Merek Tas Lokal yang Mendunia
Lifestyle

Keuntungan Beli Tas Lokal dan 3 Merk yang Medunia

Di era borderless, berbagai produk luar negeri memang dengan mudah bisa kita dapatkan. Namun sebaliknya, hasil karya anak bangsa pun ternyata telah melanglang buana menguasai kancah internasional. Salah satu contohnya adalah berbagai merek tas lokal yang mendunia

Di era borderless, berbagai produk luar negeri memang dengan mudah bisa kita dapatkan. Namun sebaliknya, hasil karya anak bangsa pun ternyata telah melanglang buana menguasai kancah internasional. Salah satu contohnya adalah berbagai merek tas lokal yang mendunia. Telah menjadi incaran para kolektor dari seluruh penjuru bumi. Nah, harusnya kitapun lebih bangga mengenakannya! Inilah pentingnya, memilih karya anak bangsa sendiri dibandingkan merek internasional lainnya.

Keuntungan Membeli Tas Lokal

Membeli produk lokal seharusnya menjadi kebanggaan bagi warga Indonesia. Memakai karya ’teman’ sendiri pun semestinya menjadi keharusan. Karena dengan begitu, Kawanjo sama saja dengan memupuk rasa nasionalisme, cinta pada tanah air sendiri. Yakni dengan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi lokal.

Selain itu, kebanyakan merek lokal mencerminkan seni dan budaya setempat. Desainnya unik dan berbeda dari produk-produk massal. Pembuat lokal sering memberikan perhatian khusus terhadap kualitas dan detail. Sehingga dengan memilih merek tas lokal berkualitas dari negeri sendiri, Kawanjo turut serta mempertahankan dan mengapresiasi warisan budaya. Sekaligus mengabarkan lebih luas bagaimana kehebatan karya bangsa Indonesia.

Di sisi lain, produksi tas lokal Indonesia cenderung lebih ramah terhadap lingkungan. Sebab rantai pasokan bahan serta distribusi produk bisa mengurangi jejak karbon. Jarak yang yang terbentang semakin pendek, maka polusi transportasi menjadi berkurang.

Terakhir, dengan banyaknya merek tas lokal branded yang sudah go international, seharusnya bangsa Indonesia makin bangga mengenakannya. Orang luar saja menyukai, apalagi kita, dong!

Baca juga: 3 Makanan Indonesia yang Mendunia Beserta Sejarahnya

Merek Tas Lokal yang Mendunia

Tas menjadi pelengkap yang tak luput dari perhatian penggemar fashion. Memiliki satu tak cukup bila memperhatikan fungsi, bentuk, bahkan warna yang cocok dengan busana. Tak salah bila penggemar tas merajalela. Mereka menjadikannya koleksi bahkan ada juga yang menetapkan sebagai investasi pendongkrak citra diri.

Bagaimana tidak. Tas branded dari luar negeri telah menduduki dunia fashion tanah air. Dengan harganya yang selangit, buktinya masih ada saja yang membeli. Padahal, merek tas lokal kualitas dunia juga banyak dan menjadi kegemaran orang terkenal dari luar negeri.

Mengingat keuntungan besar bila lebih memilih merek tas lokal daripada dari luar negeri, Kawanjo bisa segera memantapkan diri untuk membeli produk bangsa sendiri. Berikut adalah rekomendasi brand tas lokal mendunia yang bisa dipilih:

  1. Bagteria
    bagteria, tas lokal,
    Bagteria.

    Adalah seorang NancyGo, wanita Indonesia kelahiran Brazil yang membuat brand tas ini muncul dan diperhatikan dunia mode internasional. Kegemarannya akan dunia fashion dibuktikan dengan ketekunan berkarya membuat tas dan dompet yang limited edition. Setiap desain yang dihasilkannya tidak diproduksi massal dan menggunakan bahan-bahan pilihan. Seperti gold plated, sterling silver, kristal swarovski, kulit burung unta, gading mammoth, hingga kulit ikan dari Islandia.

    Seorang artis terkenal Paris Hilton bahkan menggemari model-model tas keluaran Bagteria. Salah satunya adalah tas warna silver penuh hiasan manik-manik bergelantungan dengan pegangan melengkung yang digunakan sebagai tumpuan. Kini, penggemar merek tas lokal branded Bagteria hadir dari kalangan artis, sosialita, pejabat baik nasional maupun internasional.

