demi wahana di aquarium Indonesia Babakan Kabupaten Pangandaran ini. Tiap hari objek wisata tersebut buka mulai dari 08:30 sampai 16:30 WIB. Ada juga jadwal khusus yang bisa ditunggu untuk sebuah pertunjukan yang menarik dan tak akan terlupakan. Apa itu? Pastikan Kawanjo membaca tulisan ini sampai akhir, ya!

Daya Tarik Aquarium Indonesia Pangandaran

Daya Tarik Aquarium Indonesia Pangandaran
Daya Tarik Aquarium Indonesia Pangandaran

Meski baru, wisata Aquarium Indonesia Pangandaran menyuguhkan berbagai macam kesenangan yang tidak biasa. Kawanjo akan dibawa seperti sedang menjelajah dunia di dalam samudera lepas. 

Sebagai pelengkap keseruan, ada beberapa daya tarik dari aquarium Indonesia Pangandaran Jawa Barat yang membuat tempat ini tak pernah henti dikunjungi. Yaitu:

  1. Cylinder Tank

Setelah melalui pintu masuk, ada sebuah aquarium berbentuk silinder/cylinder tank raksasa. Dengan tinggi 7 meter dan diameter 5 meter, di dalamnya terdapat sekelompok ikan yang biasanya berenang secara bergerombol di dasar laut. Cara berenang ramai-ramai ini disebut Schooling Fish.

Schooling Fish membuat ikan-ikan  lebih mudah mencari makan dan lebih aman dari serangan predator. Cara ini juga dapat mempermudah ikan yang berada di kelompok untuk mencari pasangan dan menentukan arah. Biasanya ikan-ikan kecil lah yang melakukan schooling fish.  Kawanjo bisa melihat kebiasaan unik ini di aquarium Indonesia Pangandaran Jawa Barat.

  1. Museum Ibu Rempah

Nusantara sejak dulu terkenal seantero jagat karena rempah-rempahnya. Inilah menginspirasi penamaan salah satu area di aquarium Indonesia Pangandaran.

Tak hanya tentang ikan di area lain, di museum ini Kawanjo bisa belajar banyak hal tentang kejayaan Indonesia di masa lampau. Di dalamnya terdapat banyak benda purbakala yang merupakan harta karun penemuan bawah laut. Selain itu di sini juga diberikan deskripsi mengenai sejarah bangsa. Diharapkan, selesai mengunjungi museum ini bisa membuat Kawanjo semakin luas wawasannya dan bangga dengan jati dirinya sebagai orang Indonesia.

  1. Curve Aquarium Terpanjang di Indonesia 

Inilah bagian dari Aquarium Indonesia Pangandaran yang membuat Kawanjo merasa berada di lorong bawah laut. Ikan dan hewan air lainnya lincah berenang di atas serta samping kanan kiri seiring Kawanjo berjalan. 

Curve Aquarium, sebuah aquarium cekung yang dapat dilihat tanpa batas. Menampilkan aktivitas aktivitas biota laut di dalam air dengan volume lebih dari 500.000 liter. Curve Aquarium ini memiliki panjang 48 meter dan menjadi yang terpanjang di Indonesia. Di sini Kawanjo bisa menikmati gerak-gerik tangkas nan lucu para ikan. Adapun jenis-jenis yang ada adalah ikan Black Golden, ikan Black Tertra, ikan Bandeng, ikan Koi, ikan Red Fin, dan lainnya.

  1. Aquarium Utama
Aquarium Indonesia di Pangandaran
Aquarium Indonesia di Pangandaran

Tak kalah menarik adalah area Jendela Aquarium Terbesar di Indonesia. Dengan panjang membentang 33 meter, aquarium ini menampilkan pemandangan bawah laut yang indah. Menjadi jenis jendela aquarium yang terbesar di Indonesia, bagian ini akan  sukses membuat Kawanjo takjub. 

Ada berbagai jenis dan ukuran ikan yang bisa dilihat dari layar datar aquarium ini. Tak perlu susah payah menyelam, Kawanjo bisa melihat penyu, ikan hiu, ikan pari, sekumpulan ikan Travelly, ikan Kerapu, ikan Kakap, dan  hewan laut lainnya yang berlalu lalang. 

Berfoto dengan ikan bisa dilakukan dengan cara mendekat pada kaca datar. Ikan yang melintas akan menemani pose Kawanjo di dalam sebuah bingkai potret kenangan berlibur di aquarium Indonesia Pangandaran.

  1. Feeding the Fish

Di aquarium utama, Kawanjo bisa jadi akan melihat momen para penyelam sedang memberi makan ikan-ikan. Asal datang pada jadwalnya, Kawanjo pun bisa juga berfoto dengan para penyelam yang dikerubungi ikan saat feeding the fish.

Karena memang tak sepanjang waktu buka, jadwal feeding the fish di aquarium Indonesia Pangandaran hanya pada jam tertentu. Yaitu pukul 11:00 dan 15:00. Pasti jadi pengalaman mengasyikkan dan tak terlupakan, melihat bagaimana ikan diberi makan di dalam lautan!

  1. Touch Pool

Keseruan di aquarium Indonesia Pangandaran dilengkapi dengan aktivitas di area satu ini.  Selesai berkeliling melihat gerak-gerik ikan dan meraup info di museum ibu rempah, Kawanjo juga bisa berinteraksi langsung dengan biota laut di Kolam Sentuh/Touch Pool.

Baca juga : Nikmat, Ini Dia 5 Wisata Kebun Teh di Jawa Barat!

Kawanjo bisa memberi sentuhan lembut secara langsung kepada beberapa binatang laut seperti penyu, ikan hiu bambu, ikan botana, ikan kerapu, dan lainnya. 

Memilih aquarium Indonesia Pangandaran Jawa Barat sebagai tujuan wisata adalah keputusan tepat! Dengan berbagai daya tarik yang luar biasa, mulai dari aquarium terbesar hingga yang terpanjang ada di sini. Kawanjo pun bisa teredukasi bila berlibur ke sini. Yuk, ajak orang tersayang untuk wisata berfaedah di wisata Pangandaran terbaru ini!

0 comments on “6 Daya Tarik Aquarium Indonesia Pangandaran, No 3 Terpanjang se-Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.