Jembatan Gantung dan Gondola Girpasang Klaten
Local Experiences

Pacu Adrenalin di Jembatan Gantung dan Gondola Girpasang Klaten!

Wisata di Jembatan Gantung dan Gondola Girpasang Klaten memang melatih diri untuk selalu berani mencoba hal menarik.

Melintasi jembatan gantung atau menaiki gondola untuk menuju ke kampung Girpasang Klaten hanya diperuntukkan bagi yang berani uji adrenalin. Berada di ketinggian dan menghubungkan 2 bibir jurang memberi sensasi mengasyikkan bagi kawanjo yang terbiasa mencoba tantangan. Wisata di Jembatan Gantung dan Gondola Girpasang Klaten memang melatih diri untuk selalu berani mencoba hal menarik.

Adalah kampung Girpasang di Klaten yang dulunya merupakan daerah terpencil. Akses untuk menuju ke kota tidaklah mudah. Mereka harus naik turun gunung, melintasi jurang di area gunung Merapi. Kini, daerah ini sudah menjadi wisata Klaten terbaru yang ramai dikunjungi pelancong. Dimulai dengan adanya jembatan gantung untuk penduduk melintasi jurang lebih mudah dan cepat. Ada juga gondola yang awalnya berfungsi sebagai pengangkut barang bawaan penduduk yang melintas. Biasanya merupakan hasil panen yang harus dijual di seberang.

Jembatan Gantung dan Gondola Girpasang Klaten
Jembatan Gantung dan Gondola Girpasang Klaten jadi wisata baru yang menegangkan.

Baca juga : Rekomendasi wisata di jawa tengah

Ternyata, kampung Girpasang terus berbenah untuk mewujudkan daerahnya sebagai salah satu objek wisata Klaten yang terkenal. Beruntung, pada awal tahun 2022 Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengunjungi kampung Girpasang. Dari kunjungan beliau, selanjutnya kunjungan ke kampung wisata ini mengalami peningkatan. Banyak yang memutuskan untuk berwisata, menikmati panorama yang memang indah di kampung ini. Tak lupa, menjajal Jembatan Gantung dan Gondola Girpasang Klaten. Merasakan serunya melintas di jembatan yang berada di ketinggian 150 Meter di atas jurang. Sekaligus menaiki gondola yang menggantung di samping jembatan.

Tiket Masuk Girpasang Klaten 

Untuk menikmati wisata Girpasang terbaru, tak perlu bayar mahal. Jembatan Gantung dan Gondola Girpasang Klaten bisa dinikmati dengan biaya yang ramah di kantong. Hanya dengan Rp. 2000, Kawanjo sudah bisa menikmati keseruan melintasi jembatan Girpasang Klaten. Sedangkan cara lain menuju kampung Girpasang adalah dengan mencoba gondola Klaten. Cukup membayar Rp. 60.000 per empat orang, Kawanjo bisa mencoba sensasi meluncur dengan keranjang kaca besar.

Jembatan Gantung dan Gondola Girpasang Klaten
Tiket Masuk Girpasang Klaten

Alamat Girpasang Klaten

Bagi yang ingin mencoba Jembatan Gantung dan Gondola Girpasang Klaten, bisa datang ke Gritingan, Kelurahan Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten, Jawa Tengah. 

Baca juga : Wisata Guci Tegal Jawa Tengah Bikin Senang, Segar dan Sehat

Rute Jalan ke Girpasang Klaten

Jembatan Gantung dan Gondola Girpasang Klaten
Rute Jalan ke Girpasang Klaten

Kelurahan Tegalmulyo, Kemalang termasuk daerah yang jauh dari pusat kota. Saran terbaik adalah dengan naik kendaraan pribadi untuk sampai ke sana.

Dari pusat kota Klaten, daerah Girpasang berjarak 36,5 km dan bisa ditempuh dalam waktu 1 jam dengan berkendara. Perjalanan bisa dimulai dari alun-alun Klaten dan teknologi Google Maps sangat membantu untuk perjalanan yang lebih cepat. Masukkan kata kunci SMP Negeri 2 Karangnongko. 

Dari alun-alun, perjalanan pertama akan diarahkan menuju pabrik gula Winangoen.  Sesampainya di sini, belok kanan kemudian jalan lurus sampai di pertigaan pasar Basin. 

Kemudian belok ke jalan Basin-Karangnongko. Ikuti petunjuk untuk sampai ke SMP Negeri 2 Karangnongko. Setelah sampai, ikuti jalan aspal hingga bertemu dengan pertigaan dan beloklah ke kanan. Lurus saja ke arah Utara hingga bertemu dengan dukuh Girpasang, Tegalmulyo.  

