PigiNews

Pulau Sumba Jadi Destinasi Pilihan 2024 Rekomendasi CNN Travel

Pulau Sumba Jadi Destinasi Pilihan 2024 Rekomendasi CNN Travel

Kini, pariwisata internasional hampir mencapai tingkat yang sama seperti sebelum pandemi. Banyak lokasi wisata di seluruh dunia, kini justru mengalami masalah overtourism. Oleh karena itu, para pelancong sedang mencari tempat baru untuk dikunjungi pada tahun 2024.

CNN Travel merekomendasikan 24 lokasi di dunia yang layak dipertimbangkan. Kita wajib bangga, karena peringkat teratas adalah Pulau Sumba di Nusa Tenggara Timur! CNN mencatat bahwa Pulau Sumba di Indonesia menjadi tujuan pantai yang diminati oleh wisatawan yang peduli dengan kesadaran dan keberlanjutan masyarakat.

Baca juga: Membanggakan! Bandung Jadi Kota Kuliner Terbaik ASEAN

sumba, pulau sumba,
Indahnya lanskap Sumba.

Dengan desa-desa terpencil, hutan yang masih alami, ritual kuno, dan gelombang selancar untuk kelas dunia, Pulau Sumba dianggap sebagai alternatif yang sempurna bagi Bali yang saat ini semakin ramai dikunjungi. Terletak hanya satu jam perjalanan udara dari Bali, meskipun belum sepopuler Bali, Sumba menawarkan banyak pengalaman di pulau seluas 11 ribu meter persegi atau dua kali lebih besar dari Bali itu.

Di Pulau Sumba, Banyak Resor Mewah yang Ramah Lingkungan

Menurut tulisan Karla Cripps, seorang jurnalis senior CNN, salah satu atraksi menarik di pulau tersebut adalah Resor Nihi Sumba. Sejak diluncurkan pada tahun 2015, resor ini telah menawarkan kemewahan yang memadukan unsur tradisional.

nihi sumba,
Resor mewah NIHI Sumba.

Resor Nihi Sumba Island yang dibuka pada tahun 2015, dibangun oleh Claude Graves dan istrinya, Petra. Keduanya datang ke Pulau Sumba dengan tujuan mencari ombak legendaris yang dikenal sebagai “Occy’s Left”. Graves adalah seorang peselancar dari Amerika, ia berhasil menemukan ombak yang dicari dan akhirnya jatuh cinta pada keindahan Sumba serta masyarakat yang tinggal di sana.

Setelah lebih dari sepuluh tahun berlalu, Pulau Sumba kini memiliki beberapa resor mewah ramah lingkungan yang baru. Di antaranya The Sanubari dan Cap Karoso yang berlokasi di bagian barat daya pulau.

Baca juga: Bangga! Bromo Masuk 3 Besar Taman Nasional Paling Indah di Dunia

the sanubari sumba,
The Sanubari Sumba.

Alam yang Eksotis

Sumba memiliki beragam destinasi mulai dari pantai, danau, air terjun, hingga padang rumput. Jika ingin menikmati keindahan padang rumput, Kawanjo bisa kunjungi Bukit Wairinding yang terkenal di platform Instagram. Bukit Wairinding terletak di Sumba Timur dan hanya 45 menit dari kota Waingapu, objek wisata ini merupakan serangkaian dataran tinggi sabana yang luas.

Sedangkan bagi penggemar pantai, Pantai Bawana adalah tempat yang tepat. Pantai ini memiliki ciri khas dengan tebing batu dan karang besar yang elegan melengkung di sepanjang tepi pantai.

pantai bawana,
Tebing batu dan karang besar di Pantai Bawana.

Salah satu daya tarik eksotis lain dari Sumba adalah Danau Weekuri yang terletak dekat dengan pantai. Berlokasi di Desa Kalenarogo, Kodi Utara, serta Sumba Barat Daya, danau ini sebenarnya adalah laguna yang airnya berasal dari laut. Danau ini dikelilingi oleh terumbu karang dan kehijauan tanaman yang memikat.

Desa Adat yang Unik

Selain keindahan alamnya, Sumba terkenal dengan keberadaan desa adatnya. Salah satu destinasi yang sering dikunjungi oleh wisatawan adalah Desa Ratenggaro, yang terletak di Kecamatan Kodi. Desa ini terletak dekat dengan tebing yang menghadap laut dan dikenal dengan keberadaan situs pemakaman monolitik.

Baca juga: 3 Makanan Indonesia yang Mendunia Beserta Sejarahnya

desa ratenggaro,
Desa Ratenggaro, Sumba.

Masyarakat desa ini masih mempraktikkan adat istiadat tradisional yang diteruskan dari nenek moyang mereka. Masyarakatnya tinggal di rumah panggung dengan atap menara yang tingginya mencapai 15-30 meter. Tinggi rendahnya atap rumah ini melambangkan status sosial, dimana semakin tinggi atap rumah, semakin tinggi juga status sosial pemiliknya. Konon, rumah adat di desa ini dibangun tanpa menggunakan paku tunggal dan disatukan dengan potongan-potongan bambu.

Selain Ratenggaro, Pulau Sumba memiliki banyak desa adat lain yang memiliki keunikannya masing-masing, seperti Kampung Adat Prai Ijing, Kampung Adat Pasunga, Kampung Adat Praiyawang, Kampung Adat Tarung, dan Kampung Adat Bodo Ede.

0 comments on “Pulau Sumba Jadi Destinasi Pilihan 2024 Rekomendasi CNN Travel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.