Local Experiences

Bikin Kangen, Wisata Danau Linting di Deli Serdang 2022

Wisata Danau Linting, jadi wisata anti-mainstream di Medan.

Siapa bilang Medan tidak banyak tempat wisata yang menarik? Ada kok, cobain deh wisata Danau Linting di Medan!

Wisata Danau Linting, Danau Linting, Deli Serdang, Medan, Sumatera Utara
Wisata Danau Linting di Deli Serdang bisa jadi pilihan saat berkunjung ke Medan

Tak kalah dengan daerah lain, ternyata Kota Medan juga memiliki banyak tempat wisata yang menarik dan unik, contohnya wisata Danau Linting ini. Secara geografis, Danau ini terletak di tiga desa yakni Desa Sibunga-Bunga, Desa Gunung Manumpak dan Desa Durian IV Mbelang, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda (STM) Hulu, Kabupaten Deli Serdang.

Baca juga: Kemah di Ranu Kumbolo, Titik Singgahnya Para Pendaki Semeru!

Sejarah Danau Linting

Sebelum bahas wisata Danau Linting, kita bahas sejarahnya dulu nih. Konon, orang yang pertama kali memberanikan diri untuk memasuki danau tersebut berasal dari Italia sekitar tahun 70-an. Diketahui, orang tersebut seorang Biarawan atau pastor. Hingga akhirnya ada penduduk yang tinggal didaerah sibunga–bunga, dan danau ini sudah dijumpai seperti itu, sekitar tahun 1820-an.

Danau ini dulunya dikelilingi semak belukar sehingga jarang orang datang untuk berwisata karena tempatnya terlihat angker. Akan tetapi, mulai saat ada penduduk didaerah tersebut, tempat ini dikelola dan banyak dikunjungi oleh masyarakat sekitar, bahkan masyarakat dari luar. Awalnya danau ini dinamakan Danau Lintong karena berasal dari Bahasa Simalungun dan dulunya penduduknya orang Simalungun.

Penggantian nama menjadi Danau Linting dkarenakan sekarang ini mayoritas penduduk di desa itu adalah orang suku Karo. Kedalaman Danau tersebut sampai sekarang tidak diketahui atau tidak dapat diukur. Kemudian Radius atau lebar dari danau tersebut diketahui berkisar 100m.

Wisata Danau Linting, Danau Linting, Deli Serdang, Medan, Sumatera Utara
Panorama keindahan Danau Linting

Tak disangka, pengunjung wisata Danau Linting ini banyak diminati wisatawan mancanegara seperti negara Malaysia dan Australia. Selain itu diisi oleh wisatawan lokal dari kota Medan atau penduduk sekitar. Kerennya nih, di saat musim liburan, wisata Danau Linting bisa menyedot ribuan wisatawan.

Harga tiket masuk wisata Danau Linting:

  • Tiket Masuk    Rp.   5.000/orang
  • Parkir Motor   Rp.   5.000
  • Parkir Mobil    Rp. 10.000

Pendapatan yang didapat dari pegunjung jika dihari libur nyatanya cukup besar yakni berkisar Rp 8 juta dalam sepekan. Dengan membayar biaya di atas, kamu bebas eksplor Danau Lintang. Mulai dari foto-fot berlatar panorama alam yang memanjakan mata, sampai berenang ria sepuasnya. Fasilitas yang disediakan juga sudah cukup memadai, seperti musala dan wahana ayunan yang bisa digunakan untuk foto-foto.

Warung kecil pun ada, jadi buat yang mau bersantai menikmati alam sambil makan kudapan bisa jadi opsi yang menarik. Selain dari pemandangannya yang indah, wisata ini juga dikenal dengan keunikannya yaitu memiliki dua warna air yang berbeda, di mana dipinggiran danau tersebut berwarna hujau tosca dan di pertengahan danau berwarna biru toska.

Baca juga: Sukses Benerin Feeling di 3 Wisata Danau di Batanghari Jambi

Air dari danau tersebut panas dan biasanya yang kita ketahui danau itu berada di dataran rendah sedangkan Danau Linting ini berada di dataran tinggi. Selain itu ada lagi keunikannya yang lain yaitu di seberang danau terdapat Gua Delapan Putri yang artinya Gua itu ada delapan dan memiliki nama putri-putri yang berbeda. Jika pengunjung ingin berwisata ke tempat tersebut, dapat dikunjungi 24 jam.

Sayangnya wisata Danau Linting ini belum ada fasilitas perkemahan atau homestay bagi wisatawan yang ingin menikmati wisata Danau Linting lebih lama lagi. Meskipun begitu, hanya bermain dan bersantai di pinggir danau, ataupun berenang sudah menjadi kegiatan yang mengasyikkan.

Wisata Danau Linting, Danau Linting, Deli Serdang, Medan, Sumatera Utara
Potret ayunan di Danau Linting

Adanya pengunjung bisa menjadi motivasi bagi pengelola dari merupakan masyarakat setempat untuk terus berinovasi dan membuat tempat wisata tersebut semakin berkembang sehingga tempat itu bisa menjadi tempat pariwisata yang diharapkan dan mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi kreatif masyarakat.

Karena itulah, upaya meningkatkan kualitas destinasi rekreasi terus diupayakan ditempat Danau Linting ini, sehingga untuk menaikkan pamor daerah wisata di Danau Linting yang di Medan ini bisa diandalkan. Jadi tunggu apa lagi, selain tiketnya yang murah, Danau Linting juga memiliki pemandangan yang indah, memiliki air yang menyegarkan sehingga baik untuk kesehatan, jadi mari berkunjung ke wisata Danau Linting. Dijamin tidak akan menyesal deh!

Baca juga: Libur Telah Tiba, Danau Toba Pilihannya!

Masih banyak banget lho paket wisata menarik lainnya yang menanti Kawanjo. Mulai dari wisata DSP (Destinasi Super Prioritas) seperti Bali, Danau Toba, Borobudur, Gunung Prau, dan Labuan Bajo, hingga menggali kekayaan budaya dan merasakan pengalaman unik di desa wisata. Semuanya ada di Pigijo lho

0 comments on “Bikin Kangen, Wisata Danau Linting di Deli Serdang 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.