Jam Operasional Jembatan Gantung dan Gondola Girpasang Klaten

Hal yang tak kalah penting adalah harus tahu, wisata Girpasang buka jam berapa. Jam Operasional Jembatan Gantung Girpasang buka setiap hari Senin sampai Minggu mulai pukul 06.00- 17.00 WIB.

Pengunjung paling banyak memilih waktu pagi dan sore hari. Jadi, bila Kawanjo termasuk tipe traveler yang suka sepi, pilih saja waktu di siang hari, apalagi di saat bukan hari libur. Berwisata di sana bisa bikin lebih khidmat.

Baca juga : Segar! 5 Wisata Air Alami di Klaten Jawa Tengah

Aktivitas Wisata Kampung Girpasang
Jembatan Gantung dan Gondola Girpasang Klaten
Jam Operasional Jembatan Gantung dan Gondola Girpasang Klaten

Pergi ke kampung Girpasang memang butuh perjuangan. Letaknya  jauh dari pusat kota. Namun, hal ini sangat sepadan dengan pesona wisata di dalamnya. Adanya Jembatan Gantung dan Gondola Girpasang Klaten menjadi salah satu fasilitas yang bisa digunakan untuk mendapatkan pengalaman berlibur yang mengesankan.

Berikut adalah aktivitas yang bisa dilakukan selama wisata di Klaten Jawa Tengah ini:

  1. Naik Jembatan Gantung 

Jembatan gantung dengan panjang 120 meter dan lebar 1,8 meter ini berada di ketinggian 150 meter. Melintasi jurang yang lumayan lebar, jembatan berwarna merah dan putih ini menghubungkan dusun Beringin dan susun Girpasang. Telah menjadi ikon kota Klaten, Kawanjo wajib mencoba sensasi melintas di atasnya.

  1. Meluncur dengan Gondola

Awalnya, keberadaan gondola Girpasang diperuntukkan mengangkut barang para penduduk yang melintasi jurang. Namun lambat laun, untuk kepentingan wisata, gondola tersebut diperbaiki sehingga layak untuk mengangkut manusia. Yaitu dengan memberi dinding pelindung pada seluruh sisinya yang dibuat dari kaca. Walhasil, siapapun yang naik gondola bisa menikmati keindahan alam gunung Merapi di area Girpasang.

Di atas ketinggian 138 meter, dengan jurang sedalam 130 meter di bawahnya, gondola melintas selama 10 menit. Sekali jalan, satu gondola hanya bisa mengangkut 4 orang supaya keselamatan tetap terjaga. Termasuk pada aktivitas menguji adrenalin, kini gondola Girpasang menjadi magnet kunjungan. Kawanjo akan dibuat deg-degan selama berada di dalamnya. Maka pastikan sebelum naik, harus dalam kondisi kesehatan yang baik.

  1. Kuliner-an

Sayang rasanya sudah datang di kampung Girpasang tapi belum mencoba kuliner khas daerah ini. Ada cafe di area wisata yang pas untuk nongkrong santai sambil melayangkan pandangan. Nampak dari sana, pemandangan hijau dengan  jembatan dan tali gondola yang membentang di atas jurang yang menganga.

Selain itu ada pula warung milik warga yang menyediakan kopi Merapi khas Klaten Girpasang. Sama halnya dengan saat berada di cafe, makan dan minum di warung juga sama-sama mengasyikkan. Sebab berlatar belakang panorama yang menenangkan pikiran dan jiwa.

Selain kopi, jangan lupa mencicipi ayam ingkung yang lezat dan sambal pedas. Kulineran plus menjajal Jembatan Gantung dan Gondola Girpasang Klaten jadi pengalaman berharga yang susah terlupakan.

Baca juga : Wisata Offroad Karanganyar 2022, Pacu Adrenalin di Tengah Kebun Teh

  1. Mencoba menara pandang dan beramah tamah

Setelah melintas dengan Jembatan Gantung dan Gondola Girpasang Klaten, Kawanjo juga bisa mencoba menara pandang yang ada di sana. Keindahan Merapi akan semakin terlihat dekat di mata.

Tak lupa, Kawanjo akan bersua dengan penduduk setempat yang ramah. Mereka siap menunjukkan cara menanam tomat dan berbagai sayuran lainnya. Bila sedang panen, Kawanjo bisa coba membelinya. Selain bisa dijadikan buah tangan, dengan membeli produk lokal, Kawanjo telah membantu pergerakan roda perekonomian kampung Girpasang.  

Melintas di Jembatan Gantung dan Gondola Girpasang Klaten Jawa Tengah benar-benar memberi kesan tersendiri. Pastikan Kawanjo adalah pribadi pemberani dan selalu siap menguji nyali bila hendak melakukan wisata di Klaten kekinian ini. 

0 comments on “Pacu Adrenalin di Jembatan Gantung dan Gondola Girpasang Klaten!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.