    NancyGo selalu menciptakan ornamen unik di setiap tas tangan buatannya. Meskipun untuk menjadikan satu model harus memakan waktu lama dan melewati proses yang lebih panjang. Hal inilah yang  membuat tas Bagteria dibanderol seharga lima hingga dua belas juta rupiah.

  2. Rorokenes
    rorokenes, tas lokal,
    Rorokenes.

    Beda cerita dari Syanaz Nadya Winanto Putri. Owner merek tas lokal mendunia ini dulunya suka mengoleksi tas kulit luar negeri. Namun seiring berjalannya waktu dia tertantang untuk menciptakan produk lokal yang menyamai ketenaran produk tas luar negeri. Syahnaz lantas melakukan survei-survei dan belajar tentang tas hingga akhirnya lahirlah Rorokenes Indonesia. Jenama tas yang jadi souvenir untuk wartawan yang meliput KTT ASEAN 2023 ke-43 di Jakarta.

    Rorokenes diambil dari kata dalam bahasa Jawa. Roro berarti Putri, dan Kenes berarti lincah juga menawan. Sehingga secara keseluruhan, merek tas dari Semarang ini menggambarkan seorang wanita mulia yang cantik, cerdas, dan peduli pada sesama. Syanaz juga memberi nama tiap produknya dengan kata unik dari bahasa daerah. Seperti Tenong Ayu, Kamandhaka, dan Srikandi. Adapun produk utama Rorokenes adalah shoulder bag, tote bag, clutch bag, boston bag, dan backpack.

    Yang menjadi ciri khas produk merek tas lokal wanita Rorokenes adalah desain tas yang elegan dan multifungsi, dibalut dengan kreasi tenun tradisional Indonesia. Produknya dibuat dengan tangan dan berdasarkan pesanan.  Bahannya berasal dari 100 persen kulit asli dengan 90 persen bahan dari dalam negeri. Atas kualitasnya, Rorokenes mampu bersanding dengan brand internasional seperti  Gucci, Hermes, Louis Vuitton, Bottega, Dolce Gabbana, atau Chanel.

  3. KAYNN
    kaynn, tas lokal,
    KAYNN.

    Bila berbicara tentang merek tas lokal Bandung, ada Kaynn yang dilahirkan oleh seorang wanita kreatif bernama Meyta Retnayu. Kayyn memiliki ciri khas desain yang sederhana namun chic. Kaynn juga mengusung identitas simplicity in complexity, tampilannya boleh sederhana tetapi pengerjaannya cukup sulit dan tidak main-main. Karena Meyta percaya bahwa untuk
    menghasilkan produk yang bagus harus melalui proses yang tidak mudah. Meyta membuat tas dari kulit kambing dan sapi kualitas ekspor, secara handmade bersama pegawainya. Selain membuat handcrafted bags, Kaynn juga memiliki leather goods lain seperti sepatu sendal dan pouch. Adapun penjualan produk Kaynn awalnya fokus merambah dalam negeri dengan outlet utama di kota Bandung serta toko online di berbagai market place dan media sosial.

    Sekarang, produk brand tas lokal mendunia ini sudah dipasarkan sampai ke beberapa negara luar negeri. Seperti Malaysia, Jepang, Australia, UEA, dan USA. Dengan harga Rp 400 ribuan hingga satu juta lebih, tas Kaynn terbilang masih terjangkau. Untuk tas yang berbahan dasar kulit kambing dan sapi kualitas ekspor yang kemudian didesain dengan sepenuh hati.

Baca juga: Island Hopping Live on Board, Tren Baru di Pulau Seribu

Membeli merek tas lokal yang mendunia membawa dampak positif untuk banyak pihak. Termasuk di dalamnya adalah memupuk rasa patriotisme. Meskipun produksi dalam negeri, produk yang ditawarkan memiliki kualitas yang mampu bersaing dengan jenama internasional lainnya. Sehingga, penting kiranya Kawanjo turut bangga mengenakan karya anak bangsa.

0 comments on “Keuntungan Beli Tas Lokal dan 3 Merk yang Medunia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.